Akrabnya Ngopi Bareng KAI di Kereta Api Ciremai

Ngopi Bareng KAI di Kereta Api Ciremai. Dear Pejalan Santai, Sudah lama ya tidak posting di blog ini, rindu deh. Senin lalu (10/09), aku diundang pihak KAI untuk ikutan #NgopiBarengKAI untuk kedua kalinya.
Ngopi Bareng KAI 2 Komunitas Kopi Nusantara
Trio Kwek Kwek di Ciremai 

Ingat, kan, Januari lalu aku mengikuti #NgopiBarengKAI di atas kereta api Menoreh menuju Stasiun Senen. So, aku excited ketika dicolek Mbak Terry traveler kece www.negerisendiri.com untuk ikutan acara ini. Aku mau, aku mau, Mbak!
Nah, kali ini aku berkesempatan naik kereta api Ciremai ke Bandung! Hore, pengalaman pertama naik kereta ke Bandung, nih. Ya, karena antusiasme penumpang yang besar pada acara Januari lalu, Pihak PT. Kereta Api Indonesia (KAI) kembali menyelenggarakan acara seru ini.

Ngopi Bareng KAI 2 Komunitas Kopi Nusantara
Mas Sulthon Ngeracik di Stasiun Tawang
Dengan tagline #NgopiBarengKAI2 Enjoy Your Journey With Indonesian Coffee, acara ini diadakan dua hari yaitu 10-11 September 2018 untuk merayakan ulang tahun PT. KAI yang ke-73. Acara ini dibuka oleh Direktur Utama PT. KAI Pak Edi Sukmono di Loko Café, Stasiun Yogyakarta. Seperti sebelumnya, acara ini juga menggandeng Komunitas Kopi Nusantara.
Ngopi Bareng KAI 2 Komunitas Kopi Nusantara
Suasana Ngopi Bareng KAI di Stasiun Tawang
Pak Edi berharap melalui acara ini, masyarakat mendapatkan edukasi sehingga kopi lokal mampu berjaya di negeri sendiri. Acara #NgopiBarengKAI2 ini adalah acara bagi-bagi kopi gratis sebanyak 50 ribu cangkir di 15 stasiun di 12 kota! Didukung oleh 200 barista yang bakal bertugas di stasiun serta di 40 kereta api yang sedang berjalan.
Tentu saja, kopinya pun semuanya kopi lokal produksi Indonesia ya, Pejalan Santai. Diantaranya kopi Luwak Sumbing Arabika, kopi Lampung Robusta, kopi Jolotigo Robusta dan banyak lagi.


Ngopi Bareng KAI 2 Komunitas Kopi Nusantara
Stan Ngopi Bareng KAI di Tawang
Ternyata, acara ini menarik perhatian Museum Rekor Indonesia (MURI) dan memberikan apresiasi untuk kategori pembagian kopi terbanyak di kereta dan stasiun.
Senin sore aku tiba di Stasiun Tawang dan bertemu Mas Sulthon, PIC Semarang dari Wonosobo. Alhamdulillah, sudah kenal sejak acara ngopi pertama. Mas Sulthon sibuk meracik kopi untuk para penumpang di Stasiun Tawang.


Ngopi Bareng KAI 2 Komunitas Kopi Nusantara
Nofi meracik kopi 
Suasana Ngopi Bareng di Tawang mulai meriah. Ada dua booth, satunya di selasar luar stasiun dan satu lagi di ruang tunggu penumpang. Duh, Aku tidak ikut acara pembukaan karena nyangkut di mal, uhuk.
Untunglah, Aku sudah mencetak surat tugas, jadi langsung dapat kaos dan name tag untuk keperluan liputan. Aku juga diperkenalkan pada Rofiul dan Nofiyanto, duo brondong yang bertugas jadi barista di Ciremai. Keduanya juga berasal dari Wonosobo. Errornya, karena bermodal baca surat tugas dan tidak bertanya, aku mengira Nofi adalah Slamet, haha.
Ngopi Bareng KAI 2 Komunitas Kopi Nusantara
Kopi produksi Askawon Wonosobo
Ternyata, surat tugasnya salah ketik. The real Slamet bertugas di kereta Argo Muria bareng vlogger Semarang, Deta. Jadilah, aku menulis caption Instagram dan Twitter dengan menyebut keduanya Rofi dan Slamet, wkwkw. Pas Nofi baca Instagramku, dia protes dong, hahaha. Untung nggak disuruh bikin bubur merah putih karena ganti nama. Maafkan aku, Nofi!
Kami bertiga diantar Mbak Berta dari KAI Semarang naik ke Ciremai. Kami masuk di ruang restorasi dan berkenalan dengan Bapak Kondektur, tiga prami alias pramugari kereta dan satu orang prama. Ada petugas kebersihan juga polisi KA. Ramah-ramah deh semuanya. Ya, di ruang restorasi atau kantin kereta inilah kedua barista akan bertugas selama dua hari.
Ngopi Bareng KAI 2 Komunitas Kopi Nusantara
Bersama Prami Okti yang mirip Fatin
Keduanya langsung menata berbagai barang keperluan meracik kopi di meja. Nofi menata bungkusan kopi hasil produksi komunitas mereka. Sedangkan Rofi merebus air di ketel. Setelah kereta mulai berjalan, kami mengobrol. Rofi mahasiswa arsitektur di sebuah PTS Wonosobo.
Ternyata keduanya berasal dari Komunitas Askawon Wonosobo. Askawon ini akronim dari Asosiasi Kopi Asli Wonosobo. Sebuah komunitas yang beranggotakan petani, pengusaha, pencinta kopi dan segala lapisan untuk bersama-sama memajukan kopi lokal Wonosobo. Sudah tahu kan, nasib petani sering terpinggirkan. Hasil kerja keras berbulan-bulan eh hanya dihargai rendah.

Ngopi Bareng KAI 2 Komunitas Kopi Nusantara
Kopi menyatukan kita hehe

Karena itu, dibentuklah Askawon untuk memberikan edukasi dan keahlian untuk petani agar produk kopinya bernilai tambah. Keren ya visi dan misinya?
Saat mulai bekerja, Rofi dan Nofi merasa agak kesulitan karena goncangan kereta yang cukup besar. Bahkan memakan korban, alat ngopi Rofi terbanting dan pecah. Semangat, Rofi!
Tak lama setelah program Ngopi Bareng ini diumumkan melalui pengeras suara oleh prami, satu-persatu penumpang mulai mendatangi restorasi kereta api.
Ngopi Bareng KAI 2 Komunitas Kopi Nusantara
Melayani Taruna Akmil 
Cara mendapatkannya pun mudah. Mereka cukup menunjukkan aplikasi KAI di ponsel dan berhak mendapat secangkir kopi lokal Wonosobo. Agar mudah, Rofi dan Nofi memutuskan membuat kopi tubruk untuk para penumpang.
Aku pun mulai mengambil foto keduanya beraksi, juga foto para penumpang yang nampak senang menikmati secangkir kopi panas di malam yang dingin ini. Aku sempat mengobrol dengan seorang bapak pensiunan Pertamina yang nampak terkesan dengan program ini.
Ngopi Bareng KAI di Kereta Api Ciremai
Duo barista yang cekatan
“Kenapa hanya dua hari? Kamis saya naik kereta ini lagi, lho,” kata beliau menyesap kopinya.
“Iya Pak, acara ini dalam rangka ulang tahun PT KAI dan sosialisasi kopi lokal,”
Ia pun membeli beberapa bungkus kopi dan tak lupa meminta kartu nama Rofi dan Nofi. Kami mengobrol panjang-lebar termasuk kegiatannya berolahraga rutin. Keren deh.
Ngopi Bareng KAI 2 Komunitas Kopi Nusantara
Kru Ciremai yang ramah dan kocak
Sementara duo barista mulai bersibuk ria meracik kopi sambil mengobrol seputar kopi dengan para penumpang. Gayeng banget terasa suasana malam itu. Sementara Mbak Prami yang cantik dan ramah pun ikut menikmati kopi. Ada Mbak Anjar dan Mbak Okti yang mirip penyanyi muda Fatin. Hehe.
“Mungkin dia mutung dimarahin Iis Dahlia, makanya melamar kerja jadi Prami,” komentar seorang teman di grup WA ketika kuperlihatkan fotonya. Hahaha.
Ngopi Bareng KAI 2 Komunitas Kopi Nusantara
Ngobrol gayeng soal perkopian

Menjelang pukul 23.00, sebanyak 75 gelas kopi pun tandas dinikmati para penumpang dan kru kereta. Aku sempat mencicipi secangkir kopi susu dan gula yang banyak, hehe. Lelah mulai menjalari seluruh tubuh. Apalagi ketika kereta mendekati Bandung, duh keretanya bergoncang dan meliuk-liuk ya. Jadi jetlag rasanya. Hehe.
Para Prami mengajak kami bertiga untuk ikutan tidur di panel, tempat para kru kereta beristirahat. Panel berupa ruangan kecil dengan tempat tidur tingkat yang bisa dibongkar-pasang. Saat itu, panelnya muat untuk tujuh orang lho! Hihihi, serasa sedang di asrama Malory Towersnya Enid Blyton.
Ngopi Bareng KAI 2 Komunitas Kopi Nusantara
Berpose di Stasiun Cikampek 
Ya, Stasiun Bandung punya mess untuk kru kereta tapi jaraknya sekitar 300 meter dari stasiun. Sedangkan Ciremai tiba di Bandung pukul 01.00 dan kembali ke Semarang pukul 06.15. Waktunya mepet. Jadilah, malam itu aku untuk pertama kalinya tidur beramai-ramai di atas kereta yang parkir di stasiun. Benar-benar pengalaman unik, hihi.  
Terima kasih para kru kereta Ciremai, teman-teman panitia Komunitas Kopi Nusantara dan duo barista yang asyik. Terima kasih PT. KAI sudah mengajakku ikutan acara #NgopiBarengKAI2 yang berkesan ini. Selamat ulang tahun, semoga makin sukses dan terus menginspirasi, aamiin!

You Might Also Like

22 comments

  1. Seru banget acaranya. Minum Kopi berapa gelas tuuuh? Pengalaman baru nginep di kereta parkir yaa

    ReplyDelete
  2. Waah asik nih yg pas perjalanan naik KA, ada acara ngopi2 gini

    ReplyDelete
  3. ACARA YANG SUNGGUH SERU DAN MENYENANGKAN!

    ReplyDelete
  4. Minum kopi yangsangat menyenngkan. wah wah

    ReplyDelete
  5. acara seru ya.. sekaligus mengenalkan kopi-kopi lokal :D
    sering2 diadainlah acara seperti ini

    ReplyDelete
  6. Aku sering ngintip kamar kru kalo pas ke restorasi, habis penasaran isinya sih, hihihi

    ReplyDelete
  7. akkkk ajak aku ajak akuu! Aku suka kopi, terutama Vietnam Drip karena pake susu hehe. Eh btw ada Robusta Lampung ya, ehm baunya sampe sinii

    ReplyDelete
  8. Tuman yo, jenk? Sampe dua kali hihihi.
    Pastinya sensasi beda tuh, ngopi hasil racikan barista di kereta

    ReplyDelete
  9. Kapan ya aku bisa ikutan, nostgia bnget naek kereta ke cirebon sambil minum kopi jadi inget masa muda hehhehe

    ReplyDelete
  10. Seru banget mbak, aku kemarin mau ke Gambir nyobain ngopi bareng ini. Tp ga sempat. Hehe.

    ReplyDelete
  11. Kemasan kopinya pink...macam trabas kopi Bengkulu. Btw itu kru KAI enjoy juga ya diajak welfie

    ReplyDelete
  12. Milad PT KAI emang keren.
    Pelayananya juga semakin baik. Saya pernah naik kereta dari Jogja Surabaya, lumayan nyaman. Tidak seperti dulu yang amat bau dan busuk.

    Sekarang udah ber ac dan aman.
    Kalau setiap penimpang dapat kopi gratis terus enak ya. Berharap ke depannya bisa dapat kopi gratis.

    Btw, makasih. Infonya menarik.

    ReplyDelete
  13. Wah pengalaman yang berkesan ya mba dew, tidur di Kreta Api, dan kumpul bareng para peniknat kopi duh rasanya kepingin ikutan hikss, oh ya selamat ulang tahun buat PT. Kreta Api Indonesia semoga semakin sukses dan semoga menjadi alternatif transportasi umum bagi masyarakat Indonesia ya, Amiinn!

    ReplyDelete
  14. Praminya cantikkkkkk *loh*


    Okay, kembali pagi ke Kopi. Kalau aku sih gk terlalu paham kopi, tapi seneng aja kalau liat ada event begini. Semoga Kopi Indonesia ini menjadi raja di negeri sendiri dan banyak ide-ide gemilang tercipta dari obrolan yg terjadi sambil minum kopi :)

    ReplyDelete
  15. Dua kali even ini dan tak pernah bisa ikutan. Pas pertama sibuk ada kerjaan, pas kedua sedang di pulau.

    Seru juga kalau bisa mengabadikan para orang menyeduh kopi di tempat umum, khususnya di area stasiun.

    ReplyDelete
  16. Seru sekali mbak pengalamannya. Salut sama KAI yg ngadain acara unik begini. Baru tahu, ternyata pecinta kopi juga ada komunitasnya ya.

    ReplyDelete
  17. Suka naik kereta. Dulu suka juga ngopi.

    ReplyDelete
  18. Halagh bobonya ko disituuu Mbaaa...
    Tapi seru banget ya, apalagi dua barista brondong, ahh ramee..

    ReplyDelete
  19. wIH, ASIK BANGET ACARANYA. KAI memang sanat beda dengan yang dulu. sekarang lebih bersih dan nyaman. berharap KAI nyediakan kereta dengan tempat tidur juga.Semoga

    ReplyDelete
  20. Acara yang cukup unik ya. Seru banget kayaknya :)

    ReplyDelete
  21. Sangat mengapresiasi atas acara ultah KAI dengan suguhan kopi nikmat. Semoga bisa dilaksanakan tiap tahun

    ReplyDelete
  22. 😩Aku gak suka kopi... Pengen gitu gegayaan minum kopi kayak rangorang.
    KAI ga ada pengen ngundang minum milkshake??? 😅

    (((MILKSHAKE))) CUPU Luh! 😄😄😄😄😄😄😄😄😄😄

    ReplyDelete