Liburan Bocah di Kidzania Jakarta

  • Monday, December 19, 2016
  • By Dewi Rieka
  • 5 Comments

Liburan Bocah di Kidzania Jakarta. Libur sekolah telah tiba!
Kali ini aku ingin mengajak readers wisata bersama bocah-bocah di Kidzania Jakarta. Kidzania adalah sebuah taman bermain anak di kawasan Sudirman, Jakarta.

Kidzania Jakarta


Biar dapat diskon lumayan, biasanya kami mengecek web yang menyediakan penawaran diskon seperti Groupon.
Berbekal vocer diskon, akhirnya bisa deh mengajak kiddos main di Kidzania Jakarta. Horee!

Kidzania berbeda dengan taman bermain lain. Negeri Kidzania adalah sebuah kota. Dimana anak-abak menjadi penduduknya. Untuk bisa mendapatkan uang, anak harus bekerja di berbagai stan di Kidzania. Mereka bisa jadi penyanyi, reporter, tukang roti, pilot, apa saja!

Jika ingin menjadi petugas pemadam kebakaran, tinggal mengantri di stan pemadam. Anak bakal diajak memakai seragam petugas PMK dan diberi briefing tentang seluk-beluk pekerjaan ini. Jadi anak-anak dapat ilmu pengetahuan baru.

Paling seru, ketika diumumkan ada kebakaran gedung! Kontan, mereka diajak naik mobil pemadam kebakaran mini dan mengelilingi kota Kidzania. Tiba di TKP, mereka langsung bertugas memadamkan api dengan selang betulan yang memancarkan air deras!


Ya, di Kidzania Jakarta, anak-anak bisa menjadi apapun yang mereka inginkan. Menjadi pengalaman menarik, bermain peran dengan menjalani profesi yang selama ini hanya mereka lihat. Seru kan!

Karena bermain peran inilh aku tertarik sekali mengajak my bocahs kesini. Beralamat di Sudirman Central Business District, Pacific Place Lt. 6- 601 di Jalan Jendral Sudirman Kav. 52-53, Jakarta.

Ya, Kidzania terletak di lantai 6 Mal Pacific Place. Pagi buta, kami sudah stay tune di lokasi biar puas main sejak wahana dibuka, hehe.

Oh iya, jika masuk bersama rombongan minimal 15 orang anak, tiket masuknya hanya Rp65.000 lho. Murmer. Tak heran, Kidzania jadi tempat wisata favorit anak sekolah di Jadebotabek. 



Begitu tiba di lantai 6, kami kemudian mengantre di loket yang suasananya seperti bandara,  dengan replika pesawat Garuda Indonesia di dekat loket. Wow, epic! Antusiasme bocah-bocah terasa kental. Semua tak sabar masuk ke area bermain.


Untuk shift pagi Kidzania buka pukul 09.00-16.00 di hari biasa. Sedangkan untuk Sabtu-Minggu ada shift Pagi dan sore yaitu pukul 09.00-14.000 untuk pagi. Dan pukul 14.00-21.00 untuk shift sore. 

Duile, akhir pekan dan musim liburan Kidzania benar-benar ramai. Antrian pengunjung di seluruh loket. Aku pun menukar vocer diskon.

Anak-anak ditanya berapa usianya lalu dimasukkan datanya di sistem komputer. Kemudian, anak lalu diberi gelang dengan sensor khusus berisi data anak.

Di pintu masuk area, kami harus menunjukkan gelang dan tas kami kemudian diperiksa petugas. Duh, beneran ni persis di bandara! 




Ya,  ternyata di Kidzania tidak diperbolehkan membawa makanan dan minuman dari luar. Kecuali air mineral. Jadi,  jangan lupa bawa botol air minum ya. Di dalam harga air minumnya mahal, hihihi. 




Di dalam, sejenak kebingungan memilih stan mana yang ingin dimasuki. Banyak sekaliii. Keburu nggak ya main seharian? Hihi.

Terus, ternyata tidak semudah itu memilih stan yang diinginkan. Setiap stan punya jumlah minimal dan maksimal peserta yang ikut serta dalam satu sesi. 

Satu sesi membutuhkan waktu sekitar 15-35 menit. Jadi, kalau minimal harus tiga anak, begitu jumlahnya terpenuhi, langsung deh kegiatannya bisa dimulai. Jika jumlahnya kelebihan, yang ingin ikut kudu mengantre sesi berikutnya. Artinya mengantre cukul lama, bo! Semangat! 


Pas masuk, kita diarahkan petugas menuju BRI untuk mendapatkan uang negeri Kidzania sebanyak 50 Kidzos.

Uangnya sebagai modal mulai bekerja di Negeri Kidzania, hihi uangnya bisa ditukar dengan souvenir di Toko Kidzania,  untuk naik taksi dan bus Blue Bird, membayar pembuatan SIM dan pemeriksaan kesehatan di RS Kidzania. Wah, asyik yaaa!

Jika ingin mendapat uang,  anak-anak harus bekerja. Di depan tiap stan/tenant, ada tulisan kegiatannya untuk usia berapa, jumlah anak, serta gaji yang mereka dapat bila ikut serta.

Alde ingin menjadi petugas hotel namun ternyata usianya belum cukup harus usia 6 tahun. Ya, kebanyakan tenant yang ada mensyaratkan usia minimal 6 tahun. Jadi kalau usia anak belum 6 tahun pilihan untuk bermain jadi terbatas. Hiks!



Kak Nailah memilih menjadi arkeolog, mencari fosil hewan dan harta karun yang terpendam. Alde mencoba jadi penyiar radio.

Jadi Readers, Kidzania menyenangkan untuk bocah tapi sungguh melelahkan bagi para orangtua haha. Sumpah, capek bingiit kakiku mengikuti bocah-bocah ini kemana-mana. Kidzania ini sangat luas dan terdiri dari dua lantai. Stannya pun mungkin mencapai 100! Akk..




Musim liburan begini, antrean pun cetarr membahana di setiap stan terutama untuk job yang populer seperti pemadam kebakaran, polisi, reporter,  pembalap dan pilot.

Bagus,  untuk mendidik anak dan orang tua untuk terbiasa mengantre hehe. Anak jadi mengerti antre harus tertib biar lancar kegiatannya. Kalau menyalip antrean,  didenda!

Jadi operator taksi Blue Bird seru juga,  anak-anak menerima telepon dan mencatat pesanan taksi betulan dari pengunjung anak lainnya. Hihi.

Ada juga Pusat Bencana dimana anak-anak masuk dan merasakan simulasi gempa bumi dan bagaimana cara menyelamatkan diri.

Di berbagai pabrik,  anak-anak dapat kue atau roti dan merchandise selain gaji setelah bekerja.




Permainannya seru sekali sampai lupa makan siang. Untungnya, di Kidzania Jakarta ada beberapa rumah makan. 

Kami mampir deh di salah satu kedai disana. Ada menu berbagai sayuran,  salad, nugget,  fried chicken, chicken teriyaki dan sosis bakar. Menunya anak-anak banget hihi, rasanya enak dan Mama lega bisa selonjorin kaki yang kemeng hihihi.



Per porsi rata-rata seharga Rp50.000. Air mineral sekitar 15 ribu per botol ukuran sedang. Glek. Jadiii, sekali lagi jangan lupa bawa botol air minum hihi. Lumayan aku bisa mengaso sebentar, mengisi tenaga sebelum menguntit dua bocah dan jadi paparazzi mereka.

Di Kidzania ada musala yang cukup luas di lantai teratas. Cukup bertanya kepada petugas untuk mencapainya. Karena ada musala, jadi lega dan tenang deh seharian nongkrong disana.

Tapi ya itu, stan yang banyak dan antrean cukup panjang membuat waktu sehari pun tidak cukup untuk mencoba semua permainannya. Jadi, kudu datang lagi deeh, Mama cari diskonan dulu ya kiddos hehe. Bahagia deh bisa mengajak liburan bocah di Kidzania Jakarta. Alhamdulillah.

Berikut beberapa tips main di Kidzania:

1. Beli tiket diskon di Groupon atau web diskon lain, atau berangkat bersama rombongan. Tiket masuknya jauh lebih murah.

2. Bawa botol air minum, harga air minum di dalam lebih mahal.

3. Pakai sepatu atau alas kaki yang nyaman bagi anak dan terutama ortu,  hihi. Banyak mama yang pakai high heel dan kepayahan berjalan seharian.

4. Bawa kantong/ dompet kecil untuk menyimpan uang Kidzos agar tidak tercecer.  Ada sih jualan dompet plastik bertali untuk digantung di leher tapi harganya 50 ribu oh, tidaaak! #TerMakIrits.

5. Jika Kidzos masih tersisa, tabung di Bank nanti dapat sejenis kartu ATM jadi kalau kesana lagi, tinggal gesek ATM nya untuk dapat Kidzos. Biar nggak hilang!

6. Sebaiknya berkunjung pada hari kerja karena jam main lebih lama dibanding weekend. Datang lebih pagi agar puas main seharian hihi.

7. Malam sebelum main di Kidzania, anak dan ortu harus beristirahat yang cukup. Terutama ortunya yang bakal teler mengawal bocah seharian hihi. Have fun ya di Kidzania Jakarta, Readers!


Kidzania Jakarta 
Sudirman Central Business District, 
Pacific Place Lt. 6- 601, 
Jl. Jend Sudirman Kav. 52-53, Jakarta 

















You Might Also Like

5 comments

  1. Wah ini mantep banget nih ngajakin anak-anak kesini. Tapi ortu kudu siap capek, ngikuti anaknya muter-muter :D

    ReplyDelete
  2. tempat yg menarik buat ngajak anak2 sayangnya aku masih single mbak heheeh

    ReplyDelete
  3. Seru banget.... Mupeng ntar kalo sikecil udah besar. Haha.yg pengen emaknya. Habis edukatif banget sih disana ya 😊😊

    ReplyDelete
  4. wah kalau anak-anak sih suka ya,banyak mall yang punya wahana permainan yb bikin anak senang

    ReplyDelete
  5. Aku mau kesiniii aaah kalo balik ke Jakarta lagi hahaha.

    ReplyDelete