Berbagi Rasa di Tempo Gelato Jakal, Yogyakarta

Berbagi Rasa di Tempo Gelato Jakal, Yogyakarta. Dear Pejalan Santai, sudah lama nggak apdet blog ini. Untung belum penuh sarang laba-laba, ya. Maklum aku lagi kejar setoran naskah. Akhir Maret kudu disetor ke Mas editor di Yogya. Doakan akuu. 

Tempo Gelato Yogya

Ngomong tentang Yogya, Sabtu lalu aku piknik tipis-tipis ke Sleman hihi. Bersama teman-teman, aku menghadiri peluncuran buku terbaru Eyang NH. Dini yang tahun ini berulang tahun ke-82 tahun. Selamat ulang tahun dan sehat selalu, Eyang! Aamiin. 

Buku terbaru Eyang berjudul Gunung Ungaran. Nanti kubahas yaa. Kali ini aku pengen cerita tentang Tempo Gelato di Yogya. Pas acara Temu Bunda, aku diajak Mas Tepe pemred Gradien buat nongkrong di Tempo Gelato di Prawirotaman. Sayangnya, acara padat luar biasa. Huhu. Batal deh nyicipin gelato Yogya yang hits. 

Tempo Gelato Yogya

Nah, pas main ke Yogya kemarin pucuk dicinta ulam tiba. Akhirnya mampir ke Tempo Gelato yang ada di Jalan Kaliurang KM 5,2 Sleman, hehe. Katanya sih, dibanding gerai Prawirotaman, yang cabang Jakal lebih luas. Kalau desain interiornya sih tidak beda jauh. Aku suka banget gaya tata ruang dan penataannya yang vintage gitu. 

Setelah menikmati Yogya siang hari yang rasanya Matahari ada kembar, masuk toko ini rasanya nyess karena AC nya adem, hehe.  

Tempo Gelato Yogya

Puluhan pigura berisi foto pengunjung sedang berpose dengan es krim menarik banget. Biasanya kan artis ya dipajang fotonya begitu. Berasa sedang pantengin akun Instagram Tempo Gelato di dinding, hehe.  

Kami segera mencari tempat duduk yang nyaman. Sabtu siang, suasananya cukup padat oleh keluarga dan pasangan remaja.  Nostalgia deeh! Uhuk.

Tempo Gelato Yogya

Kita bisa memilih duduk dekat jendela, duduk di sofa atau di lantai atas. Interiornya IG-able sayang hasrat pepotoanku sedang surut, hehe. Di sebelah kanan, ada dua etalase berisi gelato berbagai jenis rasa. Sampai bingung pilihnya, haha.

Apa sih beda es krim dan gelato? Menuru artikel di Natgeo yang kubaca, Gelato yang berasal dari Italia ini masih sodara jauh dengan es krim. 

Tempo Gelato Yogya

Gelato ternyata adalah es krim dalam bahasa Italia. Namun bahan dan cara pembuatannya beda. Kalau es krim terbuat dari krim, kepala susu dan kuning telur yang diaduk cepat dengan mesin hingga mengembang karena itu teksturnya lembut, tahan lama dan rasa krimnya kuat. 

Tempo Gelato Yogya

Sedangkan gelato terbuat dari susu, gula dan telur serta bahan lainnya. Bedanya, gelato diaduk pelan hingga teksturnya lebih padat, mudah cair dan nggak tahan lama. Rasa susunya terasa tapi kandungan lemaknya jauh lebih rendah dari es krim biasa. 

Tempo Gelato Yogya

Bahkan gelato berkualitas tinggi kadar lemaknya hanya 1-3% saja. So, jangan takut kegemukan ya menyantap gelato! Hihi. Bisa banget nih buat aku yang nggak boleh mengonsumsi makanan berlemak. Gelato ini aman! Horee! 

Berbagi Rasa di Tempo Gelato Jakal, Yogyakarta

Nah, balik lagi ke Tempo Gelato. 
Pas akyu order ke gerainya ternyata kita harus bayar terlebih dulu di kasir baru pesan gelato. So, aku antre dulu di kasir. 

Tempo gelato beneran hanya menyediakan gelato tanpa menu lain. Di luar dugaan, harganya terjangkau ya! Satu small cup berisi 2 pilihan rasa hanya Rp20.000. Sedangkan gelato dalam wadah centong aka cone Rp25.000. Aku memilih 1 small cup dan memilih Caramel Chips dan Coffee. Sedaap! 

Tempo Gelato Yogya

Pilihan rasanya banyak! Mulai rasa standar seperti cokelat, leci, vanila hingga yang unik semacam rasa kelapa, jahe, kemangi dan markisa hehe. Penasaran ya! Untuk yang kurang suka manis bisa memilih rasa buah yang segar dan nggak bikin eneg. 

Pilihan gelato buahnya juga banyak. Yang keren, semua gelato disini berdasarkan resep turun-temurun, dibuat dengan bahan berkualitas serta tidak pakai pewarna dan pengawet. Jadi, tenang makannya, hehe. 

Tempo Gelato Yogya

Kami bertujuh jadi bisa icip-icip rasa yang pernah ada #eh rasa yang lebih beragam. Raspberry dan markisanya seger dan kecuut! Ternyata porsi small cup saja cukup banget buatku apalagi tekstur gelato kan lebih padat. Enaaak! Jika ingin minum air putih, bisa kita ambil sendiri di mesinnya.

Akk, coba bisa dibawa pulang buat oleh-oleh bocah. Semoga nanti bisa ajak bocah liburan ke Yogya dan nongkrong di Tempo Gelato, niih. Aamiin! 

Photo Courtesy of
Hidayah Sulistyowati &
Winda Oetomo

You Might Also Like

4 comments

  1. Deket rumah ini,hampir tiap hari lewat. Tapi aku malah belum pernah kesana. Rame terus soalnya kalau pas lewat ��

    ReplyDelete
  2. Aku suka gellato rasa buah stroberi dan apalagi kalau ada mix fruitnya sedap 😊, kalau di semarang oaling suka gellato spiegel kota lama ah jadi kangen ☺

    ReplyDelete
  3. Bolak-Balik ke Yogya, akupun belum pernah ke Tempo Gelato nih mbak. Kalu ke Yogya lagi perlu diagendakan secara nak kanak suka banget sejenis es krim ini :D

    ReplyDelete
  4. Yummy...jadi mupeng niih...

    ReplyDelete