Berburu Tauco Cap Meong Khas Cianjur, Jawa Barat

Halo Pejalan Santai,
Apa kabarnya? Tak disangka ya, pandemi Corona merebak dan korban berjatuhan di Indonesia. Anak-anak dan karyawan sekolah dan kerja di rumah. 

Berburu Tauco Cap Meong Khas Cianjur, Jawa Barat
Berburu Tauco Cap Meong Khas Cianjur, Jawa Barat 
Kita diwajibkan pemerintah untuk pembatasan sosial dan stay at home untuk mengurangi penularan virus. Sudah sekitar 10 hari di rumah, rasanya kangen ingin jalan-jalan dan ngobrol di kafe dengan sahabat, huhu. Semoga situasi cepat membaik ya, aamiin! 

Kali ini, aku ingin berbagi tentang Tauco Cap Meong khas Cianjur. Tahu kan tauco? Tauco adalah bumbu makanan yang terbuat dari biji kedelai putih yang dihaluskan dan dicampur dengan tepung terigu kemudian difermentasi. 

Berburu Tauco Cap Meong Khas Cianjur, Jawa Barat
Suasana gerai tauco yang bersih dan nyaman

Berburu Tauco Cap Meong Khas Cianjur, Jawa Barat
Aneka manisan dan dodol buatan UMKM Jabar 

Biasanya, saus tauco ini digunakan untuk menambah sedap berbagai masakan seperti Tauto khas Pekalongan, nasi goreng tauco dan lainnya. Rasanya enak dan gurih! Awalnya, aku nggak begitu suka tauco, aneh gitu di lidah. Tapi, ketika diajak suami makan Tauto alias Soto Tauco khas Pekalongan, lho kok enak? Hehe.

Tahun lalu, aku dan keluarga besarku liburan Lebaran ke Lembang, Bandung. Kami naik mobil pribadi dari Bogor ke Bandung via Puncak dan Berburu Tauco Cap Meong Khas Cianjur, Jawa Barat di gerai Tauco Meong Cianjur. Lokasinya di Jalan HOS. Cokroaminoto No. 160, Cianjur. 


Saat kami mampir di sana, pengunjung gerainya cukup ramai. Aroma khas saus tauco yang wangi  terbuat dari biji kedelai ini menguat memenuhi ruangan. Selain tauco, dijual juga berbagai makanan ringan produksi Cianjur jadi kita bisa sekalian beli camilan ringan untuk bekal di perjalanan. 

Di atas konter berbentuk L, terdapat sebuah guci besar terbuat dari tanah liat, seorang karyawan telaten menuangkan tauco ke dalam botol-botol kaca menggunakan gayung batok kelapa. Ya, tauco inilah yang kerap dijadikan oleh-oleh khas Cianjur. 

Tauto Khas Pekalongan
 (Foto: ainurskitchen.com)

Tak disangka, tauco cap Meong dengan logo bergambar macan ini sudah berdiri sejak tahun 1880. Jadi, Produk Tauco Cap Meong sudah berusia 140 tahun! Pendirinya adalah seorang berkebangsaan Tionghoa bernama Tan Ken Tian dan dilanjutkan oleh istrinya, Nyonya Tasma. 

Tauco Cap Meong Cianjur 

Ide nama meong awalnya dari bekas tapak macan di toko tauco pertama mereka di Cianjur. Bahasa Sunda Macan kan Maung ya, entah kenapa ini jadi Meong, hihi unik. Kakek Tan berjualan tauco manis berkeliling kota dan istrinyalah yang meracik saus tauco itu dan lalu memodifikasinya sesuai dengan selera orang Cianjur yaitu asin. Setelah dimodifikasi, tauco mereka laris manis!

Akhirnya, Tauco Cap Meong menjadi brand yang dikenal hingga saat ini. Untuk tauco dalam kemasan botol tahan hingga tujuh hari. Jika ingin melihat proses pembuatan tauco secara langsung bisa datang ke pabrik yang beralamat di Gang Pelita, Kab. Cianjur. 

Berburu Tauco Cap Meong Khas Cianjur, Jawa Barat
Suasana gerai sore itu

Di sana, Mereka menggunakan resep asli warisan Kakek Tan dan masih mempertahankan kualitas dan cara memasaknya. Diantaranya masih menggunakan kayu bakar agar rasa khasnya tetap bertahan. 

Menurut karyawannya, jika tumbuh jamur putih, cukup dibuang saja, lalu tauconya dituangkan ke panci dan dipanaskan kembali di atas kompor. Setelah itu, tauco bisa kembali dinikmati dengan aman. Tauco lezat ini cocok sekali untuk dijadikan oleh-oleh untuk sahabat dan saudara, lho. Jadi, jika main ke Cianjur jangan lupa Berburu Tauco Cap Meong Khas Cianjur, ya, Pejalan Santai! 



You Might Also Like

32 comments

  1. ehm...jadi pengen nyobain. selama ini gak berani nyobain tauco lain kecuali tauco medan hehe

    ReplyDelete
  2. Lihat botol yang digunakan serta gambarnya yang hitam putih kesannya jadi klasik sekali. Sepertinya saya belum pernah melihat secara langsung tauco hahahhaha. Ini barusan mencari di google

    ReplyDelete
  3. Tauco emang juaranya oleh2 khas Cianjur, makin nikmat kalo diolah dan mkan pakar nasi anget, ulalllaa..

    ReplyDelete
  4. Wahhh kayaknya enak banget nih.
    Semoga pandemic Corona segera kondusif dan mungkin nanti kami bisa mampir kesini.

    ReplyDelete
  5. Aku penasaran deh Mbak sama tauco ini. Soalnya keluarga kami punya resep turun-temurun dari nenekku, yaitu masakan ikan yang pakai kecap dan tauco. Jadi kangen makanan itu. Udah lama bgt gak bkin

    ReplyDelete
  6. Mba Dedew acara tripnya kok selalu menariiik dan enjoy yaa
    aku pengin ke Cianjur juga nih jadinya
    nunggu corona hengkang dulu :)

    ReplyDelete
  7. Waktu pertama kali ketemu tapak macan depan toko, heboh banget kali ya Mbak Dew. Sampai akhirnya dijadikan Brand tauco. Emang namanya menggelitik, bikin orang penasaran. Makanya selain enak jadi melegenda ya..

    ReplyDelete
  8. Agak penasaran dengan rasa Tauco Cap Meong ini. Aku biasanya selalu terima beres, ngga pernah masak pakai tauco. ^^

    ReplyDelete
  9. Jadi ingat mamah saya. Biasanya mamah nih yang suka masak pakai tauco

    ReplyDelete
  10. Oooo jadinkarena bekas tapak ya nama meong itu. Hihi unik banget. Aku termasuk yang suka tauco, tapi gak tau cara ngolah makanan dengan tauco. Jd biasanya aku beli aja makanan yang emang ada tauconya.

    ReplyDelete
  11. Kalau mampir ke Cianjur, tauco cap meong memang paling sering saya temukan di toko oleh-oleh di sana. Makanan khas yang paling laris, karena memang enaak

    ReplyDelete
  12. Berarti tanpa pengawet ya mbak, tahannya cuma 7 hari.
    Saya sering dengar kata tauco, tapi belum pernah nyicip rasanya. Jadi penasaran kayak apa

    ReplyDelete
  13. Tauco emang enak..buat tumis,bahkan kalo didaerah ku buat kuah lontong.., rasanya khas banget.

    Aku suka pakebuatnumis ikan nila cabe ijau sedaap..

    ReplyDelete
  14. Penasaran dah gimana rasanya tauco. Apakah asem2 gitu Mba? Mengingat dia dari fermentasi. Tapi nilai gizinya pasti naik nih, karena makanan fermentasi biasanya berubah level jadi probiotik

    ReplyDelete
  15. Wah sudah 139 tahun...pasti kualitasnya terjaga sampai kini. Aku sika tauco, mau dibikin tumis atau campuran soto..sedap. Kalau ke Cianjur wajib singgah nih ke Tauco Cap Meong

    ReplyDelete
  16. Ahaha. Lucu namanya. Biasanya kan kalau Bandung itu identik dengan "Maung" ya, tapi ini "Meong", versi yang lebih kalem dan dekat dengan masyarakat :)

    ReplyDelete
  17. Tauco Cianjur hits ya. Aku penggemar tauco pakai banget, klo stock di rumah suka niay masak ikan asin, tahu, oseng osenf dll dan gada bosannya aku mah

    ReplyDelete
  18. Ya ampun udah tua bangeeettt dari jaman masih dijajah Belanda. Btw aku sendiri belum paham gimana rasa tauco dan belum pernah ke Cianjur :D

    ReplyDelete
  19. suami sering banget bilang 'dek, kamu masak pake tauco ya'. Padahal saya gak tau tauco gimana tuh. Kayaknya samar2 pernah coba apa nggak. Tapi kalau beli, seingat saya nggak pernah deh. Pengen deh sekali-kali beli tauco yg khusus oleh2 gini.

    ReplyDelete
  20. Belum pernah ke Cianjur dan kayknya harus nyobain trus beli oleh olehnya. Makasih rekomendasinyaa mbaa

    ReplyDelete
  21. Tauco Cap Meong bisa beli online nggak? Jadi mau nyobain, bumbu kuliner asli kayak gini, pasti rasanya enak buat bikin masakan. Kalau ke Cianjur, semoga bisa beli.

    ReplyDelete
  22. Wah tauco, saya selama ini cuma liatnya dari jauh doang. Kapan-kapan kalau main ke Cianjur mau beli ah mbak

    ReplyDelete
  23. Setiap aku masak tumis kangkung selalu nambahin tauco dirasakannya, tapi belum pernah coba yang cap Meong

    ReplyDelete
  24. Dulu pas di Garut sering banget Mamah masakin tauco untuk kami. Sekarang malah udah lupa lagi rasanya gimana. Btw, ternyata ada merk cap meong ya, saya baru tahu hehe.

    ReplyDelete
  25. Wah.. Jadi ada tauco begini ya mba. Aku baru tau loh. Selama ini cm biasa beli tauco botolan di super market buat tumis kangkung. Jd penasaran aku sm rasanya

    ReplyDelete
  26. Aku belum pernah cobain Tauco sih Mbak. Jadi nggak tau juga rasanya. Eh namanya lucu juga ya. CAP Meong. Kenapa aku jadi ingat mpus ya

    ReplyDelete
  27. Wah gak nyangka di Cianjur ada tauco yang recommended yaa, moga bisa ke Cianjur kapan2 dan nyari tauconya :D
    Bisa buat campuran masakan juga kan ya? Tumis2 gtu pasti rasanya tambah enak, nyaam

    ReplyDelete
  28. Duh, Tauco kesukaankuuu..sayang, aku gak bisa masaknya..dulu Nenek sepupu jago banget masak pakai tauco. Bisa nambah nasi.

    ReplyDelete
  29. Mbak Dedew aku dulu cuma tau makanan yang dimasak pake tauco cuma daging karena mamaku suka masak tauco daging. Sampe aku diajak ke kampung ipar di Tegal diajak makan Soto Tauco baru tau ternyata tauco enak juga dimasak selain sama daging hahaha. Tauco Meong legendaris banget ya Mbak udah dari 140 tahun. Boleh juga itu jadi ide oleh-oleh dari Cianjur.

    ReplyDelete
  30. Wah ini tauco terkenal yah teh? Aku salah satu penggemar tauco nih teh, semua masakan yang menggunakan tauco pasti aku suka dan lahap banget makanyaa hehe. Kalo main ke Cianjur, mau beli ah hehe

    ReplyDelete
  31. Ya ampuun. Ini ibuku suka beli. Enak dimasak sama tahu. Atau gurame. Atau dengan udang+cabe ijo. Jadi lapar

    ReplyDelete
  32. Aku pernah baca ini beberapa tahun yang lalu, tapi belum tertarik karena jarang pesan makanan online. Tapi mendengar Mbak Dewi ngomong ini, aku jadi penasaran sekarang. Kayaknya kudu dicobain dengan beli langsung di Cianjur. Kalau dibawa per kurir delivery antar provinsi, kayaknya takut rusak di jalan.

    ReplyDelete