Mampir di Warung Mie Belitung Atep, Favorit Para Selebriti

  • Friday, December 01, 2017
  • By Dewi Rieka
  • 1 Comments

Mampir di Warung Mie Atep Belitung, Favorit Para Selebriti. Dear Pejalan Santai, Bulan November lalu jarang posting di blog ini, maafkaan! Kebanyakan manggung nih akuh, hihi, plak. Kali ini mau berbagi cerita kuliner khas Belitung,  Mi Belitung di Warung Mi Atep, Tanjung Pandan.

Warung Mie Atep Belitung
Mie Atep Belitung yang legendaris

Warung ini hits banget di Belitung. Biasanya jadi incaran para turis yang ke Belitung selain berburu warung kopi yang menjamur di sana. Kami juga tak ketinggalan, pengen mencicipi makanan kesukaan para artis ibukota ini, hihi. Biar ngehits. 

Letaknya berada di tengah kota, di ruko tak jauh dari Tugu Batu Satam yang jadi landmark Kota Tanjung Pandan. Tepatnya di Jalan Sriwijaya No.27, Tanjung Pandan, Belitung. Saat itu, aku dan geng Blogger Jalan-Jalan Syar'i berkunjung ke sana persis sedang ada acara pawai Marching Band Taruna AKABRI. Luar biasa sambutan masyarakat Belitung atas kedatangan kami, hihi.
Warung Mie Atep Belitung
Suasana Warung Mie Belitung Atep yang sederhana

Masya Allah, jalanan padat karena penduduknya tumpah-ruah ke jalanan! Terima kasih, SyahriDew bangga pada kalian, Belitung! Kami yang turun dari bus dan bermaksud berjalan ke TKP pun bersimbah keringat karena berdesakan di tepi jalan. Huhu, berasa nonton konser Rihanna iniii! Sampai-sampai teman ada yang sandalnya putus karena terinjak. 

Wow banget deh antusiasme orang Belitung melihat pawai. Alhamdulillah, akhirnya bisa tiba di warung yang berada di ruko sederhana bergaya oriental itu dengan utuh, hehe. Alhamdulillah, ada cukup tempat buat kami semua. Beneran ya, warung ini dikunjungi banyak artis dan pejabat ternyata bukan hoax. Di dindingnya banyak foto seleb terpampang nyata adanya. Baiklah. Kalau rasanya beneran enak nggak, yaa? 

Saat itu, cukup ramai pengunjung. Aroma udang menggelitik penciuman kami bikin makin lapeer. Kami segera memesan mi dan es jeruk kunci yang juga khas Belitung. 

Warung Mie Atep Belitung
Porsinya kurang nendang iniii hihi tambah lagiii

Bentuknya seperti jeruk biasa hanya lebih kecil ukurannya. Rasanya asam banget seperti jeruk nipis. 
Hanya saja, bagian dalam jeruk kunci berwarna kuning, sedangkan jeruk nipis isinya putih. Biasanya dijadikan bahan cuka  pempek atau minuman segar. 

Sayangnya nggak ada yang jual di Semarang, hiks. Kalau di Belitung bahkan dijual sebagai sirup kemasan, lho. Pas banget untuk dijadikan oleh-oleh. Nyesal nggak beli! Saat itu bimbang, maklum turis kantong cekak, bingung antara mau beli sirup jeruk kunci atau poster Boi Andrea Hirata, haha padahal jeruknya segar banget, rasa mau nambah terus, hihi. 

Warung Mie Atep Belitung
slurpp slurrrp lelah dan lapar pun lenyap seketika

Tak lama, pesanan kami tiba. Langsung diserbu pasukan blogger yang kelelahan berenang di lautan manusia. Hehe. Ternyata Mie Belitung adalah mi kuning yang disiram kuah udang, berisi bakwan udang, potongan kentang dan timun, udang rebus, emping dan toge. Namanya daerah pantai, makanannya nggak jauh-jauh dari seafood, yes.

Yummi,
Kuahnya kental berwarna kecoklatan terasa sedikit manis dan gurih sekaligus. Rasanya segar dan lezat disantap sore-sore. 

Apalagi ditemani segelas es jeruk kunci. Jadi bertenaga lagi buat jalan-jalan menjelajah Belitung yang elok. Untuk pengunjung yang ingin take away, mi nya dibungkus dengan daun simpur, bukan kertas layaknya warung biasa. Unik, ya! Pohon simpur kayak apa ya? Penasaran. 



Warung Mie Atep ini dikelola oleh Nyonya Atep yang berdarah Tionghoa ini sudah membuka warungnya sejak 1973, sekitar 43 tahun lalu. Wow. Sehat selalu ya, Bu! Beliau yang masih cekatan melayani pelanggan, mengaku mendapatkan resep secara turun-temurun, sayangnya anak-anak tidak mengikuti jejaknya berjualan mi khas Belitung ini. 

Nyonya Atep tidak berniat buka cabang di tempat lain. Eh tapi sekarang ada Mie Atep di Serpong lho, apakah itu cabang resminya atau bukan yaa? Nanti kita tanyakan kalau berkunjung lagi, ya! Duh, jadi kangen Belitung nih. Insya Allah Februari mau ke Palembang. Eh, beda ya? Plak. Pokoknya, jangan lupa mencicipi kelezatan kaldu udang dalam racikan Mie Belitung di Warung Atep di Belitung.

 

You Might Also Like

1 comments

  1. Waah, Belitung wishlist travel aku mba. Oke, andai someday sampe kesana udah punya place to see, Warung Mie Atep ini..

    ReplyDelete