Staycation Asyik di The Sunan Hotel Solo

  • Monday, January 01, 2018
  • By Dewi Rieka
  • 8 Comments

Staycation Asyik di The Sunan Hotel Solo. Dear Pejalan Santai, ingat Hotel di Solo, ingat kegemparan yang ditimbulkan Iis Dahlia, penyanyi dangdut senior beberapa waktu lalu, hehe. 

The Sunan Hotel Solo Jawa Tengah
The Sunan Hotel Solo Jawa Tengah

Ia dibully karena ngomong Solo kota kecil dan hotelnya nggak banyak. Hehe. Iya, kecil sih kalau dibandingkan Jakarta. Kota Solo besar kalau dibandingkan Ungaran, hihi. 

The Sunan Hotel Solo Jawa Tengah

Kali ini aku mau mengajak kalian staycation di Hotel Sunan Solo. Beralamat di Jalan Ahmad Yani, Solo. Letaknya strategis di tengah kota. Lumayan dekat jika ingin menjelajahi museum, kampung batik Laweyan dan berbagai tempat wisata di Solo.

Sayangnya, saat itu aku ke Solo dalam rangka mengikuti workshop dengan Kemenpar dan tidak mengajak bocah. Kalau mereka ikut, pasti senang banget hehe. 

The Sunan Hotel Solo Jawa Tengah

Apalagi di depan hotel, ada museum Lokananta yang dulunya merupakan perusahaan rekaman legendaris milik negara, dibangun tahun 1956. Pasti menarik ya, mengintip isinya yang sarat sejarah musik Indonesia. Apalagi keduanya kan museum freak. Hehe. 

Pas baca-baca di internet, ternyata hotel ini dulu bernama Quality Hotel Solo sebelum tahun 2007 berubah menjadi The Sunan Hotel. Konsepnya tentu saja berubah, lebih modern. Ada penambahan gedung baru yang membuat suasana hotel lebih fresh.

The Sunan Hotel Solo Jawa Tengah

Sesampai di hotel, aku memasuki lobi yang cukup megah. Lobinya cukup ramai. Ada beberapa acara yang dihelat di hotel termasuk workshop Kemenpar jadi suasana nampak sibuk. 

Ada beberapa ruangan berbagai ukuran yang bisa disewa untuk rapat, arisan, seminar, pameran, hingga pesta pernikahan. Biasanya pesta pernikahan digelar di Syailendra Ballroom. Oh iya, jadi ingat kalau aku pernah sekali ke Sunan Hotel sebelumnya. 

The Sunan Hotel Solo Jawa Tengah

The Sunan Hotel Solo Jawa Tengah

Dalam rangka menghadiri acara Workshop Menulis Bersama Dee Lestari. Akk, berkesan banget acaranya. Saat itu mupeng lihat hotelnya. Alhamdulillah, akhirnya bisa menginap di The Sunan Hotel Solo, hihi. 

The Sunan Hotel Solo Jawa Tengah

Aku menghampiri resepsionis. langsung mendapat kunci kamar dan ternyata kamarnya berada di gedung baru. Teman sekamarku, Mbak Yeti dari Dispar Yogya belum datang nih. Jadi, bisa leyeh-leyeh sejenak, mandi dan memotret seisi kamar dengan leluasa, hihi. Dasar blogger, semua demi konten, shaay...

Saat masuk Deluxe Room tempatku bersarang 1 malam, aku hepi. Kamarnya cantik cyiiin! Interior kamarnya elegan, anggun dengan dibalut nuansa etnik yang kental. Bikin betah! Asyiknya lagi, di ranjang ada gulingnya! Hihi. Menyenangkan.

The Sunan Hotel Solo Jawa Tengah
Ada 3 kolam renang di The Sunan Hotel 

The Sunan Hotel Solo Jawa Tengah

Iyaa, mau pengakuan. Aku termasuk maniak guling. Sering susah bobok di hotel karena nggak ada guling. Duh, masa kalau daku traveling ke luar negeri kudu bawa guling pribadi? Apa guling yang bisa nafas? Haha.

The Sunan Hotel Solo Jawa Tengah

Yang menarik perhatianku adalah kolam renangnya, baguus! Letaknya bersebelahan dengan Narendra Restaurant. 

Hihi, elemen utama jika mengajak bocah staycation di hotel adalah ada kolam renang untuk anak. Dijamin betah deh krucils. Terus, kudu nyaman hotelnya biar betah kami staycation.

The Sunan Hotel Solo Jawa Tengah

Apalagi ya? Sarapannya kudu komplit dan tentu saja letaknya kudu strategis karena biasanya kami piknik tanpa bawa kendaraan pribadi jadi mesti menginap di hotel yang jalur angkutan umumnya mudah diakses. Banyak syaratnya, ya? Hihi. Terpenuhi semua niih di The Sunan Hotel Solo. 
The Sunan Hotel Solo Jawa Tengah
Aneka Jenang yang enak

The Sunan Hotel ini punya 203 kamar yang terdiri dari 1 President Suite, 1 Sunan Suite, 10 Junior Suite, 70 Executive Business Rooms dan 118 Deluxe Rooms. 

The Sunan Hotel Solo Jawa Tengah

Kami sarapan dan makan malam di Narendra Resturant. Ruangannya luas dengan desain etnik Jawa. Sarapannya memuaskan deh. Berbagai jenis makanan tersedia. Bahkan ada aneka jenang dan jamu, lho! Yummi. Oh iya, ada masjid lho di basement, cukup bersih.

The Sunan Hotel Solo Jawa Tengah

Iyaa, Atmosfernya memang homey, jadi bikin betah deh menginap di The Sunan Hotel Solo. Semoga nanti bisa mengajak bocahku staycation di The Sunan Hotel dan menjelajahi keramahan Kota Solo, aamiin. Pengen ke Museum Keris, jugaa! 

The Sunan Hotel Solo
Jl. Ahmad Yani No. 40, Solo, Kerten, Laweyan, Kerten, Laweyan, 
Kota Surakarta, Jawa Tengah 
(0271) 731312 
Twitter dan Instagram
@thesunanhotel 


You Might Also Like

8 comments

  1. Aku pilih guling yg bernafas aja lah mbak.. Wqwq

    ReplyDelete
  2. the view is soooooo good jadi mau coba staycation juga di sana nih

    ReplyDelete
  3. Thanks for sharing, Dedew. Nambah informasi banget rekomendasi hotel yang bagus untuk staycation di Solo. Liat kolam renang begitu kebayang saat-saat santai ngadem menikmati waktu

    ReplyDelete
  4. interior kamarnya menarik nih hotel mbak dedew.. cuma kalo pas staycation kadang jarang manfaatin kolam renang ya :D

    ReplyDelete
  5. Wah berenang di sini puas kayanya. Kolam renang bakal jadi spot favoritku di hotel ini.

    ReplyDelete
  6. wah boleh nih dicoba hotelnya kalau pas ke solo, kece :D

    ReplyDelete
  7. Itu kasurnya memang begitu ya, Mbak? Atau nambah extra bed? Kalaupun extra bed, kelihatannya nyaman karena kalau nginep sekeluarga, saya pasti nambah bed

    ReplyDelete
  8. Waah asyiknyaaaa, mau juga dong staycation di solo hihihih

    ReplyDelete