Piknik di Ekowisata Taman Air Tlatar Boyolali

Dear Pejalan Santai,
Bagaimana kabar kalian? Cuaca saat ini sering hujan dan berangin, musim batpil. Kalian jangan lupa jaga kesehatan ya, Pejalan Santai!

  Piknik di Ekowisata Taman Air Tlatar Boyolali
Piknik di Ekowisata Taman Air Tlatar
Beberapa waktu lalu, kami sekeluarga piknik ke Ekowisata Taman Air di Tlatar, Boyolali. Serunya lagi, pikniknya bareng sahabat keluarga di perumahan kami tinggal.


Beberapa kali merencanakan piknik gagal melulu.
Eh, di suatu hari Minggu, mendadak bapake colek bilang mau piknik. Kukira yang piknik bapak-bapak, baiklah aku dan Nailah ngemal saja. Eh, ternyata anak dan bojo juga diajak. Hore! #KetahuanKurangPiknik.

  Piknik di Ekowisata Taman Air Tlatar Boyolali
Memberi makan ikan di kolam 

Jadilah, dengan dua mobil meluncur ke Tlatar, Boyolali. Padahal, baru seminggu lalu aku menemani Nailah dkk untuk piknik sekolah di tempat yang sama.

  Piknik di Ekowisata Taman Air Tlatar Boyolali
Bersenang-senang dengan kawan

Lokasi Tlatar sekitar 60 km dari Ungaran, dan termasuk wilayah Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Perjalanan makan waktu satu jam, Lumayan cepat sampai di lokasi karena sekarang sudah ada jalan tol Semarang-Solo. Di Tlatar banyak tempat pemancingan dan rumah makan bernuansa alam.

  Piknik di Ekowisata Taman Air Tlatar Boyolali
Berenang setelah lelah outbond
  Piknik di Ekowisata Taman Air Tlatar Boyolali
Suasana kolam renang 



Ternyata, Tlatar ini adalah tempat wisata  dengan sumber mata air alami, berasal dari dua umbul yaitu Pengilon dan Asem. Tradisinya setiap jelang Ramadan, banyak orang berendam di umbul untuk membersihkan diri sebelum masuk bulan puasa. Namanya Upacara Padusan.

Kami memilih Ekowisata Taman Air di Tlatar. Tempatnya cukup menyenangkan, ada rumah makan, tempat outbound Anava, kolam renang anak dan lainnya. Tiket masuknya sepuluh ribu per orang.
  Piknik di Ekowisata Taman Air Tlatar Boyolali
Makan siang di pondok 
  Piknik di Ekowisata Taman Air Tlatar Boyolali
Makan siang bareng

Ada kolam besar mirip danau buatan dengan sepeda air untuk berkeliling. Ikan-ikannya juga luar biasa besar. Kita bisa beli makanan ikan dan memberi mereka makan. Tempatnya cukup Instagramable.

Seru banget memberi makan ikan di situ, ada ikan lele raksasa bermata satu lho! Jadi ingat film Finding Nemo deh!

  Piknik di Ekowisata Taman Air Tlatar Boyolali
Piknik bareng sahabat (Foto: Kak Rosma)

Taman Air Tlatar Boyolali
Pesta Durian Runtuh hihi

Setelah bayar tiket masuk, kita memilih tempat makan. Asyiknya, kita bisa duduk di pondok sambil main air karena tepat di sebelah rumah makan ada sungai dangkal dan berbatu. Di sana, duduknya lesehan dengan meja panjang.

Setelah dapat tempat nongkrong, langsung deh pesan makanan dan minuman. Tentu saja menunya kebanyakan ikan tawar seperti ikan gurame, nila, lele dan lainnya. Ada juga ayam goreng dan nasi goreng.
  Piknik di Ekowisata Taman Air Tlatar Boyolali
Meeting bapak-bapak (Foto: Kak Rosma)

  Piknik di Ekowisata Taman Air Tlatar Boyolali
Pondok di tepi sungai 

Siang itu, Kami memesan nasi putih dua bakul, sekilo ikan gurame yang muat dua ekor ikan, sekilo ikan lele yang isinya sekitar empat ekor, tak lupa lalapan dan sambal. Belum apa-apa, sudah ngiler! Haha.
  Piknik di Ekowisata Taman Air Tlatar Boyolali
Mamak-mamak in action dong (Foto: Kak Heru)

Sambil menunggu pesanan, bisa pesan es krim, jagung susu keju dan berbagai gorengan. Lupakan diet! Langsung deh anak-anak turun ke sungai dan main air! Kalian bisa membeli semacam jaring kecil bertangkai untuk menangkap ikan. Kita bisa pepotoan di sungai juga.

Emaknya sih asyik ngerumpi dan pepotonan di tepi sungai. Hihi. Kita juga bisa memancing kerusuhan eh ikan di sungai juga bisa spa ikan di Ekowisata Taman Air Tlatar!

  Piknik di Ekowisata Taman Air Tlatar Boyolali
Main air di sungai ada biawak

Oh iya, waktu Nailah piknik, mereka memandikan kerbau di sungai ini juga, hehe. Kerbaunya sampai ganteng banget dimandikan seratus anak! Hihihi.

Kalau ingin berenang, tinggal cuss deh ke kolam renang dan ternyata airnya berasal dari sumber mata air alami, lho. Terus, kolamnya aman untuk anak karena ada dua kolam dengan kedalaman berbeda dan tidak dalam. Di tepi kolam ada barisan kursi dan meja. Tetap saja, anak-anak harus kita awasi ya!

  Piknik di Ekowisata Taman Air Tlatar Boyolali
Pesta durian (Foto: Kak Rosma)

Terus, ada lapangan rumput juga untuk anak-anak berlarian bebas. Biasanya digunakan untuk berkumpul saat
outbond. Oh iya, ada permainan flying fox juga lho. Nailah sempat mencobanya saat piknik sekolah. Selain itu, ada permainan ATV yang seru buat anak-anak.

Tak jauh dari kolam renang, ada Taman Batu Patriot, sebuah lapangan berumput dengan batu-batu sungai berukuran besar. Enak untuk bersantai dan berfoto juga.

  Piknik di Ekowisata Taman Air Tlatar Boyolali
Main flying fox 

Tak lama, pesanan kami tiba. Makanannya cukup enak dan porsinya cukup banyak. Saking laparnya, jadi lupa memotret makanannya! Haha. Maafkan, blogger ala-ala ini ya, Pejalan Santai! Oh iya, untuk salat ada Musala di pondok terbuka. Jangan lupa bawa mukena sendiri ya!

Memandikan kerbau di suatu siang 

  Piknik di Ekowisata Taman Air Tlatar Boyolali
Main air dan mandikan kerbau 

Setelah makan siang, bapak-bapak menurunkan beberapa buah durian dan membukanya. Alamak, dessert nya nendang banget! Benar-benar piknik ini! Seru banget acara ngumpul hari itu. Walaupun cukup jauh dari rumah dan pulangnya hujan deras, kami semua hepi! Jadi, kapan kita piknik lagi, Ayang? Haha.

Ekowisata Taman Air Tlatar
Gombol, Kebonbimo, Kabupaten Boyolali, Jateng.
Buka Setiap Hari
Pukul 08.00-20.30 WIB



You Might Also Like

16 comments

  1. Seger bangeet, ya! Ngomong-ngomong, lele mata satunya kayak gimana tuh? :o

    ReplyDelete
  2. DI sini juga (bintaro, Tangerang) ada rumah makan yang bisa kita sambil kasih makan..seu sih apalagi kalau bareng keluarga..makannya mah sebentar..mainnya yg lama :)

    ReplyDelete
  3. Wisata alam yang seru.seru. Kay adem banget yaaaa.. airnya beniiiing bikin kepengen ciblon, dan menu makanannya asli bikin ngiler. Sayangnya jauh tempatnya, hiks

    ReplyDelete
  4. Bagian pesta durennya aku langsung ngiler...Rame juga pikniknya Mba. :)

    ReplyDelete
  5. wah dessertnya durian...endessss!
    Segernya di sini, lengkap bisa berenang, main di bebatuan, kasih makan ikan, outbond..dan yang paling penting makan:)
    Komplit!
    Bisa mlipir sini nih kapan-kapan kalau jalan pulkam

    ReplyDelete
  6. Hehe...mumpung jalan2, lupakan diet barang sejenak. Apalagi jagung susu keju, mantep betul tuh kesukaan anak2 pula

    ReplyDelete
  7. Piknik bareng keluarga memang seru, apalagi sama keluarga di komplek perumahan. Ramai abis deh. Terus lokasi wisatanya juga nyaman untuk anak-anak, tempatnya masih alami gitu. Terus makan di pinggiran sungai, duh enaknyaaa....

    ReplyDelete
  8. Wiiih komplit banget nih ekowisata Tlatarnya. Ada danau sampai flying foxnya ya.

    ReplyDelete
  9. Asyik banget bisa piknik di alam kayak gitu. Saya udah lama nih gak pernah piknik, huhhu
    .

    ReplyDelete
  10. Komplit banget ya Dew.

    Untuk yang keinginannya banyak tapi males pindah pindah cocok. Kayak di Bandung itu loh

    ReplyDelete
  11. Murah ya tiket masuknya. Jarang lho lesehan ada es krim dan jasuke. Aku kan jadi mupeng liat suasananya yg seger

    ReplyDelete
  12. wah anakku kalau diajakin ke sana pasti happy bnget mbak :D Apalagi bisa berennag dan memberi makan ikan. Noted kalau ke boyolali bisa nih piknik ke sana :D TFS

    ReplyDelete
  13. Tlatar wajib masuk bucket list jalan-jalan bareng anak nih. Apalagi anak-anakku senang main air :)

    ReplyDelete
  14. Wah tempatnya asyik sekali mbak, bisa ngasih makan ikan dan mandiin kerbau segala. Anak2 dijamin pasti pada betah yah kalo wisata alam begini.

    Biar jangan nge-mall terus lah :))

    ReplyDelete
  15. Yaa Allah asri banget ya, sejuuk keknya mainan airnya. Pingin ikz.

    ReplyDelete
  16. Sekilas lihat kolam renangnya kok kayak di Punti Kayu ya mbak Dedew hahaha. Udah belasan tahun aku gak ke sana, jadi kangen.

    ReplyDelete