5 Warung Soto Mi Terenak di Bogor Versi Pejalan Santai

  • Tuesday, April 17, 2018
  • By Dewi Rieka
  • 3 Comments

5 Warung Soto Mi Terenak di Bogor. Dear Pejalan Santai, apa yang bakal kamu lakukan saat akhir pekan di Bogor?

Soto Mi di Terminal Damri Bogor

Bukan olahraga keliling Kebun Raya tapi kali ini aku ingin mengajak teman-teman berburu 5 Soto Mie enak di Bogor! Hm, Bogor memang identik dengan asinan, talas Bogor dan..soto mi! 

Di mana-mana hidangan mi berkuah kaldu dan berbumbu melimpah ini bisa ditemui di Bogor. Mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran mewah. Soto mi memang mampu menggoda iman dan selera kamu.

Konon, soto mi adalah makanan hasil akulturasi Tionghoa dengan Sunda dan menghasilkan kombinasi menu sedap dari Bogor.

Bayangkan, semangkuk soto mi berisi mi, kol, tomat, urat dan kaki sapi, ditambah potongan daging babat, potongan risoles di dalam kuah kaldu yang kental dan nikmat. Gagal diet mah ayo saja! Haha.

Mumpung lagi wisata kuliner di Bogor, yes! Ntar kalau habis menyantap semangkuk soto mi, terus jogging deh keliling Kebun Raya Bogor! Hihi. 

Walaupun bisa mudah ditemukan di mana-mana, tentu saja ada warung soto yang jadi favorit orang Bogor. Apa saja 5 warung soto mi terenak di Bogor? Kita cicipi, yuk!

1. Soto Mi Mang Ohim 

Salah satu warung soto mi yang terkenal di Bogor adalah Soto Mi Mang Ohim. Beralamat di Taman Cimanggu, Tanahsareal, Kota Bogor.

Soto Mi Bogor enak (Foto: Evi Indrawanto)

Walaupun warung sederhana, warung Mang Ohim ini dipadati pembeli. Sebenarnya, ia tak hanya berjualan soto mi, tapi juga soto bening, soto santan, sop iga. 

Tapi, yang paling laris ya menu soto minya. Salah satu alasannya karena potongan dagingnya cukup besar. Jadi makin puas ya!

Selain potongan dagingnya yang mengenyangkan, risolesnya juga berbeda dengan soto mi lain. Risolesnya renyah dan kriuk kriuk kayak kerupuk jika dikunyah! Sedap! 

2. Soto Mi Abeh 

Nah, kalau warung satu ini sudah terkenal banget! Ada enam cabang di Bogor! Soto Mi Abeh yang salah satunya beralamat di Ruko Perumahan Taman Yasmin Sektor Satu, Kelurahan Cilendek Barat, Kecamatan Bogor Barat ini punya ciri khas tersendiri yaitu risolesnya renyah dan ukurannya besar.

Beda kan dengan soto mi di warung lain? Kuah kaldunya juga segar dengan daging yang empuk. Perfecto! Deliasiaso, kalau kata Dora The Explorer, hihi. 

3. Soto Mi Belakang Matahari 

Warung satu ini letaknya agak blusukan di belakang Toko Matahari di seberang Stasiun Bogor. Jadi, kita menyeberang Jalan Kapten Muslihat dulu. Hati-hati, soalnya ramai banget ya, Cariers!

Panas-panas menyantap soto mi dan es campur
(Foto: Evi Indrawanto)

Tepat di belakang Matahari ini terpampang nyata warung soto mi enak. Setelah pesanan tiba, takjub juga dengan porsinya yang melimpah. Dagingnya banyak! Sayurannya juga melimpah, biar diet kalian nggak terlalu gagal, hihi. 

4. Soto Mi Terminal Damri 

Kalau ini favoritku, hehe. Zaman masih menggasak daging. Letaknya di deretan warung di Terminal Damri Bogor. Tepatnya di Jalan Pajajaran, sebelah Mal Botani Square. Sederetan dengan siomay dan batagor yang juga enak.

Sambil menunggu jadwal bus Damri berangkat, atau menunggu jadwal film bioskop, biasanya aku nongkrong di warung ini. Nggak apa umpel-umpelan dikit, hehe.

Kuahnya lezat dengan kaldu yang terasa banget, potongan risolesnya juga menggoda. Lupakan diet ya kalau sudah menyantap semangkuk soto mi ini! 

5. Soto Mi Gang Aut 

Sekarang mari kita berkunjung ke Gang Aut. Gang Aut ini termasuk ikon kuliner Bogor, lho. Di gang yang berada di Jalan Suryakencana ini surganya kuliner Bogor. Apa saja, ada! Mulai dari bakso kikil, soto kuning, hingga bir kocok, laksa dan soto mi!

Soto mi segar dan pedas (Foto: Evi Indrawanto)

Tapi buat yang muslim, hati-hati ya karena banyak dijual juga makanan non halal seperti ngohiang, sejenis siomay berisi daging babi. Nah, di sana juga ada kok soto mi enak! Jadi, jangan lupa ya berburu soto mi enak di Bogor! 

Jika kalian khawatir nyasar, apalagi di Gang Aut yang padat, tenang saja. Gunakan aplikasi Cari Aja yang bisa diunduh di Google Play Store. Aplikasi karya anak bangsa ini bisa membantu kamu menjelajah tempat-tempat seru di Indonesia.

Mulai dari mencari letak pom bensin dan mesin ATM hingga menunjukkan arah ke lokasi kulineran incaran kamu. Jadi, nggak ada lagi cerita kamu tersasar mencari warung incaranmu atau tersesat di tempat antah-berantah. Kan ada aplikasi pencari lokasi, Cari Aja! Download Cari Aja, ya!

Aplikasi ini bermanfaat banget buatku yang buta arah banget, pelupa dan hobi nyasar. Kayaknya, aplikasi ini juga bakal kupromoin pada Mbak Shinta Handini, teman penulis yang juga buta arah kayak aku, haha.

Nah, itu dia 5 Warung Soto Mi Terenak di Bogor. So, sudah menentukan pilihan, kamu bakal jajal warung soto mi nana duluan? Atau akhir pekan ini kalian bertekad wisata kulineran soto mi di Bogor? Hihi. Selamat mencoba ya, semoga sukaa!

Foto Milik
Evi Indrawanto

You Might Also Like

3 comments

  1. Wih... harus dicoba nih, kalau pas ke Bogor. Soalnya saya juga suka soto mie.
    Terima kasih sharingnya.

    ReplyDelete
  2. Sotomie Bogor memang istinewa. Rasa segarnya kian bertambah kalau ada jeruk nipis atau jeruk purit sebagai tambahan

    ReplyDelete
  3. Baru liat gambarnya aja udah sukses bikin ngiler.
    Duh.. jadi laper mbak.

    ReplyDelete