Lezatnya Nasi Jamblang Bu Nur di Cirebon

Halo Pejalan Santai,
Lama tidak menyapa pembaca setia, uhuk. Pejalan Santai sekarang sibuk urusan domestik termasuk antar jemput bocah jadi jarang piknik. Huhu.


Nasi Jamblang Bu Nur

Sempat punya resolusi ingin traveling ke negeri tetangga tahun ini tapi situasi belum memungkinkan. Insya Allah, ada waktu dan rezekinya ya memenuhi bucket list ke Padang, Banda Aceh, Bali, Palembang dan daerah lainnya, aamiin. 

Kali ini, aku ingin mengajak kalian untuk mencicipi Nasi Jamblang Bu Nur di Cirebon. Kota di Jawa Barat ini sering menjadi tujuan wisata penduduk Jabodetabek dan sekitarnya. Mamaku tuh sering banget piknik bareng teman-temannya ke sini. Wisata budaya, seni dan alamnya indah, lokasi mudah dijangkau dari ibukota dan tentu saja kulinernya enak-enak! 


Pilihan menu di rumah makan 

Saat aku mengunjungi Warung Nasi Jamblang Bu Nur yang beralamat di Jalan Cangkring II No. 34, suasananya ramai sekali. Ternyata, rumah makan  ini nge-hits pisan ya. Teman-teman blogger yang kelaparan sehabis kunjungan ke Hutan Mangrove langsung mengantre dengan tertib. 

Sudah pernah mencicipi Nasi Jamblang? Nasi Jamblang adalah makanan khas Cirebon yang unik karena disajikan di atas sehelai daun jati. Selain ramah lingkungan, katanya rasa masakannya jadi lebih enak. Jamblang adalah nama daerah di Cirebon tempat masakan ini berasal. Tadinya, rumah makan ini hanya berbentuk warung kecil yang dikelola Bu Nur yang kemudian berkembang pesat. Keren ya!

Cumi hitamnya menggoda 

Nah, Begitu giliran kami mengambil lauk-pauk, aku langsung kebingungan karena ternyata menu prasmanan yang disajikan banyak sekali. Mungkin lebih dari tiga puluh jenis masakan. 

Hayo, mau makan apa? 
Menurut mas-mas pelayannya, masakan andalan di sini adalah cumi saus hitam, otak sapi goreng, ikan pari, tumis pare, perkedel kentang kering, sate kentang, dan pepes telur asin. Porsi nasi di sini terbilang kecil, jadi biasanya orang memesan dua nasi. 

Antrean peserta makan siang hehe 

Jadinya, kami lalu mengambil menu favorit yang disebutkan masnya plus menu lain yang menggugah selera. Rencananya, mau saling mencicipi pilihan masing-masing. Bukan apa-apa, takut kalap mengambil ini-itu tapi nanti makanannya bersisa. Nggak baik kan? 

Aku pun memilih nasi dengan lauk cumi saus hitam, paru goreng, dan lainnya. Aku melirik temanku yang memilih otak sapi goreng. Belum bernyali aku menyantap bagian sapi yang itu. Hihi. Benar dong, piring kami dialasi selembar daun jati! Wah, unik pisan! Setelah itu, kami mengantre di kasir, memilih minuman lalu pesanan kami pun dihitung. 


Suasana Warung Nasi Jamblang 

Nah, masalah berikutnya adalah mau duduk di mana? Karena siang itu pengunjungnya cukup ramai. Kami sempat celingukan sebelum mendapat meja di bagian dalam warung. Langsung deh, para blogger dan influencer ini beraksi, membuat video, memotret dan lainnya. 

Aku sebenarnya ingin langsung makan. Tapi, apa daya, piringku masih diinvasi para selebgram, hihi. Untunglah, segelas es jeruk kelapa makin menceriakan hariku. Kusantap makanan pesanku. Memang, rasanya endeus! 

Wira Beraksi 

Apalagi paru goreng dan cumi hitamnya, bumbunya meresap. Komentar temanku, otak sapinya enak banget karena dilapisi telur sehingga digigit lebih renyah dan ukurannya besar. 

Ah, puas banget deh bersantap siang di sini. Kami yang tadinya berisik mendadak anteng menikmati nasi Jamblang, hihi. 

Tak terasa, keringat menetes di sekujur tubuh membasahi ketiak dan punggung, hihi karena kipas angin tak mampu mengusir gerah. Cirebon memang panasnya luar biasa ya, Pejalan Santai! Sister City dengan Semarang kalau soal panas. 

Oh iya, di depan rumah makan ini ada penjual es duren lho. Enak banget, jadi dessert kita setelah makan siang yang lezat di Nasi Jamblang Bu Nur.

You Might Also Like

63 comments

  1. Uwow.. menunya bikin melongo takjub banyaknyooo. Dan itu pake daun jati ya mbak? Jadi unget segongandul khas pati nih😍

    ReplyDelete
  2. Aduduuu..asli langsung lapaaaar baca ini. Haha.. Nasi Jsmblang Bu Nur. Catet aah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oya membaca ini jadi makin pengen jalan2 lagi ke Cirebon euy..

      Delete
  3. Banyak banget ya pilihan lauknya. Itu jadinya sepiring kena harga berapa, mbak?

    ReplyDelete
  4. Asyiiik. Makasih referensinya ya mak. Smoga pas bisa pergi ke Cirebon lagi bisa nyobain nasi jamblang istimewa yang lezat ini. Aamiin

    ReplyDelete
  5. Ya ampun,, rasanya aku pengen lari ke Cirebon buat nyobain nasi jamblang cumi hitam. Cumi hitam ini makanan favorit aku, yg jarang aku temukan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Dew,, aku balik lagi nih cek catatan nasi jamblang. Pengen cumu itemnya euy.

      Delete
  6. Belum pernah ke Cirebon dan belum pernah merasakan nasi jamblang. Di semarang ada ga sih yang jualan. Penasaran gimana rasanya nasi dan lauk pauk dialasi daun jati

    ReplyDelete
  7. waduh, baca ini jadi pengen nasi jamblang nih, sudah lama banget nggak makan kuliner ini, enak soalnya

    ReplyDelete
  8. Aku kalau ke Cirebon ngga pernah ngelewatin makan nasi jamblang Mak Dew...tp yg Bu Nur ini malah blm coba

    ReplyDelete
  9. Pernah makan ini pas dulu mudik. Awalnya geli-geli gitu karena daun jamblang kayak ada semacam bulu (?) dan aromanya. Tapi pas nyobain nasinya, eh abis 2 porsi. \:p/

    ReplyDelete
  10. Baca ini sambil ngileeerrr... Cuminya tuh menggoda deh. Kapan ya, bisa nyicipin jg?

    ReplyDelete
  11. Nah saya tuh sampai sekarang baru dapat cerita keramaiannya nasi jamblang ini dari berapa tahun lalu. Masih penasaran mau coba😁

    ReplyDelete
  12. Jadi kangen nasi daun jati jaman dulu. Di tempat Mbah, dulu kalau dapat kiriman orang punya gawe dibungkusnya daun jati, ada nasi, kedelai hitam, daging sapi/kerbau bawang rebus, tahu, tempe, & sambel. Soal rasa, khas banget, karena betul2 dibungkusnya pas masih anget, dari aroma dah beda. Sayang sekarang udah ga lagi. Pakainya besek.

    ReplyDelete
  13. Belum pernah ke Cirebon nih Dew, penasaran banget sama Nasi Jamblang. Lebih mantap lagi kalau daun jatinya dipake untuk membungkus nasi panas dulu ya ketika baru masak. Pasti akan lebih terasa aroma daun jatinya.

    ReplyDelete
  14. Alas daun jati itu bikin tambah nikmat makan ya Mba, kusuka kalo kuliner terus bungkusnya pake dedaunan. Btw penasaran sama warung nasi jamblangnya nih.

    ReplyDelete
  15. Waahhh patut dicoba nih mbak kalau mampir ke Cirebon. Kayaknya enak-enak semua nih.

    ReplyDelete
  16. Paporit aku ini. Walau kadang antri tapi puas. Makanan enak , tempat luas. Balakutak disini terpujilah. Hahaha

    ReplyDelete
  17. Nasi jamblang bu nur salah satu nasi jamblang kesukaan aku di cirebon mbak. Ada lagi yg enak dan terkenal juga, jamblang pelabuhan namanya. Cobain deh mbak

    ReplyDelete
  18. Pilihan menunya yang banyak, beneran surga bagi para traveller yang lapar.
    Unik pula cara penyajiannya. Spot wajib kunjung nih kalo ke Cirebon.

    ReplyDelete
  19. Paling seneng banget makan cumi hitam gitu. Sekarang susah nyari yang jual.. kalau nggak digoreng crispy ya diolah menu lain yang tintanya udah hilang.. padahal itu yang bikin gurih menurutku..

    Harus ke sini nih kayanya.. cucoook..

    ReplyDelete
  20. pernah makan di sini juga, emang enak banget mbak...
    pengen nyobain pepes telur asin, belum pernah nyobain

    ReplyDelete
  21. Duuuuh ada paru goreng! Aku suka..aku suka apalagi yang kriuk2 hehehe. Ada cumi item juga ya nyam3x. Mantap bener nasi jamblang Bu Nur ini. Enakan makan gerah2 katanya jadi makin berasa nikmatnya. Ga apa2 keringat bercucuran wkwkwkwk :)

    ReplyDelete
  22. Ini emang enak banget. Selalu ke sini kalau ke Cirebon, dan selalu makan cumi item. Awalnya takut ga enak, secara katanya sausnya itu dari tinta cumi. Eh tyt enak bangeet.

    ReplyDelete
  23. Lho, kok ada mas Wira. Acara apa ini?

    Nasi Jamblang dan lauk pauknya itu memang nikmat, mbak. Walau mahal dibanding nasi warteg, tapi ya sudahlah. Aku pernah stay 2 bulan di Cirebon, lalu setelah itu udah 3 kali mampir ke sana.

    ReplyDelete
  24. Tau gk mbak.. Aku juga pernah makan di sini dan kebingungan juga mau makan apa, ahaha. Saking banyaknya pilihan yaa, enak2 semua pula

    ReplyDelete
  25. Ya Allah nasi jambang enak enak bnht ya mbak. Aku sampe beli sambel jamblang botolan buat oleh2, bikin nasgor pake sambal jamblang tuh ternyata bkn ketagihan mbak hehehhe

    ReplyDelete
  26. aku udah pernah cobain iniii
    memang endolita syekaliiihh
    empal gentong aku juga demen
    tahu gejrot jugaak
    mupeng mupeng mupeeenggg
    --bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  27. wuiiihh pilihan lauknya mantep bangeeetttt...beberapa kali ke Cirebon kok gak cobain nasi Jamblang yak hehhe...aku udah terpesona duluan sama si empal gentong ..

    ReplyDelete
  28. Sepertinya nasi jamblang bu Nur ini memang terkenal ya. Jadi pengin icip, keliatannya enak. Noted! Kalo ke Cirebon akan mampir sini.

    ReplyDelete
  29. Nasi beralas daun jati itu memang rasanya jauh lebih sedap dan dan nikmat euy. Aku ikutan pengen icip nasi jamblaang. Aku sih kayaknya bakal pilih cumi hitam dan ikan pari. Yummm. Kayaknya seru kulineran ke Cirebon nih

    ReplyDelete
  30. Lhah ternyata lengkap gini toh Nasi Jamblang? Pernah seminar di Cirebon, menu maksinya Nasi Jamblang, kayak kurang gimana gitu...Jadi aku kurang suka. Wah, kalo Bu Nur lengkap gini, maulah ke Cirebon lagi...

    ReplyDelete
  31. Aiih aku malah makan di nasi Jamblang mang Dul yang juga gak kalah rame. Dan ada bonusnya loh, bebek bakar yang pueeedddeeessss nampol!

    Untuk es duren, juara, tapi aku lebih enjoy makan es cuwing deh

    ReplyDelete
  32. Wuihh alas makan nya masih pakai daun jati ini, belum sempet mampir Klo ke Cirebon next traveling harus kesini

    ReplyDelete
  33. Wah rame juga ya nasi jamblang Bu Nur ini . Aku udah pernah makan nasi jamblang belum ya? Lupa..
    Hihihi...pernah sih 2 kali ke Cirebon

    ReplyDelete
  34. Terakhir makan nasi Jamblang itu aku baru punya anak bayi, si Milzam. Makanya tahun kemarin sempat dolan ke Cirebon dan gak bisa mampir makan tuh nyesek banget. Malah makan sate kambing, hikss

    ReplyDelete
  35. Oalah, Jamblang itu nama daerah toh. Baru tau saya.


    Otak sapi ini memang enak banget. AWal suka otak sapi waktu makan baso isi otak sapi. waktu membayangkan otak itu agak gimana gitu, pas dimakan ternyata enak banget. Aku perlu cobain otak sampi di tempat Bu Nur nih kayaknya

    ReplyDelete
  36. Huaaaa aku pas ke Cirebon pengen banget nyobain nasi jamblang bu Nur
    Pas nyampe sana, penuhnya ampun-ampun. Antrian sampai ke jalanan
    Anakku rewel dah, akhirnya makan mie ayam diseberangnya hiks
    Suatu hari harus ngulang ke Cirebon nih

    ReplyDelete
  37. nasi jamblang itu... bikin kalap! semua lauknya menggoda selera. gawat gawat bisa terus2an nambah nih :D

    ReplyDelete
  38. Bu Nur ini versi nasi jamblangd engan bumbu yang lebih pedas dari nasi jamb;lang pada umumnya mba...
    trus balakutaknya gede2...biasanya klo yg lain balakutaknya kecil2 hehehe..
    es durennya wajib di coba lhoo

    ReplyDelete
  39. Temanku yang asli cirebon juga cerita. Nasi jamblang bu nur ini terkenal sekali. Lauk yang disediakan juga beragam. Aroma daun jatinya membuat nasi yang kita makan terasa nikmat. Sayang, saya blm pernah ke cirebon...

    ReplyDelete
  40. Awalnya aku pikir nasinya pakai buah jamblang yang sepat itu. Rupanya nama daerah di cirebon ya mbak.

    ReplyDelete
  41. Belum pernah makan nasi jamblang.

    Ada rencana pen makan nasi jamblang di kota khasnya langsung :D wgwgw semoga kesampaian main ke Cirebon yeyeay :D

    ReplyDelete
  42. Asli, baca ini langsung kangen Nasi Jamblang Bu Nur.. Baru sekali aku ke sana dan emang enak yaa rasanya.. Ngantri pula banyak penggemarnya hehe.. Iya mba cumi hitam favorit banget di sana katanya ya.. Kalo Aku pun pas kesana makanya paru goreng.. :D

    ReplyDelete
  43. Auto ngiler dan bikin laperr, mbak. Apalagi lihat Cumi hitamnya
    Melelehh dehh pen makan huhuu
    Kalau ke Cirebon kudu mampir nih ke Warung Nasi Jamblangnya Bu Nur ya mbak

    ReplyDelete
  44. oh porsi nasinya sedikit ya ...
    Tapi kalo pesan dua, apakah tidak kebanyakan jadinya lauknya?

    ReplyDelete
  45. Aku jadi pengen coba Nasi Jamblangnya juga. Cuminya menggodaaa. Aku udah lama gak bikin cumi hitam. Suka yang pedas2

    ReplyDelete
  46. Mauuu Mbak Dew....kok kayaknya mengguga selera gitu. Btw warungnya ini ada di google maps kan ya? kapan2 kalau pas ke sana biar nggak susah gitu nyari warungnya. Btw, harganya gmna?

    ReplyDelete
  47. akhirnya tahu bagaimana itu nasi jamblang bu nur yg melegenda. saya tahunya.baca review tempat makan yg wajib dikunjungi. tapi belum pernah ke sana sih

    ReplyDelete
  48. Cirebon juga negara tetangga ya mbak hihihi. Duh ini CIrebon dari Bekasi sebenernya dekat tapi lagi gak nahan macet di tolnya. PInigin makan nasi jamblang & empal gentong juga

    ReplyDelete
  49. Dulu pernah makan nasi jamblang di Cirebon, tapi bukan di Bu Nur. Saya juga bingung waktu mau ngambil lauk pauknya, banyak ragamnya ya...

    ReplyDelete
  50. Aku dah cicipi juga mba,, waktu itu rame bnget makan jadi gak khusyu karena ditungguin orang,,, hehe,, enak bngt ya sambelnya klo aku sih bikin smgt makan

    ReplyDelete
  51. Ya ampun nasi jamblang ini enak banget ya mbak. Khas banget ya. Khas Cirebon

    ReplyDelete
  52. Duh nasi Jamblang. Udah lama banget deh gak makan. Terakhir tahun 2000. Wangi dan gurihnya berkesan bangeeeet

    ReplyDelete
  53. Langsung lapar lagi malam-malam baca postingan mu. Halah. Postingan disalahin haha. Kangen banget sudah lama nggak makan nasi jamblang. Cumi hitamnya itu duduh *lap iler.

    ReplyDelete
  54. Habis caoek jalan2 ke hutan pulangnya makan nasi jamblang tuh enak bangeeet, Mba. Kmrn ke cirebon ga nyobain nasi jamblan. Kalau main kesana lagi mampir aah

    ReplyDelete
  55. auto laper akuuu.. pengen icip2 nasi jamblang euy... kalo pas ke cirebon wajib cobain nih.

    ReplyDelete
  56. penasaran sama nasi jamblang ini, apakah rasanya manis apa pedas ya? pengen langsung terbang ke cirebon, lapar euyyy

    ReplyDelete
  57. Gimana rasanya nasi jamblang ini mbak? Mirip nasi gudeg kah? Saya penyuka nasi gudeg soalnya. :)

    ReplyDelete
  58. duh pengen coba paru gorengnya nih :D

    ReplyDelete
  59. Keunikan dari kuliner khas kota udang ini nasi Jamblang nya dengan alas daun jati. Liat dari pengunjungnya warung Bu Nur ini terlihat banyak difavoritkan

    ReplyDelete
  60. aduh aku tergoda banget bayangin paru goreng dan cuminya...mantab banget ini..kalau di solo akau belum nemu ada yang jual nasi jamblang

    ReplyDelete
  61. Wuiiih...makan2nya bareng Wira euy, keren sekaleee.... Ngebayangin waktu nasimu diinvasi para selebgram hehehee... begitu mau makan udah anyep semua yaaa :))

    ReplyDelete