Berkhayal Keliling Dunia di Small World Purwokerto

Dear Pejalan Santai,
Bulan lalu, aku dan Mbak Uniek serta bocah-bocah piknik ke Purwokerto. Di sana, kami menginap di Hotel Grand Karlita, hotel berbintang empat yang baru dibuka. Kami berlima naik kereta api dari Semarang. Lumayan lama ya perjalanannya sekitar 5 jam. Sama seperti kalau kami mudik ke Bogor ey.

Small World Purwokerto Jateng
Small World Purwokerto Jateng

Setelah tiba di Stasiun Purwokerto yang ramai, kami diajak Pungky, blogger hits Purwokerto untuk piknik ke Small World Purwokerto. Katanya, letaknya di daerah Baturaden. Hm, penasaran juga dengan yang namanya Small World. Tempat apakah itu?

Kami pun naik mobil sekitar 30 menit menuju Baturaden dengan jalan kian menanjak. Tak lama, kami tiba di lokasi. Hawanya lumayan adem dengan pemandangan Gunung Slamet yang sedikit tertutup awan.

Small World Purwokerto Jateng

Ternyata, Small World adalah  tempat rekreasi yang menawarkan berbagai miniatur ikon wisata dunia. Mulai dibuka sejak Juni 2016 dan menjadi tujuan wisata favorit di Purwokerto. Penasaran?

Wisata selfie memang sedang hits ya di Indonesia. Munculnya Instagram juga berpengaruh besar terhadap fenomena ini. Orang berlomba mengisi akun IG nya dengan foto selfie kiyut di tempat wisata yang hits.

Jadi teringat lomba menulis berhadiah ratusan juta yang diadakan Kemenpar tempo hari. Temanya kan destinasi digital alias tempat wisata selfie yang terkenal dan Instagramable. Duh, kenapa aku nggak menulis Small World ya? Lupaa!

Ada sebuah loket bertuliskan harga tiket masuk. Lumayan terjangkau, lho. Untuk hari biasa, tiket masuk untuk dewasa Rp20.000 dan anak hingga usia 12 tahun Rp10.000. Sedangkan akhir pekan, tiketnya menjadi Rp25.000 dan Rp15.000.

Small World Purwokerto Jateng

Setelah melewati pintu masuk dan tangan kita diberi cap, langsung deh mata tertumbuk pada sebuah taman bunga yang luas.

Pemandangan Gunung Slamet menambah kesyahduan. Ingat, tahan dirimu untuk berjoget-joget dan menyanyikan lagu India, yes! Haha. Habisnya, adegan itu yang pertama terlintas di otakku saat melihat pemandangan Small World.

Small World Purwokerto Jateng
Lapangan golf mini

Ya, taman yang luas dengan tanaman dan bunga-bunga yang terawat. Sayangnya, belum banyak pohon ya jadi ketika siang mulai menjelang. Panas terik, cyiin!

Mulai deh kami bertiga berpose di berbagai sudut yang cantik. Mbak Uniek dan Faris juga memisahkan diri untuk mencari angle foto ciamik. Untung Alde bersedia jadi fotografer.  Sedangkan Pungky dan temannya ngacir untuk berteduh di kantin. Takut luntur, haha.

Small World Purwokerto Jateng
Ban aisle hihihi

Ada bangku dengan hiasan  melengkung dipenuhi yang terbuat dari ranting pohon kering yang nyeni, cantik sekali. Kami berfoto bergantian di sana. Ternyata Small World berisi ikon wisata dunia sebut saja patung Merlion di Singapura, Menara Eiffel di Paris hingga Menara Pisa di Roma bisa Pejalan Santai temui.

Ya, lumayan untuk berpose sambil berdoa semoga ada rezeki dana dan kesehatan untuk mengunjungi tempat aslinya, aamiin! Hehe, mupeng banget bisa pergi menjelajahi Eropa suatu hari nanti. Mungkin ikut program writer residency someday? Aamiin.

Small World Purwokerto Jateng
Entah apa maksudnya hihi

Selain berpose di berbagai miniatur bangunan, kita bisa main golf mini dan main motor ATV. Buat kamu yang ingin berfoto ala pre wedding bisa kok.

Pejalan Santai bisa menyewa kostum khas suatu daerah seperti kimono Jepang, hanbok Korea hingga kain sari India dan dipotret di sebelah miniatur pohon sakura oleh fotografer khusus. Hasil fotonya apik, lho! Mirip seperti berada di Tokyo atau Seoul betulan. Aih pengalaman yang seru ya.

Small World Purwokerto Jateng
Sebelum ke KL beneran 

Apalagi ketika kami semua berpose bersama di depan Honai, rumah adat khas Papua. Tak terasa, nyaris dua jam kami berkeliling di sana. Keringat membanjiri ketek dan panas mentari semakin menyengat.

Setelah lelah berfoto, kami mampir di kantin dan memesan minuman dingin. Ada pula semacam pondok untuk digunakan sebagai tempat acara. Seperti saat kami berkunjung, ada rombongan piknik sekolah dasar yang menggunakan pondok itu untuk makan siang bersama.

Small World Purwokerto Jateng
Saranghae 


Small World Purwokerto Jateng
Cucok buat pre wedding ya

Selain kantin kecil di dalam lokasi, ada juga warung dan kios oleh-oleh berjejer di luar taman. Obyek wisata Small World  cukup mudah dicapai, terletak di Jalan Raya Barat Baturaden, sekitar 2.5 m dari kawasan wisata Baturaden.


Small World Purwokerto Jateng
Keren ya fotonya

Letaknya juga tak jauh dari Curug  Bayan. Siang semakin terik, kami pun meninggalkan Small World dengan perasaan bahagia karena dapat stok foto Instagram berlimpah, hehe.

Small World Purwokerto
Jalan Raya Barat Baturaden, Ketenger
Telpon 082233000081
Jam Buka Setiap Hari
Pukul 08.00-21.00 WIB.
Sabtu-Minggu 08.00-00.00 WIB.

You Might Also Like

11 comments

  1. Konsepnya semacam TMII, ya? Lebih bagus lagi jika ada tour guide di lokasi yg bisa menerangkan informasi setiap spot. Jadi pengunjung gak hanya bisa berfoto tapi juga dapat pengetahuan baru.

    ReplyDelete
  2. wah asyik juga ya, foto ala-ala pakai baju tradisionalnya...
    kapan kapan ikutan ke sana sama keluarga... bikin pengen

    ReplyDelete
  3. Wawwww, solusi murah untuk keliling dunia ini. Foto-fotonya apik banget, mirip di negeri asalnya :)

    ReplyDelete
  4. Tempat seperti ini asyik untuk main bareng keluarga hahaha. Nambah stok foto bareng

    ReplyDelete
  5. Seru sekali bisa foto menggunakan hanbok gini. Dan lokasinya bagus untuk wisata keluarga ya, Mbak Dew

    ReplyDelete
  6. dulu aku pernah datang yang di Shenzhen, semua maskot dunia ada di sini dan jadi wisata selfie. Tapi seru juga sih kalau di Purwokerto ada wisata kayak gini ya, apalagi harga tiketnya ga terlalu mahal.

    ReplyDelete
  7. Seru banget ya Mbak Dewi, main ke taman dengan banyak atraksinya. Selain disediakan Spot foto lengkap dengan kostumnya. Liburannya jadi tambah ceria

    ReplyDelete
  8. Mantap dan menarik.

    Kalau akhir pekan, cocok banget ini ke sini.


    www.aulaandika.com

    ReplyDelete
  9. Lumayan banget. Satu tempat bisa keliling dunia walau miniatur. Itung2 latihan yaa

    ReplyDelete
  10. Wuih, sekarang kakau mau keliling dunia tingga ke Puerto Rico aja ya.

    Tapi bener deh, hasil fotonya seperti sedang berada di luar negeri beneran

    ReplyDelete
  11. Aku udah pernah ke siniiii. Tapi nggak sempat cobain baju tradisional gitu. Padahal pengen. Lumayanlah ya Small World Purwokerto ini buat liburan keluarga. Siapa tau bisa ke negara-negara yang ikonnya ada di sana beneran. :))

    ReplyDelete