Bingung Memilih Menu di Rumah Makan Bunut Bogor

Dear Pejalan Santai,
Apa makanan kesukaan kalian? Bagiku, makanan khas Sunda termasuk didalam daftar kesukaanku. Rasa makanannya nendang dibandingkan makan di restoran fast food ala barat.

Rumah Makan Bunut Jalan Doktor Sumeru Bogor
Rumah makan Bunut Bogor
Walaupun banyak restoran dengan menu barat dan Asia di Bogor, rumah makan yang menyediakan makanan khas Sunda juga menjamur. Mulai dari warung sederhana hingga restoran dengan desain interior indah. Rumah makan khas Sunda yang terkenal di Bogor diantaranya Warung Nasi Khas Sunda Endah, Gurih7, De Leuit, Restoran Kluwih Sunda hingga Rumah Makan Sekar Wangi.

Rumah Makan Bunut Jalan Doktor Sumeru Bogor
Berlokasi di Ruko Braja Mustika

Rumah Makan Bunut Jalan Doktor Sumeru Bogor
Suasana makan siang di Bunut

Kalau pulang ke Bogor, tentu saja waktunya wisata kuliner. Salah satu rumah makan Sunda yang sudah kucoba adalah Rumah Makan Bunut. Letaknya lumayan jauh dari rumahku yang berada di kawasan Baranangsiang. Harus menikmati kemacetan Kota Bogor di seputar Kebun Raya. Tapi kata Mama, teman-temannya kerap makan disana dan ia mengajakku mencicipinya. Penasaran, khaan!

Oh iya, rumah makan ini ada di dua lokasi yaitu Rumah Makan Bunut di Ruko Braja Mustika Jalan Doktor Sumeru dan Rumah Makan Bunut Sari di Jalan Merdeka. Hari itu, kami ingin mencoba menu masakan yang ada di Jalan Doktor Sumeru.

Rumah Makan Bunut Jalan Doktor Sumeru Bogor
Berbagai menu khas Sunda

Rumah Makan Bunut Jalan Doktor Sumeru Bogor
Pilih yang mana jadi bingung hehe 

Bangunan rumah makannya sederhana, berlantai dua terletak disebuah ruko. Saat kami datang pas jam makan siang. Jadi suasananya cukup ramai. Makan disini adalah gaya prasmanan, kita memilih menu yang disukai lalu nanti dihitungkan oleh pegawainya. Bayarnya sih nanti saja setelah makan.  Untuk minumannya, ada counter tersendiri.

Saat itu, beberapa karyawan sibuk mempersiapkan makan siang untuk rombongan tamu yang sudah memesan tempat dilantai dua. Jadi suasananya cukup hiruk-pikuk.

Rumah Makan Bunut Jalan Doktor Sumeru Bogor
Sistem prasmanan 

Rumah Makan Bunut Jalan Doktor Sumeru Bogor
Pelayan membungkus pesanan 

Setelah mencari tempat duduk, Bagian yang tersulit adalah memilih menu makanan yang akan santap siang itu. Bagaimana tidak, pilihannya banyak! Dan semuanya nampak enak, hihi. Jadi bingung sendiri, kan!  Kita jadi lapar mata kalau memilih makanan disini. Pengen mencoba semuanya!

Apa saja sih menunya?
Tentu saja menunya masakan khas Priangan. Misalnya oncom, sambal lalap, udan, cumi, urap, aneka olahan ayam, ati ampela, paru, ikan goreng dan ikan berbumbu, berbagai jenis pepes dan lain-lain. Andalannya sih sepertinya jengkol balado. Saat itu, banyak pengunjung yang memesan menu tersebut, hihi.

Rumah Makan Bunut Jalan Doktor Sumeru Bogor
Udang dan pepesnya menggoda 

Rumah Makan Bunut Jalan Doktor Sumeru Bogor
Lalapan nan segar 

Yang menyenangkan, untuk nasi, lalapan dan sambal bisa tambah sendiri lho alias gratis atau tidak dikenai biaya. Wah, anak kos pas tanggung bulan bisa makan nasi dengan lalapan dan sambal nih! Tapi ingat, tetap ambil secukupnya ya, Pejalan Santai, agar tidak mubazir!

Rumah Makan Bunut Jalan Doktor Sumeru Bogor
Serbuuuu

Harganya juga bikin ternganga karena terjangkau. Tak heran, rumah makan in jadi sering digadang sebagai tempat makan enak di bawah 100 ribu di Bogor. Bahkan kita bisa makan siang dengan dana 50 ribu untuk dua orang. Tergantung menu makanan yang kita pilih.

Jadi, tidak salah pilih kalau Mama mengajak kami makan siang di Rumah Makan Bunut siang itu. Rasanya enak dan harganya pun terjangkau. Bahagia sekali, deh! Hihihi.

Rumah Makan Bunut
Jalan Doktor Sumeru No. 84, Menteng,
Bogor Barat, Bogor
Buka Setiap Hari Pukul 08.00-20.30 WIB



You Might Also Like

35 comments

  1. Wahh iya bener bingung nih milihnya.. banyak banget dan semuanya pengen dicoba pastinya.. Solusinya harus kesini lagi dan lagi ya. hahah

    ReplyDelete
  2. Duh duh, Maaakk, akupun penggemar beraaat masakan Sunda.
    Kalo ada di RM Bunut Bogor ini, dijamin aku juga puyeng mau pilih makanan yang mana ya
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  3. Haduhhh kayanya fatal banget aku bw kesini siang hari pas puasa. Nyiahahahaha... Bikin mupeng semuanya. Gemes banget khan... Semoga ada kesempatan ke Bogor aku nyobain ya

    ReplyDelete
  4. Hooo daerah menteng aku belum pernah ke sini

    Sehat2 mamanya mba dew. Miss yuuu

    ReplyDelete
  5. Wah jadi kangen masakan sunda habis baca postingan Mbak nih, aku juga suka masakan sunda Mbak 😁.

    ReplyDelete
  6. Masakan SUnd afavorit aku mbak, dari kecil kan lidahnay disuguhi makanan Sunda terus. Pingin Nasi ullukutek oncom :)

    ReplyDelete
  7. Aku udah sering ke Bogor tapi belum pernah kesini mbak, pasti bingung juga kayak mba Dew kalo lihat menunya segambreng gini. Kalo di De Leuit malah udah dua kali. Ntar abis lebaran mau deh mampir makan di Rumah Makan Bunut, pilih yang dekat Dramaga yang sebelah mana ya mbak, hihiii

    ReplyDelete
  8. Kalo banyak menu gini aku justru jadi bingung deh Mba. Menu yang digoreng boleh minta diangetin lagi ga Mba?

    ReplyDelete
  9. Banyak banget pilihan lauknyaaa.. Aku yg liat aja ikut bingung milih

    ReplyDelete
  10. Lalapannya ituuu...wuihhh surga banget buat penganut food combining kayak aku. Yang tradisional memang lebih menggoda ya Mbak Dew?

    ReplyDelete
  11. Bingung tu aku, kalau mampir makan di warung Sunda. Pilihan menunya banyak banget dan semuanya wajib dicoba, apalagi pakai sambalnya duh, nambah nasi beapa kali y

    ReplyDelete
  12. Hahaha, ini mah asli bikin bingung mbak. Semuanya pengen dimakan yaah heheh

    ReplyDelete
  13. waduhhh pas banget siang-siang baca postingan ini.
    Perut saya langsung konser ngeliat udang dan pepesnya mbak. hahaha

    ReplyDelete
  14. menunya banyak banget ya mbak.
    kalau seperti ini sih nggak cuma mbak Dedew ajah yang bingung. aku juga bakal bingung mau makan sama apa :D

    ReplyDelete
  15. Ntabs nih bisa ambil lalapan sesukanya, cocoook nih makan sama nasi dan sambal aja hihiii.. Pake urap nih juga okay. Mungkin bedanya warung ini dengan di Jawa palingan hidangan yg ada oncom2nya itu kalik ya.

    ReplyDelete
  16. Setuju, mbak. Makanan khas daerah lebih menggoda ketimbang makanan ala-ala barat.

    Apalagi makanan khas Sunda ini. Komplit sekali pilihan lauknya. Benar-benar bikin bingung mau makan yang mana. Terus harga terjangkau juga.

    Haa.. Anak kost pas budget nipis, bisa banget nih mampir ke sini.

    Itu lalapannya seger bangeet..😍😍😍

    ReplyDelete
  17. Saya juga suka kuliner Bandung. Terutama pepesnya.. Enak banget. Liwetannya juga enak.. Apalagi kalau dipakai botraman.. Sedaap..

    ReplyDelete
  18. pilihan menunya banyak bangeeettt...aku juga pasti bingung milih yang mana tuh...hehehe

    ReplyDelete
  19. Hem, benar bingung kalo menu banyak pilihan, bisa jadi setiap hari makan disitu pilih 1 menu, terus sampe habis varian menunya di coba semua.

    ReplyDelete
  20. Aku suka tempat makan yang model prasmanan gini. Jadi milih yang emang kita suka dan pasti kemakan kan. Itu lalapannya apa saja. Kaya agak asing

    ReplyDelete
  21. dengan opsi menu makanan yang sebanyak ini tentunya bikin kita bisa khilaf untuk ambil semuanya ya mbak

    ReplyDelete
  22. Yang dikangenin dari kuliner Bogor itu pepes sama daun poh-pohannya. Emm, sama tutug oncomnya yang memang Khas banget menu sunda. Dl dr ga suka karena aneh, sampai ketagihan makan tutug oncom.

    ReplyDelete
  23. Waduh iya, lihat menu makannya yang banyak gitu, pasti bingungin. Nampak lezat-lezat gitu sih ya. Kepengennya nyicip semuanya :D

    ReplyDelete
  24. Penyakit kalo kebanyakan menu: bingung milihnyaaa! Maka berbahagialah aku yang tinggal di Bandung. Aku juga suka makanan Sunda sih, cuma nggak suka jengkol :D

    ReplyDelete
  25. Deket ini tapi Blum pernah mampir banyak bnget pilihanmu mba mesti icip2 bbrp Kali ini biar gk penasaran

    ReplyDelete
  26. Foto lalapannya menggoda banget.

    ReplyDelete
  27. Wah perlu dicari nih restonya :D
    Kyknya menunya sederhana tapi menarik ya mbak. Khas Sunda gtu. Tapi ntr aja ah pas gak puasaan, kalau puasaan gini rame kyknya :D

    ReplyDelete
  28. Alhamdulillah,
    Ada tempat makan yang harganya masih sangat terjangkau dan suasananya homie banget.
    Cocok untuk makan bersama keluarga.

    ReplyDelete
  29. Malam-malam lihat postingan makanan ini jadi berasa laper lagi mbaak, saya udah lama gak makan jengkol balado nih biasanya beli di teman yg jadi langganan. kalau ke Bogor musti mampir sini ya

    ReplyDelete
  30. Teteh Bogor Semarang terus ya teh
    kalo aku Kendal Pemalang terus wkakaak
    jadi di dua tempat itu sering makannya
    ajak ke sini kapan2 teh, aku belum pernah ke Bogor

    ReplyDelete
  31. hwaaa langganan keluargaku inih. suamiku yg kasi tahu. rasanya enak dan harganya juga murah. duh dah lama ga makan di bunut, jadi kangen kalao pas ambilin lauknya hahaha

    ReplyDelete
  32. Kalau RM Bunut sih udah jadi favorit kami sekeluarga dari zaman dulu. kesana mesti rame2, jadi bisa coba banyak makanannya.

    ReplyDelete
  33. Cateeet ahaa..sebagai pecinta makanan sunda aku harus mmpir nih. Lalapannya seger, sambelnya keknya maknyuus bnget mbak. Duhh..mendadak lapaaar.

    ReplyDelete
  34. Aku pasti pusing sih kalau disajikan menu yang segitu banyak untuk dipilih, langsung kenyang pas ngeliatnya.

    Jengkol Balado itu memang enak banget. Aku pun suka :)

    Terima kasih sudah berbagi info tentang rumah makan Bunut ini :)

    ReplyDelete
  35. jadi kangen makan di Bunut,
    udah lama bangeey diajak kakak ipar makan di sini, jadi kalap melihat aneka menunya, lalapannya bersih dan segar, sambalnya enak, ikan gorengnya pas.., patut banget direkomendasiin deh

    ReplyDelete