Menikmati Sarapan Enak di Warung Soto Gading 2 di Solo

Dear Pejalan Santai,

Selamat tahun baru 2021 ya! Sudah beberapa waktu aku tidak menulis di blog ini. Kangen. 


Warung soto ayam gading 2 Solo

Efek pandemi bikin aku hanya di rumah saja. Paling keluar rumah untuk ke warung, ATM, supermarket dan rumah mertua hiks. Makanya, blog ini jadi penuh sarang laba-laba.

Kali ini, aku ingin berbagi tentang warung soto ayam Gading 2 yang legendaris di Kota Solo. Aku ke sana bersama keluarga besar sekitar bulan November tahun 2019 lalu. 


Warung soto ayam gading 2 Solo
Soto Gading beken di kalangan penikmat kuliner Solo apalagi soto ini jadi langganan Pak Jokowi beserta keluarganya. Beliau sering mampir di warung soto Gading 1 jika sedang ada di Kota Solo. Tak hanya beliau, petinggi lain pun banyak yang menggemari soto ini. 

Saat aku berkunjung ke sana pagi itu, suasananya ramai sekali sampai rombongan kami terpisah duduknya. Memesan makanan pun menunggu cukup lama karena pengunjung padat. 


Warung soto ayam gading 2 Solo

Tapi, aku betah tuh duduk di bangku dengan meja kayu panjang dan sederhana, menikmati suasana hiruk-pikuk pengunjung yang kelaparan ingin sarapan. 


Baca Juga: Staycation di Hotel Quest Semarang


Tak terbayang di benakku tak lama dari acara sarapan bareng itu, kita tak bisa lagi berkumpul dalam satu ruangan tanpa menjaga jarak dan memakai masker. Ataupun tanpa rasa khawatir tertular penyakit mematikan. Hiks. 


Warung soto ayam gading 2 Solo

Warung soto ayam gading 2 Solo

Ya, wabah Covid membawa perubahan di semua bidang. Bahkan, Kota Solo sempat menutup kotanya alias lockdown karena Solo menjadi daerah zona hitam Covid. Huhu. 


Balik ke topik, hehe. Sebenarnya menu di rumah makan Gading 2 yang beralamat di Jalan Veteran, Solo ini cukup banyak. Bahkan ada nasi pecel, lho. Tapi, yang utama sih memang sotonya. Tak seperti rumah makan lain, menu pelengkap soto di sini banyak sekali!


Baca Juga:

Collabox Co Working Space di Semarang


Menu pelengkap itu sudah tersaji di setiap meja, tinggal menunggu kita santap sambil menunggu hidangan utama. Sebut saja tahu dan tempe goreng, perkedel, empal, sate kerang, sate telur, aneka kerupuk hingga jeroan! Iya, aneka jeroan banyak sekali terhidang di meja. 

Duh, soto ayamnya sih aman, jeroannya iki sumber kolesterol ya! Huhu. Tapi, saudara-saudaraku santai saja menyantapnya, hehe. Kami pun memesan soto ayam, dengan nasi putih dan teh hangat. Wah, laparnya! 


Warung soto ayam gading 2 Solo


Sambil menunggu kami mengobrol seru. Pelayan lalu-lalang dengan lincah membawa nampan berisi soto dan gelas minuman. 


Tak lama kemudian, pesanan kami tiba. Semangkuk soto ayam dengan kuah kental bening yang mengepul panas. Kaldunya sedap walau tak dicampur sambal ataupun kecap. Isinya soun, suwiran daging ayam, bawang goreng dan potongan seledri sebagai pelengkap.


Oh iya, Kita bisa memesan soto dengan nasi terpisah atau dicampur. Ah, sedap sekali sarapan pagi di Kota Solo saat itu. Sungguh, rasanya kangen pengen menjelajahi Kota Solo lagi! 


Warung Soto Ayam Gading 2

Jalan Veteran No. 285, Solo.

Buka setiap hari Pukul 06.00-15.30 WIB.





You Might Also Like

31 comments

  1. Aku penggemar soto nih, waah kauh soto bening kental, ahh jadi penasaran. Nanti kalo mudik ke Solo mo nyobain ahh, kulineran begini tuh menyiapkan perut kosong biar makin menikmatii. Apalagi kalo bareng orang2 tersayang yaa.

    ReplyDelete
  2. DUlu setiap ke Kudus suka deh makan soto KUdus. Pas ke Solo belum nyoba makan soto gading, Kayaknya pengen nyoba deh. Lezat tampaknya :)

    ReplyDelete
  3. kemarin sempet ngobrol sama bokap nyokap dan suami buat melakukan road trip keliling pulau Jawa, salah satunya mau ke Solo buat menikmati kulinernya

    ReplyDelete
  4. Hujan-hujan gini jadi pengen makan soto panas juga. Aku tim yang gak campur. Nanti kalau ke sana, pesanannya pisah aja ya. Soal jeroan, aku doyan tapi emang gak boleh sering-sering makannya

    ReplyDelete
  5. Favorit deh soto macem ini, apalagi dimakan pas ujan anget2 beuh.. karena di tempat saya, soto itu ya kuah kuning yang disiram ke lontong, bukan bihun hehhe.. tapi saya lebih suka yang versi bihun :)

    ReplyDelete
  6. Duh, kangen sarapan di luar atau di pinggir jalan sesudah jalan pagi nih mbaak
    Sejak pandemi udah gak berani lagi huhuhu

    Wah, aku doyan banget makan soto yang pake tambahan sate gitu mbaaak
    Kuahnya bening pulak, lebih suka yang bening dari pada kuah kuning atau santan hehe

    ReplyDelete
  7. Enaknyaaa.. untuk soto, aku dan suamiku punya selera berbeda dalam cara makan. Aku lebih suka dipisah, sementara suamiku lebih suka dicampur langsung dengan nasinya, tapi kalau untuk urusan porsi, kami sama-sama suka nambah, wkwk. Sesuka itu dengan Soto, dan bikin nyobain yang di Solo ini, huhu semoga after corona bisa kesana, Amiiiin

    ReplyDelete
  8. Duh jadi laper buka postingan tentang soto ini... Kayak nasib blogku satunya nih kak..hahah 2 kali diperpanjang tapi gak ada postingan baru..huhuhu

    ReplyDelete
  9. serunya makan soto, terutama soto solo nih klo buat aku adalah mendaftar menu pendampingnya segala macam sate2an itu hahaha...
    gak sah makan sotonya klo gak pake sate rempela ati dan kawan2nya

    ReplyDelete
  10. Kalau udah makan soto, pura-pura lupa deh sama kolestrol. Hehe..
    Warung soto gading ini favoritenya pak Jokowi, toh kalau ke Solo, perlu makan ke sini nih.

    ReplyDelete
  11. Saya lebih suka makan soto dengan nasi terpisah. Kangen juga ya makan di resto seperti ini. Cuma kalau lagi pandemi harus mikir panjang

    ReplyDelete
  12. Jadi penasaran dengan rasa soto gading nih. kalo diliat dari penampakannya mirip dengan nasi sop Banjar. Bening. Kalo di kotaku, soto itu pake ketupat dan sop dengan nasi.

    ReplyDelete
  13. Favorit banget nih soto kuah bening seperti di Warung Soto Gading..segernya, apalagi ada pilihan lauk pauk penyerta, nikmat sekali

    ReplyDelete
  14. Hm boleh nih, kalau ada rezeki ke SOlo, makan soto gading tapi tanpa jeroan ya ...

    ReplyDelete
  15. Makin kangen sama Solo. Dulu pas ke Solo belum sempat nikmatin Soto Gading.

    Jeroan emang bikin kolesterol melonjak, ya. Tapi enak hihi

    ReplyDelete
  16. Wah, soto langganannya pak Jokowi ternyata. Soto ya bening ya mbk. Aku pecinta soto, seger aja gitu. Paling suka kalo ada pelengkap ya, telur puyuh, tempe goreng, ati ampela dll..

    ReplyDelete
  17. Lezat dan mantap ini mbaaa. Kalo aku kok jadi inget SGPC yg ada di Jogja ya karena ada menu nasi pecel dan juga nasi sop. Jujur aku sendiri belum benar-benar explore Solo sih, ini bisa jadi rekomendasi untuk kulineran kalau ke Solo

    ReplyDelete
  18. Menggoda selera banget ini
    Apalagi makan soto ditambah perasan jeruk nipis
    Nasi bakalan tambah terus

    ReplyDelete
  19. Duh kangen nyoto model ginian. Ada sate uritannya plus kuahnya panas

    ReplyDelete
  20. soto di solo ini beda ya mbak dgn soto lamongan, sbg orang jatim aq jarang makan soto bening spt ini
    makanya klo ke solo aq juga nyempetin makab soto

    ReplyDelete
  21. Kalau makan soto biasanya saya banyakin kotanya mbak. Warung soto ini ternyata langganan presiden pak Jokowi ya, jadi penasaran dengan rasa soto ini deh

    ReplyDelete
  22. Aku suka banget soto2 bening kayak gini, sayang di daerahku masih sedikit yang jual. Lebih banyak soto dengan kuah santan, atau sroto dengan sambel kacang.

    ReplyDelete
  23. I feel you, mau makan dine-in yang santai gitu enggak kepikiran orang sebelah batuk atau gimana. Kapan yaa itu terjadi, hopefully soon!
    Btw, soto di Solo itu soto bening, ya.

    ReplyDelete
  24. Ini yang aku suka kalau di Jawa, banyak menu pelengkapnya. Sate-satean itu sungguh menggoda. Di Palembang jarang warung soto sediain. Paling soto tok doang >.<

    ReplyDelete
  25. enaknya sotonya jadi kangen soto jawa, kalau di sini itu susah banget yang rasanya njawni banget

    ReplyDelete
  26. Beberapa waktu yll -sebelum pandemi- sempat ke Solo tapi kami memilih makan Sate Hj.Bejo. Insya Allah, next time ke Solo lagi, cobain soto ini.

    ReplyDelete
  27. Semangkok soto harganya berapaan, Mbak Dedew? Aku paling demen soto ayam, soto daging tanpa gajih dan dalaman hewan hehehe :) Ruame bener ya makan di tempatnya sampai mbak dkk duduknya jadi terpisah gitu :D

    ReplyDelete
  28. Wah, ada warung Soto kesukaan Pak Jokowi ya. Waktu ke Solo cuma mampir ke Es Dawet Telasihnya Bu Dermi aja.

    Duh, semoga cepat berlalu ya kuliner ini, jadi saya bisa cobain makanan ini :)

    ReplyDelete
  29. Eh kuahnya kental, mbak? Kirain encer gitu karena melihat warnanya yang bening banget. Menu pendampingnya banyak banget dan justru bikin makin kalap ya xD

    ReplyDelete
  30. Aku juga suka soto mbak. Tapi paling suka soto Kudus. Makan soto itu sukanya sama makan lauknya ya. Beraneka sate (sate telur, jerohan, dll) dan perkedel.

    Kalau di Solo aku belum pernah sengaja makan soto di Solo. Jarang juga sih ke Solo. Seringnya Jogja.

    ReplyDelete
  31. sebagai pecinta soto, harus cobain nih kayanya soto ini kalo nanti ke Solo. Ya ampun, mikirinnya udah bikin ngiler, huhu. Semogaa yaa bisa cepet2 kayak dulu lagi, bisa jalan ke mana-mana lagi ini ya kita yaa

    ReplyDelete