5 Jenis Makanan Khas Semarang Yang Enak!


Hai, Hai Pejalan Santai!
Bertemu lagi dengan Nailah. Hm, Kalian tahu tidak? Di Semarang, banyak sekali kuliner enak. Banyak turis asing berkunjung ke Semarang untuk wisata kuliner. Kalian mau tahu apa saja makanan khas Semarang? Intip yuk, artikel aku kali ini!

5 Jenis Makanan Khas Semarang Yang Enak!
Toko Oleh-oleh Bandeng Juwana Elrina 

1. Lumpia

Makanan ini sering sekali ditemui di pinggir jalanan Kota Semarang.  Lumpia adalah gorengan yang berisi rebung dan daging ayam, sapi, udang, bahkan kepiting. Bila tak pandai mengolah rebung untuk lumpia, lumpia akan berbau tidak enak.

5 Jenis Makanan Khas Semarang Yang Enak!

Toko lumpia yang sudah lama berdiri adalah Lumpia Cik  Me Me. Yang terletak di Jalan Gajah Mada no. 107, Miroto, Semarang. Lumpia Cik Me Me ini banyak dicari orang, lho!


5 Jenis Makanan Khas Semarang Yang Enak!

2. Tahu Baxo

Tahu Baxo ini sering dicari orang saat pergi ke Semarang. Sebenarnya, jajanan ini dari Ungaran, lho.

5 Jenis Makanan Khas Semarang Yang Enak!
Tahu baxo (www.seputarsemarang.com)

Tahu baxo enak untuk dinikmati sendiri ataupun dijadikan oleh-oleh. Tahu Baxo  adalah tahu yang diberi sepotong bakso di dalamnya. Biasanya dijual dengan digoreng, banyak orang yang suka membawanya ke rumah dalam bentuk tahu rebus, dan menggorengnya sendiri di rumah.

Toko yang terkenal dan sering dikunjungi toko Tahu Baxo Bu Pudji. Kalian bisa mengunjungi toko Tahu Baxo Bu Pudji di Jalan Sukun Raya no. 11, Banyumanik. Pusatnya sih di Ungaran.

3. Bandeng Presto

Bandeng Presto ini banyak dijadikan oleh oleh khas Semarang, hampir semua turis dari luar negeri maupun dalam negeri sering mengunjungi toko bandeng presto untuk membeli oleh-oleh dari Semarang.

5 Jenis Makanan Khas Semarang Yang Enak!
Bandeng Presto

Bandeng ini gampang sekali dimakan karena memiliki duri yang lunak, bandeng ini telah di presto agar durinya lunak. Salah satu restoran dan toko Ikan Bandeng Presto yang memiliki banyak pengunjung adalah resto Elrina. Restoran dan toko Bandeng Elrina ini ada di Jalan Pamularsih Raya no. 70, Bongsari, Semarang. Oh iya, di Jalan Pandanaran juga ada!

4.  Kue Moaci

Kue Moaci ini rasanya sangat manis, kue ini berisi kacang dengan macam macam rasa. Ada rasa durian, kacang hijau, cokelat. Bedanya dari kue mochi Sukabumi, karena lebih besar. Dan bentuk kotak kemasannya juga beda.

5 Jenis Makanan Khas Semarang Yang Enak!
Kue Moci Semarang 

Seringkali ada orang berkeliling Kota Semarang hanya untuk mencari kue Moaci ini. Toko yang paling terkenal adalah toko Kue Moaci Gemini di Jalan RA. Kartini No.19, Karangturi, Semarang.

5. Mi Kopyok

Mi kopyok khas Semarang ini sering dicari orang untuk makan siang. Kedai mi kopyok ini lebih penuh dan ramai saat makan siang.


Mi kopyok Pak Dhuwur

Mi kopyok berisi mi kuning, tahu, potongan daging, toge dan lainnya. Kedai mi kopyok yang paling ramai saat jam makan siang adalah Kedai Mi Kopyok Pal Dhuwur yang alamatnya di Jalan Tanjung No. 18, Pandansari, Semarang. Sudah ada yang pernah kamu cicipi belum, Pejalan Santai? Yuk, piknik ke Semarang! (Penulis: Nailah Aieola Nabihah, Ungaran)













You Might Also Like

30 comments

  1. Baru tau soal mi kopyok. Ngiler langsung. Rasanya manis apa gurih mbak?

    ReplyDelete
  2. Lumpia semarang yg paling enak. Dulu sekali ke sana n nyoba...rebungnya gak bau. Kalau di sidoarjo sini ada jg sih yg jual. Tapi rasanya kurang mantap

    ReplyDelete
  3. Dari ke-5 jenis makanan, belum pernah icip Mie Kopyok. Ajak dakuw dwooonk!

    ReplyDelete
  4. Emang enak2 semua nih.. jadi pengen ke Semarang kulineran. hehehe

    ReplyDelete
  5. Semua udah coba kecuali Mi Kopyok, next klo ke Semarang lagi harus jadi kuliner wajib nih kayaknya.

    ReplyDelete
  6. Favorit saya lumpia dan bandeng presto...yummy banget.. Membayangkan makan lumpia dengan saos bawang dan nasi panas lauk bandeng presto.. 😍😍

    ReplyDelete
  7. Cuma satu yang belum pernah aku coba, mie kopyok. Klo yang lain udah sering nyoba karena kebetulan temen kantorku orang semarang. Jdi selalu bawa oleh-oleh setiap mudik.

    ReplyDelete
  8. Aku dulu sebelum tol nyambung pulkam dari Jakarta ke Kediri biasanya mampir Semarang. Pernah nginep, mampir buat makan atau sekedar singgah cari oleh-oleh. Nah, setelah tol Trans Jawa nyambung jadi enggak singgah dong..cuma berhenti di rest area yang pilihan oleh-olehnya terbatas pilihannya. Hiks.
    Baca ini jadi mupeng lah saya..

    ReplyDelete
  9. Waduh, ini sih emang enak-enak. Aku sering dapet oleh-oleh ini. Kecuali Mi Kopyok itu. Kudu ke Semarang ya biar bisa nyicip? Mau lah ke Semarang. :D

    ReplyDelete
  10. Paling suka lumpianya. Dimakan bersama lombok sedapnya....

    ReplyDelete
  11. Tahu baxonya harus banget pake X ya mbak? Ahahah

    ReplyDelete
  12. Hai Naillah, keren banget tulisannya. Saya sering ke Semarang dan makan makanan yang ditulis di atas. Semuanya sedap. Makanya selalu kangen Semarang

    ReplyDelete
  13. Tahu baxo, bandeng dan moci idolakuuu, hahahaa. Kalo lumpia semarang favorit suamiku. Jadi rindu semarang.

    ReplyDelete
  14. Tahu baxo enak tuh kayaknya, aaah saya jadi laper mak hehehhe . Kuliner Semarang emang enak - enak yah

    ReplyDelete
  15. Harga nya mhal gk ya? Kmrin k smrg gk smpt bli

    ReplyDelete
  16. Semua makanan Semarang enak-enak banget ya Teh
    pengen makan lagi semuanya, udah lama nggak makan lunpia, tahu bakso dan semuanya yang di posting ini hahaha. Udah jarang ke Semarang aku Teh sekarang.

    ReplyDelete
  17. Aku tuh dari 2015 mau ke Semarang. Udah 4 tahun masih aja belum terealisasi. Semoga 2019 ini aku ke sana. Lumpia yang aku paling doyan soalnya.

    ReplyDelete
  18. Yang paling aku suka mie kopyok. Kalo pulang ke Semarang pasti selalu cari mie itu

    ReplyDelete
  19. Duh enak semua yaaa. Aku yg blm pernah makan mie kopyok :D . Jd penasaran sama rasanya :D Lumpia yang paling aku suka, begitu pula tahu bakso.

    ReplyDelete
  20. Dari lima jenis makanan itu, hanya Mi Kopyok yang belum kucoba.. Jadi penasaran

    ReplyDelete
  21. Mie kopyok blm pernah. Paling suka sih kue moaci. Kenyel²apalagi yg tabur wijen. Nah, kalo bandeng itu selalu beli untuk oleh²…

    ReplyDelete
  22. Nasi Goreng Babat paporitmu ndak masuuk ?? Hehehe. Penasaran sama Mie Kopyok belum pernah coba deh

    ReplyDelete
  23. Aku 3 makanan awal udah kenal dan doyan banget. Tapi kalau 2 akhir malah belom pernah nyobain.
    Kayaknya kurang sering main di sana ya 🤣

    ReplyDelete
  24. Dari lima kuliner itu, cuma 1 yang blom pernah gua icip, mie kopyok.

    ReplyDelete
  25. Wuih, Nai udah jago nulis juga kaya mamanya.
    Btw, tahu petis kok nggak dimasukin ke daftar Nai. Eh, ada tahu gimbal juga lho yang enak, wedang kacang tanah juga.
    Eh, daftarnya jadi tambah panjang.

    ReplyDelete
  26. Kangen lumpia semarang. Waktu mamah saya dari Semarang, bawain lumpia lumayan banyak. Sebagian besar, saya yang habisin hehehe

    ReplyDelete
  27. kenapa cuman lima kak? buanyaak lhoo makanan khas Semarang yang enak

    ReplyDelete
  28. mi kopyok ada cabangnya di banyumanik. tinggal koprol dari rumah.
    makanan murah meriah tapi ngangeni. hihihi

    ReplyDelete
  29. Lumpia, bandeng presto tuh udah legend banget buat Semarang..

    ReplyDelete