Bercengkrama di Arborea Cafe di Arboretum Lukito Daryadi, Manggala Jakarta

Dear Pejalan Santai,
Minggu lalu, aku menghadiri acara Apresiasi Sahabat Keluarga yang diadakan oleh Kemdikbud. Setelah acaranya selesai, aku dijemput Mama untuk pulang ke Bogor.
Arborea Cafe di Arboretum Lukito Daryadi, Manggala Jakarta
Arborea Cafe yang adem
Sebelum pulang, aku mengajak Mama ke Manggala Wanabakti di Jalan Gatot Subroto, Jakarta. Ya, aku penasaran dengan artikel Arborea Cafe yang ditulis Mas Alan di blognya. Ke mana saja aku, sampai tak tahu ada kafe unik di sana? Hehe.

Ayahku berkantor di gedung Manggala Wanabakti yang bersebelahan dengan gedung DPR/MPR. Jadi, aku dan Mama sering banget wara-wiri di kawasan ini. Hehe. Biasanya kami nongkrong di kantin dekat museum atau masjid. Solehah pisan, hihi.

Arborea Cafe di Arboretum Lukito Daryadi, Manggala Jakarta
Ikon Manggala Wanabakti 

Arborea Cafe di Arboretum Lukito Daryadi, Manggala Jakarta
My mom ini action

Nah, karena penasaran dengan kafenya, aku pun mampir ke Manggala. Selain memiliki museum kehutanan, Gedung Manggala ini terkenal sebagai tempat kondangan yang laris. Aulanya beraneka ukuran dan letaknya strategis membuat orang senang menggunakannya sebagai tempat resepsi pernikahan.

Dalam hari yang sama, bisa ada dua hingga tiga resepsi pernikahan lho. Jangan  sampai salah masuk ruangan! Hihi.

Arborea Cafe di Arboretum Lukito Daryadi, Manggala Jakarta
Sejuk suasananya

Arborea Cafe di Arboretum Lukito Daryadi, Manggala Jakarta
Buang sampah pada tempatnya

Memasuki kawasan Manggala Bakti yang menjadi kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Kami menuju ke bagian samping kiri gedung yang dijadikan Arboretum atau Taman Hutan Persahabatan Ir. Lukito Daryadi. Nama hutan ini diambil dari nama aktivis lingkungan hidup, Bapak Lukito Daryadi.

Di tengah hutan ada tulisan Arboretum Lukito Daryadi dan seni instalasi atau patung besar berbentuk pohon yang kini dicat warna emas. Ternyata, hutan ini semakin tertata rapi dan asyik untuk dikunjungi, Pejalan Santai.

Arborea Cafe di Arboretum Lukito Daryadi, Manggala Jakarta
Pohon jati yang ditanam kakek Jan Ethes

Arborea Cafe di Arboretum Lukito Daryadi, Manggala Jakarta
Prasasti di tengah arboretum

Dilengkapi kursi taman untuk tempat istirahat para pengunjung. Teduh banget rasanya, asyik deh untuk duduk dan membaca di hutan ini. Nggak sangka kan, ada hutan di tengah Kota Jakarta?

Luasnya sekitar 7000 meter persegi dengan sekitar 394 pohon dari 78 jenis tanaman. Hutan ini sudah dibangun sejak tahun 1978. Setiap pohon diberi papan kecil yang bertuliskan nama pohon beserta nama latinnya. Bagus untuk menambah pengetahuan kita tentang tumbuhan. Asyik juga mengajak anak-anak piknik ke sini, ya.

Arborea Cafe di Arboretum Lukito Daryadi, Manggala Jakarta
Mirip rumah pohon ya (Foto: catatannobi.com)

Arborea Cafe di Arboretum Lukito Daryadi, Manggala Jakarta
Berpose sejenak

Oh iya, ada potongan batang pohon yang ditutup kaca berbentuk kotak. Ternyata adalah prasasti yang ditandatangani Presiden Joko Widodo pada hari Lingkungan Hidup tahun lalu. Pak Jokowi juga menanam pohon jati lho di arboretum ini.

Setiap pohon yang ada di hutan ini dipasang kartu identitas untuk memberi tahu pengunjung berbagai informasi penting seperti taksonomi, morfologi, bioteknologi pohon tersebut. Kartu identitas berbentuk QR Code itu bisa diakses oleh pengunjung dengan memanfaatkan telepon seluler berbasis Android. Wah, canggih, ya!

Arborea Cafe di Arboretum Lukito Daryadi, Manggala Jakarta
Lesehan di tengah hutan

Arborea Cafe di Arboretum Lukito Daryadi, Manggala Jakarta
Bersantai halau kepenatan 

Tak lupa agar hutan tetap bersih, tersedia banyak tempat sampah yang tersebar. Jadi, jangan sampai membuang sampah sembarangan ya! Setelah berfoto di patung pohon, aku pun mencari-cari di mana Arborea Cafe ini? Oh ternyata letaknya tak jauh dari patung pohon ini!

Arborea Cafe di Arboretum Lukito Daryadi, Manggala Jakarta
Barista sibuk

Dari kejauhan, kafe ini nampak unik. Bangunannya terbuat dari kayu dan berbentuk seperti rumah pohon. Tempatnya di tengah hutan pun menambah keunikannya. Kami pun bergegas ke sana melalui jalan setapak.

Arborea Cafe di Arboretum Lukito Daryadi, Manggala Jakarta
Ngopi sambil menikmati suasana

Arborea Cafe di Arboretum Lukito Daryadi, Manggala Jakarta
Suatu siang di Jakarta

Ternyata, pengunjung di Jumat siang itu cukup ramai. Ada antrean di kasir kafe yang buka pukul 07.00-20.00 WIB ini. Aku melayangkan pandangan pada bangunan unik ini. Banyak pengunjung yang duduk lesehan baik berdua atau bergerombol di bagian teras kafe menikmati siang yang lumayan mendung ini.

Aku mengantre, Mama mencari tempat duduk. Di bagian samping kafe, ada deretan kursi tapi Mama naik ke lantai atas. Saat giliranku memesan, mas kasir menyapa ramah. Ada dua barista yang menyiapkan kopi di ruangan sempit itu. Berbagai kopi Nusantara ditawarkan di daftar menu.

Arborea Cafe di Arboretum Lukito Daryadi, Manggala Jakarta
Ngopi dulu

Arborea Cafe di Arboretum Lukito Daryadi, Manggala Jakarta
Es kopi seger buat siang terik

Arborea Cafe di Arboretum Lukito Daryadi, Manggala Jakarta
My boo

Mulai dari Toraja Arabica, Lampung Robusta, Aceh Gayo Arabica hingga Papua Arabica. Masing-masing seharga Rp18.000 per gelas. Selain kopi single origin, ada cappucino, mocha latte dan hazelnut coffee seharga Rp20.000. Selain kopi, tersedia juga berbagai jenis teh, jus buah dan minuman bersoda.

Aku memesan Cappuccino Ice Rp22.000, cokelat panas Rp20.000, dan Coffee Latte sekitar Rp20.000. Untuk menemani ngopi, ada camilan roti isi dan jajan pasar seperti kue pepe, wajik, dan dadar gulung. Aku memilih pisang goreng seharga Rp6000 per buah. Sayangnya nggak hangat lagi. Hehe.

Suasana di Arborea Cafe

Setelah menanti beberapa waktu, pesananku selesai. Aku membawa nampan ke lantai atas. Wah, ternyata ada sebuah ruangan kecil dengan pemandangan ke arah hutan. Enak banget untuk nongkrong, ya. Anginnya sepoi-sepoi. Beneran, nggak kayak di Jakarta. Beberapa orang asyik mengobrol sambil ngopi. Aku dan Mama menikmati kopi sedap sambil ngerumpi, hihi.

Arborea Cafe di Arboretum Lukito Daryadi, Manggala Jakarta

Setelah ngopi cantik, aku naik ke lantai atas. Semacam dek tanpa atap. Sayangnya, di situ kita juga harus lesehan karena tak ada kursi. Tapi, suasananya asyik buat ngopi dan menikmati pemandangan. Kafe unik ini diresmikan oleh Ibu Siti Nurbaya, Menteri LHK pada Agustus 2018, dengan dukungan pengusaha Bapak Ciputra.

Momen diresmikannya Arborea Cafe ini sebelum Asian Games berlangsung dan diharapkan bersama museum dan arboretum, menjadi daya tarik wisata untuk para atlet dan kru dari negara lain. So, jika kamu sedang ada di sekitar Manggala Wanabakti jangan lupa mampir ngopi manja di sini dan menikmati Arboretum Lukito Daryadi.



Oh iya, untuk pulang ke Semarang hari Minggu, aku memutuskan naik Garuda Indonesia yang berangkat pagi dari Jakarta. What, berangkat dua hari lagi belum pesan tiket?


Tenang, jangan panik. Untung banget ya di zaman milenial kita bisa dengan mudah pesan tiket pesawat atau kereta api. Dulu, kita harus pergi ke agen perjalanan untuk membeli tiket pesawat. Atau harus mengantre di loket kayak lagunya Project Pop untuk beli tiket kereta api. Duh, hari gini antre? Pegal lho, Pejalan Santai!


Untunglah sekarang ada aplikasi PegiPegi untuk memesan  tiket pesawat dan kereta serta cari hotel dengan mudah dan murah.



Dengan aplikasi ini, kamu bisa memilih maskapai penerbangan yang kamu inginkan. Cara pesannya mudah, cukup buka website atau aplikasinya.



Tinggal pilih jadwal dan maskapai yang kita inginkan. Untuk Semarang, Garuda Indonesia mempunyai banyak jadwal selama sehari itu. Ada pukul 07.55, 10.00, hingga malam hari dengan tarif yang berbeda. Hayo, mau pilih mana? Jangan hitung kancing! Hehe.


Baiklah, Aku pilih pesawat pagi pukul 07.55 biar lebih cepat ketemu keluarga di rumah. Walaupun dari Bogor harus berangkat subuh huhu ke Cengkareng. Gampang kan? Selamat menjelajahi keindahan Indonesia!

Arborea Cafe
Komplek Gedung Manggala Wana bakti
Jalan Gatot Subroto, Gelora,
Jakarta Pusat
Buka Setiap Hari
Pukul 07.00-20.00 WIB

You Might Also Like

21 comments

  1. Ini tempat laginhits banget. Lagi dikunjungi banyak instagramers. Memang arsitektur nya bagus sekali.harganya pun cenderung murah

    ReplyDelete
  2. Sedang hits banget Arbore Cafe ini ya, Mbak Dew. Emang pantes juga sih terletak di tengah kota Jakarta yang berisik tapi lingkungannya hijau dan adem begini. Bagus kalau membawa anak-anak ke sini ya, bisa mendekatkan diri mereka kepada alam

    ReplyDelete
  3. Akhirnya buka weekend juga. Bisa ngajak adik2 kesana ppas libur sekolah 😁.

    ReplyDelete
  4. Dari dulu tempat ini emang bikin adem. Mirip KRB. Apalagi sekarang ada coffee shop ya, duuhhh; enak pastinya nongki2 di sini.

    ReplyDelete
  5. Aku pun penasaran dg cafe ini,, tp belum sempat ke sana. Liburan besok aku sempatin mampir ah.

    ReplyDelete
  6. Aku ikut penasaran sama kafe ini. Rame gak mba pas ke sana?

    ReplyDelete
  7. Cage yang benar-benar lagi hits dan saya belum sempat mampir 😂
    Coba buka sampai tengah malam ya

    ReplyDelete
  8. Udah beberapa kali liat foto kafe ini di Instagram dan kepengen mampir.
    Tapi belum kesampean gegara ini dan itu.
    Kopinya enak ga Mba?

    ReplyDelete
  9. Duh keceh banget nih cafe, noted lah next main ke jakarta mesti mampir kesini nih

    ReplyDelete
  10. lah ini kan depn stasiun palmerah ya, lumayan deket kl naik kereta tinggal jaln dikit.

    ReplyDelete
  11. Sekarang buka setiap hari, ya. Saya pengen banget ke sini. Tetapi, waktu itu infonya Sabtu-Minggu tutup

    ReplyDelete
  12. Arboretum nya bisa dijadiin tempat belajar anak arsitektur landscape nih, di Bogor Ada tapi lebih ke penataan tanamannya

    ReplyDelete
  13. Bisa betah loh aku mbak kalo suasana nya adem gini,apalagi ada cafenya juga..takkan khawatir lah soal perut ya

    ReplyDelete
  14. Waah baru tau. Padahal tinggal di Jakarta

    ReplyDelete
  15. Bisa dicatat dalam list kunjungan kalo ntr ke Jakarta. Terima masih ulasannyanya mbak.

    ReplyDelete
  16. Salam sama ibunya wi. Mumpung sehat ajak aja terus jalan2, kemana dia mau dan senang. Kan ada pegi2

    ReplyDelete
  17. Asyiik lokasinya bisa bikin nyaman kalau gitu mah

    ReplyDelete
  18. Woww,cafenya keren, ya. Kalau mau ngadem sekalian ngopi mending ke sini dong. Selesai ngopi piknik tipis-tipis buat bahan posting Instagram :D

    ReplyDelete
  19. ternyata di jakarta ada ya tempat yang hijau dan seger kayak gini. semoga kapan-akapan ada rejeki buat nongkrong di sana.

    ReplyDelete
  20. Belum kesana ejie. Kalah sama mb Dew yg jauh ni sayaaa :D

    Padahal sudah baca di blognya Lenny juga ini. Deuh, semakin ingin mb...

    ReplyDelete