Sedapnya Masakan Restoran Kluwih Sunda Authentic di Bogor

Dear Pejalan Santai, waktu mudik ke Bogor, aku diajak Abahku nih makan malam di Restoran Kluwih di Bogor. Restoran ini belum terlalu lama berdiri, Kata Abah dan Mamaku, rasa masakannya enak-enak. Jadilah, aku bersemangat waktu diajak ke sana apalagi ditraktir, yes. Alhamdulillah, rezeki anak solehah. hihihi. 

Kluwih Sunda Authentic Restoran Bogor
Kluwih Sunda Authentic Resto Bogor
Setiap lewat Jalan Bina Marga I No 12 yang dekat dengan gerbang tol Bogor ini, yang menarik perhatian adalah bangunan restoran yang unik desainnya.

Bagaimana tidak? 
Restoran Kluwih Sunda Authentic ini dibangun di lahan luas dan tengahnya ada pohon besar. Alih-alih ditebang, pohon ini malah menjadi center point dan daya tarik tersendiri dari bangunan restoran. Coba tebak, pohon apakah itu? Yup, itu yang namanya pohon kluwih!



Kluwih Sunda Authentic Restoran Bogor

Nama restorannya juga tidak biasa. Apa sih Kluwih itu? Ternyata, kluwih atau sering disebut Keluwih adalah pohon dengan buahnya berkulit keras dan berduri, dengan sukun. Orang Sunda menyebutnya timbul atau kulur. 

Saat berkunjung ke sana, Ternyata nggak hanya model bangunannya yang unik. Penataan interiornya pun tak kalah menarik. Konsepnya terbuka ala ndeso, modern dan tropis, back to nature, jadi alami gitu. Nggak heran, kalau desain restoran ini memenangkan penghargaan desain di tahun 2017. Daebak!

Kluwih Sunda Authentic Restoran Bogor
Playground dekat pohon asli

Dekorasi dominan kayu untuk meja dan kursi, bahan kayu dan bambu untuk langit-langit ruangan, juga kap lampu-lampu dari bambu, dan lainnya. jadi terasa lebih lapang, tak perlu menggunakan AC. Ada dua lantai untuk tempat menikmati makanan, tinggal pilih lebih suka di mana. Lantai satu ada mini playground untuk balita. 

Saat itu, kami memilih duduk di lantai dua. Kami melewati jalan melingkar, yang tengahnya ada kandang burung. Karena belum jam makan malam, suasana lengang namun bermandikan cahaya lampu membuat suasana terasa meriah. 

Kluwih Sunda Authentic Restoran Bogor
Suasana Kluwih di siang hari 

Kami memilih bangku agak di tengah untuk menghindari tiupan angin malam dari balkon. Pelayan segera membawakan menu yang terdiri dari masakan Sunda. Wah, menunya beragam juga dan nampak enak, jadi bingung pilihnya, hehe. Banyak menu yang agak asing di kupingku yang ternyata masakan Sunda tempo doeloe yang mulai langka seperti sayur kluwih, ca genjer dan lainnya. 


Kluwih Sunda Authentic Restoran Bogor

Kluwih Sunda Authentic Restoran Bogor

Menu andalan di sini adalah nasi liwet untuk paket enam atau sepuluh orang dengan ragam lauk-pauknya seperti tahu goreng, tempe, ikan kapas balado, jengkol goreng, cah jantung pisang,  ikan gurame goreng, ayam goreng, karedok, dan banyak pilihan menu lainnya, bisa disantap beramai-ramai sekeluarga dan disuguhkan di atas daun pisang. Guyub banget deh! Selain itu ada paket Nasi Wangi dan Nasi Jambal. 

Akhirnya, kami memilih beberapa menu yang nampak enak. Diantaranya adalah nasi timbel dengan pilihan lauk ikan gurame bakar, sate ayam, sayur asem dan ayam goreng kremes. Untuk minumannya banyak pilihan mulai dari berbagai jus buah, es goyobod, es oyen hingga pilihan kopi dan teh. Tak lama kemudian, pesanan kami tiba. 

Kluwih Sunda Authentic Restoran Bogor


Kluwih Sunda Authentic Restoran Bogor
Paket Nila Goreng (Foto: Instagram Kluwih)
Ternyata, rasanya memang istimewa ya. Sesuaikan dengan harga yang dipatok Kluwih Sunda Authentic ini. Harganya memang sedikit lebih mahal daripada warung makan Sunda lainnya. Pantas saja, restoran ini sering ramai dikunjungi.

Tak butuh waktu lama menghabiskan menu makan malam pesanan kami. Ini masakannya memang enak atau kami yang kelaparan? Haha.  

Kluwih Sunda Authentic Restoran Bogor

Restoran ini buka setiap hari mulai pukul 09.00-21.00 WIB, kecuali hari Sabtu buka sampai pukul 22.00 WIB 

Kluwih Sunda Authentic Restoran Bogor

Terus, setiap Jumat dan Sabtu ada live music lho di sini yang bisa kalian nikmati sambil bersantap bersama keluarga atau sahabat. Oh iya, untuk pemesanan tempat, ada bomor telepon yang bisa kalian hubungi yaitu di (0251) 7545323 dan 0815-1913-3912. Yuk, nikmati sedapnya masakan Restoran Kluwih Sunda Authentic di Bogor.

Restoran Kluwih Sunda Authentic
Jalan Bina Marga I No 12, Bogor
Nomor Telepon (0251) 7545323
Buka setiap hari mulai pukul 09.00-21.00 WIB, kecuali hari Sabtu tutup pukul 22.00 WIB 


You Might Also Like

51 comments

  1. Makanan enak, tempat instagramable. Pas banget dah, ternyata di Bogor banyak tempat makan enak ya mba

    ReplyDelete
  2. Wah perlu dicoba ya kayaknya restoran ini, udah lama banget nggak ke Bogor.

    Terakhir ke Bogor makannya di Shabu Hachi hahaha...

    Jadi laper siang-siang baca beginian hohohoooo....

    ReplyDelete
  3. wahhh kami suka banget dengan desain bangunannya mbak. Dengan pohon besar yang menjadi centerpointnya membuat suasana makin terasa adem. Selain itu, desain interiornya juga nyaman buat dinner.
    Menunya juga gak kalah seru buat dicoba.


    Salam kenal dari kami Travel Blogger Indonesia Ibadah Mimpi

    ReplyDelete
  4. Sedapnya kalau makan yg autentik seperti ini. Sampai umur segini belum nyicip sayur Kluwih. Kayak apa rasanya ya

    ReplyDelete
  5. ealahh ini juga aku suka ngelewatin. lihat parkirannya yg penuh terus, pasti tempat makan ini enakeun. ehh ternyata bener. desainnya cakep n makanannya enak2. boleh nih pankapan nyoba makan di sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau lah kapan-kapan kalau pas ke Bogor ketemuan sama Mba Inna rame-rame ya mba kita ke sana. Menunya menggoda semua nih.

      Delete
  6. Wah restonya tampak nyaman ya mba.. dan menunya asli bikin lapeeer..haha.. TFS mba, catet dulu deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. BTW, apakah ada menu sayur keluwih nya? Duh tiba2 ingat sayur keluwih buatan alm Simbah yg wenaaak tenaaan..hehe..

      Delete
  7. Pohon kluwih itu pohon sukun bukan sih Mba Dedew...aku jadi pingin eksplore Bogor klo baca2 ttg kulinernya. . Semoga kapan2 bisa mampir ke kota hujan ini

    ReplyDelete
  8. Suasananya sambil menikmati interiornya bikin makannya santai ya, mbak.

    ReplyDelete
  9. tempatnya bagus, makanannya juga enak, jadi klod deh, betah lama-lama di sana sambil nyemil terus ya hehehe

    ReplyDelete
  10. Keliatan banget tempatnya adem, enak untuk makan bareng keluarga, apalagi ada playground untuk anak-anak, biar betah dan gak bosen kalo nungguin mama-papa nya ngobrol lama hehe

    ReplyDelete
  11. Saya tuk cocok banget sama masakan Sunda. Gara-gara dulu sering ke Bandung waktu masih mahasiswa. Jadi ngiler baca dan lihat foto makanan-makannya.

    ReplyDelete
  12. wah memang ya Bogor ini banyak sekali tempat wisata kuliner! kayaknya enak-enak semua terus juga tempat makannya kece kece gitu..

    ReplyDelete
  13. Wah enak ada paket 6 hingga 10 orang, cocok kalau mau ajak rombongan keluarga makan disini :)

    Regards,
    Dee Rahma

    ReplyDelete
  14. Wah, menarik nih. Patut dicoba. Unik juga ya, pohonnya justru dijadikan bagian dari bangunannya. Ada kandang burungnya juga ya. Serasa alami banget gitu.

    ReplyDelete
  15. waaah ini asik nih buat makan-makan keluarga. next dek pankapan aku coba juga ke siniii

    ReplyDelete
  16. Nah ini dia resto yang pengen banget aku kunjungi kalau nanti ke bogor. Kata orang-orang, masakannya nikmat dan tempatnya baguuus. Setelah baca tulisan Mba, oke fix bakal kesini.

    ReplyDelete
  17. Kluwih masih banyak banget lho Dew kalau di Semarang, genjer juga. Mbak-mbak penjual sayuran keliling masih ada yang bawa. Gurih emang nih kluwih kalau dibikin masakan bersantan, yuuumm...

    ReplyDelete
  18. Wah galfok sama restonya....asik buat take foto...Ngomong-ngomong soal kluwih itu slaah satu masakan favorit apalgi kalau yang masakin simbahku rasnaya endes banget...

    ReplyDelete
  19. Kalo ga kliru, ini resto yg direkomen Jokowi di vlognya yak?
    Emang kece dan mantab nian yaaa ambience-nya

    ReplyDelete
  20. wah tempatnya kece bangett...suka dengan tempat makan kayak gini...menunya juga maknyusss...waib nih disamperin kalo pas ke Bogor

    dianesuryaman dot com

    ReplyDelete
  21. Wuah namanya unik,tempat dan interiornya juga unik. Makanannya enak semua tuh keliatannya. Kalau sayur genjer aku masih sering makan. Tapi sayur kluwih kurang tau. Beda dengan tewel ya mbak Dew? Tewel seringnya dimasak santan juga, lodeh tewel :D

    ReplyDelete
  22. Aku pecinta masakan sunda hehehc cocok di lidah. Ini bangunannya unik ya, berarti keluar tol gak jauh ya kalau mau mampir ke Kluwih Authentic

    ReplyDelete
  23. Wuwww senangnya dapet traktiran dari Abah ya Tehh. Mau juga hahaha. Tempatnya asikk teh mau ikan bakarnya aku. Enakkk itu teh. Sehat selalu ya buat kedua orang tua teh Dew

    ReplyDelete
  24. kalo lewatin lagi, mau mampir ahh... mumpung udah gajian nih hihihi

    ReplyDelete
  25. Jadi mau meluncur ke sana deh mbaaa.. dan enak buat makan bareng keluarga ya. Itu menunya lengkap resto sunda. Nggak salah klo dpt penghargaan ya

    ReplyDelete
  26. Wah, unik ya pohon tingginya jadi center gitu. Kayaknya mau pagi mau malam sama-sama asyik makan di situ, mbak. Kalo pagi pasti segeeerrr.

    ReplyDelete
  27. Gagal focus sama Jengkol Goreng, hehehe. Saya masukin list restoran yang wajib dikunjungi saat ke Bogor ah, soalnya kalau ke Bogor balik lagi makannya di fastfood yang nggak sehat. Makasih kak

    ReplyDelete
  28. Ikan gorengnya bikin ngiler. Harga mahal dikit tapi enak, ggp juga. Iyaya jarang lihat pohon kluwih. Rumah kami dulu di Jakarta, ditanami pohon kluwih. Ya gitulah menurut kepercayaan Jawa, supaya rizkinya luwih (banyak). Aslinya buahnya sih yang banyak...hehe...

    ReplyDelete
  29. Bentuk bangunannya unik. Senangnya lagi pohon besarnya gak ditebang. Makanannya udah pasti menggiurkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke Bogor kayaknya gak cukup kulineran dalam 1 hari. Ada aja yang menarik dan enak kalau kulineran di sana

      Delete
  30. Tadi pas baru baca judulnya, kirain tuh resto khusus masakan terbuat dari Kluwih. Wkwkwk. Soalnya itu paporit bener. Lihat fotonya udah kebayang enaknya. Hmmmm

    ReplyDelete
  31. ada pohon di dalam restoran bikin konsep lebih green dan homy. akhirnya makan jd lebih nyaman dan terasa lezat

    ReplyDelete
  32. Saya selalu terpesona dengan kulineran jawa barat. Enak-enak. Kalau di Jogja kluwih biasanya buat masak lodeh. Yang jarang tu yang genjer. Makanya kl ke resto sunda pasti milih yang jarang ada di olahan jawa. Kayak ayam kecombrang, ulu kutek lenca, gitu..

    ReplyDelete
  33. Suasana di dalam restorannya keliatan nyaman ya, hijau dan segar. Makanannya juga keliatan menggoda selera semua.

    ReplyDelete
  34. Ya ampuun jadi ngiler akuu dan kangen sayur kluwih bikinan Ibuku. Tiap mudik baru bisa icip sayur kluwih ini. di Jakarta aku enggak pernah masak sendiri hihhi
    Kalau ada Restoran Kluwih begini kan gampil sekali kalau pas pengin makan tinggal cuss beli

    ReplyDelete
  35. Wah.. Ini di bogor ya. Instagramable ya fotonya. Aku suka. Konon kuliner Jawa Barat emg legend sih ya. Aku blm pernah kesana sih.

    ReplyDelete
  36. Restoran Kluwih karena ada pohon aslinya ya. Kalau kataku, Kluwih itu kaya Nangka, buahnya bukan pohonnya. Menunya juga macam2 ya. Kupikir bakal serba Kluwih

    ReplyDelete
  37. Nuansa restonya hangat dan kekeluargaan banget. Menunya juga akrab di lidah. Semoga bisa icip2 ke sana juga

    ReplyDelete
  38. Baca ini jadi kangen masakan Sunda saya Mbak. Udah berapa tahun gitu gak makan di resto sunda yang benar-benar menyajikan menu asli.

    Btw baru tahu loh saya pohon kluwih ini.

    ReplyDelete
  39. Sepertinya pernah lihat temanku posting medsos lagi makan di resto ini. tapi kyknya lokasinya jauh dr pusat kota ya mbak. Ini cocok buat yang baru akan masuk atau keluar tol gtu :D
    Bangunannya unik dan makanannya menggoda. Penaran yang otentik dr Sunda kek apa :D

    ReplyDelete
  40. Iya, idem sama mba Widya, melihat tempatnya yang unik dan indah, sudah terbayang lezatnya kulinernya.

    Yang pasti, kudu pose-pose nih di sini :)

    ReplyDelete
  41. Lapar. Enak banget nih masakannya. Apalagi kalau sambel. Masakan Sunda mantap banget. Tempatnya cozy banget. Enak buat makan sambil ngobrol bareng.

    ReplyDelete
  42. Aku selalu penasaran kalo ke Bogor lewat rumah makan ini mbak. Sayangnya belum sempat mampir makan di sana. Makin mupeng deh karena mba Dew cerita ada menu karedok, aku suka bangeeet

    ReplyDelete
  43. Mesti mampir ini tempatnya bagus luas lagi playground nya Ada lengkap Juga makannya enak2 ya. Mau ah klo k Bogor mampir

    ReplyDelete
  44. Wah aku baru tau resto ini, emang krn baru kali ya? kebetulan akhir thn lg mau ke Bogor, coba kesini ahh, pas weekend, mau nikmatin live music disini :)

    ReplyDelete
  45. Tempatnya sejuk bangeet ga mba dan kereen.. ngiler bangeet dengan masakan ikannya

    ReplyDelete
  46. Kluwih tu bukan labu ya?
    Dari nama restonya, aku pikir semua makanannya terbuat dari kluwih.

    ReplyDelete
  47. Menunya sederhana tapi bberapa sayurnya aku malah blom prnh coba. Menu rumahan kyk gini memang selalu bikin pengen nambah nasi terus ya mbak

    ReplyDelete
  48. tempatnya luas banget ya mba dew, menunya juga sunda pisan tapi aku pun suka menu sunda. sedaap

    ReplyDelete