Advertisement

Menikmati Siang di Kafe Tjipta di Bedono Ambarawa

Halo Pejalan Santai,

Beberapa waktu lalu aku mengunjungi Kafe Tjipta di Bedono untuk arisan bersama teman-teman sepermainan.


Kafe Tjipta di Eva Kopi Bedono Kabupaten Semarang

Kafe ini direkomendasikan seorang teman dan akhirnya kami pun ke sana. Lumayan sih perjalanannya cukup jauh dari Ungaran, tempat tinggal kami.


Baca Juga: Kafe Langit Senja Salatiga


Ternyata, kafenya berada satu lokasi dengan Rumah Kopi Eva Kopi yang legendaris di Bedono Jika Eva Kopi berada di bagian depan, nah Kafe Tjipta terletak persis di belakangnya. Keduanya menempati lahan yang cukup luas sehingga bisa parkir di mana saja.


Eva Kopi sering menjadi tempat mampir pengunjung yang sedang melakukan perjalanan antar kota. Maklum, jalur yang dilewati adalah jalan raya utama Semarang-Yogya, ya. 

Kafe Tjipta di Eva Kopi Bedono Kabupaten Semarang

Kafe Tjipta di Eva Kopi Bedono Kabupaten Semarang

Sekitar Eva Kopi, terbentang kebun kopi yang dimiliki Pak Michael Tjiptomartojo, pemilik Eva Kopi sejak 1954. Luasnya sekitar tiga hektar. Nah, kopi hasil kebun inilah yang diolah dan dihidangkan di Eva Kopi dan Tjipta Kafe. Awalnya, Kopi Eva ini adalah sebuah warung yang kini berkembang menjadi rumah kopi terkenal, yang mampu menampung ratusan orang.


Kafe Tjipta di Eva Kopi Bedono Kabupaten Semarang

Kafe Tjipta di Eva Kopi Bedono Kabupaten Semarang

Setelah parkir di halaman depan, kami berjalan sedikit menuju Kafe Tjipta. Kafenya tidak terlalu luas tapi nyaman. Suasana kafenya lebih nyaman untuk nongkrong berlama-lama nih, hehe.


Kafe Tjipta di Eva Kopi Bedono Kabupaten Semarang

Kafe Tjipta di Eva Kopi Bedono Kabupaten Semarang

Area nongkrong bisa kita pilih di bagian dalam atau luar. Jika tidak hujan, pengunjung bisa memilih tempat di bawah pohon beringin raksasa yang letaknya di seberang kafe. Kursinya dilengkapi bantal nyaman dan kita bisa menikmati udara segar.


Kami memilih tempat duduk di teras kafe yang terbuka. Interiornya homey dengan sofa dan kursi dengan bantal yang nyaman.

Kafe Tjipta di Eva Kopi Bedono Kabupaten Semarang

Kafe Tjipta di Eva Kopi Bedono Kabupaten Semarang

Kami pun mencari tempat yang nyaman untuk duduk. Saat itu, kafenya belum ramai. Hanya ada kami berlima dan dua orang pengunjung lain. Jadi, kami memilih duduk di teras terbuka.


Baca Juga: Kafe Sky Garden Bandungan


Ada tiga karyawan yang melayani. Musik Indonesia 90an menemani para pengunjung. Hari itu menjelang makan siang, kami pun memesan makanan untuk makan siang. 


Kafe Tjipta di Eva Kopi Bedono Kabupaten Semarang

Kafe Tjipta di Eva Kopi Bedono Kabupaten Semarang

Menu makanannya cukup beragam mulai dari nasi goreng, tahu campur hingga soto ayam, dan sop buntut. Kami memesan tahu campur dan nasi goreng.


Harga makanannya sekitar 20-40 ribuan per porsi. Tepatnya lupa, hehe. Maklum, sudah kelaparan karena perjalanan cukup jauh dari rumah. Ada cukup banyak kok pilihan makanannya. 


Kafe Tjipta di Eva Kopi Bedono Kabupaten Semarang

Selain makanan berat, kami juga memesan camilan seperti mendoan goreng dan tahu rebus. Sebagai pelengkap ngemil, ada sambal kecap. Ada ice cream wafel juga. Tahu rebus ini ukurannya cukup besar dan empuk, camilan  andalan Kopi Eva. 


Untuk minuman, tentu saja ada berbagai jenis olahan kopi seperti cappucino dan coffee latte, karena Kopi Eva ini terkenal dengan kopinya. Tentu saja, Kafe Tjipta yang pemiliknya sama dengan Kopi Eva juga lengkap  kopinya.


Kafe Tjipta di Eva Kopi Bedono Kabupaten Semarang

Selain aneka kopi, ada minuman red velvet, hingga lemon tea dan wedang uwuh di teko dan gelas kaleng ala vintage


Tak lama, pesanan kami tiba. Ternyata, nasi goreng dan tahu campur ya porsinya melimpah. Rasanya juga enak tapi butuh waktu lama untuk dihabiskan. Hehe. 


Minuman kami juga datang setelahnya. Rasanya memuaskan. Nggak rugi ya datang jauh-jauh ke Kafe Tjipta ini. Kalian juga bisa berfoto di bawah pohon beringin raksasa. Selain itu, ada burung-burung yang jinak diajak main anak-anak. Asyik juga bermain di halaman kafe yang luas ya. Jika kamu main ke Jawa Tengah jangan lupa mampir ke Tjipta Kafe ya..


Kafe Tjipta

Belakang Rumah Kopi Eva Kopi

Jalan Semarang-Yogyakarta, Wawar Lor

Bedono, Kec. Jambu, Kab. Semarang








Post a Comment

37 Comments

  1. Wah, ornamen-ornamen kayunya bikin tempatnya terlihat jadi comfy banget ya mbak. Jadi penasaran gimana rasanya ngafe di sana, hehe

    ReplyDelete
  2. Tempatnya kelihatan nyaman ya... dan kopinya menjanjikan. Pengen nyoba deh, biasanya cuma lewat aja..

    ReplyDelete
  3. Unik banget cafenya ada burung nuri atau beo tuh? Dilepas gitu kan jadinya bisa ajak anak kecil main-main ya~

    ReplyDelete
  4. Cafenya cantikkkk.... aku liat foto makanannya pagi2 mba...jadi laperrrrrr....

    ReplyDelete
  5. Dari ungaran masih merasa jauh, apalagi dari semarang mbak dew..wkwkwk

    Jalur utama semarang-jogja, jadi sudah semestinya kopi eva berubah. Kapan-kapan singgah di tempat ini. Atau mungkin bersantai di kopi tjipta.

    Mendoan gorengnya begitu menggoda mbak dew :D

    ReplyDelete
  6. Woooww tempatnya asri ya....makanannya maknyuuuss...bener- bener bisa rileks tuh badan dan pikiran

    ReplyDelete
  7. Suka deh dengan coffe shop yang punya konsep dan tempat yang bagus.. walaupun kadang pengunjung dibuat pusing karena tempatnya yang jauh haha
    Tapi kalau sudah niat, bakalan langsung tancap gas haha
    Makanannya juga sepertinya enak banget ya mbak plus view yang bagus banget

    ReplyDelete
  8. Cateeeeettt.... siapa tahu ke Semarang bisa mampir ke sini yauuuwwww.... beda banget sama kebanyakan cafe di jakarta ini. cusss lah berangan angan dulu terwujud kemudian ke sana yeeeaaayy

    ReplyDelete
  9. hiyaa, tempatnya enak bangeettt. pengen duduk di sofa panjang itu, enak banget pasti kalo lagi cape di perjalanan hahaha. mendoannya bikin lapeer! :D

    ReplyDelete
  10. Cafenya Cozy banget ya mbak, enak banget nih buat me time dan menulis sabil minum kopi. Betapa nikmatnya, membayangkannya saja aku sudah senang apalagi kalau sudah disana waahhh.....

    ReplyDelete
  11. Wah ini mengingatkan saya ke ibu mertua. Beliau pasti akan suka sekali diajak kesini apalagi ada soundtract yang kayanya cocok dengan beliau

    ReplyDelete
  12. Waaa apik ini mbak. Cateet! Musti mampir ya klo perjalanan ke jogja. Eva kopi. Wis tak iling2 iki. Makasih yaa

    ReplyDelete
  13. Nuansa coklat dari kayu itu emang bikin adem banget yaa mb, tenang dan damai. Bisa banget buat ngobrol dan nongki cantik bareng squad yaa tiap ketemu.

    ReplyDelete
  14. Saya jarang banget berhenti lama dan eksplor Ambarawa. Cuma numpang lewat kalau pas melintas Magelang-Semarang dan sebaliknya haha. Sepertinya menarik :)

    ReplyDelete
  15. Kelihatannya enak ya mbak. Ternyata Ambarawa ada tempat hang out asik begini. Biasanya aku lewat doang dari Semarang bablas Jogja.

    ReplyDelete
  16. kalau melihat tempatnya asli cozy banget yaa mba dan sukaaa karena menunya pun enaak. Ambarawa nih inviting banget

    ReplyDelete
  17. kafenya bikin pewe deh mba, ambience nya berasa di rumah gitu, senyaman itu ya memang? kalo menu makanannya hmm cukup bervariasi, cocok lah ajak keluarga ke sini ya

    ReplyDelete
  18. Dulu tiap menempuh jarak Temanggung - Solo naik bus, kan lewat Kopi Eva tuh mbak. Saat itu bener2 masih mahasiswa kere, sering terpikir, kek mana lah ya rasanya nongki2 di Kopi Eva? hahahaha...
    Long story short, sekarang sudah berumah-tangga. Sudah bisa-lah untuk jajan di Kopi Eva, tapiiii..kesempatannya yg belum tiba.

    ReplyDelete
  19. Cafe yg unik bikin betah ya berlama-lama mencicipi beragam hidangan. Pengen juga nih minta diajak anak2 jalan2 ke sini menikmati duduk di bawah pobon beringin raksasa, hehe...

    ReplyDelete
  20. Suka banget sama suasana kafenya kak.. Cucok banget buat hangout santai gini.. Eh bahas kerjaan yang serius juga tetep asik ya.. Menunya juga hmmm menggoda..

    ReplyDelete
  21. Tempatnya itu loh nyaman dan ornamen kayu2 membuat makin mageer, apalagi smabil nyemil dan nyeruput minuman plus ngobrol bareng teman, sahabat makin menambah kehangatan suasana di sanaa..
    Next kalo kesana mampirr kafe ini.

    ReplyDelete
  22. Kalo traveling jadinya kafe pun bisa menjadi tujuan nih. Aku kalo staycation ke tempat ortu dan pas keuangan mencukupi biasanya nyempetin ke kafe juga.

    ReplyDelete
  23. Kursi dengan bantalan merah itu terlihat cantik. Catet dulu, deh. Siapa tau suatu saat saya ke Ambarawa jadi bisa dimampirin :)

    ReplyDelete
  24. wahh lihat interiornya yg penuh dgn ornamen kayu bikin cafenya terlihat cozy ya mbak
    pas banget buat nongkrong sama teman-teman, cafe ini menu favoritnya apa mbak?

    ReplyDelete
  25. Kece abisss!
    Mau banget lah kapan2 kulineran di marii
    seru banget y mbaa
    menu2nya enyaaakk
    buat chit chat ama temen juga seru!

    ReplyDelete
  26. Menu kafe tapi makanannya bervariasi ya Mbak, yag dipesan pun menggugah selera. Oh Mbak tinggal di Ungaran? baru tahu nih, karena setiap mudik ke Malang beberapa kali lewat Ungaran. Tempatnya enak dan nyaman buat ngobrol bareng teman lama ya Mbak

    ReplyDelete
  27. Duh jadi rindu teman2 pengen lagi kumpul le kafe begini nih..asik.mba tempatnya menunya juga keliatan enak

    ReplyDelete
  28. Cieee musiknya musik 90an bisa sekalian nostalgia ya. Enak2 nggak mbak menunya? Minuman atau makanan yg paling recommended yg mana?

    ReplyDelete
  29. Desain kafenya keliatan homey gitu. Pasti betah berlama-lama di sana apalagi kalau sama temen. Jadi penasaran pengen nyobain tapi jauh yaaa.

    ReplyDelete
  30. Kenapaaaa gitu Semarang banyak kulineran uenak ueenaaaaak
    apa karena orang Semarang hobi makan makan ya?

    Ini ada mendoan, lumpia malah ga ada ya?

    ReplyDelete
  31. kangen nongkrong di kafe. enak banget tempatnya. makanannya juga kelihatan menggugah selera

    ReplyDelete
  32. Asyik ya sambil nyeruput kopi bisa menikmati perkebunan kopinya. Suasananya juga adem ya enak buat berlama-lama menikmati suasana sambil ngemil di sini

    ReplyDelete
  33. Di kafenya, selain menyediakan makanan ringan ternyata juga ada makanan beratnya ya mbak?
    Aku pun semenjak covid ini milih kalau makan di luar gtu makannya di teras yg terbuka aja, untungnya skrng banyak larangan merokok semenjak covid ini di resto2, jd gk keganggu asap rokok walau milih maka di teras luar

    ReplyDelete
  34. Ah sudah lama ga ngafe
    Jadi pengen aja rasanya
    Mungkin Jumat besok aku ngafe sama hunting sekalian

    ReplyDelete
  35. Sotonya menggoda, mbaak. Untuk harganya masih terjangkau lah, yaa. Suasana kafe emang terlihat nyaman. Kek lagi duduk2 di rumah saja. Hihihi

    ReplyDelete
  36. Seru banget ini ya suasana kafenya. Bakalan betah kalau kerja di sini

    ReplyDelete
  37. Wohoo bisa punya banyak pengalaman ya mba mampir di kafe ini.. huhu.. jadi ingat waktu mampir ke ambarawa dulu ga sempat ngapai2in belum keliling kota cuma ke museum kereta dan keliling kota.. lain kali ke sana mau jelajah kuliner ah..

    ReplyDelete