Advertisement

Jelajah Mercusuar Pulau Lengkuas, Belitung

Dear Readers,

Selamat hari Kamis!
Kali ini aku ingin mengajak Readers untuk piknik ke Pulau Lengkuas, Belitung. Berkunjung ke Belitung adalah salah satu impianku. Apalagi setelah nonton Laskar Pelangi hihi.

Jepretan Mas Hari JT bersama seluruh peserta trip

Mengunjungi Belitung bersama sahabat-sahabat blogger dipandu Visca Tour milik Mas Hari JT memang kenangan indah. Apalagi, kami sempat diajak berkunjung ke rumah Ibu Muslimah, guru kesayangan Ikal alias Andrea Hirata di novel Laskar Pelangi.

Hari kedua, kami diajak Mas Hari JT dan Mas Romi Belitong dari Visca Tour untuk island hopping. Dengan naik bus mini sekitar 30 menit dari kota, kami menuju Pantai Tanjung Kelayang untuk melengkapi diri dengan pelampung.

Mercusuar Pulau Lengkuas Belitung dari kejauhan

Ya, prosedur standar pelancong yang ingin naik perahu bermotor menjelajahi pulau adalah mengenakan pelampung. Kami juga mencoba fin, sepatu untuk snorkeling.

Setelah memakai perlengkapan, kami berfoto bersama lalu naik ke perahu. Duh, ngeri! Hihi. Tapi naik perahu mengasyikkan sih walau joget-joget diayun ombak yang cukup besar kala itu.

Rombongan pun berangkat soo excited!
Cipratan air laut menghempas manja di wajahku. Di kejauhan, nampak Pulau Burung, satau ada juga yang menyebutnya Pulau Batu Garuda.

Mercusuar Pulau Lengkuas Belitung
Sudah standb by di perahu siap brrangkat hopping island

Sebuah pulau seluas dua hektar dengan bebatuan besar berbentuk kepala burung. Wow. Beneran mirip! Hanya kami tidak mampir kesana.

Ada juga pulau kecil berdiameter 10 meter saja yang bisa kita kunjungi saat air laut surut untuk berfoto dan main air. Jika air laut pasang, pulaunya tenggelam! Duh, apa ya nama pulaunya? Oh iya, Pulau Pasir! Ada bintang lautnya! Amazing!

Tak lama, kami tiba di Pulau Lengkuas.
Ramadan lalu, sebuah bank nasional membuat video menyentuh tentang penjaga mercusuar dan ternyata lokasinya di pulau ini. Aak, kangen!

Nggak nyangka.
Dulu hanya punya kaus bergambar mercu suar ini oleh-oleh Ayahku dan akhirnya tercapai impian main kesini. Alhamdulillah!

Pulau Pasir yang tenggelam jika air pasang

Mercusuar ini tingginya sekitar 60-70 m. Dibangun tahun 1882. Tingkatnya adalah 18 tingkat, Readers. Setiap tingkat pemandangan ala kartupos bisa kita saksikan dari jendela. Jadinya, pernjalanan menuju puncak jadi lama sekali.

Selain berjalan perlahan untuk mengatur napas, juga karena sebentar-sebentar kami berhenti di tiap tingkat untuk menikmati keindahan yang tersaji dari balik jendela. Tsaah!

Foto jepretan Mbak Samsiah Shafaa di bawah mercusuar

Kata Mbak Rien, travel blogger hits, Mercusuar Pulau Lengkuas ini baru saja selesai dicat dan didandani. Waktu ia kesana, mercusuar ini terasa spooky, dan ketika kami datang, dinding bagian dalam sudah dicat putih, memberi suasana bersih dan apik.

Bintang laut yang terdampar di Pulau Pasir

Untuk masuk, tidak dikenai biaya.
Pengunjung wajib mengeringkan kaki dan melepas alas kaki agar menara tetap awet dari air laut yang membuat keropos. Kami juga tidak boleh bawa minuman, hiks.

Dijepret Mbak Rien di tingkat 17 Mercusuar Pulau Lengkuas Belitung

Lumayan encok menaiki mercusuar yang makin lama makin sempit. Nggak sia-sia naik ke atas. Pemandangannya luar biasa.

Deg degan tapi mupeng liat pemandangan Belitung (Foto Hari JT)

Apalagi saat kita sampai di puncak dan memandangi Belitung dari ketinggian. Subhanallah. Indah. Angin bertiup nggak santai dan perutku mules, lutut gemetar, haha. Eyke keder, Boiiii!

Setelah puas menikmati pemandangan, kami turun kembali dan nongkrong di warung yang menyediakan kelapa muda. Oh iya, duduk di warung ini ada tarif nongkrongnya lho. Disebelah warung ada kolam penangkaran penyu.

Ya Allah, semoga suatu hari ada rezeki bisa bawa bocah-bocahku kesini, ke Mercusuar Pulau Lengkuas Belitung. Pasti mereka bahagia banget!