Makan Siang Nikmat di De' Leuit Resto Bogor

Dear Pejalan Santai,
Kali ini aku akan mengulas restoran yang terkenal di Bogor. Namanya adalah Restoran De' Leuit Bogor. Dahulu, lokasi restorannya berada di Jalan Pajajaran, namun kemudian restorannya pindah agak kedalam.

Makan Siang Nikmat di De' Leuit Resto Bogor
Makan Siang Nikmat di De' Leuit Resto Bogor 

Tepatnya di Jalan Pakuan No.3, Baranangsiang, Bogor Timur. Kemarin aku nggak melihat lumbung padi mini yang jadi pajangan dan ikon restoran ini.

Walaupun begitu, Restoran yang punya tagline De' Leuit Sensasi Nasi Jambal ini tetap ramai dikunjungi pelanggan. Bahkan dari luar kota. Seperti tanteku yang tinggal di Bintaro, setiap main ke Kota Hujan pasti menyempatkan diri makan disini. Walaupun sudah wisata kuliner di tempat lain di Bogor, hehe.

Makan Siang Nikmat di De' Leuit Resto Bogor
Nasi Jambal andalan De' Leuit 

Nama De' Leuit ini diambil dari kata dalam Bahasa Sunda Leuit, yang berarti Lumbung Padi. Jadi, pas banget dengan logo restoran mereka yang berupa gambar lumbung padi tradisional Jawa Barat.

Makan Siang Nikmat di De' Leuit Resto Bogor
Menjamu Tante Ani dan Tante Rani di Bogor

Restoran De' Leuit Bogor ini berupa bangunan terbuka. Kita bisa memilih ingin duduk di bagian leseha yang berupa saung, atau kursi dan meja makan biasa. Ada juga lantai dua tempat kita bisa makan dengan rombongan besar. Tak hanya itu, ada juga ruangan rapat atau meeting ber AC yang dapat kita gunakan bersama rekan kantor.

Makan Siang Nikmat di De' Leuit Resto Bogor
Playground yang asyik untuk anak

Di tengah bangunan, ada Playground untuk anak-anak bermain. Hanya saja, panas sekali kalau siang hari jadi tidak disarankan bermain.

Jumat lalu, kami sekeluarga kesana bersama sepupu Mama dari Makassar yaitu Tante Ani dan Tante Rabi. Jadi sekalian ajak mereka jalan-jalan berkeliling Kota Bogor. Hari Jumat siang, restoran lumayan ramai pengunjung yang datang beramai-ramai. Baik dengan keluarga ataupun teman kerja.

Makan Siang Nikmat di De' Leuit Resto Bogor
Gurame Saus Spesial De Leuit Bogor

Kami memilih duduk di salah satu saung lesehan. Tempatnya cukup bersih dan sejuk. Terhindari dari terik matahari Bogor yang mencrong, hehe. Anak-anak tadinya ingin main ayunan tapi panas sekali!

Berbagai jenis menu tersedia di restoran De Leuit. Tak hanya masakan Sunda. Andalannya sih nasi jambal alias nasi timbel dengan lauk ikan asin jambal. Tapi, kali ini kami tidak memesannya.

Makan Siang Nikmat di De' Leuit Resto Bogor
Mari makan siang 

Pesanan kami antara lain satu porsi Sup Asparagus Kepiting seharga Rp.72.000, seporsi Gurame De' Leuit Rp112.000,- terus ada Baby Kailan 2 Rasa Rp45.000, plus Karedok Rp24.000. Ditambah lagi seporsi Sop Gurame Large Rp105.000 dengan porsi besar. Juga ditambah nasi putih dan Sate Ayam Rp44.0000. Ditambah jus alpukat dan es jeruk. Lumayan banyak ya, maklum rombongan lenong, hehe.

Makan Siang Nikmat di De' Leuit Resto Bogor
Karedok makanan khas Sunda

Sambil menunggu pesanan, kami bercerita ngalor-ngidul. Maklum, sudah lama tidak bertemu dengan Tante Ani yang tinggal di Makassar. Beliau bercerita baru pulang umrah plus ke Al Aqsa, Palestina. Seru ceritanya.

Tak lama, pesanan kami tiba satu-persatu. Pas banget, perut pas keroncongan minta diisi. Maklum, sudah pukul 13.00 lebih.

Makan Siang Nikmat di De' Leuit Resto Bogor
Suasana De Leuit Jumat Siang 

Yang juara dari menu yang kami pesan adalah Gurame De' Leuit yang digoreng renyah lalu disiram saus asam manis yang agak berbeda dengan resep biasanya. Tak heran, menu ini jadi rebutan dan paling cepat tandas, hehe. Porsinya pun cukup besar. Cukup untuk kami bertujuh.

Makan Siang Nikmat di De' Leuit Resto Bogor
De Leuit Bogor

Selain itu, menu Sop Asparagus Kepiting juga lumayan enak, sayang porsinya kurang banyak hehe. Terus, yang unik adalah Baby Kailan Dua Rasa yang sayurannya seperti digoreng hingga terasa renyah saat disantap.

Overall, makan siang kali itu memuaskan deh. Jadi, walaupun harganya agak lebih mahal dibandingkan restoran sejenis, tapi makanannya memang enak-enak. Tak heran jadi idola para pemburu kuliner Bogor, ya. Makan siang kali ini menghabiskan sekitar Rp700.000. Insya Allah, nanti pengen Makan Siang Nikmat di De' Leuit Resto Bogor lagi!




You Might Also Like

42 comments

  1. Wah boleh dicoba nih ntar kalo ke Bogor. Harga agak mahal tapi kalo enak, pasti akan bikin kangen ya hehehe. Penasaran dengan Gurame De' Leuit nya, maknyuss banget kayaknya, itu ada irisan mangganya? *jadi ngiler nih :D

    ReplyDelete
  2. Mak Dedew aku mauuuuu nasi jambalnyaaaa :D
    hadeuh, menu2nya aselik bikin mupeng
    Masakan Indonesia emang juaraaak!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  3. Makan siang seenak ini dan sekeluarga habis 700 ribu, worth it banget ya Dew.

    Tempatnya juga enak kelihatannya De Leuit. Pasti ntar jadi salah satu Destinasi kuliner di Bogor deh

    ReplyDelete
  4. Eh tante Rabi dan Tante Ani gimana tuh ngeliat Gurame Asam Manis yang endeeuuussss .. aku balik lagi cuman buat ngeliat fotonya wkwkwkwkkwk

    ReplyDelete
  5. Restonya gede ya mbaa..seafood gini aku suka mba. Noted. Klo ke daerah sana mau mampir. Cocok buat kumpul family yaa

    ReplyDelete
  6. Namanya cukup unik ya, disesuaikan dengan nama daerahnya. De Leuit.
    Kalau di Bandung ada juga tempat makan namanya De Seuhah De Lada hihihi...pada kreatif yak!
    Itu guramenya menggoda bangeet! Yummy!

    ReplyDelete
  7. Dew, langsung lapar lagi nih perut gara-gara lapar mata. Semoga kalau ke Bogor bisa mampir ke tempat ini. Makanannya enak dan Tempatnya nyaman. Ada playground pula. Bisa makan sambil ngobrol lama di sini.

    ReplyDelete
  8. suka-suka sekali dengan ikan gurami, doain ya Mba biar aku bisa ke Bogor suatu hari nanti, terpingin sekali.. wkwkkw

    ReplyDelete
  9. Ada harga ada rupa ya mba terutama fasilitasny, jarang loh resto yang kasih play ground sebagus itu, ini di set untuk family resto banget...

    ReplyDelete
  10. Akuu dulu sering banget ke sini. Loh skrg di pakuan? Masuknya atau gedungnya pindah juga mb?

    Hayulah kapan kitaaaa mitapppp

    ReplyDelete
  11. Waaahh makasih infonya mbak. AKu nih paling suka resto yang ramah keluarga terutama anak kecil. Ada playgroudnya gtu asyik ya. Ntr aku cek ah jarak resto ini ke rumahku :D

    ReplyDelete
  12. haduhh mb dewi..saya baca ini pas keadaan laper. jadi tambah laperrrr euy :)

    ReplyDelete
  13. Bogor panas juga ya? Kirain udaranya sejuk.

    Diatas playground itu bukan atapkah? Kok masih kepanasan juga. Kalau kena panas jadi kurang menarik minat anak-anak ya mbak

    ReplyDelete
  14. Suka deh kalau tempat makan ada playgroundnya. Selagi emaknya makan, anak bisa main dulu. begitu emaknya kenyang, tinggal gantian nyuapin

    ReplyDelete
  15. Nasi hamba-Nya duuh pengen banget. Aku suka jambal asin mbak.

    ReplyDelete
  16. Duhhh nikmatnya itu gurame saus spesialnya 😋 aku suka banget makan rame2 gini karena sambil ngobrol masa lalu ato masa depan *ecieee trusss pepotoan.

    Btw asik nih tempat makan ada playgroundnya, jadi anak2 sambil nunggu makanan ato orang dewasa pada ngobrol punya pilihan buat ameng kitu, gak perlu gadgetan khaaaan.

    ReplyDelete
  17. Wah bisa jadi referensi nih kalo main ke Bogor. Kami sekeluarga pecinta seafood kak jadi cocok banget ini resto buat kami. Apalagi ada Playground nya komplit banget ya

    ReplyDelete
  18. Lebih baik bayar sedikit lebih mahal dari pada kecewa sama rasa. Sebelnya bisa sampe bertahun-tahun hehhehe

    ReplyDelete
  19. Secara umum.menunya sama ya Mba di berbagai resto. Kecuali suasananya. Apalagi makan ama siapanya. Kalo jadi nih next bakal ke Bogor bareng keluarga mau survey sekolah kakak. Ntar mampir deh, kalo sempat

    ReplyDelete
  20. Memang harga setara dengan rasa ya Mbak. Tapi biasanya di resto populer menunya lebih mahal juga karena investasi mereka di properti dan juga kena pajak.

    ReplyDelete
  21. 4 bulan lalu ketika aku ke Bogor daerah pakuan, lokasi ini cuma aku lewati doang. Tapi sekilas dari luar bagus, dan kata adekku makanan disana emang enak katanya...

    ReplyDelete
  22. pengen coba Gurame Saus Spesial De Leuit :D

    ReplyDelete
  23. Paling rekomended kalo ada resto yang memiliki playgroundnya, soalnya kalo bawa anak jadi aman, bisa main2 sambil nunggu makanan datang.

    ReplyDelete
  24. ENak2 semuaaaaa nih Mba
    Mupeng euy jadinyaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  25. Karedoknya bikin ngiler. Tempatnya keliatannya nyaman cocok buat bawa keluarga, kebetulan saya jg suka makanan sunda. Harganya juga terjangkau banget ya mbak. Dicatet deh alamatnya, kapan2 mampir.

    ReplyDelete
  26. wahh .. sering lewat saya di depan de leuit yang di jalan sholeh iskandar mbak, depan yasmin jalan kiai H. Abdullah Bin Nuh. Tapi ragu ragu hihihi kirain bukan resto sunda, ternyata menunya mengundang selera yaa .. ntar kapan kapan mau mampir ah, makasih infonya mbak.

    ReplyDelete
  27. Saya pernah lewat tapi belum pernah masuk. Gurame De Leuit nya seger kayaknya ya. Makasih rekomendasi nya

    ReplyDelete
  28. Udah beberapa kali denger rekomendasi resto De Leuit. Penasaran dengan nasi jmmbal karena saya penggemar jambal roti asin. Kayaknya must try nih ya.

    ReplyDelete
  29. Duh...gurame saosnya endez banget. Saya mah cukup nasi panas ama gurame aja deh...mantap. Sayang jauh dari Bandung...hehe...

    ReplyDelete
  30. Ahduh menunya sukses bikin mupeng dan diet ku gagal. Hahaha
    Kalo harganya worth it yaaa. Karena skala resto sih. Dan pasti kualitas bahannya ada SOP nya. Nasi jambalnya bikin penasan deh kak

    ReplyDelete
  31. Restoran Sunda kayak gini memang cocok buat berbagai kesempatan ya. Bisa buat sama keluarga, temen-temen, atau pasangan hehe. Ngiler banget sama guramenya :((

    ReplyDelete
  32. Mbakkkk,,, kok foto makananmu tampak lezatttt.
    Tempatnya juga asik banget nih.

    ReplyDelete
  33. Tahun 2016 terakhir saya tinggal di Bogor (Jalan Padi, deket pakuan), restorant ini belum ada kayaknya. Kalaupun ada masih belum benar-benar terkenal banget. Eh pas tahun depannya ke daerah sana, baru nyadar ada yang baru. Well, pengen cobain sih gimana rasa makanannya. Sekalian mampir ke Bogor banyak kuliner lain juga.

    ReplyDelete
  34. De'Leuit kayaknya rame melulu. Udah pada tau dan suka sama rasanya kayaknya. Makanya banyak juga yang merekomendasikan

    ReplyDelete
  35. D'Leuit ini beda ya sama Leuit Ageng?
    Tapi aku kira sama lho. Interiornya mirip euy
    Kalau lihat menu-menunya yang semua bikin ngiler, aku jadi pengen ke sana deh
    Kayaknya enak banget

    ReplyDelete
  36. Kalau resto harga makanannya mahal tapi enak dan memuaskan, bagus itu. Apalagi fasilitasnya oke, ga bakalan ngerasa rugi deh menghabiskan waktu makan siang di sana. Sambalnya kudu nampol nih, pake ikan, pete sekalian hahaha

    ReplyDelete
  37. Jadi pingin nyobain gurame gorengnya juga.. :D Luas ya restorannya. Aku bulak balik Bogor tapi belum pernah nih mba makan di sini.. Ada playground anaknya lagi, jadi pada bisa main. Tapi enak sore kali ya jadi biar gak kepanasan..

    ReplyDelete
  38. Lumayan mahal juga ya Mbak abis 700 ribu. Tapi sesuai sama rasanya ya. Sepertinya nasi jambalnya enak. Btw aku suka ke tempat makan yang ada playground nya kayak gini. Mayan bocil gak bosen.

    ReplyDelete
  39. Dari namanya saja udah Sunda. Kangen masakan-masakan khas sunda begini. Apalagi ikan gurame gorengnya yang kering terus disiram kuah sambal.

    ReplyDelete
  40. Gurame saus spesialnya bikin ngiler.
    Dan aku belum pernah makan di sini. Pengen nyobain juga ah. Menu-menu nya bikin ngiler semuaaa

    ReplyDelete
  41. Aih makanan Sunda aku cocok banget nih kak , soalnya aku orang Sunda hehe.. Sayur asemnya bikin ngiler euuyy

    ReplyDelete
  42. Bakal kesini juga deh ini, demi nasi jambal dan karedok.

    Hayak ampun, baru nulis doang, sudsh banjir iler. Aku lemmaahh ..

    ReplyDelete