7 Kafe Asyik di Semarang Buat Nongkrong Syantik

7 Kafe Asyik di Semarang Buat Nongkrong
Dear Pejalan Santai, hari ini aku mau sharing tempat yang seru dan Instagramable di Semarang buat nongkrong syantik bersama sahabat dan handai taulan. Ya, Semarang sebagai ibukota Jawa Tengah tak luput dari tren nongkrong di kafe yang kekinian ini.


Jika dahulu, kita main dan ngumpul di rumah teman, menikmati suguhan tuan rumah, atau potluck alias bawa makanan sendiri-sendiri dari rumah untuk dinikmati bersama. Mungkin karena alasan kepraktisan ya membuat tren nongkrong di kafe ini menjamur. Lokasi kafe biasanya strategis di tengah kota sehingga mudah dicapai masing-masing anggota geng, terus kita nggak usah merepotkan tuan rumah karena harus mencuci piring kotor dan beberes rumah, tinggal bayar tagihan masing-masing, cuss deh. Walau tingkat kenyamanan memang masih enak di rumah ya.


Karena itulah kafe zaman sekarang dirancang homey dan bikin betah pengunjung untuk berlama-lama nongkrong. Tak pandang usia, kafe menjadi tempat asyik untuk nongkrong haha hihi hingga buat mengetik naskah, mengerjakan tugas hingga bertemu mantan eh rekan kerja. Masing-masing kafe tentu saja berusaha menonjol dari kafe yang lain agar dapat menjaring pelanggan.

Mesin kopi untuk mengolah kopi enak

Misalnya makanan yang enak, harga ramah di kantong hingga tempat yang IG-able. Beberapa kafe  yang kubahas ini punya keistimewaan masing-masing hingga jadi tempat nongki favorit. Hm, apa saja siih, yuk kita cek satu-persatu 7 Kafe Asyik di Semarang Buat Nongkrong!

1. Strada Caffe

Starada Caffe ini letaknya di Jalan S.  Parman No. 47, Gajah Mungkur, Semarang.  Bersebelahan dengan Rustico. Keistimewaannya tentu saja kopi Nusantara yang mereka sediakan. Berbagai jenis kopi robusta dan arabika dari berbagai daerah diletakkan di toples besar. Ada kopi Aceh gayo, kopi Toraja, kopi Flores dll.


Sambil nongkrong, kita bisa menyaksikan kelihaian para barista meracik kopi. Mulai dari menggiling hingga menghiasnya untuk pelanggan. Ingin minta rekomendasi kopi enak pada barista, juga bisa lho.


Pemilik Strada Caffe ini, Mbak Fani adalah seorang barista berprestasi yang ikut kejuaraan hingga ke Brazil. Ingin belajar seluk-beluk kopi? Yuk, ada seluk-beluk kelas gratis AAdC alias ada apa dengan coffee? disini.


Makanannya juga beragam lho mulai dari spageti al ragu bolognese, strada lasagna, beef nachos, steak dengan bumbu blackpepper,  serani salmon,  dll. Yang tidak suka kopi juga banyak pilihan menu seperti teh leci. Don't worry!

2. Rustico Kitchen & Bar

Rustico ini tetanggaan dengan Strada Caffee di Jalan S. Parman.  Hanya saja jam bukanya mulai pukul 17.00-00.00 setiap hari. Untuk sampai disana, kita harus naik lift ke lantai empat.  Desain interior Rustico ini asyik lho.


Andalannya adalah pizza ala Italia dengan adonan roti tipis yang dibakar di tungku raksasa.  Ahh, ternyata Semarang juga tak kalah kekinian dengan pizza tungku ini.  Kalian bisa mengintip cara pembuatan pizza kamu langsung oleh chef.

pizza ala Italia yang renyah dan yummi (Pic: Hidayah Sulistyowati)

Dengan lihai, mereka melempar dan membolak-balik adonan martabak eh pizza hingga kalis, tanpa sobeek.


Pilihan pizza pun beraneka ragam lho diantaranya supreme pizza, mushroom and salami pizza dan untuk kalian yang penyuka manis bisa memilih choco cheese banana pizza, legit dan yummii. Di Rustico Kitchen and Bar ini pula rutin diadakan acara musik oleh Dj.

3. Kedai Gula Jawa

Beralamat di Jalan Singosari Raya No. 49 Semarang. Kedai ini juga ramai dikunjungi warga Semarang.setia setiap hari pukul 07.00-23.00. Tempatnya asyik dan luas buat nongkrong. Kita bisa pilih di lantai dasar atau di lantai dua.


Ada tempat nongkrong outdoor juga, yang tidak disarankan untuk dinikmati di siang hari. Luntuur bedak!  Hihi. Menunya beragam dari masakan barat hingga Nusantara  dan harganya terjangkau deh.

Rasanya pun yummi. Pilihan menunya antara lain bistik,  fish and chips, nasi campur Gula Jawa, salsa dory, nasi ayam serepeh. Minumannya selain kopi dan teh, ada soda, es campur,  es kopyor, jus buah dan shake.


Makanan ringan ada bitterbalen, rujak ala Gula Jawa dengan kacang mede, singkong keju hingga pancake. Duh, jadi bingung pilih menunya!  Hihi.

4. Kafe Pelangi

Kafe Pelangi ini bersebelahan dengan Kedai Gula Jawa.  Dan tak kalah ramai dengan tetangganya, hehe. Kafe ini juga luas dan punya pilihan makan di dalam atau luar ruangan. Ada juga semacam ruangan privat bagi yang ingin mengadakan rapat atau pesta kecil.


Andalan Kafe Pelangi ini adalah pilihan es krimnya yang menggiurkan.  Anak-anak pasti senang diajak kesini,  ortunya juga hihi. Soalnya harga makanan dan minuman terjangkau deh.

Nongkrong syantik di Kafe Pelangi Semarang 

Selain es krim, juga banyak menu makanan dan minuman lain. Seperti aneka steak,  nasi goreng, zuppa soup, aneka sandwich, selat solo bahkan opor ayam, hihi. Ada juga toko oleh-oleh di lantai satu,  jadi kepingin jajan terus deh hihi.

Pizza tuna dan singkong keju ala Kafe Pelangi Semarang 


5. AtoZ Bar Wine & Brasseire

Beralamat di Jalan Sumbing No. 8/10, Gajah Mungkur,  Semarang. Suasana restorannya asyik buat kencan, temaram gitu deh hehe.  Sesuai namanya, AtoZ ini juga tempat mencicipi berbagai wine dari berbagai negara.

Nongkrong ganteng di AtoZ Bar Semarang (Pic Ismi)

Konon,  ada minuman anggur yang per botolnya mencapai 25 juta rupiah,  bo. Bisa untuk DP rumah hihi. Iya,  pengunjung bar ini memang ditujukan untuk kalangan atas Semarang.


Makanannya yang aku cicipi pas ada acara disana ala barat semua. Disajikan ala masterchef juga, porsi kecil nan cantik.


Sajian santap sore kami disana yaitu Asian Salad, Potato Leek Soup, SousVide Beef Medalion with mushrooms sauce dan GreenTea Crème Brûlée with Vanila Ice Cream, yummi!

6. Nestcology Land of Gastronomy

Restoran fine dining ini terletak di kawasan elit Semarang,  Jalan Tambora No. 5A. Desain interior tempat ngehits di Semarang ini memang terkesan mewah.  Di lantai dua, ada balkon luas dimana kita bisa menikmati pemandangan Semarang di waktu malam.  Cantik!

Nestcology Land of Gastronomy (Pic: Nestcology IG) 

Restoran ini dikelola putra perancang kebaya ternama Semarang, Anne Avantie yaitu Mas Ernest Christoga yang juga chef Nestcology. Mereka menyajikan menu western seperti dory fish with salad, steam chicken mousse.

Salmon (pic: Nestcology IG) 

Hidangan dessert andalan resto adalah Choco Boom yang lezat.  Ada suguhan musik live setiap malam, menemani pengunjung bersantap malam.

Choco Boom Nestcology (Pic: Slamsr)


7. My Kopi O!

7 Kafe Asyik di Semarang Buat Nongkrong terakhir adalah My Kopi O! Kafe yang satu ini tak hanya ada di Semarang. My Kopi O ada di Solo,  Jakarta dan kota lainnya. Aku suka penataan kafenya yang simpel dan terang-benderang.


Ada pilihan makan di dalam ruangan, teras, atau outdoor yang asyik karena ada atap jadi tak terganggu cuaca terik Semarang. Beralamat di Jalan Sisingamangaraja, tak jauh dari kompleks AKPOL Semarang.


Pilihan kopinya banyak mulai dari kopitiam seperti Nanyang Kopi O, espresso dan kopi dingin. Untuk penyuka teh dan cokelat, juga tersedia berbagai jenis disini.


Terus, makanannya beragam mulai dari menu sarapan seperti onde-onde dan bakpao. Piring sajiannya unik karena lebih mirip wajan.



Ada sajian menu roti prata dengan beragam isian seharga Rp50.000, green tea kaya butter toast Rp23.000 an, American breakfast sausage Rp48.000 hingga nasi lemak beef rendang Rp44.000 dan tuna porridge with omelette Rp20.800. Lumayan juga ya, hihi.


Karena kami datangnya ramai-ramai jadi bisa pesan makanan yang berbeda dan saling icip hehe. Namanya blogger tya,  mau mereview tapi tetap irit haha. Makanannya enak-enak lho. 

You Might Also Like

14 comments

  1. Kangen pizza nya rustico, kopinya strada hmmmmm sruput...
    Asik kali ya nongkrong lama2 dstrada, bawaannya tenang karena nyium bau kopi mulu hiji

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, suka deh aroma kafenya, wangiii

      Delete
  2. Suka banget sama ice cream nya pelangi.. enyak2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa pengen ajak Adek ni penggemar es krim buat cicipin

      Delete
  3. Baru pernah no.1 dan 6 aja nih, 5 lagi kapan kapan nyobain kongkow disana ah bareng suami 😊

    ReplyDelete
  4. Wuiih...foto2 mknannya bikin ngiler, Mak Dew... :)
    Trims infonya..blm pernah 1 pun..hihi.. Catet dulu aah...

    ReplyDelete
  5. dari ke 7 cafe ini, baru nestcology mb yg ku kunjungi..he..he makanan nya bikin ngiler semua ih :)

    ReplyDelete
  6. Yang Cafe Gula Jawa ini yang menunya paling unik, ada nasi gula jawa.

    ReplyDelete
  7. Jadi pengen kabur ke Semarang, hiks

    ReplyDelete
  8. Wah bisa dijadikan tujuan saat piknik ke Semarang nih. Seru-seru kayaknya mbak :)

    ReplyDelete
  9. Untuk masalah kuliner dan cafe saat ini Semarang tidak kalah dengan kota besar lainnya ya mbak. Banyak pilihan sesuai dengan budget kita :)

    Di dekat tempat tinggal saya juga menjamur cafe-cafe baru dengan harga terjangkau dan menu yang bervariasi :)

    ReplyDelete
  10. Semarang salah satu kota favorit saya krn wisata kulinernya benar2 memanjakan lidah..Asikk skrng dapet referensi tempat nongkrong kece di Semarang

    ReplyDelete
  11. Bikin ngiler makanannya, duhhh kapan aku bisa cheating syantik yaa :D

    ReplyDelete