Bermain dengan Marmut di Kuntum Farm Field Bogor

  • Friday, December 23, 2016
  • By Dewi Rieka
  • 2 Comments

Bermain dengan Marmut di Kuntum Farm Field Bogor. Masih suasana liburan sekolah.

Mamak Pejalan Santai ingin mengajak kalian ke Kuntum Farm Field Bogor. Sebuah peternakan dan perkebunan mini untuk anak di daerah Tajur, Bogor.

Kuntum Farm Field Bogor
Kelinci angora di Kuntum Farm Field Bogor

Tahu tentang tempat ini dari sepupuku yang tinggal di Bintaro. Ulalaa, yang tinggal di Bogor saja nggak tahu! Hihi.

Setelah ditelusuri, Kuntum Farm Field Bogor letaknya tak jauh dari rumah orangtuaku. Beralamat di Jalan Raya Tajur No 291, Bogor. Tetanggaan dengan rumah Teh Ratna Amalia, anggota Asinan Blogger yang hobi jalan-jalan. Hihi.

Kalau kamu datang dari Jakarta, dari pintu keluar tol Baranangsiang, belok kiri terus saja menembus kemacetan Jalan Pajajaran dengan gagah berani. Melewati toko-toko sepatu Tajur yang menggoda dompet.

Terus saja lajukan kendaraan Readers melewati Pom bensin kedua, bukan pom bensin Lorena ya. Kuntum Farm Field letaknya tak jauh dari PD Hasan, toko yang terkenal dengan kain murah.

Kuntum Farm Field Bogor
My lovely Qilla nggak mau pulaang 
Tak lama, di sebelah kiri ada plang raksasa bergambar bunga. Disanalah Kuntum Farm Field Bogor. 

Jangan berhenti.
Terus saja masuk ke dalam.
Lewati penjual bunga dan rumah makan. Juga warung-warung kecil. Jangan tergoda jajan semur jengkol, haha.

Kuntum Farm Field Bogor
Ada Nemo lhoo

Nggak bakal nyasar. Karena Readers bakal menemukan plang besar lagi. Masuk saja. Di lobi Kuntum yang luas, ada gerai makanan ringan, kursi dan meja ditata apik di dekelilingi kolam ikan mas, cantik!

Kalian bisa membeli tiket masuk Kuntum di kasir. Wah, ternyata Kuntum populer ya! Papan tulis belakang kasir, penuh jadwal kunjungan berbagai sekolah dan instansi. Jadwalnya padat!

Kuntum Farm Field Bogor
Bersama Abah dan oma di Kuntum Farm Field Bogor
Kuntum Farm Field Bogor
papan tulis itu berisi jadwal kunjungan sekolah ke Kuntum Farm Field Bogor

Saat ini, tiket masuk per orang Rp40.000. Terakhir kesini dengan Nailah dan Alde harga tiket masih Rp25.000. Di pintu masuk, kita menyerahkan tiket pada mas penjaga.

Waah, Ada dua kolam ikan, satu kolam berisi ikan lele dan ikan patin,  sedangkan kolam lain berisi ikan buas bermoncong mirip buaya, ikan alligator dari luar negeri. Ngeri hihi tapi bikin penasaran ey!

Dilarang memasukkan tangan atau anggota tubuh lain ke dalam kolam! Aduh, jadi ngeri dicaplok! Jadi ingat ikan arapaima, ikan buas dari Amerika Selatan yang bisa kita lihat di Waterpark SKI Bogor. 

Kuntum Farm Field Bogor

Saat itu, Bogor cukup terik. Untungnya, para pengunjung boleh meminjam topi caping petani yang tersedia untuk menghalau panas sekalian bergaya maksimal, hehe. Tersedia berbagai ukuran kok capingnya. Sayang nggak ada yang warna pink, haha.

Kuntum Farm Field Bogor
anak kambing berebutan mimik dan maem

Alde dan Nai girang bukan kepalang. Mama memintanya berpose pakai caping pun dicuekin. Qila, keponakan cantikku dari Jambi sudah menunjuk-nunjuk kandang kambing.

Ia dan kakak-kakaknya berlari ke kandang kambing.

"Mamaa, Ada bayi kambing!"

Iyaa, di Kuntum Farm Field, pengunjung bisa memberi makan rumput dan memberi mereka susu botol. Wuih, pengunjung ramai seperti ini, kambingnya pasti blenger kekenyangan yak!

Si bayi kambing dan kambing gede pun lahap sekali minumnya, berebutan! Lhoo, lapar to? Come to mama!

Nggak usah repot bawa susu sendiri dari rumah. Cukup beli di lapak Kuntum. Tersedia susu di botol untuk kambing dan rumput yang bisa dibeli seharga Rp.5000,- sedangkan susu untuk anak sapi Rp10.000. Aih, lumayan juga yaa! #kekepdompet.

sekeranjang sayur untuk marmut dan kelinci

Puas bermain dengan anak kambing, kita masuk ke dalam, wah, ada kandang marmut dan kelinci! Jejeritan lagi ketiga bocah kecil ini. Haha..kayak Mama kalau ketemu Suju.

Pertama, masuk kandang marmut yang kini sudah diperluas. Gerombolan anak asyik bermain, memeluk, dan memberi makan marmut. Celotehan riang dimana-mana. Kita bisa berfoto sambil memeluk marmut. Cekrek! Pelajari dulu cara memegangnya ya, biar si marmut nyaman dan tidak kesakitan. Bermain dengan marmut di Kuntum Farm Field Bogor memang seru!

Kita bebas memberi makan mereka di dalam kandang. Setelah puas main dengan marmut, tiga bocah kecil ini berpindah ke kandang kelinci.

Alde agak takut masuk kandang kelinci, takut dikerumuni. Habisnya, kelincinya banyak! Tapi ternyata, kelincinya jinak. Lucu-lucu tampangnya. Lupa lihat juga kelinci jenis apa. Hanya penampakannya imuut dan bulunya tebal. 

Kuntum Farm Field Bogor
Alde memberi makan marmut

Kuntum Farm Field Bogor
jadi emak embek, menyusui mereka hihi

Setelah puas main dengan kelinci, kami jalan-jalan di Kuntum. Aroma pup sapi menguar ketika kami melewati kandang sapi raksasa. Woaah, Ada yang pup!


Kuntum Farm Field Bogor
botol susu raksasa untuk sapi
Gede banget ini sapinya kayak yang di buku cerita! Mereka lagi dimandikan. Seorang pengunjung memberi minum anak sapi dari botol susu raksasa. Hihi. Anak sapinya nyosor kehausan dan anak kecil nangis karena kaget. 




Pohon Tin lebat buahnya


Selain binatang di atas, ada juga unggas seperti ayam ketawa dari Sidrap, Sulawesi selatan, bebek, burung merpati, angsa, seruu. Juga kolam ikan. Suasananya asri. Kita bisa piknik di berbagai tempat. Asal jangan dekat kandang binatang. Aromanya semriwing hihi.

Ulalaa, Ada yang unik lagiii!
Ada pohon Tin alias  pohon Ara yang baru sekali itu saya lihat penampakannya! Pohon yang buahnya disebut di Al Quran ini tidak terlalu tinggi namun rimbun. Nyaman untuk berteduh.

Ada Donald Duck banyak


Di Kuntum Farm Field Bogor, dikembangkan pula kebun dan tanah pertanian organik. Kita bisa memetik sendiri hasil panen seperti buah dan sayuran, dibayar seharga yang kita petik. Lumayan buat oleh-oleh.

Selain itu, ada beragam kegiatan seru seperti pengenalan tanaman obat dan belajar mencangkok, main tangkap ikan & bebek, melukis keramik, melukis caping dan membatik.

Banyak deh kegiatan yang bisa ikuti per paket bersama rombongan. Tak heran banyak sekolah menjadikan Kuntum tujuan wisata edukasi mereka. 

Pagi di Tajur

Yang ingin memancing juga bisa,  ada alat pancingnya,  jika kita mendapat ikan bisa ditimbang dan dibayar di kasir.

Ingin meramaikan suasana ngumpul bersama anak dan keponakan? Readers bisa membeli ikan seember sekitar seratus ribu rupiah dan melepasnya di kolam kecil yang dangkal. 

Kuntum Farm Field Bogor

Tiap anak diberikan wadah plastik untuk berebutan menangkap ikan. Haha dijamin meriah deh main basah-basahan begitu. Ikannya bisa dibawa pulang buat dimasak nanti. 

Untuk yang ingin piknik bersama keluarga, ada pendopo yang bisa disewa. Sayangnya, makanan harus dipesan di Kuntum tidak bisa membawa makanan dan minuman untuk acara dari luar. Jadi pilihannya terbatas ya.

Kuntum Farm Field Bogor buka setiap hari pukul 09.00-18.00. Untuk Informasi lebih lengkap bisa menghubungi Kuntum di telepon 0816-888-541.

Pemandangannya asri 

Yuk, bermain sambil belajar di Kuntum Farm Field Bogor.

Kuntum Farm Field Bogor


Jl. Raya Tajur No 291, Bogor
Buka setiap hari pukul 09.00-18.00
Informasi hubungi Kennita 0816-888-541

You Might Also Like

2 comments

  1. Raya kesini sama temen2nya di daycare dan karena anaknya jijikan pas masuk kolam nangkap ikan ngga mau doong hahahaha XD seneng ya kl banyak wisata edukasi seperti ini utk anak2 :D

    ReplyDelete
  2. Lucu anak kambingnya... semoga ketika bintang dan zizi sedikit lagi lebih besar mampir ke sini mba...

    ReplyDelete