5 Tujuan Wisata Edukasi Seru di Pekanbaru

  • Saturday, June 03, 2017
  • By Dewi Rieka
  • 1 Comments

5 Tujuan Wisata Edukasi Seru di Pekanbaru. Dear Pejalan Santai, Pekanbaru adalah kota yang ramai dikunjungi oleh wisatawan dan juga pengusaha. Soalnya, kota ini adalah salah satu sentra bisnis terpenting di Pulau Sumatra.

 5 tujuan wisata edukasi seru di Pekanbaru
Perpustakaan Soeman HS Foto: Haluannews.com

Banyak perusahaan besar pertambangan serta perkebunan ada di Pekanbaru. Sebagai kota besar di Pulau Sumatra, Pekanbaru tentunya juga memiliki tempat wisata yang bisa menjadi tujuan seru buat kita. Ada apa saja di Pekanbaru? Intip yuk!

Perpustakaan Soeman HS 

Perpustakaan yang disebut-sebut sebagai bangunan perpustakaan terbaik di seluruh ASEAN ini terdiri dari 6 lantai. Setiap lantai memiliki kategori buku yang berbeda. Woow!

Selain itu, terdapat juga ruang diskusi serta perpustakaan elektronik yang bisa diakses melalui komputer yang disediakan.

Bagi kalian yang senang membaca buku, tempat ini bisa menyenangkan banget untuk melihat koleksi buku dan membaca dengan tenang di tempat yang sudah disediakan. Betaah! Boleh nginap nggak ya? Hihi.

Museum Sang Nila Utama 

Sang Nila Utama adalah seorang raja yang mendirikan Kerajaan Singapura pada tahun 1299.

Dengan menggunakan nama beliau sebagai penghormatan, Museum Sang Nila Utama menyimpan banyak peninggalan dan segala sesuatu yang berkaitan dengan sejarah dan budaya Melayu.

Di sini, kamu bisa menemukan pakaian, alat musik, artefak, serta permainan tradisional yang bisa menambah pengetahuan kalian tentang budaya di Indonesia bagian Barat. Puas deh kalau masuk ke sini!

Anjungan Seni Idrus Tintin 

Terletak di Jalan Sudirman, Pekanbaru, Anjungan Seni Idrus Tintin merupakan sebuah galeri seni milik Idrus Tintin.

Seniman berbakat dari Riau ini merupakan penggiat teater, penyair dan seorang budayawan ternama di Pekanbaru.

 5 tujuan wisata edukasi seru di Pekanbaru
Anjungan Seni Idrus Tintin Foto Shuhadaholidays.com
Agar bisa dinikmati khalayak luas maka dibangunlah anjungan seni nan unik ini. Karya seni yang terpampang di Anjungan Seni Idrus Tintin terdiri dari foto-foto pementasan teater serta naskah teater dan syair yang sudah dihasilkannya selama hidup.

Selain hasil karya yang mengagumkan, bangunan galeri ini juga terlihat mengesankan dengan atap bertumpuk khas rumah Melayu. Cantik banget!

Desa Okura 

Desa Okura adalah sebuah kecamatan yang memiliki kawasan agrowisata. Dengan berkunjung ke sini, kalian bisa menambah pengetahuan mengenai kebudayaan masyarakat asli Riau. Pas banget nih Kementerian Pariwisata sedang giatnya membangun desa wisata di Indonesia.

Di sini, kamu bisa berbincang dengan penduduk asli Riau dengan bahasa Melayu totok serta mengenal tentang pembuatan obat tradisional khas Riau.

Selain itu, terdapat juga pertunjukan Silat Pangean pada hari-hari tertentu. Kawasan agrowisata dipenuhi dengan kebun sawit dan pepohonan produktif lainnya.

Sebagai hiburan, ada berbagai permainan seperti menunggang kuda, memanah, dan mancakrida. Desa Okura adalah tujuan yang tepat jika ingin mempelajari budaya Riau asli. Dijamin betah ya!

Balai Adat Riau 

Balai Adat Riau berada di Jalan Diponegoro. Balai ini merupakan pusat resmi pemerintah untuk kebudayaan Riau. Bentuk bangunannya pun khas arsitektur Riau dengan warna cerah. Di dalam balai adat ini, terdapat Gurindam 12 yang terkenal hasil karya Raja Ali Haji.

Di sini, kamu bisa mengajak keluarga mempelajari kebudayaan Riau lewat pertunjukan yang digelar. Sebaiknya hubungi balai terlebih dahulu untuk mengetahui jadwal pertunjukan yang ada di Balai Adat Riau ini.

Bagaimana, tertarik untuk menunjungi Pekanbaru? Ternyata banyak tujuan wisata asyik dan sarat ilmu, ya! Untuk menginap dengan jangka waktu yang lama, kalian bisa menyiasatinya dengan mencari hotel murah di Pekanbaru. Salah satunya adalah Airy Rooms

Penginapan dengan sistem jaringan ini bisa kamu pesan melalui website atau aplikasi yang bisa diunduh di smartphone kamu.

 5 tujuan wisata edukasi seru di Pekanbaru
Kamar nyaman di Airy Rooms

Dengan harga yang murah, tentunya waktu menginap bisa lebih panjang. Selain itu, setiap kamar yang ada di jaringan hotel terbesar ini menjamin kenyamanan kepada tamunya dengan 7 hal penting.

Apa saja? Ya, tempat tidur bersih, kamar mandi dalam dengan air hangat, air conditioner, perlengkapan mandi, hiburan berupa TV layar datar, serta gratis koneksi internet dan air minum.

Ketujuh hal tadi merupakan hal dasar yang dibutuhkan oleh tamu yang menginap untuk mendapatkan kenyamanan selama berlibur.

Dengan begitu, kalian bisa melengkapi pengalaman wisata dengan layanan menginap yang memuaskan. Kalau ke Pekanbaru, jangan lupa mampir lho ke 5 Tujuan Wisata Edukasi Seru di Pekanbaru.

You Might Also Like

1 comments

  1. Perpustakaan Soeman HS emang nyaman banget,mb.Tempat favoritku sama anak-anak. Apalagi ada cafe di dalamnya. Tapi tau masih ada gak sekarang

    ReplyDelete