Wisata Binatang Laut di Ocean Dream Samudra Ancol

Wisata Binatang Laut di Ocean Dream Samudra Ancol. Hai Pejalan Santai, sudah masuk musim liburan sekolah nih. Ada rencana piknik ke mana? Beberapa waktu lalu aku mengajak anak-anak piknik ke Ancol.

Ocean Dream Samudra Ancol Jakarta
Ocean Dream Samudra Ancol Jakarta

Iya, Ancol masih jadi tujuan wisata yang menarik di Jakarta terutama buat orang daerah kayak kami, hehe. Dari Bogor, jalanan lumayan lengang via tol. Yang macet justru ketika di dalam Kawasan Ancol. Duh. 

Setiap pengunjung bayar Rp25.000 di loket untuk masuk Ancol. Belum termasuk kendaraan Rp25.000. Tahun lalu, kami sudah mengunjungi Sea World pas musim liburan Lebaran. Kisahnya bisa dibaca di sini.

Ocean Dream Samudra Ancol Jakarta
Pantai Ancol yang nyaman untuk nongkrong

Nah, kunjungan berikutnya ke Ancol aku mengajak anak-anak ke pantai dan Ocean Dream. Soal pantai, nih bocah-bocah suka banget main pasir di pantai. 

Sayangnya, rumah kami di gunung jarang main ke pantai deh. Jadi pas lihat ada pasir putih di Ancol, langsung minta turun dari mobil dan main di tepi pantai. Jangan tanya pantainya. Kayak cendol saking ramenya, hahaha.

Ocean Dream Samudra Ancol Jakarta
Menikmati udara laut di Ancol

Asyik juga pemandangannya. Ada perahu yang bisa disewa berkeliling dengan petugas berseragam, ada playground dengan berbagai mainan dari besi yang full colour. 

Sayangnya, di pantai ini sampahnya banyak, huhu. Iya sih, pengunjung padat tapi ayo pada buang sampah ke tempatnya, dong!

Ada cerita lucu Alde pas main pasir, Alde timbun sandalnya di pasir lalu menghampiriku minta minum.

Ocean Dream Samudra Ancol Jakarta
Main yuuk

Pas balik lagi, dia lupa mengubur sandalnya di mana. Wkwk, hilang deh sandalnya sebelah. Lama juga kami mencari. Alhamdulillah ketemu! Masih rezeki pony boy, ya!

Tujuan berikutnya adalah Ocean Dream Ancol. Aku pernah mengajak anak-anak ke sana pas bayi hihi. Dah lupa ya, kiddos! Ocean Dream adalah wahana pertunjukan binatang laut. Jadi, binatang laut sudah jinak dan dilatih untuk berbagai pertunjukan rutin.

Ocean Dream Samudra Ancol Jakarta
Bermain sambil berolahraga Kak

Menurut poster di dekat loket, Ada 6 pertunjukan di sana. Kami pun mengantri di loket. Harga musim liburan cukup aduhai saat ini  yaitu Rp200.000 sedangkan hari biasa Rp160.000 baik anak atau dewasa. Wah, lumayan juga ya!

Untung ada mesin gesek debit card, hehe. Kalau nggak dadakan, mungkin bisa cari tiket diskon ya kayak kalau main ke Kidzania, hehe.

Mama dan Papaku nggak ikutan, maunya ke Pasar Seni. Baiklah. Kami bertiga saja menjelajah Ocean Dream Samudra Ancol.

Mari masuuk! Kedua bocahku girang banget aku sampai lupa, powerbank HP ketinggalan di mobil, hiks. Kami dibekali peta dan jadwal pertunjukan. Biar bisa lihat semuanya, kudu atur strategi, deh. Satu pertunjukan diadakan 2-3 kali kecuali Sinema 4D yang lebih banyak waktunya.

Underwater Show

Pertama, kami menonton Under Water Show. Suasana di dalam sudah padat. Panas juga. Kursi penonton diatur mengelilingi akuarium besar. 

Jadi para penyelam berkostum putri duyung berenang diantara ribuan ikan kecil yang bersinar dalam gelap. Ternyata namanya tornado fish. Rombongan ikan ini meliuk mengikuti gerakan penyelam. Jadi teringat adegan film Nemo! 

Aneka Permainan

Setelah itu, kami duduk-duduk menikmati suasana. Ada beberapa arena mainan yang seru diantaranya Kiddy Bumper Car yaitu arena boom boom car yang langsung diserbu my bocahs. Ada permainan Ubur-ubur dan Boto-boto juga.

Singa Laut dan Sahabat

Setelah itu, kami menuju pertunjukan berikutnya yaitu pentas aneka satwa bertajuk Singa Laut dan Sahabat. Sama seperti sebelumnya, pengunjungnya pun padat.

Ocean Dream Samudra Ancol Jakarta
Nonton pertunjukan aneka satwa

Di sini kita dihibur dengan hewan-hewan lucu seperti berang-berang, anjing laut dan singa laut. Pawangnya pun atraktif mengajak penonton berinteraksi.

Ocean Dream Samudra Ancol Jakarta
Asyiknyaa

Rumah Pintar

Anak-anak mulai lelah, kami mengaso di perpustakaan Ocean Dream. Tempatnya nyaman dan adem. Beberapa orang tertidur kelelahan setelah menemani anaknya keliling, hihi. Ada banyak buku tentang hewan laut di sana, juga video kehidupan laut. 

Yang sedih, jejeran toples berisi hewan diawetkan. Ada bayi singa laut! Huhu, Nailah berkaca-kaca matanya. Setelah itu, kami mengunjungi taman kupu-kupu yang saat itu sedikit isinya.

Scorpion Pirates Water Stuntman

Pertunjukan berikutnya adalah Pentas Scorpion Pirates. Sebuah pertunjukan drama tentang pengejaran bajak laut. Pertunjukan ini full action dengan adegan tembak-tembakan, perkelahian. Bikin kaget karena suara ledakan dan tembakannya menggelegar. Baju kita bisa basah kecipratan, hihi.

Dolphin Adventure

Selain itu, ada pertunjukan Sinema 4D yaitu pemutaran film 4 dimensi dan yang paling ditunggu adalah pertunjukan lumba-lumba yang menakjubkan.

Ocean Dream Samudra Ancol Jakarta
Atraksi Lumba-lumba Foto www.adrianadian.com

Selain atraksi lumba-lumba, kita bisa berfoto bareng lumba-lumba dan berenang dengan lumba-lumba. Hewan ramah ini banyak dilibatkan untuk jadi pendamping terapi anak autis, lho.

Duh, jadi pengen melihat langsung lumba-lumba yang berenang bebas di lautan seperti di Kiluan, Lampung. Aamiin!

Sedikit tips jika berkunjung ke Ocean Dream Samudra Ancol adalah :

1. Bawa bekal makanan dan minuman cukup, ada kios makanan namun antriannya cukup panjang jika hari libur.

2. Bawa baju ganti, pakai baju dan sepatu nyaman untuk berkeliling karena areanya cukup luas. Pakai high heel bikin kaki leceet, hihi.

3. Jangan lupa bawa topi karena areanya terbuka sehingga panas terik.

4. Bawa powerbank, haha. Jangan kayak aku, stok foto tipis karena ponsel mati. Aku sempat numpang ngecash di perpustakaan, pinjam charger petugas perpusnya.

5. Sebaiknya datang pagi-pagi biar bisa menikmati semua pertunjukan.

Ocean Dream Samudra Ancol Jakarta 
Jalan Lodan Timur No.7 Jakarta 14430.
Jadwal Buka: 
Senin-Jumat 09.00-17.00. 
Sabtu-Minggu dan Hari Libur 09.00-18.00.

You Might Also Like

8 comments

  1. Banyak bgt ya yg bisa dinikmati, pgn ngajak jav ke sini

    ReplyDelete
  2. ancol masih menjadi pilihan yg asik buat liburan. Sarana dan fasilitasnya lengkap. Sebagai warga jakarta, lumayan efisien dalam soal waktu. Jadi ngga cape di jalan, bisa puas deh piknik-pikniknya.

    ReplyDelete
  3. Selama 24 tahun hidup, aku belom pernah ke ocean dream ini.
    Unccch jadi pengeeeen kaaaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, aku terakhir kali ke Ancol tahun 2002. Ya ampun udah lama banget. Dan dulu gak ke Ocean Dream ini sih. Cuma main ke Dufan dan Seaworld

      omnduut.com

      Delete
  4. Wah kalo ke Ancol mainnya cuman ke Dufan doang. Kayaknya ini asiik ya, mb. Mupeng euy 😍😍

    ReplyDelete
  5. Pengen ajak anak-anak kesini belum kesampaiaan..

    ReplyDelete
  6. Aku biasanya ke ancol pas bukan musim liburan mba soalnya yakin pasti rame bgt huhu. Setuju dengan ancol banyak sampahnya :( coba pengunjungnya pada ga buang sampah sembarangan pasti pantainya jadi bersih dan nyaman buat jd tempat wisata

    ReplyDelete
  7. duh pantai di ancol mah enggak bangetttt... kotor, butek... gak ada bagus2nya... Tp apa daya, itu yg terdekat kecuali mau agak jauhan ke pulau Seribu misalnya... Yg penting anak2 hepi lah yaaa

    ReplyDelete