Pasar Ah Poong & Eco Art Park Sentul, Wisata Murah-Meriah

  • Monday, February 06, 2017
  • By Dewi Rieka
  • 3 Comments

Pasar Ah Poong & Eco Art Park Sentul.
Main di Sentul Bogor kini tambah asyik. Apalagi setelah ada Jungle Land Bogor.  Sepulang dari petualangan mencari air terjun Bidadari, akhirnya kami mampir di Ah Poong Sentul.

Lokasinya mudah ditemukan karena berdekatan dengan Masjid Andalusia dan kantor marketing Sentul City. Lebih seru lagi karena ternyata Pasar Ah Poong ini letaknya bersebelahan dengan Eco Art Park Sentul. Apa pula itu?  


Lihat foto-foto di Instagram,  Pasar Ah Poong Sentul bertebaran. Kami makin penasaran dong. Hm,  seperti apa sih Pasar Ah Poong Sentul? S o, akhirnya pas mudik ke Bogor kami ngacir deh ke Pasar Ah Poong Sentul. Jangan bayangkan tempat ini seperti pasar apung di Banjarmasin hehe. Pasar Ah Poong ini ternyata sebuah food court atau tempat makan di tepi Sungai Cikeas.  Tempat makannya luas dan tertata rapi. 



Untuk masuk kesana, kita bisa menikmati Eco Art Park dulu. Sebuah taman yang dibangun di perumahan Sentul City yang konsepnya ramah lingkungan. Masuk taman ini gratis lho. Luasnya sekitar 500 meter persegi. Berseberangan dengan Masjid Andalusia yang cantik. 


Isinya layaknya taman dengan tanaman ditata rapi. Istimewanya, taman ini bertema ekologi, sains dan seni. Sebenarnya ada dua tema lho di dalam. Untuk taman ilmu pengetahuan, ada beberapa alat yang bisa kita gunakan untuk belajar sains. Diantaranya parabola aktif. 


Yaitu dua parabola berwarna-warni,  dipasang berhadapan namun agak jauh. Alde ngomong menghadap parabola satunya,  dan suaranya merambat, terdengar hingga parabola yang lain dimana Kak Nailah berdiri. 

Restoran yang berada di area Eco Park Sentul
Jadi ingat main telpon-telponan dulu dari kaleng susu dan benang hehe. Terus,  ada sepeda yang bisa dikayuh melewati sungai tanpa jatuh karena ada teori apa gitu. Tapi, memangnya ada yang berani coba?  Hihi. Ada alat pendulum, pengungkit dan pipa suara juga dan diberi keterangan gimana cara kerjanya. Edukatif banget deh taman ini. 

Pasar Ah Poong Sentul dari kejauhan


Terus,  ada taman patung.
Katanya taman ini berisi cukup banyak patung mulai karya seniman ternama Salvador Dali dan lainnya, baik seniman Indonesia maupun mancanegara. Tapi saat itu yang kami lihat hanya dua tiga saja. Sampai membatin, katanya taman patung, mana lagi patungnya? Ada patung Optimus Prime terbuat dari barang bekas, sparepart mobil setinggi 5 meter, Keren. 


Ada patung orang berukuran raksasa, gendut dan berdiri gagah. Tadinya, patung ini telanjang lalu mungkin karena diprotes akhirnya patungnya berbaju, hehe. Katanya patung ini karya Salvador Dali. Pulang dari Sentul, browsing Instagram lagi kok patungnya banyak?  

Pasar Ah Poong dan Eco Art park Sentul
berperahu di Pasar Ah Poong Sentul
Ulala,  ternyata kita harus menyusuri lagi setapak menuju kantor marketing Sentul City untuk menemukan patung lain. Masih banyak lho.  Hihi, kami malah keterusan jalan ke arah pasar ah poong, ikuti kemana perut berkerucuk, hihi. Alias keburu kelaparan. Baiklah, nanti kesana lagi deh next time kalau Ke Bogor.

Pasar Ah Poong dan Eco Art park Sentul

Selain gerai di semacam food court,  ada beberapa restoran yang berdiri sendiri.  Pasar Ah Poong Sentul terdiri dari gerai-gerai yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman Nusantara. Menu Nusantara ini asli bikin bingung memilihnya, haha.

Mulai dari mi Aceh, laksa,  nasi lemak,  soto Lamongan hingga siomay, ada. Minuman juga menggodamu untuk mencicipi. Harganya seperti makan di mall deh. Kami berkeliling karena bingung mau makan apa saking banyaknya pilihan.

iga bakar di ah poong sentul


Pasar Ah Poong dan Eco Art park Sentul
bakso yummi di ah poong sentul

Untuk membeli makanan, kita harus menggunakan kartu debit eat and eat yang bisa diisi depositnya di kasir.  Jadi,  nggak pakai uang tunai ya beli makanan dan minumannya. Sambil makan kita bisa duduk-duduk di food court atau area terbuka sambil menikmati sungai Cikeas. Kita bisa membeli makanan ikan dan memberi makan puluhan ekor ikan yang berkecipak di kaki kita. Seru! Atau kalian bisa menikmati naik perahu menyusuri sungai, pengalaman unik ya. 

Pasar Ah Poong dan Eco Art park Sentul

Pulangnya, kita bisa melewati taman gantung yang unik dan Instagramable bingit. Sebaiknya kesini jangan saat liburan dan akhir pekan, kebayang deh membludaknya, antrian makan juga makin panjang. Ajaibnya lagi, setelah menyeberangi jembatan gantung yang berayun manjah, aku menemukan label segel pada tiang listrik yang bertuliskan disegel oleh pemda. Waduh, yang disegel tiang listrik atau lokasi wisata pasar Ah Poong-nya? Entahlah. Pasar Ah Poong & Eco Art Park Sentul  memang seru buat wisata bersama keluarga. 

You Might Also Like

3 comments

  1. Wuih apik yo. Kapan-kapan ah kalau ke bogor tak mampir

    ReplyDelete
  2. patungnya lucu lucu, tapi klo anakku lihat pasti langsung kabuuur...... baru tau ada pasar Ah Pong niy mbak, taunya klo sentul itu air terjun bidadrai aja

    ReplyDelete
  3. Ah aku selalu gagal kalau setiap kbogor mau ke eco park sentul dan sudah 2x ada yg ngajak nya.. 😢😢

    Kalau kbogor lg harus mampir ini..

    ReplyDelete