Kenyalnya Bakso Goendoel di Baranangsiang Bogor

  • Saturday, December 15, 2018
  • By Dewi Rieka
  • 28 Comments

Dear Pejalan Santai,
Bakso sudah menjadi makanan kebangsaan masyarakat Indonesia. Walaupun di Bogor  sudah banyak kafe dan restoran yang menyajikan menu internasional seperti burger, pizza dan mi ramen, kepopuleran bakso sebagai makanan kegemaran masyarakat Indonesia tak jua bergeser.

Bakso Goendoel Bogor
Bakso Goendoel Baranangsiang Bogor

Mulai dari pedagang bakso kaki lima hingga restoran bakso yang mewah desainnya. Semua memiliki penggemar tersendiri. Bogor memiliki banyak kedai bakso beken misalnya Bakso Boedjangan dan Bakso Boboho.

Beberapa waktu lalu, aku mampir ke sebuah kedai bakso yang terbilang baru di Bogor. Namanya unik, Bakso Goendoel. Berlokasi di Jalan Villa Duta III No.12 Bogor. Kedai ini baru buka sekitar Bulan Februari 2017 lalu.

Bakso Goendoel Baranangsiang Bogor
Sajian kedai ala prasmanan

Tak jauh lokasinya dari SMAN 3 Bogor dan RS Bogor Medical Center (BMC). Ternyata, kedai ini adalah kedai Bakso Goendoel yang ke-6 di Bogor! Lho, aku ke mana saja kok tak tahu? Hehe. Selain di sini, ada juga di Teras Yasmin, Bogor.

Kedainya unik karena hanya semacam pendopo alias ruang terbuka yang luas, Pejalan Santai. Mirip bentuk kedai soto Ibu Rahayu yang juga berlokasi di jalan Villa Duta III. Villa Duta sendiri adalah perumahan  besar yang cukup mewah di Bogor.

Bakso Goendoel Baranangsiang Bogor
Berpose di sudut Bakso Goendoel

Bakso Goendoel Baranangsiang Bogor
Daftar menu Bakso Goendoel

Dulunya, jalan ini termasuk gelap dan rawan kejahatan kalau malam. Sekarang, jalan ini dipadati berbagai kafe dan restoran yang ramai pengunjungnya.

Saat kami ke sana, pengunjung cukup ramai. Untung dapat tempat parkir. Kami bertiga segera mengantre. Alunan merdu penyanyi dengan iringan orgen terdengar membawakan lagu-lagu nostalgia. Berasa sedang di kondangan! Hehe.

Bakso Goendoel Baranangsiang Bogor
Pilih sendiri bakso kesukaanmu

Model kedai bakso ini adalah prasmanan. Kita tinggal memilih bakso dan kelengkapan yang kita inginkan di etalase. Aku yang baru pertama kali melipir ke Bakso Goendoel kebingungan dibuatnya.

Bagaimana tidak?
Berbagai pilihan bakso khas Malang terpampang nyata di depan mata. Jadi bingung kan Cyiin! Biasanya kalau makan di kedai bakso biasa kita tinggal pesan bakso urat atau bakso yang di dalamnya telur puyuh. Tak berapa lama, pesanan angsung diantarkan tukang baksonya. Lah, kalau ini?
Bakso Goendoel Baranangsiang Bogor
Pangsit cumi dan udang bikin gagal diet

Bakso Goendoel Baranangsiang Bogor
Ada tahu bakso dan siomay ayam.

Tengok saja, ada pilihan bakso super urat, bakso super halus, bakso keju, bakso  gepeng, bakso keju, bakso telur puyuh, bakso pedas, tahu bakso, bakso goreng pedas, bakso goreng talas, serta pilihan siomay ayam, siomay sapi, dan pangsit dengan banyak pilihan isian! Hayoo! Kudu salat Istikharah dulu menentukan pilihan ya, Cyiin! Haha.

Bakso Goendoel Baranangsiang Bogor

Bakso Goendoel Baranangsiang Bogor

Setelah itu, kita pilih jenis mi serta minuman. Ada berbagai jenis minuman seperti teh, jus buah hingga berbagai jenis es unik seperti es anti galau dan es anti stres. Makin bingung, kan! Haha. Setelah pesanan komplet, kita tinggal menyerahkan mangkuk kita ke kasir untuk dihitung. Selain bakso, ada juga menu rawon, nasi goreng, gado-gado, hingga sop buntut dan siomay.

Bakso Goendoel Baranangsiang Bogor
Baksonya menggiurkan 

Bakso Goendoel Baranangsiang Bogor

Harganya lumayan terjangkau, baksonya Rp4500 per buah sedangkan minuman paling mahal sekitar Rp25.000. Ada pojok bermain untuk anak juga lho. Untuk bumbu pelengkap seperti kecap, sambal dan lainnya bisa kita ambil sendiri di gerobak yang diletakkan di tengah-tengah kedai.

Bakso Goendoel Baranangsiang Bogor

Bakso Goendoel Baranangsiang Bogor

Kita juga bisa mengadakan acara pribadi seperti ulang tahun atau arisan lho di kedai ini dan bisa menampung sekitar 30 orang tamu.

Rasanya? Baksonya enak, lho. Kenyal dan berasa daging sapi banget. Kuahnya mantap dan berasa kaldunya, tidak melulu berisi licin, hehe. Baksonya nendang baik dari segi ukuran dan rasa. Jadi, tidak rugi deh makan bakso di Bakso Goendoel Bogor.

Bakso Goendoel Bogor
Jl. Villa Duta III No.12, Baranangsiang,
Bogor, Kota Bogor,
Buka Setiap Hari
Pukul 08.00-22.00 WIB

You Might Also Like

28 comments

  1. aaa aku belum ke sini. jadi kabitaa...
    gawat jg kalo prasmanan gitu. takut kalap euy hahaha

    ReplyDelete
  2. wahhh jauuhhnyaa di Bogoorr.. padahal aku lagi pengen basksoo...

    ReplyDelete
  3. Waah bisa jadi referensi kuliner kalau pas ke Bogor nih...rencana tahun depan mau ke bogor ke rumah Pakde :)

    ReplyDelete
  4. Ini konsepnya unik nih, Mbak. Makan bakso tapi prasmanan. Harganya terjangkau pula. Kalo mau kenyang ya bayar agak mahal, kalo mau biasa2 aja ya disesuaikan sama kantong ya.

    ReplyDelete
  5. Modern banget warung baksonya 😍 kapan ke Bogor coba icip disini ah

    ReplyDelete
  6. Keren sekali tempatnya. Isian baksonya jg kyknya pada premium semua ya penampakannya. Kok aku ga tau ya pas tinggal di bogor?

    ReplyDelete
  7. Oalah di villa duta tho, pantes gak lihat bakso goendoel, agak ke dalam kan ya kalau villa duta

    ReplyDelete
  8. Wah aku baru aja dari Malang, dan nyoba bakso yang komplit isiannya. Kalo Bakso Malang biasanya model prasmanan ya mba, enak bisa memilih sesuai selera. Tapi jadi bingung, hahahaa

    ReplyDelete
  9. Waaah..liat resto dan penyajiannya, aku jadi teringat bakso Boedjangan deket Pejaten Villae Mall de. Bakso Goendoel ini prasmanan juga ya jadi kita enak pilih2 semangkok mau isi aja aja. Rp 4.500 lumayan terjangkau. Boleh ah, mau bandingin sama bakso seuseupan hahaha :D

    ReplyDelete
  10. Kapan-kapan nyobain aaah... enak kayaknya tuh

    ReplyDelete
  11. Bakso, apalagi ditambah pangsit itu juara bgt. Bikin ga pengen berhenti makan. Kenyang pun, masih pengen nambah lagi. Jadi penasaran sama bakso goendol ini.

    ReplyDelete
  12. Ke bogor harus nyobain ini nih 😊

    ReplyDelete
  13. Bakso Goendoel ini memang trending topic banget di Bogor, sempat dikunjungi sama Kang Peppy juga, kan ya, Mbak.

    ReplyDelete
  14. jadi pengn ngebakso..noted ah siapa tahu ada kesempatan ke bogor..

    ReplyDelete
  15. Jadi laper liat bakso malang saat jam makan siang gini.

    Aku pecinta bakso malang banget. Bisa kalap nih kalau mampir ke sana.

    ReplyDelete
  16. Pilihan baksonya macem-macem gak cuma ayam ya..pangsitnya aja ada pangsit cumi dan pangsit udang...jadi pengen

    ReplyDelete
  17. Ambil sendiri ya baksonya? Asyik dong bisa pilih pilih yang mana yang disuka

    ReplyDelete
  18. Namanya unik dan bikin pingin nengok untuk mampir. Tempat makannya juga luas yaa, ada playgroud pula untuk anak. Baksonya juga banyak pilihan ya, jadi list rekomendasi tempat makan kalau ke bogor. Makasih ya

    ReplyDelete
  19. Asyiknyaaa kalau model prasmanan begini. Bisa pilih sesuka hati. Apalagi saya rewel soal model gorengan yg masuk ke mangkok. Ahahah

    ReplyDelete
  20. Ya Allah aku kudu ngakak yang bagian milih bakso harus sholat istikharoh dulu. Wah tapi aku juga pasti bingung nih kalau disuruh milih, meuni favorit semua lagi!

    ReplyDelete
  21. Woahh lengkap banget ini mbak Bakso Goendoel, ada beragam jenis bakso, iya bakalan pusing mau ambil makanan yang mana hhheee
    KAlau nunggu istikhoroh dulu, ntar pas nggak jadi jadi maemnya mbak eheheheee
    Kalau ke Bogor kudu mampir ke tempat ini deh heee

    ReplyDelete
  22. Baksonya milih sendiri gitu, jadi bisa amnil sesuai selera. Lokasinya juga sangat luas dan terlihat nyaman banget. Ditambah lagi ada area bermain anak-anak. Komplit deh restoran Bakso Goendoel ini.

    ReplyDelete
  23. jadi kangen main ke Bogor. Kuliner di Bogor itu beragam dan enak-enak. Boleh nih ajak keluarga makan bakso Goendoel.

    ReplyDelete
  24. Salaaah niii, mampiirrnyaaa pas postingan bakso dan blm sarapan. Huaaa, aku jadi pengin ni mba Dew, hayooookk kapan ajakin?

    ReplyDelete
  25. Wah, lengkap sekali. Aku mau bakso urat, pake siomay, pakai pangsit, pakai mie, pokoknya semuanya..haha..Pasti enak sekali :)

    ReplyDelete
  26. Oh iya, ini bakso ala2 Malang karena pilihannya banyak. Enaknya bakso malangan, ngga terlalu banyak gajih ya, mbak.

    Duh pengen jadinya,
    Bakso sama mie itu makanan favorit..

    ReplyDelete
  27. Lucu juga nama baksonya. Bakso Goendoel. Bukannya bakso itu emang gundul ya? Kalo ada rambutnya malah ngeri hehe

    ReplyDelete