Piknik Tipis di Kampoeng Banyumili, Salatiga

  • Wednesday, February 06, 2019
  • By Dewi Rieka
  • 32 Comments

Dear Pejalan Santai,
Apa kabar, semuanya sehat dan bahagia kan? Cuaca yang kurang mendukung bikin mager  ya. Maunya meringkuk di rumah saja, hihi.
Piknik Tipis di Kampoeng Banyumili


Bulan Januari, aku dan Kak Nailah mengawal Aldebaran yang piknik bersama sekolah ke Kampoeng Banyumili, Salatiga.

Maklum, Mamak butuh piknik jadi ketika ada ajakan untuk mengawal adek outbound kenapa tidak? Hihi. Sekalian menyegarkan pikiran.

Sebenarnya, sudah beberapa kali aku mendengar tentang Kampoeng Banyumili dari teman-teman. Mina Sungkar, travel blogger Semarang sudah menuliskannya di blog. Hanya aku belum sempat mengunjunginya.

Main perahu

Kampoeng Banyumili beralamat di Jalan Muncul, Gedangan, Tuntang, Salatiga. Hanya butuh sekitar 45 menit perjalanan saja dari Ungaran, kotanya Pejalan Santai lewat jalan tol. Jalanan menuju lokasinya memang agak blusukan tapi mudah kok dicari.     

Kampoeng Banyumili, Salatiga
Menangkap ikan 

Kampoeng Banyumili, Salatiga
Lomba bakiak tandem

Kampoeng Banyumili, Salatiga
Seseruan dengan teman

Kampoeng Banyumili adalah sebuah tempat wisata keluarga dengan konsep alam. Terletak di tengah-tengah persawahan. Ada danau buatan di tengah dan dikelilingi gazebo atau saung untuk makan dan beristirahat.

Lapangan rumput di sebelah saung pun luas dan anak bebas berlarian dan main sepakbola. Asyik juga buat cari wangsit hihi, cari ide buat naskah bukuku. Sayangnya, ggak bawa laptop.

Kampoeng Banyumili, Salatiga
Suasananya nyaman

Kampoeng Banyumili, Salatiga
Yuk kayuh sampannya

Di danau ini, kita bisa main perahu dengan membayar biaya sekitar sepuluh ribu rupiah. Tempat ini juga asyik untuk tempat outbound. Saat kami tiba, anak-anak sedang outbound dengan didampingi kakak-kakak pemandu. Ada lapangan yang luas untuk melakukan berbagai permainan seru. Permainan seperti main bakiak dan lainnya.

Terus, ada arena flying fox untuk anak-anak. Jika ingin main, kita bisa membayar ke petugas. Selain itu, ada kolam ikan dan persawahan di mana anak-anak bisa main air dan belajar menanam padi.


Omah Koffie

Pilih menu kopi

Bersantai dulu

Aldebaran dan teman-temannya  diajak permainan menangkap ikan dan masuk ke kolam  berair sejuk. Setelah itu, Anak-anak juga masuk sawah, dan jeritan karena kaki mereka terendam lumpur hingga paha!

“Kayak masuk ke dalam lautan slime!” Teriak seorang anak dengan wajah ngeri.
Hahaha.

Nyaman buat bersantai

Ngopi cantik dulu
Menu siang itu

Melihat anak-anak aman dan bersuka ria bersama pemandu dan guru, aku dan Nailah pun merapat ke kafe kopi Omah Koffie yang berada di tengah. Bentuk kedainya menyerupai  pendopo atau rumah joglo yang terbuka.

Dengan suasana Jawa yang kental. Berhubung aku bukan penikmat kopi, aku memilih kopi susu dengan gula aren, namanya Kopi Kampoeng Kulo seharga lima belas ribu rupiah. Pihan kopinya beragam mulai dari kopi tubruk, kop tetesan surga alias Vietnam drip dan lainnya seharga Rp15.000-Rp18.000,-

Terus, tersedia pilihan makanan juga lho di sana selain beraneka kopi, jahe, dan lainnya. Misalnya nasi goreng. Rasa kopinya enak, sampai nambah lagi. Hihi.



Untuk yang ingin makan siang, bisa memilih makan di gazebo atau saung yang tersebar di sekitar kolam. Kita bisa memilih saung sesuai jumlah rombongan kita. Saungnya beda-beda ukuran. Tempatnya asri dan asyik buat pepotoan, deh. Bisa jadi tempat piknik yang murah-meriah sekeluarga. Hehe.




Saat jam makan siang, aku dan Nailah pun memesan makanan. Aku memesan paket ikan lele bakar bersama nasi, lalap dan sayur asem. Sedangkan Nailah memilih ayam bakar. Minumannya es jeruk. Saat itu, kami tidak terlalu lama menunggu dan hidangan pun tiba.

Ayunan instagramable
Narsis dulu bareng mama paguyuban

Fasilitas Kampoeng Banyumili yang beralamat di Jalan Muncul ini terbilang lengkap. Ada masjid kecil dilengkapi tempat berwudhu. Juga ada toko suvenir. Toilet juga cukup bersih dan banyak. Mungkin lebih seru nih kalau ada kolam renang untuk anak-anak ya, hehe.

Kampoeng Banyumili Salatiga
Area persawahan sekitar 

Lebih seru memang jika main ke Kampoeng Banyumili saat hari kerja karena lebih puas mengeksplorasi tempat ini. Tapi, jika datang di akhir pekan, lebih baik pagi-pagi saat matahari belum terik.

Kita bisa pesan tempat dan makanan dulu via telepon agar di sana tidak menunggu terlalu lama. Semoga nanti bisa piknik ke Kampoeng Banyumili lagi bersama Mas Bojo dan anak-anak. Seru pisan soalnya!

Kampoeng Banyumili Salatiga
Jalan Muncul, Gedangan, Tuntang
Buka Selasa-Minggu Pukul 09.00-17.00 WIB
Telepon 0858-7092-8005

You Might Also Like

32 comments

  1. mbaa fotonya mana? penasaran pengen liat hehe

    ReplyDelete
  2. Seruuu! Cocok buat keluarga nih. Ponakanku yg anak desa pas kuajak ke sawah aja agak gimana gitu. Wajar lah kalau ada yang jerit kaya masuk slime, hihihi

    ReplyDelete
  3. Sambil ngawal anak sambil cari wangsit untuk buku berikutnya ya Mbak Dew. Sekali piknik dua tiga maksud terlampaui hehhehehe..

    Iya kalau lihat foto-fotonya sih, tempat ini adem banget. Kalau lagi suntuk bisa ke sini juga buat bikin foto untuk IG :)

    ReplyDelete
  4. Ahh seru banget mak. Lengkap fasilitasnya yah dari mulai are bermain, outing, bisa ngopi juga sama bisa foto dispot instagramable. Kece deh mantul nih tempat

    ReplyDelete
  5. Seru ya mbak, anak ikut outbound emaknya bisa santai sambil liburan, hehehe.

    ReplyDelete
  6. Bukan cuma anak2 yang seneng ya, orang dewasa yang mengantar bisa ikut menikmati.

    ReplyDelete
  7. Seru ya mbak... Salatiga dekat pula dengan Magelang. Bisa nih dijadikan destinasi wisata bareng keluarga nanti. Makasih ya sudah berbagi info..

    ReplyDelete
  8. Fasilitas di Kampoeng Banyumili cukup lengkap ya mba, bisa jadi pilihan buat outbond anak-anak sekolah juga.

    ReplyDelete
  9. wah asyiik beuudd tempat wisatanya, deket banget dengan nuansa alam, sayang yah cukup jauh dari sini huhu but i wish someday bisa ke sana

    ReplyDelete
  10. Saya belum pernah jalan-jalan ke Salatiga. Cuma beberapa kali lewat saja (di atas jalan tol) Ha-ha-ha.

    Sepertinya menarik ini buat piknik di akhir pekan :)

    ReplyDelete
  11. Lihat Mbak Dedew pelukan sama anak di foto pertama sepertinya ini Piknik Tipis Tapi Menghangatkan Hati yaaa *eaaa

    Tempat liburannya memang lengkap nih Mbak. Ehh aku kok ngilu liat foto naik sampan, ngebayangin kecebur nyemplung.

    ReplyDelete
  12. Jadiiiii, kapan diajakin piknik ke sini mba Dedew? Tempatnya asyik ya dan masih terjangkau dari Jogja kl mau liburan di sini.

    ReplyDelete
  13. murah yes mba makanannya salfok langsung ke menu makanan hahaha..aku jadi pengen piknik nih sama keluarag

    ReplyDelete
  14. Mbak, itu perahunya dayung sendiri sepuluh ribu? aku takut nyemplung, apa enggak dalam danaunya? atau ada life jacket?

    ReplyDelete
  15. Asik tempatnya, asri banget. Anak2 pasti seneng diajak wisata alam spt ini

    ReplyDelete
  16. gR adain piknik kesini mabk 😍😍 pengen outbond aku tu

    ReplyDelete
  17. Pingin banget ke situ Mbak Dew, belum kesampaian sampai sekarang. Baca postingannya jadi makin pingin. Lengkap ya :)

    ReplyDelete
  18. Waah aku juga udah pernah nih ke Bnayumili tapi kok ga liat cafe2nya itu ya. Soale ke sana pas hamil gede acara piknik Hana jadi mager mau ngiteri Banyumili. Luas banget yoo.

    ReplyDelete
  19. Serunya... btw aku bikin wishlist piknik ke Banyumili sejak belum hamil Salsa, sampe sekarang belum bisa ke sana juga. wkwkwkwk

    ReplyDelete
  20. Makin cantik aja ya Banyumili sekarang ada cafe nya juga. Jadi pengen balik lagi

    ReplyDelete
  21. Banyumili ini juga hits bangetMbak di sekolahku. Ceritanya doang. Tapi, kalau aku ngajuin ini pas ada rapat karya wisata mana ada yang milih. Pada pilih Jogja mulu. Hiks.

    ReplyDelete
  22. Dua kali ke sini. Dan pengen kesana lagi. Hihi. Alam pedesaan banget dan seger. Suka sama menu sop buntutnya. Instagramable buat foto foto😂

    ReplyDelete
  23. Tahun lalu aku main ke sini Teh, ngecampu juga hehehe asik dan seru pemandangannya
    Asri dan masih sejuk ya Teh, kalo pagi sama senja kerenn

    ReplyDelete
  24. Wah..kaya gini nih yg aku butuhin. Kudu ngomong bojo nih..spy ga bingung cari hiburan buat nakanak..

    ReplyDelete
  25. Tempat piknik kesukaanku nuansa alam dan ada sawahnya

    ReplyDelete
  26. Kalo temanya famtrip cocok banget tu ya mbak. Jd pgn ajakin keluarga besar buat outbound secara cocok buat anak2.. nnti yg tua2 bgini tinggal ngopi...ngopii... kyk mbak dedew 😉

    ReplyDelete
  27. Wah asyik ni ya..bawa anak2 bisa bebas meng-eksplore alam..

    ReplyDelete
  28. Waaa asiiik.
    Makin banyak pilihan untuk piknik, deket, aksesnya juga gampang.

    ReplyDelete
  29. Waaa..ternyata areanya luas juga yaa..bisa coba kapan-kapan naik perahu keliling danau nih..

    ReplyDelete
  30. Sebagai wong Salatiga daku malu baca postingan ini kaena... belum pernah mampir ke Banyumili. Hahahaha. Ayo Mbak, adain outbond disini, aku ikutttt.

    ReplyDelete
  31. Waah asik buat acara gathering keluarga sih itu mba, sayang belum punya keluarga sendiri selain keluarga besar keluarga. Lahh, hahaa

    ReplyDelete
  32. Ini kalau Faris lihat pasti udah ribut aja pengin main ke Kampoeng Banyumili bareng Alde :) Tempatnya asyik banget sih soalnya.

    ReplyDelete