Kenyang Bagelen di Toko Roti Abadi Bandung

Dear Pejalan Santai, 
Masih tentang Trip Bandung bersama sobat BLUS. Kali ini, aku mau cerita tentang kunjungan ke Toko Roti Bagelen Abadi di Bandung. Ya, setelah kami berjalan kaki berkilo meter dalam rangka menyusuri Jalan Braga yang bersejarah. Akhirnya, Mbak Rien mengajak kami mampir ke Toko Roti Bagelen Abadi yang legendaris. 

Roti Bagelen Abadi Bandung
Blogger BLUS di Abadi Bagelen Bandung

Jadi penasaran, kan? Ya, toko ini menjadi satu tempat yang kami kunjungi saat piknik #UnstoppableBlus di Bandung. Toko roti Abadi ini direkomendasikan Kak Silvie dari Panda Travel Bandung.

Begitu masuk tokonya, langsung deh nyess hati ini. Tokonya cantik dan nyaman! Berbagai produk kue kering, cake dan roti tertata apik. Kami juga bertemu langsung dengan pengelolanya, Kang Larry yang merupakan anak dari pendiri Abadi Bagelen. 

Kang Larry terlihat antusias dengan kedatangan kami. Obrolan pun berlanjut tentang kisah awal mula toko Abadi berdiri. Bang Emmet Sang Pelancong, travel blogger dan Youtuber jadi terkenang jajanan masa kecilnya, roti warmbollen hangat. Yummi! 

Roti Bagelen Abadi Bandung
Suasana toko Abadi yang nyaman 

Ternyata, Abadi Bagelen ini punya sejarah panjang lho, Pejalan Santai. ABADI Bagelen pertama kali didirikan tahun 1947 di Garut, Jawa Barat. Jadi walau punya wajah bule, Kang Larry sekeluarga adalah orang Garut, hehe. 

Awalnya hanya menjual kue tradisional dan roti. Nah, baru pada tahun 1964 pemilik Abadi memproduksi roti bagelen yang legendaris itu. Roti bagelen sendiri asalnya dari roti warmbollen khas Belanda. Roti ini kesukaan warga Belanda ini berbentuk bulat dengan isian krim vanila yang lembut dan manis. 

Roti Bagelen Abadi Bandung
Aneka kue dan jajanan pasar

Tak disangka, roti bagelen Abadi disukai banyak pelanggan dan menjadi ciri khas toko ini. Pemilik Abadi memutuskan memindahkan tempat produksinya dari Garut ke Bandung tahun 1967. Namun belum memiliki toko sendiri.

Abadi Bagelen akhirnya membuka toko sendiri di Jalan Purnawarman No. 49, Bandung pada tahun 1977, dan tidak ada cabang dimanapun. Toko ini baru saja direnovasi menjadi lebih modern dan nyaman agar disukai pengunjung generasi milenial.

Kemasan roti kering yang unyu


Berbagai produk makanan yang legendaris pun diperbaharui kemasannya agar lebih menarik. Sayangnya, kami tak bisa mengintip dapurnya karena resep mereka rahasia. 

Asyiknya, Kami lalu diajak icip-icip kuenya dan memang enak! Favoritku kue kering jadul yang terbuat dari kayu manis. Apa ya namanya, kue spikuk atau speculaas roombutter. Endeus! Terus, aku juga mencicipi roti warmbollen yang hangat baru keluar dari oven, nikmat banget! Langsung saja kubeli berbagai jenis kue dan roti untuk oleh-oleh orang rumah. Favorit Nailah adalah sus kering keju dalam kemasan unyu!



Pantas saja toko ini banyak direkomendasikan orang Bandung sebagai oleh-oleh khas Bandung! Lelah kami setelah berjalan kaki nyaris lima kilometer terbayar sudah. Iyaa, sudah kuceritakan kan sebelum main ke Abadi, kami memang walking tour seputar Braga, hehe. 

Tak hanya menyediakan warmbollen vanila yang lezat. Abadi Bagelen menjual berbagai jenis jajanan pasar, roti bagelen lain seperti roti Bagelen Kering, bagelen spesial Roomboter, Bagelen Margarine, juga kue kering klasik seperti Kaasstengels, Speculaas Roomboter dan lainnya dalam kemasan stoples. Oh iya, selain di tokonya, produk Abadi juga dijual di beberapa supermarket dan toko oleh-oleh di Bandung, lho.

Roti Bagelen Abadi Bandung
Bagian depan toko Abadi Bandung

Jadi, jangan lupa ya kalau ke Bandung mampir dan bernostalgia dengan jajanan masa kecil kayak Bang Emmet si Pelancong ya di Abadi Bagelen! Terima kasih Kak Silvie atas rekomendasinya, Kang Larry dan papanya yang menyambut kami dengan ramah. Serta Mbak Rien yang merancang trip BLUS ke Bandung kali ini. Seru! 

Abadi Bagelen
Jalan Purnawarman 
No. 49, Bandung

You Might Also Like

39 comments

  1. Aduhhh aku lemah sama bagelen

    Ini endeus markindesss nih

    ReplyDelete
  2. Roti bagelen abadi ini sudah ada sejak aku kecil, favorit keluargaku juga. Selain bagelan, dulu ada roti basahnya yang fresh from the oven yang cuma dioles selai stroberi dan margarin hmm yummy deh apalagi makannya masih anget gitu rotinya :)

    ReplyDelete
  3. Aku mau ke Banduuuunggg!
    Mau borong Bagelen banyak banyaaakk!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  4. aaahhh jajanannya beneran cocok buat mmilenials nih, Mak
    Toko roti abadi ini apa juga bisa menerima pemesanan via online yahh
    Pengen nyobain jajannya huhuu heheee
    TFS ya Mak

    ReplyDelete
  5. Mbak... Sedih ih kemarin ga jd nyamperin, tiba-tiba harus ke rumah mertua, hiks... Saya yang orang bandung malah belum pernah masuk ke toko ini, penasaran deh...

    ReplyDelete
  6. Bagelen termasuk camilan yang enak! Tetapi, saya kudet banget, nih. Masa' gak tau tempat legendaris ini padahal keluarga besar tinggal di Bandung hihihi

    ReplyDelete
  7. Wah..perlu dicatet nih.. pengen juga icip2 Bagelen legendaris di sini..

    ReplyDelete
  8. Aku suka roti bagelen lho mba. Apalagi rori keringnya itu. Enak banget. Manis tapi nggak bikin giung terus renyah. Aku suka makan ini buat cemilan kalau lagi laper sore-sore hahahaha

    ReplyDelete
  9. Ternyata sudah lama juga tokonya berdiri. Pas banget namanya abadi.., tentu menu disesuaikan dengan zamannya..dan banyak pilihan . Jadi tetap jadi tempat pavorit masyarakat sepanjang zaman...abadi.

    ReplyDelete
  10. Bandung ini surganya kuliner yaa. Bojoku paling suka nih bagelan.

    ReplyDelete
  11. bagelen emang kueh yg abadi. enaknya bikin ngangenin. inget masa kecil makan bagelen ampe awur2an hahaha

    ReplyDelete
  12. Waah sejak tahun 1947. Lama juga ya. Pasti Bagelen Abadi ini legendaris di Bandung. Nenekku paling suka nih makan Roti Bagelen.

    ReplyDelete
  13. Kebayang ramainya kalau pas menjelang lebaran di tempat seperti ini hahahahah.

    ReplyDelete
  14. Kuenya beraneka ragam jadi kpengen, itu yang dikaleng apa ada jual nya ga mba selain di Bandung

    ReplyDelete
  15. Aku akuu, aku suka bagelen. Apa bedanya dari bagelen yang lain, Mbak? Lebih yummy kah di sini? Kok jadi pengen nyobain..

    ReplyDelete
  16. Namanya unik dan lucu. Kemasannya juga nampak premium banget. Jadi pengen nyicipin roti Bagelan Bandung juga nih.

    ReplyDelete
  17. Jadi pengen nyobain roti Bagelen juga. Semoga ntar kesampean kalo trip ke Bandung.

    ReplyDelete
  18. Duhhhh, dari mana saja aku ini, hibernasi terlalu lama.
    Baru tahu toko roti Abadi Bandung.
    Nah, bertambah lagi destinasi wiskul di Bandung nyak!

    ReplyDelete
  19. Hooo, banyak orang Bandung yang nggak tahu tempat legendaris ini, ya. ((Baca komentar di atas))

    Dari penampakannya, kok enaaaakkkk semua to. Hahaha. Aku tergoda yang cokelat-cokelat itu. Oiya, belum disinggung soal harga, Mbak, kisaran berapaan, Mbak?

    ReplyDelete
  20. Aw!aw! berasa pengen nyomot kuenya nih Mak Dew... pasti enak banget buat temen ngopi sambil ngadepin lepi :P

    ReplyDelete
  21. Ya ampuuuun saya suka banget bagelennnn, sering banget beli di mart, soalnya jauh kalau harus ke Bandung. Maybe next time kalau mampir Bandung harus borong banyaaak hahahaha~

    ReplyDelete
  22. Kok jadi pengen cari roti buat sarapan nanti ya. Babelan ini termasuk roti jadoel yg gak ada matinya ya. Cocok buat oleh2 juga

    ReplyDelete
  23. Jadi pengen coba kue spikuk-nya. Penasaran kalau kayu manis dibuat kue. Biasanya cuma buat taburan di atasnya atau teh aja. Langsung bayangin rasanya. Haha

    ReplyDelete
  24. Kami sekeluarga demen banget sama bagelen. Krenyes2 gt. Besok kalau ke Bandung mau mampir kesini ah buat beli oleh2 bagelen

    ReplyDelete
  25. Benaram ga sih ada kandungan di roti itu yang bukan ngasih efek kenyang malah bikin kembung. apa yah namanya kalo gak salah gluten apa yah, benre gak sih

    ReplyDelete
  26. Aku baru tahu nih ada toko roti bagelen legendaris bernama Abadi Bagelen di Bandung. Jadi pengen ke Bandung buat makan roti pake kayu manis itu.

    ReplyDelete
  27. Pernah dengar tentang Bagelen Abadi ini, tapi sayangnya belum ada kesempatan untuk menjejak kesana. Penasaran dengan rasanya yang khas dan ngangenin (menurut Teman yang pernah coba). Sebagai Asli Garut, kuharus cobain langsung juga nih kalau nanti lagi ke Bandung. Kue2 basahnya juga menggoda lidah bangeeet.

    ReplyDelete
  28. Bandung emang terkenal kuliner dan oleh2 nya ya mba.. btw aku belum pernah nyobain bagelan abadi ini.. pdahal sering banget pulang ke bandung.. nanti coba ah

    ReplyDelete
  29. Aku baru tau nih mba, noyed deh kpan2 klo pas main ke Bandung mampir ke toko roti bagelan yg legendaris ini, soalnya aq suka bagelan sih wkkkk

    ReplyDelete
  30. Sering main ke Bandung tapi belum pernah mampir ke toko Abadi Bagelen, gak nyangka sudah selegend itu bagelen.. semoga next bisa mampir dan ngeborong bagelen

    ReplyDelete
  31. Jujur saja aku ga tahu rasanya Bagelen
    Sering lihat dijual di toko
    Pengen incip bagaimana rasanya nih... Jastip nggak nih

    ReplyDelete
  32. Waahh jadi pengin ikut nyobain warmbollen yang hangat baru keluar dari oven itu. Pasti enak dan gurih ya Dew. Aku envy iihh ga ikutan ke Bandung. Kapan-kapan kudu jalan-jalan ke sana yaaa...

    ReplyDelete
  33. Ih, aku kok kudet ya. Gak tahu blas dengan produk bagelen ini. Kudu nih nanti nyiciippp.

    ReplyDelete
  34. Roti favoritku nih Bagellen. Apalagi kalo butternya banyak. Jadi wangi dan renyah yaa. Kalo ke Bandung harus ke sini deh.

    ReplyDelete
  35. Ini Bandung acanya asus juga tah mba? Kompaaaakkk kaliaan

    ReplyDelete
  36. Sebagai penggemar aneka roti dan kue, saya selalu nggak tahan tiap mampir ke toko-toko ginian. Bawaannya pengen borong-borong semua hihi.

    ReplyDelete
  37. Bagelan ini kesukaanku dari kecil sampai sekarang. Aku belum pernah ke Toko Roti Abadi Bagelan. Ada banyak varian yang sudah dikemas rapi. Kalau kesini, bisa-bisa aku mborong tak bawa ke Surabaya untuk persediaan hehe.

    ReplyDelete
  38. Bagelan n kukernya menggoda bangeet. Oleh2 bandung variatif banget ya. Kangen ke Bandung lagi.

    ReplyDelete
  39. Roti Bagelen, salah satu cemilan perfek pas minum kopi hitam favorit.

    Jadi bisa ngurangin asupan karbo, krn auto kenyang.

    ReplyDelete