Menengok Keindahan Hutan di Museum Kehutanan Manggala Wanabakti Jakarta

Dear Pejalan Santai,
Kali ini aku akan mengajak kalian piknik ke Museum Kehutanan Manggala Wanabakti di Jakarta. Kami sering berkunjung ke Manggala karena Abahku masih bekerja disini. Jadi sambil menunggu Abah, bisa sekalian nongkrong di Arborea Cafe atau main ke museumnya.

Museum Kehutanan Manggala Wanabakti Jakarta
Museum Kehutanan Manggala 
Museum ini berada di Kawasan Manggala Wanabakti, yang menjadi kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Jika kita menuju ke bagian samping kiri gedung utama, maka kita menemukan  Arboretum atau Taman Hutan Persahabatan Ir. Lukito Daryadi. Nama hutan ini diambil dari nama aktivis lingkungan hidup, Bapak Lukito Daryadi.

Di tengah hutan ada tulisan Arboretum Lukito Daryadi dan seni instalasi atau patung besar berbentuk pohon yang kini dicat warna emas. Ternyata, hutan ini semakin tertata rapi dan asyik untuk dikunjungi, Pejalan Santai.

Museum Kehutanan Manggala Wanabakti Jakarta
Arboretum yang bersih dan nyaman


Jika ingin main ke Arboretum Kafe tinggal jalan kaki saja menyusuri setapak dibelakang instalasi pohon tadi. Taman ini dilengkapi kursi besi  untuk tempat istirahat para pengunjung. Teduh banget rasanya, asyik deh untuk duduk dan membaca di hutan ini. Nggak sangka kan, ada hutan di tengah Kota Jakarta?

Luasnya sekitar 7000 meter persegi dengan sekitar 394 pohon dari 78 jenis tanaman. Hutan ini sudah dibangun sejak tahun 1978. Setiap pohon diberi papan kecil yang bertuliskan nama pohon beserta nama latinnya. Bagus untuk menambah pengetahuan kita tentang tumbuhan. Asyik juga mengajak anak-anak piknik ke sini, ya.

Museum Kehutanan Manggala Wanabakti Jakarta
Kereta uap di halaman museum
(Foto: Jakartamuseum.go.id) 

Sedangkan kalau ingin berkunjung ke museum, dari pintu masuk utama kita memutar melewati lobi gedung utama dan akhirnya akan menemukan gedung bertuliskan Museum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Museum Kehutanan ini satu-satunya di Jakarta, lho. Museum ini diresmikan tahun 1983 oleh Presiden Soeharto.

Setelah mengisi buku tamu di pintu masuk, kita akan diberikan karcis masuk. Oh iya, masuk museum ini gratis lho. Kita akan disambut pohon jati yang sudah berusia 139 tahun. Coba bayangkan, peristiwa apa saja yang telah disaksikan oleh pohon raksasa ini selama nyaris dua abad? Amazing.

Museum Kehutanan Manggala Wanabakti Jakarta
Pohon jati berusia 139 tahun
Museum Kehutanan Manggala Wanabakti Jakarta
Pohon Jati ini sudah kayak Kapten Amerika

Ada sebuah prasasti yang menjelaskan bagaimana pohon jati ini ditemukan dan akhirnya ditebang karena usianya sudah sangat tua. Disekelilingnya, dipajang hewan-hewan hutan yang sudah diawetkan diantaranya harimau Jawa dan ular piton.

Selanjutnya, kita akan berkenalan dengan berbagai jenis kayu di hutan. Ada kayu jati, kayu meranti, mahoni, damar hingga kayu hitam yang kokoh. Anak-anakku bersemangat banget melihat pajangan berbagai jenis kayu di etalase kaca.

Museum Kehutanan Manggala Wanabakti Jakarta
Berbagai produk hasil hutan
Museum Kehutanan Manggala Wanabakti Jakarta
Museum yang lengang


Kita juga diperkenalkan dengan berbagai hasil hutan seperti kayu manis, berbagai jenis olahan kayu seperti tripleks, bubur kertas untuk membuat kertas, minyak kayu putih, madu, ukiran kayu, dan banyak lagi.

Menarik sekali untuk pengunjung mengetahui bahwa setiap bagian pohon sangat berguna. Mulai dari biji, daun, ranting, bunga, buah hingga batang kayunya. Selain itu, kita juga bisa melihat kerangka badak Jawa, juga berbagai jenis hewan langka yang sudah diawetkan seperti cendrawasih merah, dan badak. Bagaimana nasib hewan-hewannya jika hutan tak kita pelihara?

Museum Kehutanan Manggala Wanabakti Jakarta

Museum Kehutanan Manggala Wanabakti Jakarta

Nah, dimuseum ini pula, kita diajak mengenal dekat sejarah kehutanan Indonesia. Bagaimana zaman dahulu,  kayu dari hutan diangkut dengan gerobak sapi melalui medan yang sulit. Ada juga alat angkut kayu gelondongan dari hutan yang dinamakan kuda-kuda dan tanpa roda, Pejalan Santai!

Museum Kehutanan Manggala Wanabakti Jakarta

Museum Kehutanan Manggala Wanabakti Jakarta
Rimbawan Indonesia 

Dipajang juga berbagai senjata tajam dan alat pengukur yang dibawa oleh petugas kehutanan. Jadi ingat, cerita Abahku dulu yang sering keluar masuk hutan di pedalaman Sulawesi Selatan. Heroik sekali, ya. Ada juga foto semua menteri kehutanan dari pertama Indonesia merdeka hingga menteri yang kini menjabat.


Museum ini sederhana namun menarik, mengajarkan anak kita untuk mencintai hutan dan lingkungan hidup. Dan bagaimana manusia wajib melestarikan hutan agar semua makhluk hidup bisa hidup aman dan damai di muka bumi.

Museum Kementerian Lingkungan Hidup
& Kehutanan
Komplek Gedung Manggala Wana bakti
Jalan Gatot Subroto, Gelora,
Jakarta Pusat
Buka Senin-Jumat
Pukul 08.00-16.00 WIB

You Might Also Like

31 comments

  1. dari dulu kepengen ke sini, tapi bukanya pas hari kerja aja ..., jadi batal terus deh
    mbak Dedew, seni instalasi yang dekat tulisan arboretum itu ada keterangan karya siapa?

    dulu ada patung seperti itu di bundaran depan JHCC, sejak pembangunan fly over karya itu dipindahkan, nggak tau ke mana

    ReplyDelete
  2. wahhh baru tau kalau di Jakarta ada tempat kek gini mbak

    ReplyDelete
  3. aku terkezut sama ular pitonnya ternyata itu cuma awetan ya mba. Pohon jatinya superhero banget sampe hampir 2 abad

    ReplyDelete
  4. Aku pernah masuk komplek KLHK iniii, tapi waktu itu ada urusan kerjaan dari kantor jadi nggak sempet eksplor. Ternyata menarik juga ya menghabiskan waktu di Arboretum. Ada museum dan lokomotifnya pula. Diagendakan ah pas ke Jakarta lagi :D

    ReplyDelete
  5. Kaka nice info banget ini. Aku kan suka banget nih main ke Museum dan baru tau banget kalo ada museum ini. Aku mau mampir kesini ah .. Makasih yaa kak. Sangat bermafaat :D

    ReplyDelete
  6. Waah saya yang kerja di LH baru tau loh ada museum ini... Jadi pengen berkunjung kesana kalau pas ke Jkt.

    Nice info kak ^^

    ReplyDelete
  7. Berkunjung ke museum rasanya seperti melintasi lorong waktu
    Suguhan sejarah dan pengetahuan dari masa lalunya selalu menarik untuk dinikmati
    Btw, itu pohon jati ratusan tahun luar biasa ya

    ReplyDelete
  8. wah.. menarik juga ke sini sama keluarga ya... makasih infonya mbak...

    ReplyDelete
  9. Bagus banget penjelasannya

    "Coba bayangkan, peristiwa apa saja yang telah disaksikan oleh pohon raksasa ini selama nyaris dua abad?"

    Mungkin dia sudah melihat bagaimana Jakarta ini berubah total :)

    ReplyDelete
  10. Beberapa kali ke Manggala Wana Bhakti, baru tahu ada Museumnya. Eeeh...tapi ke Manggalanya Minggu sih, pas kondangan kawinan pula. Ya pantas aja engga pernah tahu dan engga mampir, kan tutup...Bagus Museumnya. Kayaknya jarang yah, ada Museum di gedung perkantoran...

    ReplyDelete
  11. Mamahku sering berenang di kolam Manggala ini. Oooh ternyata ada museumnya toh dan gratis pula ga pake HTM segala? Senin tetap buka ya mbak Dew? Soalnya di beberapa museum kan biasanya tutup hehehe. Bagus buat nambah wawasan anak2 tentang pohon2 nih.

    ReplyDelete
  12. Lebih banyak membawa anak ke museum sudah jadi rencana kami nih. Siap bookmark dan setelah libur sekolah bisa ajak anak kemari.

    ReplyDelete
  13. Akhir pekan malah gak buka museumnya, ya. Padahal biasanya paling bisa ajak anak-anak ke museum saat akhir pekan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, harusnya buka di weekend ya Tante Chi, kan pengin juga jalan2 ke sana. Kesempatan anak2 bisa maen ke sana justru pas di akhir pekan gitu.

      Delete
  14. Ini deket stasiun palmerah kan ya, wah aku malah baru tahu ada museumnya. Bayar berapa ya mbak, aku cari ngak tulisannya takutnya bacanya ketelingsut.

    ReplyDelete
  15. Aku pernah main ke cafenya tapi nggak tahu kalo deket situ ada museum kehutanannya juga. Besok main lagi ke sana ah.

    ReplyDelete
  16. Ya Tuhaaaan. Aku sering ke Manggala. Tapi ndak pernah kesini. Asik juga museumnya. Next time mau mampir ah

    ReplyDelete
  17. Wahh pengen nyobain maen ke museum Klo yang kehutanan ini baru tau kayaknya

    ReplyDelete
  18. Pas liat pohon dengan ular itu, sempat mikir: wej, berani bener anaknya mba ini deket2 ular. Rupanya pyton yg sudah diawetkan.

    Museum ini keren ya mbak, bisa melihat hutan Indonesia dari sana.

    ReplyDelete
  19. Baru ngeh banget kalo Museum kehutanan sangat indah dan menarik dikunjungi ya mbaa.jadi destinasi wisata keluarga recomended bgt

    ReplyDelete
  20. Keren banget mbak ulasannya. Btw...kukira itu ular hidup, ternyata dah diawetkan.

    ReplyDelete
  21. Mbakkk, aku pernah loh ke Manggala Wanabakti, tapi nggak tahu kalo ada kawasan hutan juga di sana. Wah kudu balik kesana lagi nih sama anak-anak. Dulu kesana jaman kuliah, hahahaa

    ReplyDelete
  22. Pernah ke gedung manggala wanabhakti, tapi nggak tahu kalo ada museumnya.... Bisa jadi salah satu wishlist kalo lagi di Jakarta. Tengkyuuu makdew...

    ReplyDelete
  23. Museum nya tampak bagus dan bersih ya mba..namun lengang. Hutan kita nya juga sangat teduh untuk dikunjungi ya .

    ReplyDelete
  24. Kemana aja aku sampr ga tau ada museum sekeren ini. Jd pengen kesana juga mbak

    ReplyDelete
  25. Baguus museumnyaa, kusuka juga ke museum biar bisa belajar sejarah n karena masuknya murcee hihii.

    ReplyDelete
  26. Aaah aku ngiri sama mbak Dew yang selalu berhasil bawa bocah jalan-jalan ke tempat-tempat seru. Pengen banget ajak anak-anak jalan, sayangnya selalu belum ada waktu. BTW, museum lingkungan hidup ini ternyata seru juga ya buat dijelajahi

    ReplyDelete
  27. wisata edukatif yang dapat memperkaya wawasan kita dan menumbuhkan semangat belajar ut anak kita

    ReplyDelete
  28. Wah asik bgt tempat kerjanya Abah. Anak2 pasti betah itu ya nungguin Abah kerja. Kak Ezra nih yg suka lama klo main2 ke museum

    ReplyDelete
  29. Waah ternyata ada museumnya juga ya. Padahal aku udah pernah lho datang ke Gedung Manggala Wanabakti ini, tapi malah ga tau kalau ada museumnya ahahaaa payah deh.

    ReplyDelete
  30. Sering lewat tetapi belum pernah masuk. Kayaknya bagus ya mbak, anak-anak diajak kesana. Thanks ya

    ReplyDelete