Menjelajah 5 Museum Seru di Kota Tua Jakarta

Dear Pejalan Santai, Selasa lalu aku dan adik-adikku piknik ke Kota Tua Jakarta. Adekku dan keluarga kecilnya tinggal di Jambi dan sedang liburan di Bogor. Apalagi my kiddos dan adikku pencinta museum kabeh. Komplit deh.

Menjelajah 5 Museum Seru di Kota Tua Jakarta
Menjelajah 5 Museum Seru di Kota Tua Jakarta 

Jadilah piknik ke Kota Tua sekalian naik Kereta Komuter. My Qila, Ponakanku belum pernah naik kereta api. Kasihan, deh! Hehe. Pagi-pagi kami berangkat dari Bogor biar pikniknya tidak berpanas-panasan ria dan pulangnya nggak kesorean. Ingat, hari Senin semua museum tutup jadi jangan sampai datang hari itu, ya.

Menjelajah 5 Museum Seru di Kota Tua Jakarta
Buku digital Museum Bank Indonesia

Jangan lupa bawa bekal air minum dan topi serta penghalau panas lainnya. Lumayan, naik komuter tibanya lebih cepat dibanding naik mobil. Sekitar 1 jam lebih, akhirnya tiba di Stasiun Jakarta Kota. Langsung deh jalan kaki menuju Museum Bank Indonesia. Apa saja tujuan kami di Kota Tua? Intip yaa..

1. Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia ini menempati gedung megah dan terbilang kuno beralamat di Jalan Pintu Besar Utara No. 3 Jakarta di Kawasan Kota Tua. Bangunan megah bercat putih ini adalah gedung peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1828. Wow, terbayang deh bersejarah sekali!

Menjelajah 5 Museum Seru di Kota Tua Jakarta
Ruangan emas batangan 

Museumnya atraktif dan digital. Isinya pun lengkap memuat sejarah perbankan di Indonesia sejak zaman kolonial.

Menjelajah 5 Museum Seru di Kota Tua Jakarta

Ceritanya diuraikan secara menarik. Yang paling seru, ruangan berisi mata uang kuno Nusantara serta mata uang dari berbagai negara di Indonesia. Pas ke sini lagi, museumnya semakin keren setelah direnovasi.

2. Museum Bank Mandiri

Museum ini terletak bersebelahan dengan Bank Indonesia. Museum ini awalnya merupakan gedung NHM, perusahaan dagang milik Belanda. Dirancang oleh tiga arsitektur Belanda dengan tema art Deco dan diresmikan tahun 1933.

Museum Bank Mandiri

Koleksinya berupa peralatan perbankan zaman dulu mulai dari mesin ketik, mesin cetak, mesin hitung serta berbagai mata uang kuno. Semua koleksinya terawat dengan baik, lho. Menyenangkan deh menyusuri lorongnya yang lengang. Berasa terlempar ke masa silam.

3. Museum Fatahillah

Lanjut perjalanan kami hari itu menuju Museum Sejarah Jakarta ini lebih dikenal dengan Museum Fatahillah. Lumayan juga kok jalan kaki tidak terlalu jauh dari Museum Bank Indonesia.


Terletak di Jalan Taman Fatahillah No 1. Lapangan di depan museum menjadi tempat bersantai dan nongkrong para pengunjung Kota Tua. Di sini kita bisa menyewa sepeda, berfoto, atau sekadar duduk menikmati kuliner khas Betawi, kerak telor.

Saat kami main ke sana, tamannya cukup ramai maklum musim liburan. Banyak pengamen dengan kostum unik berpose bak patung di sana-sini. Seru! Beberapa kafe di gedung tua juga mencuri perhatian.

Back to Museum, dulunya bangunan ini adalah Balai Kota Batavia yang dibangun 1907. Setelah direnovasi, suasananya lebih asyik dan rapi.

Koleksinya diantaranya adalah perabotan antik abad 17, berbagai jenis guci dan keramik hingga hasil penggalian arkeologi. Museum ini juga punya perpustakaan lho dengan koleksi berbagai buku antik berbahasa Jawa, Belanda dan lainnya.

4. Museum Wayang

Museum Wayang ini menarik banget lho. Ini kali pertama aku memasukinya. Berada di sebelah Museum Fatahillah. Gedungnya sudah berdiri sejak tahun 1640 dan dulunya adalah gereja. Kini berfungsi sebagai museum yang menyimpan koleksi wayang dari berbagai daerah di Nusantara serta berbagai jenis boneka dari mancanegara.

Menjelajah 5 Museum Seru di Kota Tua Jakarta

Penataannya menarik, sistematis, dan rapi. Ada berbagai jenis wayang kulit Jawa Tengah, wayang golek dari Jawa Barat. Ada ondel-ondel hingga boneka Gale-Gale dari Sumatera Utara. Terus, ada wayang perjuangan Indonesia yang baru dikembalikan pemerintah Belanda ke Indonesia.

Menjelajah 5 Museum Seru di Kota Tua Jakarta

Berhubung baru balik dari Saung Angklung Udjo dan nonton pertunjukan wayang golek, Alde tertarik banget sama Cepot! Heboh deh cari-cari si Cepot. Yang seru, ada deretan boneka Unyil aslii! Gyaa, jadi kangen zaman SD!

Menjelajah 5 Museum Seru di Kota Tua Jakarta

Terus, koleksi boneka dari mancanegara juga gemesin. Ada boneka Judy dan Punch dari Amerika, boneka wayang golek Canton Cina yang ukurannya sebesar Alde dan Nai. Seru banget deh berkeliling Museum Wayang ini.

5. Museum Bahari

Museum ini letaknya agak jauh dari Taman Fatahillah. Tepatnya di Jalan Pasar Ikan No.1, Penjaringan, Jakarta Utara. Sedihnya, Januari lalu kebakaran akibat listrik korslet. Alhamdulillah, dibuka kembali dan terus diperbaiki kerusakannya.

Menjelajah 5 Museum Seru di Kota Tua Jakarta

Dulunya, museum ini adalah gudang yang digunakan VOC untuk menyimpan hasil bumi. Berada di dalam kawasan seperti benteng yang terlindungi.

Koleksinya menarik lho mulai dari perahu tradisional, miniatur kapal modern, terus ada berbagai diorama tentang pelaut dan penjelajah kolonial hingga koleksi alat navigasi, jangkar, teropong, model mercusuar dan meriam.

Nah itu dia cerita kami Menjelajah 5 Museum Seru di Kota Tua Jakarta. Sebenarnya masih ada museum lain yang seru seperti Museum Seni Rupa dan Keramik yang letaknya di seberang Museum Wayang. Sayangnya, rombongan sudah tepar dan takut kesorean ballik ke Bogor.

Ah, seru banget deh menjelajah Kota Tua Jakarta bareng-bareng dengan bocah. Tak sekadar piknik, mereka juga mendapat banyak pengetahuan berharga hari itu. Alhamdulillah.

Photo Courtesy of
Wisnu Aditya


You Might Also Like

9 comments

  1. Dari semua museum di Kota Tua, aku paling suka Museum Bank Indonesia.. Baguuus banget.. Pingin ngajak anak-anak lagi ke sana.. Sama pingin liat Museum Bahari sekarang kayak apa, ya.. Udah lama gak ke sana..

    ReplyDelete
  2. Belum pernah ke satu tempatpun
    Hiks hiks. Menarik nih buat ajang destinasi knowledge. Kalau tak salah, saya pernah baca di Museum Bank Indonesia juga ada mata uang Indonesia dari yang lama hingga sekarang. Itu bener tidak yah?

    ReplyDelete
  3. saya suka sekali dengan museum-museum di sekitar kawasan kota tua. kalau ingin belajar sih sebaiknya jangan datang pas weekend. ramai banget sama pengunjung yang cuma pengen selfie2 aja euy.

    ReplyDelete
  4. Saya pernah ke kota Tua. Tapi belum bisa ekspore tempat di sekitarnya. Seru juga bawa anak anak jalan ya.

    ReplyDelete
  5. Museum menyimpan makna di tiap sejarah sebagai kenangan bagi masyarakat tempo doeloe.

    ReplyDelete
  6. penasaran banget pengen ke museum-museum ini. dulu waktu ke kota tua museumnya pada tutup soalnya

    ReplyDelete
  7. Terakhir saya ke Kota Tua 3tahun lalu. Wah jadi pengen ke Kota Tua lagi ntar bareng Rifqi 😊. Ga makan kerak telur mba? Di sana kerak telurnya paling enak

    ReplyDelete
  8. Halo mbak Dedew :) Aku pernah nih ke beberapa museum di Kota Tua termasuk Museum BI, Bank Mandiri, Museum Wayang dll :D Malah aku jalan2 ke Jembatan Kota Intan dan Toko Merah juga loh. Memang asyik ya jalan2 seru ke museum, nambah wawasan kita.

    ReplyDelete