Piknik Tipis di The Ranch Mega Mendung, Cisarua, Puncak

Dear Pejalan Santai, mau cerita jalan-jalan liburan sekolah lalu. Salah satunya di The Ranch Megamendung Cisarua. Ceritanya, kami sekeluarga piknik ke Lembang di hari ketiga liburan Lebaran. Menginap di Lembang satu malam dan  berwisata di The Ranch Lembang. 


Piknik Tipis di The Ranch Mega Mendung, Cisarua, Puncak

Namanya manusia berencana, Allah sing punya kuasa. Mamaku sakit dan terpaksa kami bawa ke instalasi IGD Rumah Sakit Advent Bandung. Alhamdulillah, segera dapat pertolongan dokter jaga ternyata setelah dicek lab di Bogor Mama gejala tipes. Singkat cerita, kami batal main ke The Ranch Lembang. Padahal, Mama punya cita-cita mengajak tiga cucunya yang dari desa semua ke sana. Naik kuda dan berfoto bareng pakai kostum tradisional Korsel atau Belanda, hiks. 

Piknik Tipis di The Ranch Mega Mendung, Cisarua, Puncak

Alhamdulillah, beberapa hari bedrest Mama sudah pulih. Langsung nenek energik ini mengajak kami jalan-jalan ke Puncak yang hanya berjarak sepelemparan kancut dari Bogor. Mau ke mana sih? Mau mentraktir kami di Cimory kah?


Ulala, ternyata Mama belum melupakan cita-cita mulianya mengajak kami naik kuda. Baru tahu dong kalau sekarang ada The Ranch di Mega Mendung Cisarua! Wah, wisata Bogor rasa Bandung pisan euy! Beralamat di Jalan Raya Puncak-Cianjur No. 428, Leuwimalang, Puncak. Jaraknya tidak jauh dari Cimory sekitar 1 km dan Taman Matahari.

Cuss deh rombongan turis dari Jambi dan Ungaran berangkat. Alhamdulillah, lalu lintas nggak padat jadi tak butuh waktu terlalu lama tiba di tujuan.

Piknik Tipis di The Ranch Mega Mendung, Cisarua, Puncak

Dari Kota Bogor, The Ranch berada di sebelah kanan jalan. Menyolok banget karena halaman parkirnya yang luas juga terdapat bangunan berwarna cokelat bertuliskan The Ranch. Hm, penasaran ada apa saja ya? Begitu tiba di parkiran, selain bayar biaya parkir mobil, kita juga dipungut tiket Rp20.000 per orang. Setelah itu, masuk deh ke sebuah bangunan luas.

Tiket yang kita dapat ini jangan sampai terbuang ya, Pejalan Santai! Tiketnya bisa ditukarkan dengan segelas susu segar dengan varian rasa cokelat, plain dan stroberi. Asyiknya lagi, tiket ini bisa dijadikan vocer untuk membayar makanan minimal pembelian Rp80.000 bisa ditukarkan. Lumayan kan?

Piknik Tipis di The Ranch Mega Mendung, Cisarua, Puncak

Hanya karena pas saat itu aku nggak tahu dan nggak tanya, jadi semua tiketnya ditukar minuman hihi. Padahal lumayan banget kan kalau dijadikan vocer makan tinggal bayar separuhnya, hiks #MakIritsGagal.

Kami naik ke lantai dua di mana pemandangannya nampak luar biasa apalagi udaranya sejuk. Ah, betah deh! Kami memilih duduk di bawah payung taman yang menghadap halaman luas The Ranch.

Piknik Tipis di The Ranch Mega Mendung, Cisarua, Puncak

Tanpa buang waktu, langsung pesan makanan. Diantaranya nasi timbel komplit, nasi goreng, gado-gado dan kwetiaw.  Harga makanan dan minumannya standar deh mulai Rp20.000 per porsi. Pelayanannya cukup cepat padahal saat itu pengunjung restonya cukup ramai. Good!

The Ranch Puncak Bogor

Yang menarik di The Ranch Puncak ini ada wahana panahan untuk anak, dengan Rp25.000 anak-anak bisa memanah sambil mengenakan kostum ala Robin Hood, hehe.

Piknik Tipis di The Ranch Mega Mendung, Cisarua, Puncak

Selain itu, banyak spot berfoto seperti jembatan dongeng, patung pengawal berbaju zirah dan rumah-rumah mungil bergaya Eropa.

Ada pula wahana di mana anak-anak bisa bermain, memberi makan dan memegang kelinci berbulu lebat. Seru ya! Sayangnya akuh sudah bukan bocah hihi padahal pengen.

Piknik Tipis di The Ranch Mega Mendung, Cisarua, Puncak

Oh iya, ada juga wahana bermain dengan domba Shaun The Sheep hihi. Agak menakutkan ya alih takut diseruduk #halah.

Yang paling hits tentu saja naik kuda mengelilingi kawasan The Ranch. Hanya dengan membayar Rp35.000 anak-anak bisa naik kuda dengan mengenakan kostum Koboy dan Robin Hood. Menggemaskan!


Nailah dan Qila langsung minta naik kuda, Aldebaran menolak keras. Tapi, berubah pikiran ketika melihat keduanya berdandan sebelum naik kuda.

"Aku juga mau ikut," bisik Aldebaran dengan raut tegang.

Piknik Tipis di The Ranch Mega Mendung, Cisarua, Puncak

Yeay, akhirnya mereka bertiga mau naik kuda! Alde memilih kuda kecil imut hihi sedangkan Qila memilih kuda hitam yang besar dan gagah. Hihi. Lintasannya tidak terlalu panjang tapi lumayan deh untuk menambah pengalaman anak-anak.

Piknik Tipis di The Ranch Mega Mendung, Cisarua, Puncak

Selain restoran, ada juga kedai tahu susu Lembang dan kedai makanan ringan seperti burger dan hotdog dekat wahana kelinci. Yang seru, ada Rumah Candy yang menjual beraneka permen dan kedai gelato akkk, berbahaya banget! Wkwkw. Jadilah, aku mengajak bocah berfoto dari jauh saja.

Piknik Tipis di The Ranch Mega Mendung, Cisarua, Puncak

Di lantai dua, ada mini studio film 3D dengan tiket masuk Rp50.000, arena trampolin serta mainan sejenis Lego yang disusun membentuk aneka benda. Untuk yang mau salat, ada musala yang bersih dengan stok mukena.

Alhamdulillah, main di The Ranch Cisarua ini menyenangkan untuk keluarga. Cukup mengobati rasa penasaran pada The Ranch Lembang.





You Might Also Like

8 comments

  1. baru ya mbak ini? Jadi penasaran, siapa tau bs mampir pas balik, hehe. Alhamdulillah ya nenek energik udah pulih kembali. Btw itu tiket bs buat nuker susu, dan bs buat dpt diskon makanan. Pilih salah satu ya mbak?

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah Ibunda sudah pulih kembali. Menyenangkan ya, jalan-jalan bersama cucu. BTW apakah The Ranh Puncak sodaraan sama DRanch Lembang ?

    ReplyDelete
  3. Akhir-akhir ini banyak melihat review tentang lembang yang bergaya eropa. Jadi penasaran ingin ke sana.

    ReplyDelete
  4. Ini namanya piknik tebal mba, hehehe..
    Btw Bandung emang surganya tempat piknik ya, berharap bisa ke sana hiks.
    Saya baru sekali ke Bandung, itupun cuman di kotanya doang hhhh..

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah, cieee nenek recovery nya jalan jalan, sehat selalu Nek 😍

    ReplyDelete
  6. Aiiih keren maakkk, seru banget perjalannya 😍

    ReplyDelete
  7. wah seru banget main di sini :)

    ReplyDelete
  8. Asyik kalau berkuda... bisa liburan sekaligus nyunnah😊

    ReplyDelete