Bertemu Hiu dan Piranha di Sea World Ancol Jakarta

  • Saturday, January 06, 2018
  • By Dewi Rieka
  • 9 Comments

Bertemu Hiu dan Piranha di Sea World Ancol Jakarta. Dear Pejalan Santai, Liburan telah usai tapi kita kudu tetap semangat yaa! Hehe. Kali ini aku ingin mengajak kalian wisata edukatif di Sea World Ancol Jakarta. Ya, di sini kita bisa menikmati  puluhan ribu ekor ikan dari 35 spesies!

Sea World Ancol Jakarta
Foto ayojalanjalan.com

Biasanya, anak-anak hanya melihat berbagai jenis binatang laut ini di buku atau video Youtube, kini kita bisa menikmatinya langsung di depan mata, mengenali satu-persatu jenisnya, bahkan memegangnya langsung! Jangankan bocah, akuh pun takjub hihi.

Untuk masuk Sea World Ancol, tentu saja kita harus masuk kawasan Taman Impian Jaya Ancol lebih dulu. Tiket masuknya Rp25.000 per orang dan kendaraan pribadi Rp25.000. 

Selain ke Sea World, di Ancol kita bisa main ke Pasar Seni, Pantai Ancol, Dunia Fantasi, dan Ocean Dream Samudra. Main pasir dan berenang di laut juga asyik lho di Pantai Ancol, cukup bayar tiket masuk dan kendaraan ke kawasan Taman Impian Jaya Ancol. 

Sea World beralamat di Jalan Lodan Timur No. 7 Ancol, Jakarta Utara. Sea World buka setiap hari pukul 09.00-18.00. 

Sea World Ancol Jakarta
Boyongan sak rumah

Kalau musim liburan seperti sekarang, antriannya memang luar biasa, hehe. Hari biasa, tiket masuk Sea World adalah Rp85.000 dan weekend Rp100.000. Musim liburan sekolah kali ini tiket masuknya jadi Rp115.000. Lumayaan! Hehe. 

Masuk area, kita menyerahkan tiket dan tangan kita distempel oleh petugas. Nggak sabar, Alde dan Nailah langsung menghambur masuk area dan teriak-teriak takjub. Biasanya lihat di buku Ensiklopedi Bocah Muslim, kini terpampang nyata! Wow. Wow. 

Sea World Ancol Jakarta
Musim liburan ramee

Sea World Ancol dibangun tahun 1994, sempat tidak beroperasi beberapa bulan di tahun 2014 karena masalah internal, tapi kini kembali dengan tampilan  lebih keren. Sea World memiliki luas lahan 3 hektar dengan bangunan 4500 m2. Sea World memiliki 8 akuarium, Lorong Antasena, perpustakaan, layar sentuh informasi, dan banyak lagi.  

Tak hanya ikan air laut, puluhan spesies ikan air tawar juga ada lho. Letaknya di Area Air Tawar. Penghuninya antara lain adalah ikan piranha dan ikan arapaima yang buas dari Amazon, Amerika Selatan. Kedua spesies ini sukses dikerubuti pengunjung karena penasaran. Boleh dipegang nggak yaa? Monggo, dab, Hihi. 

Sea world Ancol Jakarta
Mengintip kandang otter pas jam makan siang

Paling penasaran dan kagum saat lihat akuarium berisi beberapa ikan hiu. Masya Allah, kerennya mereka! Ada juga kolam terbuka berisi hiu-hiu kecil. Jangan masukkan tanganmu ke air, ya! Haha.

Yang juga menjadi favorit pengunjung adalah Lorong Antasena alias lorong bawah air sepanjang 80 m di mana kita bisa berjalan di bawah laut dan menikmati ratusan hewan laut berenang hilir-mudik di hadapan kita. Ada ikan pariii! Wow! 

Selain itu, ada Akuarium Dugong yang unik dan bikin penasaran. Gedenya ikan duyung ini, Kak!  Selain melihat hewan laut, kita bisa melihat proses pemberian makan mereka oleh para petugas penyelam yang membawa ember berisi makanan. Pada jam tertentu, kita bisa melihat para hewan laut diberi makan, rebutan! Seru deh, penyelamnya dikerubuti! 

Sea world Ancol Jakarta
Lorong Antasena berjalan di bawah laut

Kami juga antusias mengerubungi kandang otter sejenis berang-berang imut saat mereka diberi makan. Meriah karena pada rebutan! Hihi. Oh iya, Kita juga bisa menyentuh hewan laut seperti kura-kura dan bintang laut di kolam sentuh. Pelan-pelan yaa pegangnya dan tidak boleh diangkat dari air. Kasihan! Kamu mau dilempar ke luar atmosfer bumi? Nggak kan? 

Sea world Ancol Jakarta
Kolam sentuh binatang laut
Bocah pada betah banget niih nggak mau balik rumah, hihi. Padahal kaki mamak sudah pegal diajak berkeliling dari tadi. Oh iya, di pintu keluar ada toko souvenir yang menjual berbagai merchandise unyu Sea World dan juga beberapa gerai makanan dan minuman. Seru banget ya Bertemu Hiu dan Piranha di Sea World Ancol Jakarta

Sea World Ancol
Jalan Lodan Timur No. 7 
Taman Impian Jaya Ancol
Buka Senin-Minggu Pukul 09.00-18.00
Tiket Masuk: 
Weekdays Rp85.000
Weekends Rp100.000
Musim Liburan 2017 Rp115.000

You Might Also Like

9 comments

  1. rame sampe berjubel gitu pengunjungnya ya mbak. pasti berkesan banget buat anak2

    ReplyDelete
  2. Harga tiketnyai ini lo yang tidak nguatin. Semoga saja ada kebijakan baru. Agar harga tiket lebih bisa bersahabat.

    ReplyDelete
  3. Aku baru ngeh kalau di Sea World ada piranha. Ya ampun udah berapa tahun ya aku gak ke Sea World. :))

    ReplyDelete
  4. Tempatnya keren.
    Sayang tiketnya nggak sesuai kantong.

    ReplyDelete
  5. Karena main ke Sea World, saya jadi tau kalau bintang laut gak boleh diangkat dari air. Makanya sekarang suka miris aja kalau lihat yang main ke laut trus foto-foto sambil angkat bintang laut

    ReplyDelete
  6. aku awal desember kemaren ke sea world jugaa mbaa :D
    aku suka bagian yang ubur ubur cakep hihi

    ReplyDelete
  7. Sea world memang keren abiiisss....

    ReplyDelete