Bertemu Bu Muslimah Laskar Pelangi di Belitung

Bertemu Bu Muslimah di Desa Gantong, Belitung.
Readers, Ada tantangan posting bersama #TheBestTravelingMoment2016 bersama Indonesia Corners.

Sudah tahu kan Indonesia Travel Blogger Directory? Jangan lupa, kalau kalian punya blog jalan-jalan atau punya label jalan-jalan di blog bisa gabung lho! Jadilah bagian dari keluarga besar blogger Indonesia Corners.

Bertemu Bu Muslimah Laskar Pelangi Belitung
Bu Muslimah menceritakan kisah SD Muhammadiyah Belitung
Berhubung aku bukan travel blogger dan masih punya dua bocah kecil, jadi tahun 2016 saya tidak banyak acara jalan-jalan. Apa nggak banyak jalan-jalan? #Dijitaksuami.
Traveling paling banyak sih dalam rangka mudik menengok ortu di Bogor sebagai anak yang solehah dan berbakti haha. Juga piknik bersama sekolah anak-anak, Mamak numpang piknik. Hihi. Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui.

Terus, tahun 2016 aku sempat ikut trip bareng teman-teman blogger Jalan-Jalan Syar'i ke Belitung. Yang lain, sempat main ke Bali, Lasem, dan Magelang hehe. Nggak banyak, kan? Maklum orang rumahan. Uhuk. 

Makanya, bulan Desember 2016 aku bikin blog Pejalan Santai biar semesta mendukung, suami mendorong, aku bisa jjs bersama anak-anak dan suami lebih banyak tahun 2017 ini. Aamiin! Hihi. Semoga aku bisa dapat hadiah jalan-jalan gratis lewat lomba atau undangan. Aamiin! #TerMakIrits.

Bertemu Bu Muslimah Laskar Pelangi Belitung
Alhamdulillah bisa Bertemu Bu Muslimah Laskar Pelangi Belitung

Yang menjadi #TheBestTravelingMoment2016 adalah saat aku bertemu Ibu Muslimah, guru berdedikasi kesayangan Ikal dan kawan-kawan Laskar Pelangi di novel Laskar Pelangi Andrea Hirata. Di film, Bu Muslimah diperankan dengan gemilang oleh Cut Mini, artis kesayanganku.

Tak disangka, Kru Visca Tour baik hati banget mempertemukan kami dengan Ibu Muslimah yang asli di rumahnya di Desa Gantong, Belitung Timur. Tak sia-sia kami menempuh perjalanan selama dua jam dengan bus mini. 

Ibu Muslimah Hapsari, adalah nama lengkap perempuan kelahiran Desa Gantong Februari 1952. Ibu Muslimah sudah pensiun dari pekerjaannya sebagai guru SD tahun 2010.

Bertemu Bu Muslimah Laskar Pelangi Belitung
Replika SD Muhammadiyah Gantong di Belitung Timur

Bu Muslimah terakhir mengajar di SD Negeri 6 Gantong, dan kini saat pensiun ia malah sering pergi ke berbagai daerah untuk berceramah seputar dunia pendidikan Indonesia. Ia juga telah bertemu dengan presiden, pejabat dan orang-orang hebat berkat Laskar Pelangi. Wow!

Kami temui di rumah beliau yang sederhana, Bu Muslimah tak dapat menyembunyikan kekagetannya dan sangat terharu melihat kami yang datang dari berbagai kota untuk menemui beliau.

Masya Allah, Bu Muslimah  terlihat segar dan cantik dengan busana  warna kuning. Kami diajak masuk ke rumahnya yang dinding dan lemarinya dipenuhi berbagai penghargaan dari berbagai pihak.

Akhirnya kesampaian bisa ke Belitung juga

Ibu Muslimah mengaku berbagai penghargaan yang ia dapat sejatinya ia persembahkan untuk para guru di seluruh Indonesia yang rela mengabdi sepenuh hati untuk mencerdaskan anak bangsa.

Ia tak menyangka gara-gara muridnya yang bandel itu, ia bisa mendapatkan berbagai pengalaman berkesan, bertemu banyak orang yang menginspirasinya. 

"Ibu tidak menyangka. Ibu hanya guru desa biasa, semua ini terjadi karena ulah si anak nakal, Andrea murid ibu waktu mengajar di SD Muhammadiyah Gantong, " ujarnya tertawa. 

Bu Muslimah yang begitu bangga akan kesuksesan anak-anak didiknya termasuk Andrea Hirata yang karena novel dan film Laskar Pelangi telah memajukan pariwisata Belitung, membuat orang berbondong-bondong piknik ke Belitung. Dahsyat!

Ada anak-anak Laskar Pelangi Next Generation di Belitung

Tak heran, buku-buku seri Laskar Pelangi dan karya Andrea Hirata lainnya banyak dijual di berbagai toko oleh-oleh sebagai suvenir. Tak berbeda dengan kaus atau gantungan kunci. Keren Pak Cik!

Kami tak sempat berlama-lama di rumah Ibu Muslimah, tapi perasaanku begitu bahagia mendengar wejangan beliau tentang pendidikan anak. Ia begitu bersahaja namun penuturan dan pemikirannya begitu bernas.

Rasanya tak seorang pun dari kami yang ingin beranjak dari rumah sederhana itu. Semoga Ibu Muslimah selalu diberi kesehatan, aamiin. Pertemuan berkesan dengan Ibu Muslimah sudah kutulis disini: Kenal Lebih Dekat dengan Ibu Muslimah. 

Sesudah bertemu Bu Muslimah di Desa Gantong, Belitung., kami lalu mengunjungi replika bangunan SD Muhammadiyah Gantong di Belitung Timur.

Replika gedung sekolah reyot Ikal dan kawan-kawan sebenarnya adalah lokasi syuting film Laskar Pelangi yang disutradai Riri Riza.

Kalau gedung sekolah sebenarnya sudah tidak ada dan letaknya di pinggir pantai. Replika gedung ini dilengkapi dengan pasir putih yang dibawa dari pantai karena lokasi syuting ini sebenarnya berada jauh dari pantai, lho. 

Rombongan Trip Blooger Jalan-Jalan Syari ke Belitung
Memasuki bangunan reyot dua lantai ini, jadi terbayang anak-anak sekolah dasar bersemangat menuntut ilmu dalam suasana yang penuh keterbatasan.

Bangunan beralas tanah, perabotan yang sudah kusam dan reyot, para guru yang berusaha tetap bertahan mengajar, sejatinya adalah potret pendidikan anak Indonesia yang masih banyak kita temui di daerah pedalaman, hiks.

Terharu, karena dari sekolah sederhana ini bisa menghasilkan para pemuda yang sukses baik dalam karir dan perilakunya seperti Andrea Hirata dan kawan-kawan.

Jadi terbayang deh adegan film dimana Ikal, Mahar dan teman-temannya belajar dan bermain bertahun-tahun di SD Muhammadiyah Belitong. Aih, jadi kangen ingin menonton kembali film dengan soundtracknya yang fenomenal ini. 

Kami makin bersemangat untuk mampir ke Pantai Tanjung Tinggi yang penuh dengan bebatuan raksasa, yang juga menjadi lokasi syuting film Laskar Pelangi. Benar-benar tur Laskar Pelangi ya kami hari itu!

Sayang kami tak bisa mampir ke Museum Kata yang didirikan Pak Cik Andrea Hirata. Saat itu, museumnya sedang direnovasi. Padahal, aku berharap bisa bertemu pak cik dan minta tanda tangan #ngefans. Semoga nanti ada kesempatan bertemu langsung dengan Pak Cik Andrea Hirata, aamiin!

Posting Bersama Indonesia Corners








You Might Also Like

13 comments

  1. Pengen juga main ke Belitung jadinya 😊

    ReplyDelete
  2. Jadi inget film laskar pelangi lagi. Sayang ada salah satu aktornya si mahar ya kalo nggak salah udah ga ada. Bu Muslimah memang yahudddd, menginspirasi banyak orang :)

    ReplyDelete
  3. Bu Muslimah masih segar dan cantik. Semoga diberi umur panjang dan berkah.

    ReplyDelete
  4. Meski belum baca Laskar Pelangi..
    bertemu sosok guru yang luar biasa ibu Muslimah di artikel ini
    membuatku terkagum ... masyaAllah ! semoga Allah membalas amal jariyah beliau dengan keberkahan melimpah, kesehatan dan kebaikan.

    asyeeek serasa saya ikut rombongan jalan-jalan syari :)

    ReplyDelete
  5. Wah seru sekali ya mba bisa bertemu dengan salah satu tokoh pendidik inspiratif seperti bu Muslimah ^^

    ReplyDelete
  6. pas outing kantor ke belitung lalu, kita jg tripnya ke tempat2 laskar pelangi ini mbak... tp sayangnya ga ketemuan ama bu muslimah sih, krn keterbatasan waktu... ga nyangka ibunya msh kliatan muda sbnrnya yaa... aku pikir udh tuaaaa bnget.

    ReplyDelete
  7. masya Allah.. bukan travel blogger tapi jalannya kayak gini?
    Terus, tahun 2016 aku sempat ikut trip bareng teman-teman blogger Jalan-Jalan Syar'i ke Belitung. Yang lain, sempat main ke Bali, Lasem, dan Magelang hehe. Nggak banyak, kan? Maklum orang rumahan. Uhuk. >>>> nyesek bacanya mbak huhuhuhu

    ReplyDelete
  8. Asyik bgt ketemu lgsg sm guru inspiratif...

    ReplyDelete
  9. Seru mba perjalanannya, semoga Ibu Muslimah selalu sehat ^_^

    ReplyDelete
  10. wah, ga nyangka ya ketemu sosok Bu Muslimah yang sebenernya.. Jadi pengen eksplor Belitung juga. TFS ya mbak

    ReplyDelete
  11. Wah, ini Bu Muslimah. Berkesan bgt pasti ya mba bs ktemu langsung sm beliau. Smoga ada kesempatan jg :)

    ReplyDelete
  12. Mudah2n berjodoh silaturahmi jg dg bu Muslimah.
    Semoga pula makin komit berbagi kebaikan spt beliau dan makdew.
    TFS maksay..

    ReplyDelete
  13. penasaran juga sama Belitung mbak, salah satu propinsi yang sangat ingin didatangi

    ReplyDelete