Semarang Contemporary Art Gallery di Kota Lama Semarang

  • Thursday, December 08, 2016
  • By Dewi Rieka
  • 6 Comments

Semarang Contemporary Art Gallery di Kota Lama Semarang. Dear Readers, Kota Semarang punya banyak tempat menarik lho, Readers.

Salah satunya yang beberapa kali aku kunjungi adalah Semarang Contemporary Art Gallery. Terletak di kawasan Kota Lama Semarang yang hits.

Semarang Contemporary Art Gallery

Semarang Contemporary Art Gallery berada tak jauh dari Gereja Blenduk dan Taman Sri Gunting. Bangunan tua yang memiliki sejarah panjang. Dibangun tahun 1918 dan dijadikan bangunan kantor. Pernah juga menjadi pabrik sirup Fresh.

Pengusaha dan filantropis Chris Darmawan membeli dan merenovasi gedung tua dan nyaris ambruk ini pada tahun 2007 dan menjadikannya galeri Semarang setahun sesudah dipugar.

Semarang Contemporary Art Gallery

Tak ada jejak keusangan dan keausan gedung ini sekarang. Bangunan dua lantai ini disulap menjadi galeri cantik dan berlantai kayu yang hangat di tingkat dua tanpa meninggalkan sisa kemegahan zaman Kolonial.

Semarang Contemporary Art Gallery

Semarang Contemporary Art Gallery secara rutin memajang karya seni dari pelukis, perupa dan seniman Indonesia serta Asia Tenggara. Diantaranya pelukis Erik Pauhrici, Agus Suwage, dan Edie Hara.


Seperti saat Pejalan Santai mampir kesana, sedang ada event Biennale Jateng sebuah pameran seni rupa yang cukup besar yang rencananya diadakan rutin setiap tahun di Semarang. Selain Galeri Semarang, Biennale ini juga dihelat di gedung Oudetrap di Kota Lama juga.

Semarang Contemporary Art Gallery

Pak satpam yang saat itu berjaga pun ramah. Ia tak segan bercerita seputar Biennale Jateng. Bagaimana ia dan kru galeri lembur untuk menempel dan mengecat latar belakang dinding karya seni yang terpajang. Wah, ternyata ada karya pak satpam juga ya disana!

Semarang Contemporary Art Gallery

Galeri Semarang buka setiap hari Senin-Minggu pukul 07.00-16.00 wib dan tiket masuk hanya Rp10.000. Galeri Semarang ini cukup ramai dikunjungi orang lho. Koleksi yang dipamerkan pun secara berkala diganti, ada tema-tema tertentu juga tiap pameran.

Semarang Contemporary Art Gallery

Galeri ini bisa menjadi wisata alternatif untuk para wisatawan yang berkunjung ke Semarang. Lebih mendekatkan masyarakat umum pada dunia seni yang sering dianggap eksklusif.

Semarang Contemporary Art Gallery

Nggak usah khawatir kalau kamu tidak terlalu mengerti maksud karya seni yang dipajang hihi. Nikmati saja. Seperti aku dan bocah-bocah yang bertanya melulu padaku ini artinya apa? Dan girang ketika kami berhasil (mungkin) menerjemahkan makna karya mereka haha.

Untuk selfie juga kecee hihihi Instagram-able banget. Jika main ke Semarang, jangan lupa mampir ke Semarang Contemporary Art Gallery, Readers!




You Might Also Like

6 comments

  1. Wow bagus ya ternyata galery nya
    Kapan2 mau kesana ah... sama medin hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Auok mba indri, sebelum mudik kampung halaman..

      Delete
  2. Replies
    1. Iya menyenangkan berlama-lama disana..

      Delete
  3. Bagus galeri nya, instagram able banget

    ReplyDelete