Piknik Santai di Kebun Raya Bogor

Dear Pejalan Santai,

Kebun Raya Bogor masih menjadi tempat favorit untuk berkumpul dan nongkrong di alam terbuka bagi warga Bogor dan sekitarnya.

Piknik di Kebun Raya Bogor
Kenangan Bersama sahabat di KRB 

Bagaimana tidak, lokasinya strategis mudah dijangkau, tiket masuknya cukup murah dan banyak hal yang bisa dinikmati dan dilakukan di dalam kebun raya ini. Dulu, aku sering cucurak nasi timbel, makan bersama teman-teman dalam rangka menyambut Ramadhan. Seru banget!


Kebun Raya Bogor memang amazing, diresmikan pada tahun 1817 oleh Gubernur Jendral Van Capellen dengan nama Lands Plantentuin te Buitenzorg. Bahkan, ada yang bilang sejarahnya jauh sebelum itu. Dulunya adalah hutan buatan milik Kerajaan Siliwangi! 

Berawal dari kedatangan Gubernur Jendral Batavia Thomas Stanford Raffles yang menempati Istana Bogor, ingin memiliki kebun yang ditanami berbagai jenis pohon dan tanaman. 

Piknik di Kebun Raya Bogor
Kebun Raya yang ramai 

Keinginan itupun terlaksana dibantu oleh beberapa ahli botani. Sayangnya, istri tercinta Raffles jatuh sakit dan meninggal di Batavia. Dibuatlah monumen cinta untuk mengenang Olivia di kebun yang baru dibangun itu. 

Beberapa tahun kemudian, seorang ahli biologi  A. Abner memiliki ide untuk meminta sebidang tanah untuk mengumpulkan berbagai tanaman untuk penelitian di Buitenzorg, nama Kota Bogor zaman dahulu. Keinginan itu dikabulkan dan sejak itu, kebun ini menjadi tempat penelitian tumbuhan para ahli botani. 
Monumen pendiri Kebun Raya

Kebun Raya  Bogor menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.  Ya, Taman seluas 84 hektar di tengah Kota Bogor ini dipenuhi pepohonan raksasa berusia ratusan tahun, diperkirakan ada 15 ribu jenis pohon dan tumbuhan! 

Jika kalian berjalan-jalan di Kebun Raya tepatnya di seberang Istana Bogor, dekat danau buatan ada patung A. Abner lho, dibangun sebagai penghormatan bagi Pak Abner. 

Piknik di Kebun Raya Bogor
Tanaman Pakis 

Selain nyaman untuk nongkrong, berolahraga dan piknik bareng teman dan keluarga, Kebun Raya Bogor juga memiliki banyak keunikan diantaranya ada Taman Kaktus, herbarium, museum botani dan banyak lagi. 

Yang menarik dan selalu ditunggu pengunjung adalah adanya tanaman bunga bangkai yang hanya mekar pada saat tertentu. Pemandangan langka, bukan?

Pada hari biasa, mobil dan motor bisa masuk ke area kebun sehingga kita tidak lelah menjelajahi area yang luas. 

Kumpul keluarga besar Enrekang 

Piknik di Kebun Raya Bogor
Makan bersama 

Namun jika hari libur atau akhir pekan, kendaraan pribadi dilarang masuk dan kita bisa naik kereta kelinci untuk berkeliling sebagai gantinya. 

Oh iya, Kebun Raya Bogor ternyata bisa kita jadikan lokasi acara. Untuk acara Halal Bil Halal keluarga Makassar tahun lalu, kami memilih lokasi tak jauh dari kafe daun dan pintu masuk di depan Lippo Plaza. 

Museum Zoologi Kebun Raya
(Foto: IG @tigajamdarijakarta)

Mamaku memesan katering, memasang tikar dan menata meja saji di salah satu sudut taman yang rindang. Suasana meriah banget karena sekeliling kami padat pengunjung yang juga sedang piknik, hihi.

Jangan lupa jika piknik di hari libur, pilih lokasi yang tak jauh dari pintu masuk agar tidak lelah berjalan kaki jauh ya. Terus, jangan lupa bawa bola plastik atau mainan gelembung buat anak biar bisa seseruan.

Piknik di Kebun Raya Bogor
Danau buatan 

Senang banget, kami bisa temu silaturahmi keluarga besar Makkalu Madinah di Kebun Raya Bogor. Sambil berteduh di bawah pohon yang rindang. Anak-anak asyik main bola dan berlarian di tanah lapang. Setelah acara pembukaan, dilanjutkan dengan makan siang sambil ghibah, hihi. 

Wah, menunya komplet. Mulai dari ayam goreng tepung, capcay kuah, ikan gurame, hingga buah-buahan potong dan puding cokelat sebagai penutup tandas masuk perut. Alhamdulillah. Belum lagi Tanteku memasak sayuran langka khas Enrekang, kampung kami. Sukses jadi rebutan! 

Piknik di Kebun Raya Bogor
Air mancur 

Setelah hidangan tandas, kami jalan-jalan di area Kebun Raya. Salah satu yang menarik adalah taman kaktus ala Meksiko! Ada tanaman kaktus raksasa lho! Hati-hati tertusuk durinya! Kita juga bisa menikmati koleksi pandan dan pakis raksasa dari Afrika.

Taman Meksiko

Ada juga Herbarium Kebun Raya Bogor yang yang memiliki koleksi 50 ribu spesimen tanaman yang diawetkan, sebagian besar sudah dikeringkan. Tempat ini bisa menambah pengetahuan kita tentang jenis tanaman di Indonesia.
Yang paling menarik untuk anak-anak adalah Museum Zoologi yang terletak tak jauh dari pintu utama Kebun Raya yang ada di depan Pasar Bogor. 

Di sana, kalian bisa melihat kerangka ikan paus raksasa yang terdampar puluhan tahun silam
Selain itu ada kerangka berbagai jenis hewan. Menarik! So, jika kalian main ke Bogor, jangan lupa mampir ke Kebun Raya ya! Di sana tak cuma ada pohon tapi banyak hal unik dan seru! Jangan lupa selalu menjaga kebersihan kebun ya, jangan buang sampah sembarangan!

You Might Also Like

39 comments

  1. Aku sepertinya udah lama ga main ke Kebun Raya Bogor. Melihat foto san baca ceritamu mba, jadi pengen main lagi ke sana. Tapi asiknya rame rame ya...

    ReplyDelete
  2. senang sekali bisa piknik di KRB ini. Udaranya segar dan banyak ijo royoroyo bikin hati senang. lain kali mau bekal makanan , makan disana enak juga kali ya

    ReplyDelete
  3. Nambah referensi banget kak buat bikin acara keluarga besar di sini. Udah beberapa kali ke Kebun Raya Bogor tapi belum kesampean liat Rafflesia Arnoldinya mekar.

    ReplyDelete
  4. Wah kubaru tau kalo kebun raya bogor bisa dipake buat ngadain acara keluarga sambil makan2 pula. Dan omaygat setelah sekian lama ku baru denger istilah 'cucurak' lagi. Istilah yg hanya dimengerti samanorang Bogor. Kalo di daerah saya (Bandung) cucurak itu sama dengan munggahan alias acara kumpul makan bersama menjelang bulan ramadhan. Cmiiw

    ReplyDelete
  5. Ini wish list aku dari jaman SD kali ya :)
    Puingiiinn banget, seseruan di Kebun Raya BOgor sekeluarga.
    Tapi sampe sekarang blum kesampean sih.
    Paling ke Kebun Binatang Sby doang udah Alhamdulillah :D

    ReplyDelete
  6. Kebun Raya Bogor memang tempat yang pas untuk kumpul-kumpul ya..jadi ingat pas kuliah di Bogor ya mainnya kesana aja hehe

    ReplyDelete
  7. AKu belum pernah mba ke kebun Raya Bogor hehhee pengen banget ke sini nih cuman bisa liat liputuannya aja deh semoga next bisa sini sama keluarga

    ReplyDelete
  8. wah ternyata ada museumnya juga, kirain isinya cuma pohon-pohon tua aja. Kebayang capeknya kalau menyusuri area puluhan hektar itu, nggak bakal cuku sehari kayaknya keliling semua areanya

    ReplyDelete
  9. Wuauah, aku pengen banget masuk ke Kebun Raya Bogor, selama ini cuma lewat doang, hiksss... Banyak yang bisa dinikmati ya didalamnya.. ada tanaman yang diawetkan dan kerangka ikan paus raksasa, menambah ilmu dan memanjakan mata, eaaaaa

    ReplyDelete
  10. Aku tuh termasuk oramg yang suka piknik di Kebun Raya. Berasa nyaman gitu mba. Trus juga suasananya adem bikin betah

    ReplyDelete
  11. Setujuj kak!
    Ini pun menjadi salah satu tempat yang paling aku sukai di Kota BOgor. Ruang terbuka hijau yang sejuk dan punya banyak banget fasilitas termasuk museum-museum. AKu suka aku suka main ke Kebun Raya Bogor :)

    ReplyDelete
  12. Kebun Raya Bogor ternyata bisa buat acara piknik bareng, ya. Luas banget tempatnya. View sekitarnya juga adem dan asri. Ada air mancurnya juga. Kalau bawa anak kayaknya mereka bebas bisa lari ke sana ke mari

    ReplyDelete
  13. Bogor ini asyik karena ada Kebun Raya Bogor, sayangnya lalu lintasnya kagak nahan hahaha. Sedap ya, makan siang dengan lengkap di KRB.

    ReplyDelete
  14. Wah asyik sekaliii.. Oya utk acara di KRB ini pakai katering sana atau dari luar ya? Asli penasaran aku..

    ReplyDelete
  15. Jalan-jalan ke Kebun Raya Bogor memang asik. Terakhir kayaknya kami ke sana beberapa tahun lalu saat mau melihat anggrek raksasa yang sedang berbunga. Adem kalau jalan-jalan di sana

    ReplyDelete
  16. piknik di kebun raya bogor emang seseru itu mba, dan bikin refreshing diri, aku ke sana sama keluarga

    ReplyDelete
  17. Udah lama banget engga ke kebun raya bogor, terakhir waktu perpisahan sd, hihihi...
    Kemarin ibu2 rt pada piknik ke sana, tapi saya enggak biss ikut soalnya bentrok sama acara jav di sekolah, huhuhu..

    ReplyDelete
  18. aku baru tahu yg bisa bawa ketering dan ditata ala prasmanan begitu di kebun raya bogor. iya kalo digelar di tiker ribet yaa krna yg makan banyak :D

    ReplyDelete
  19. Ah, aku juga paling suka ke Kafe Daun kalau ke Kebun Raya Bogor. Makan sambil menikmati taman yang hijau itu enak banget.

    Wah, orang Enrekang? Saya sekali ke sana waktu mau mendaki Gunung Latimojong :)

    ReplyDelete
  20. Kalau ke Bogor emang kudu ke Kebun Raya ya. Adem dan banyak pohonnya. Lumayan banget buat nyegerin pikiran dan pastinya udara penuh Oksigen

    ReplyDelete
  21. Senang ya kalau bisa bikin pesta di Kebun Raya Bogor begini. Ini cara perijinannya gimana sih, Mbak? Mesti minta ijin ke mana dulu, dan berapa budget minimal yang harus disiapkan?

    ReplyDelete
  22. Mbaak, aku udah tiga kali ke KRB tapi belum pernah masuk museum Zoologi. Akhir tahun kemarin aku dan keluarga besar suami kesini dan memilih hari SEnin jadi bisa masuk pakai mobil. Nggak capai kayak aku sama anak-anak dulu bertiga jalan kaki muter KRB. Huhueee betis gempor

    ReplyDelete
  23. Mbak, ini semua tanaman langka di seluruh Indonesia ada di sini? Saya penasaran dengan tanaman jamblang putih..katanya buahnya enak, tapi sudah langka

    ReplyDelete
  24. Kebun Raya Bogor masih menjadi pilihan untuk piknik bersama keluarga, aku juga paling senang sekali kalau diajak kesana. Untuk anak-anak pasti juga senang karena tempat terbuka gini bikin mereka tidak merasa dibatasi

    ReplyDelete
  25. Aku pernah 3x berkunjung ke Museum Zoologi di dalam Istana Bogor. Bagus deh anak2 bisa tau tentang binatang dan nambah wawawasan mereka. Tapi aku belum sempat lihat bunga bangkai pas mekar gitu. Susah juga ya kalau menunggu tanggal pastinya hihihi...

    ReplyDelete
  26. Beberapa waktu lalu, saya dan keluarga sempat mampir ke Kebun Raya Bogor, tapi waktu itu di sana lagi penuh dengan pengunjung. Akhirnya kami gak jadi mampr, deh!
    Padahal di dalamnya banyak hal menarik yang bisa dinikmati ya...

    ReplyDelete
  27. Kevin Raya Bogor luasnya 84 hektar? Kalau dijelajahi semua, kira-kira hutuh waktu seminggu Kali ya mbak.

    ReplyDelete
  28. Pernah liat kerangka ikan paus di museum sini. Anak aku excited liatnya. Katanya ternyata paus sebesar ini. Btw, tyt bs buat acara halal bi halal jg ya disana. Duh, keren

    ReplyDelete
  29. Jadi ingat banget dulu zaman SMA beberapa kali ke Kebun Raya Bogor, sampai sekarang belum puas karena memang luas banget tempatnya. Pengen ke sana lagi.

    ReplyDelete
  30. Aku lama ga piknik kayak gini. Biasanya itu traveling dan mampir makan di warung. Pengen bawa bekel terus gelar tikar

    ReplyDelete
  31. Wah seru banget deh piknik Di kebun raya Bogor. Jadi kangen deh main ke kebun raya Bogor juga deh ih. Udah lama gak ke sana.

    ReplyDelete
  32. Kebun raya ini destinasi wisata favorit tiap ke Bogor. Murah meriah, adem dan anak anak bisa berlarian sepuasnya

    ReplyDelete
  33. Kalau ke KRB, saya tuh suka ingat masa kecil. Mungkin karena lumayan sering diajak jalan-jalan ke sama sama orang tua. Tetapi, dari dulu sampai sekarang pun memang asik di KRB. Bisa betah juga seharian di sana. Asalkan gak hujan, bakal banyak yang bisa dinikmati

    ReplyDelete
  34. Kebun raya Bogor itu area yang luas dan teduh, asyik untuk meet up atau kumpul-kumpul. Banyak hak menarik juga disana Disamping itu banyak juga yang bisa dipelajari misalnya soal konservasi tanaman atau tentang hewan di museum zoologi nya

    ReplyDelete
  35. Whoaaa,, aku selalu denger cerita piknik ke Kebun Raya Bogor, tp belum pernah piknik beneran di Kebun Raya. Sementara aku piknik digital dulu lewat tulisan, termasuk tulisannya mbak Dedew yg detail ini.

    ReplyDelete
  36. Asik nih beneran piknik santai, jadi ingin nyobain juga piknik santai di Kebun Raya Bogor.

    ReplyDelete
  37. Asik ya piknik santai di Kebun Raya Bogor yah, jadi ingin merasakan sendiri santainya piknik di Kebun Raya Bogor.

    ReplyDelete
  38. kalau ke Bogor, musti meluangkan waktu main ke sini ya mbak, kelihatan teduh buat piknik bareng dan makan-makan bersama

    ReplyDelete
  39. Udah tiga kali kesini...tempatnya masih lumayan seger meskipun udah banyak pohon yang di tebangi

    ReplyDelete