Mudah Ke Bandara KL International Airport Naik KLIA Ekspres

Dear Pejalan Santai,

Salah satu negara yang ingin kukunjungi adalah Malaysia. Entah kenapa, negara tetangga ini memiliki daya tarik tersendiri untukku.

KL Ekspres memudahkan ke bandara KLIA Malaysia
Petronas Twin Tower KL
(Foto: Instagram Igor Mariano)

Ada beberapa teman travel blogger yang bilang, ah, Kuala Lumpur kotanya biasa saja. Tapi, bagiku menarik. Aku ingin melihat dengan mata kepala sendiri betapa mirip namun berbeda kebudayaan dan adat istiadat Indonesia dengan negara serumpunnya ini. Negara yang memiliki hubungan cinta benci dengan kita, hihi.


Sebagai negara bekas jajahan Inggris, Malaysia memiliki seabrek bangunan peninggalan Inggris yang kuno namun terawat dengan baik. Mungkin suasananya mirip seperti Kota Lama di Semarang ya. Diantaranya adalah bangunan Katedral St Mary the Virgin dan Sultan Abdul Samad. Selalu suka deh menjelajahi bangunan tua bersejarah.

Aku penasaran ingin berfoto di depan Petronas Twin Tower yang ikonik banget, terus berkunjung ke Masjid kuno di Kuala Lumpur dengan arsitektur indah dan unik serta khas yaitu Masjid Jamek. Masjid ini  berlokasi persis di seberang stasiun LRT Masjid Jamek sehingga mudah dikunjungi. Ada juga yang namanya Masjid Negara yang merupakan masjid milik Kerajaan Malaysia. Arsitekturnya juga khas Melayu.

KL Ekspres memudahkan ke bandara KLIA Malaysia
Masjid Negara Kuala Lumpur
(Foto: Instagram Igor Mariano)

Aku juga penasaran ingin melihat Dataran Merdeka dan KL City Gallery. Disebut Dataran Merdeka karena merupakan lokasi deklarasi kemerdekaan Malaysia.

Yang lebih menarik adalah KL City Gallery. Di sana kita bisa melihat sejarah Malaysia juga banyak barang bersejarah dipajang. Jadi, lebih paham tentang Malaysia ya. Tidak perlu membayar tiket masuk ke KL City Gallery tapi cukup membeli suvenir seharga 5 Ringgit, hehe.

Tak jauh dari Dataran Merdeka, ada bangunan berlantai tiga tak lain dan tak bukan adalah Perpustakaan Kuala Lumpur! Tempat yang pas buat kamu yang suka membaca dan ingin mencari tahu tentang sejarah Malaysia lebih dalam. Perpustakaan ini cukup modern dan ruang baca yang nyaman dan koleksi buku yang lengkap.

KL Ekspres memudahkan ke bandara KLIA Malaysia
KL Forest ECO Park Malaysia
 (Foto: Instagram Igor Mariano)

Tahun ini, aku sudah berencana ingin ikut trip dari agen perjalanan milik keponakanku, Widi. Ia tinggal di Makassar dan mengelola agen perjalanan bersama suaminya. Keren deh keponakanku ini, masih muda, sudah punya usaha yang sukses.

Aku memilih trip tiga negara yaitu Malaysia, Thailand dan Singapura. Asyik juga kan, sekali dayung dua tiga negara terlampaui. Tempat yang dikunjungi juga menarik dan biaya perjalanannya  terjangkau.

Aku juga percaya dengan agen perjalanan ini karena track record bagus. Soalnya agak seram sekarang lantaran banyak agen perjalanan abal-abal yang menipu tamunya. Seperti cerita Mbak Gaya yang bertemu dengan ibu-ibu di Hongkong yang bernasib naas ditipu agen perjalanan dan ditelantarkan begitu saja di Hongkong. Kejam!

KL Ekspres memudahkan ke bandara KLIA Malaysia
KLIA Ekspres yang keren
(Foto: Instagram Winnie Angeline)
Belum lagi cerita ngenes jamaah umrah yang ditipu agen perjalanan atau biro umrah dan ditelantarkan di bandara tanpa bekal apapun. Bikin miris, dan pengen marah, kan?

Jadi, jika ingin mengikuti trip, jangan hanya tergiur paket menarik dan harga murah belaka. Periksa rekam jejak agen perjalanan yang ingin kamu ikuti tripnya.

Misalnya nih, tanya-tanya teman atau orang yang pernah mengikuti paket perjalanannya. Apakah patut direkomendasikan? Apakah pelayanannya memuaskan?

KL Ekspres memudahkan ke bandara KLIA Malaysia
Mencoba KLIA Ekspres yang nyaman
(Foto: Instagram Nurami Nasution)

Kita juga bisa membaca ulasan agen perjalanannya di internet. Jadi, kita terhindar dari zonk karena salah pilih biro perjalanan. Sayang banget kan liburan yang diidamkan sejak lama malah berantakan karena tergiur harga miring.

Duh, jadi tidak sabar ingin segera menjelajahi tiga negara. Apalagi nanti di Malaysia, kita bisa mencoba KLIA Ekspres. Tahu kan apa itu?

Ya, layanan kereta api bandara yang menghubungkan Kota Kuala Lumpur dengan bandara internasional Kuala Lumpur Internasional Airport (KLIA) 1 dan KLIA 2.

Akses menuju bandara KLIA tidak sulit berkat kehadiran kereta bandara ini. Kereta api ini bahkan disebut-sebut sebagai airport transfer tercepat di Malaysia bahkan di Asia Tenggara. Perjalanan dari kota ke bandara dan sebaliknya hanya butuh  waktu 28 menit.

KLIA Ekspres beroperasi setiap hari mulai pukul 04:55-01.28 tergantung dari stasiun keberangkatan. Kereta api tiba setiap 15 menit pada peak season dan setiap 20 menit pada masa biasa. Sedangkan tengah malam, kereta tiba setiap 30 menit.

So tidak butuh waktu berjam-jam menunggu kereta, kereta bandara ini selalu tersedia dari dan ke bandara. Kita tinggal menyesuaikan jadwal keberangkatan kita dengan jadwal kereta. Serunya lagi, harganya cukup terjangkau. Kini kalian bisa membeli tiket KLIA Ekspres secara online di situs Traveloka lho.

You Might Also Like

23 comments

  1. Minggu depan insyaAllah ke KL, moga sehat, selamat dan lancar perjalanan 3 hari ke KL :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teteh aku belum pernah ke luar negeri selain ke Hongkong, ke Brunei transit doang
      semoga kapan-kapan bisa jalan-jalan barengan Gres ke luar negeri aamiiin

      Delete
  2. Mbak Dew, mau dong dibisikin biaya ikutan trip 3 negara sampai berapa ya? Kan itu biro adik Mbak Dew di Makassar ya, jadi Mbak Dew ke Makassar dulu kah atau nyegat di mana gitu? Nyegat, angkot kali ya. Hahaha.

    ReplyDelete
  3. Ku belum pernah nyoba. Selalu pakai bus dari dan ke KLIA2. Harganya lumayan jauh soalnya, maklum sobat missqueen. wkwkwkwk tp itu kyknya sm dg fast train yg dr KL ke Putrajaya ya gak sih mba? kalau itu aku pernah. Emg kenceng bgt

    ReplyDelete
  4. Asyiknya traveling kalau jadwal kereta lancar. Nggak pakai nunggu sampai bete.

    ReplyDelete
  5. Yup, kadang memang kita gak boleh terlalu percaya dengan omongan orang. Menurut orang lain jelek, tapi belum tentu menurut orang lainnya. Yang jelas memang harus kita buktikan sendiri.

    Wah, bakal keren banget nih ya KLIA kalau sudah ada KLIA express ini :)

    ReplyDelete
  6. Wahhh, semoga bisa lekas terwujud ya Mba.
    Kalau aku bucket listnya masih dalam negeri. Hehehe.
    Semoga nanti bisa jelajah luar negeri juga. Amin.

    ReplyDelete
  7. Mba dew info lebih lanjut dong soal ke 3 negara di grup

    ReplyDelete
  8. incaranku Forest Eco Park..., pengen lihat penataan hutan kota di sana, dan apa istimewanya

    ReplyDelete
  9. Itu interior KLIA expressnya emang beda2 ya? Aku naksir yg di foto terakhir 😍

    ReplyDelete
  10. KL menurutku ga jauh beda sama Jakarta mbak. Ada bagian metropolitan nya ada juga yg seperti kota tua dgn ciri khas bangunan lama, yg pasti panasnya sama hehe

    ReplyDelete
  11. aku baru tau kalo di malaysia ternyata ada banyak tempat yang bisa dikunjungi. aku dulu juga sering mikir, malaysia biasa aja, ternyata salah ya hehehe..semoga bisa segera menginjakkan kaki di malaysia

    ReplyDelete
  12. Kalo butuh cepet naik KLIA Express dari KLIA ke KL Central emang enak banget. Cepet dan nggak pake ribet. Tahu-tahu udah nyampe aja. Motong waktu perjalanan sampe setengahnya sendiri dibandingin naik bus lho.

    ReplyDelete
  13. Wah..pengen juga nih ke KL..mudah2an bisa bareng dg Kak Min Pejalan Santai aah...

    ReplyDelete
  14. Waah...msh banyak yg belum disambangi di KL. Baru ke Twin Tower, kota baru Putra Jaya, dan Museum Islamic Art. Belum pun naik transportasi umumnya.
    Trims sharingnya. Ingin ke Masjidnya tuuh...

    ReplyDelete
  15. Aku jadi pingin ke Eco Park itu mba.. Asik, ya, di tengah kota ada kayak hutan. Seger gitu liatnya.. :D Aku ke KL pernah cuma di bandaranya aja, malah belum pernah eksplor kotanya juga.. Pingin juga bisa segera ke sana sama keluarga.. Pingin wisata kuliner sampai puas.. hehe..

    ReplyDelete
  16. Noted deh mbak, awal Maret rencana mau ke KL. Masih gak mudeng juga mau naik apa meski udah dikasih tahu sama teman. Doakan ya moga perjalanan kami lancar, aamiin

    ReplyDelete
  17. Saya belum pernah nih cobain KLIA Express. Waktu ke sana memilih naik taxi. Nanti kalau ke sana cobain naik kereta, ah

    ReplyDelete
  18. Kerens pake beud, mb... semoga berkesempatan ke Malay deh akunya... :)

    ReplyDelete
  19. Ish.. aku pun juga pengen ke KL hahaha... kece banget KLIA Express nya ya.. Semoga tahun ini KL, SIN kesampaian..

    ReplyDelete
  20. Belum pernah naik KLIA Ekspress, mahalllll hehehe
    Selalu naik bus aja kl mau ke KLIA, thanks for sharing mbaa

    ReplyDelete
  21. Ku belum pernah ke perpustakaan nasionalnya. Next time, if God will, ke sini ah. Bosen mall to mall mulu kalau di sana. hehe

    Enak banget sik naik KLIA Express. Waktunya 30 menit doang dari KL Central ke bandara. Jadi klo ada jadwal penerbangan mepet, pasti nggak diburu waktu. Selalu pake ini kalau dari Sentul atau Selangor menuju bandara.

    ReplyDelete
  22. Belum ke Malaysia kalau belum ke Petronas ya mbak? hehe
    Iyaaa kalau ke luar negeri pakai travel pilih travel terpercaya ya mbak, biar enggak ditelantarin di negeri org.
    Bagus banget KLIA Ekpressnya, moga2 kapan2 bisa menikmati naik itu jg.

    ReplyDelete