Meresapi Keanggunan Candi Prambanan di di Rama Shinta Garden Resto Yogya

  • Saturday, September 09, 2017
  • By Dewi Rieka
  • 4 Comments

Meresapi Keanggunan Candi Prambanan di Rama Shinta Garden Resto Yogya. Dear Pejalan Santai, masih lanjut yaa cerita seseruan Mombassador SGM 2017 di Yogya. Jangan bosan, ya masih susah move on, nih.


Alhamdulillah, gagal jadi Gadis Sampul, akhirnya akuh nyangkut terpilih di ajang Mombassador, wkwkw. Hari kedua, setelah main ke Pabrik SGM yang besar di Klaten, kami diajak makan siang di Rama Sinta Resto.

Yang bikin excited, karena restoran ini letaknya berada di kawasan Candi Prambanan, wow. So, aku semacam  napak tilas dong teringat kisah sama mantan pacar mengunjungi Candi Prambanan saat zaman batu dulu, wkwk. Hush.


Candi Prambanan ini ternyata dimiliki oleh dua daerah yaitu Jawa Tengah atau tepatnya Kabupaten Klaten dan Kabupaten Sleman, Yogya. Candi Prambanan adalah Candi Hindu terbesar di Indonesia. Serta termasuk situs warisan dunia UNESCO.

Dibangun pada abad ke-9 Masehi untuk memuja Dewa Brahma, Dewa Wisnu dan Dewa Siwa. Jadi, beda ya dengan Candi Borobudur di Magelang yang merupakan candi Budha.


Iya, tak hanya berada di Kawasan Prambanan, restoran ini juga letaknya persis di sebelah panggung sendratari yang fenomenal itu, Pejalan Santai. Yaa, Tempat pementasan Sendratari Ramayana. Belum kesampaian nonton tariannya, lumayan bisa nongkrong di sebelahnya, hihi.



Baca-baca artikel di internet, Pementasan Sendratari Ramayana itu ternyata memang selalu ditunggu wisatawan ya. Ada papan besar yang menginformasikan jadwal pentas Ramayana setiap bulan.

Biasanya diadakan rutin 3x seminggu di kawasan Candi Prambanan. Pementasan Sendratari ini memikat walau tanpa dialog, hanya gerak tarian yang mengisahkan Rama berjuang menyelamatkan kekasihnya Sinta dari Rahwana.


Tak hanya tariannya yang memukau, tata suara dan tata cahaya mendukung kesuksesan pentas. Belum lagi pemandangan Candi Prambanan yang anggun sebagai latar belakangnya.

Semoga ada kesempatan nonton ya, pementasan yang pertama diadakan tahun 1961 dan disaksikan Presiden Soekarno dan Charlie Chaplin.


Begitu sampai di TKP, langsung ber wow wow karena sesuai Namanya, restoran ini konsepnya terbuka. Iyaa, Rama Shinta Garden Resto ini pemandangannya menghadap Candi Prambanan. Ajiib! Kebayang lagi suasananya bakal bikin deg-degan ya jika kami makan malam di sana.

Pemandangan Candi Prambanan yang disirami cahaya lampu pasti bakalan cantik banget, epik! Langsung deh foto-foto dengan latar belakang Candi Prambanan. Indah!


Tapi, Apa nggak panas tuh, konsepnya terbuka siang terik begini? Alhamdulillah, restoran ini dilengkapi tenda seperti tenda kondangan jadinya kita tetap bisa makan siang dengan nyaman di area terbuka seperti ini.



Puas berfoto, langsung mengantre makanan. Menu makan siangnya lengkap. Mendadak gragas akuh, hihi. Capek keliling di Pabrik SGM yang luar biasa luas, hehe. Menunya adalah menu tradisional Jawa diantaranya gudeg lengkap, telur balado, sate ayam, ikan goreng tepung dan banyak lagi.


Alhamdulillah, makan siang hari itu begitu nikmat. Mungkin selain masakannya enak, juga karena kami menyantapnya beramai-ramai dengan mamak kece seluruh Indonesia, ya? Jadi bolak-balik ke meja makan, deh haha.

Untuk salat, ada musala kecil tak jauh dari restoran dan toiletnya pun bersih. Kalau dari artikel yang kubaca, restoran ini terutama ramai di malam akhir pekan atau liburan, atau saat ada pementasan sendratari.


Alhamdulillah, siang yang menyenangkan walau setelah itu tenaga kami diforsir habis-habisan dengan games dan outbound di kawasan Candi Prambanan. Beda banget dengan kebiasaanku, habis makan siang terus bobok syantik, wkwk.

Semoga nanti ada kesempatan menonton pertunjukan sendratari Ramayana yang happening itu dan makan malam di Rama Shinta Garden Resto, aamiin. Penasaran, Cyiin!

Rama Shinta Garden Resto
Jl. Jogja - Solo, KM. 16, 
Komplek Rama Shinta Ballet, Prambanan, Tamanmartani, Sleman, Yogya
Telpon 0274 496178

Photo Courtesy of
Selvi Juanti, Nenk Litha, Puanjoo

You Might Also Like

4 comments

  1. Ngakak pas baca ini:

    "Alhamdulillah, gagal jadi Gadis Sampul, akhirnya akuh nyangkut terpilih di ajang Mombassador, wkwkw."

    Btw... senang banget bisa terpilih. Tambah saudara, tambah rezeki Insya Allah.

    ReplyDelete
  2. Candi Prambanan itu jadi tujuan favoritku kalo sepedaan hahahah. Bisalah kapan-kapan mampir di sini buat makan siang :-D

    ReplyDelete
  3. Wah keren juga makan siang sambil lihat Prambanan yang super megah. Untung pakai tenda, ya. Kalau gak, udah mateng semua deh. :D

    ReplyDelete
  4. Yang mana yang mana shinta nih! hehehehe sepertinya harus berkunjung ke 2 negara lain yang candinya juga hanjleb hanjleb kerennya :)

    ReplyDelete