Bergembira di Gembira Loka Zoo, Yogyakarta

Bergembira di Gembira Loka Zoo, Yogya. Pas piknik ke Yogya, sama sekali tak terlintas di benak untuk piknik ke Gembira Loka Zoo.

Gembira Loka Zoo Yogyakarta
Berpose dengan harimau, hati-hati deek..

Ingat zaman kuliah, pernah ke sana dan zonk, bauu. Tapi namanya rencana manusia, plan piknik bersama teman-teman Book Advisor MDS buyar karena anakku sakit. Kami batal ikut piknik. Malah main ke IGD. Huhu. Aku siap-siap balik kanan, pulang ke Ungaran.

Tapi, bocah merayu untuk diajak ke Gembira Loka. Padahal kondisi Alde saat itu kurang sehat. Baiklah kiddos. Ur wish is my command.


Gembira Loka Zoo Yogyakarta
Museum binatang di Gembira Loka Zoo

Dari penginapan di Malioboro kami merapat ke Jalan Kebun Raya No. 2, Yogya naik Go Car. Turun di depan pintu timur A. Karena hari Minggu, pengunjung ramai sekali. Kami antre di loket dan membayar Rp30.000 per orang.

Wah, Kebun Binatang Gembira Loka bersolek ya. Maafkan aku yang sudah berpikiran buruk, hiks. Penampilan kawasan kebun binatang ini tak kalah dengan kebun binatang di Malang. Kebersihannya pun oke. Kami diberi selembar brosur yang ternyata juga peta Gembira Loka.

Gembira Loka Zoo Yogyakarta
Welcome to Gembira Loka Zoo Yogya

Cukup jauh juga jalannya dari pintu masuk menuju wahana. Ada museum yang memajang berbagai hewan yang diawetkan. Ada juga beberapa spot untuk berfoto. Cukup jauh jalan kakinya, hingga kami menyeberangi Sungai Gajah Wong.

Gembira Loka Zoo Yogyakarta
Naik kereta keliling dulu biar kaki nggak gempor hihi

Aduh, mulai gempor tapi binatangnya belum terlihat, hihi. Apalagi bawaanku banyak, ransel gede karena menginap semalam di Yogya. Takut encok, broh.

Yang kelihatan adalah sebuah danau buatan dengan ombak buatan juga, dimana kita bisa menaiki speed boat, kapal Katamaran, perahu kayuh dan perahu senggol. Ombaknya tinggi juga, sampai yang naik speedbooat meliuk-liuk, hihi. Ada restoran Mayang Tirta yang berbentuk kapal. Asyik.

Untungnya, ada halte Taring alias Transpor Keliling. Yup, sejenis mobil atau kereta untuk menyusuri kebun binatang. Kita bisa naik-turun bebas di setiap halte apabila membayar tiket terusan. Langsung deh mamak semangat mau naik, haha.

Gembira Loka Zoo Yogyakarta
Kandang orangutan, lagi bobok siang tuh orangutannya..

Kalau jalan kaki, gempor ey! Ada sepeda juga lho yang bisa disewa untuk berkeliling. Asyik, kami bertiga naik mobilnya. Dan turun di halte kedua. Ada kandang orangutan, simpanse, buaya, kuda nil dan harimau Sumatera.

Ada juga kandang gajah dan gajah tunggang untuk pengunjung yang ingin mencoba naik gajah. Duh, sampai bingung mau lihat yang mana duluan. Alde dan Nai heboh tunjuk ini-itu, girang banget.

Gembira Loka Zoo Yogyakarta
Bisa berpose lho dengan hewan yang lucu di Gembira Loka

Di bagian tengah kebun binatang, ada akuarium dan reptiles park yang memiliki koleksi ular cukup banyak. Bergidik deh. Koleksi akuariumnya juga cukup banyak dan menarik. Ada kura-kura raksasa teman Nemo, hehe serta komodo!

Gembira Loka Zoo Yogyakarta
Melihat ular berbisa di Reptiles Park

Menyeberang jalan, ada Bird Park. Sayangnya, kami skip karena takut kelamaan, hehe. Pas sedang melihat reptil, ternyata waktunya memberi makan ular. Petugas membawa ayam hidup. Ular raksasa itu melilit ayam hingga kehabisan napas lalu menelannya bulat-bulat. Horor! Aku langsung kabur dari situ naik kereta keliling.

Gembira Loka Zoo Yogyakarta
Waktunya ular makan huhu seraam

Selain memberi makan ular, ada juga jadwal feeding time simpanse, arapaima, pinguin, dan harimau. Jadwalnya bisa kalian intip di brosur.

Masih banyak hewan yang bisa kita saksikan di Gembira Loka, hewannya terawat dan bersih. Senang deh melihatnya.

Gembira Loka Zoo sendiri dicetuskan idenya sejak 1933 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono VIII. Beliau ingin sebuah taman yang bisa dinikmati tak hanya oleh raja dan bangsawan, tapi juga oleh masyarakat luas. Ide ini dilanjutkan putranya dan disebut Kebun Rojo, sayangnya pembangunan terhenti karena pendudukan Jepang.

Gembira Loka Zoo Yogyakarta
Ada landak putih jugaa

Setelah situasi stabil, kebun binatang ini beberapa kali akan dilanjutkan tapi baru tahun 1959 terealisasi. Luasnya sekitar 20 hektar. Tahun 2006, Gembira Loka sempat rusak parah karena gempa besar di Yogya.

Kini, Gembira Loka dikelola bersama oleh Yayasan Gembira Loka dan PT. Alam Tirta dan kebun binatang kebanggaan masyarakat Yogya ini kian bersolek. Bahkan bekerjasama dengan kebun binatang di Singapura untuk pertukaran hewan.

Gembira Loka Zoo Yogyakarta
Bisa bercengkrama juga dengan kura-kura, umurmu berapa dudee..

Selain melihat berbagai binatang, kita juga bisa membeli suvenir, kulineran, main ATV, masuk Taman Labirin, hingga berinteraksi dengan binatang di Gembira Loka Zoo. Wisata seru sambil menambah pengetahuan untuk anak-anak!

Gembira Loka Zoo
Jl. Kebun Raya No 2, Warungboto, Umbulharjo Yogya.
Jadwal buka: Setiap hari Pukul 07.30-17.30 Wib.

You Might Also Like

22 comments

  1. Wah.. sudah jauh lebih rapih ya
    . Terakhir ke sana itu masih di tempat yg lama.. sekitaran bengawan solo (bener ngga ya, lupa2 ingat) . Nanti kalau ke jogja mau coba mampir ah

    ReplyDelete
  2. Noted.
    Referensi lengkap nih.
    Semoga satu hari nanti anak-anak saya bisa maen plus seseruan ke Gembira Loka.
    Aamiin.

    ReplyDelete
  3. Aku belum kesampaian jalan-jalan di jogja...
    Serem juga ya mbak ularnya dilepas gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ngeri mbaa, makanya fotonya dari jauh gitu haha..

      Delete
  4. Aku dulu pernah ke sini pas jaman SD kelas 6 mbak. Wah, jadi nostalgia dan pengen ke sini lagi :)

    ReplyDelete
  5. Main ke kebun binatang ingat kegembiraan masa kanak-kanak bersama Bapak dan Ibu serta saudara-saudara. Gembiraloka terlihat sudah bersih dan rapi, Mbak Dew. Bagus juga ya biasanya kebun binatang diperlakukan secara kurang layak sehingga area di sekitar bau dan tidak terurus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba evi, bagus sekarang pengelolaannya, cool..

      Delete
  6. Aku terakhir ke gembira loka jaman naufal masih bayi, hahahaa. Abis itu seringnya ke kid fun yg lebih kekinian. Tapi sekarang makin bagus ya mba, ada penambahan fasilitas bermain.

    ReplyDelete
  7. wah asik ni ngajak anak untuk wisata edukasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, seru dan ngga terlalu mahal

      Delete
  8. Iya mb skrg jauh lbh bgus
    Dr sd smp skrg pny anak sy rutin bolak balik
    Plg suka d area burung2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh aku blom sempat ke bird park mbaa

      Delete
  9. Nice post, jadi tahu nih harga tiketnya, dulu temenku kesini masih Rp.25.000,-

    Biasa untuk ke daerah Zoo ini aku sepedahan, tapi belum sempat masuk..he

    Next time pengen nyoba masuk, buat diceritakan juga di blog :)
    Oh,iya, kalau naik kereta bayar lagi gk ya, Mba ?

    Pengen liat jerapah, ada gk ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jerapahnya ngga ada ey, pernah liat di Batu Secret Zoo dan Ragunan, iya bayar lagi 25rb kl ngga salah terusannya..hihi

      Delete
  10. Wah seru jalan2nya. Dan anak2 emang suka kalau lihat2 binatang.

    ReplyDelete
  11. Aku terakhir ke Gembira Loka tahun 2010, em..kurang terawat waktu itu, MBak

    ReplyDelete
  12. belum kesampean ke Gembira Loka hehehe ini bersih dan rapih di bonbin Bandung masih belum terawat hewannya masih ada yang kosong di kandangnya hahah

    ReplyDelete