Staycation Menyenangkan di Grand Candi Hotel Semarang

Halo Pejalan Santai,

Alhamdulillah masuk bulan April. Salah satu bulan istimewa untukku. Kali ini, aku ingin cerita staycationku di Grand Candi, hotel berbintang lima di Semarang. Lokasi hotel ini berada di pusat Kota Semarang tepatnya di Jalan Sisimangaraja. Letaknya tak jauh dari AKPOL Semarang dan di sekitar hotel banyak banget kafe dan rumah makan keren. Beberapa hotel besar juga ada di jalan itu misalnya Patra Jasa.

Staycation Menyenangkan di Grand Candi Hotel Semarang
Staycation Menyenangkan di Grand Candi Hotel Semarang

Sebelum memasuki lobi, para tamu diukur suhu tubuh serta dianjurkan mencuci tangan lebih dahulu oleh satpam. Setelah itu, kami memasuki lobi hotel yang luas, semua staf hotel mengenakan masker. Hotel yang menyebut diri sebagai galeri hotel ini memang unik. Lobi hotelnya berkonsep bak galeri seni. Kita jadi serasa mengunjungi pameran seni di sebuah galeri. Ada karya Flying Borobudur karya pematung legendaris Nyoman Nuarta, lho! 

Grand Candi Hotel Semarang


Beberapa karya seni yang artistik seperti patung, pahatan, lukisan hingga karya instalasi dipajang dengan apik dan cantik. Ada patung dua manusia nampak kedinginan dan berwarna merah karya seniman Cina Chen Wenling di dekat pintu masuk. Ada juga patung manusia yang diveri tali kekang dan ditarik oleh seekor anjing Dalmatian bertotol-totol karya seniman dari Cina juga. Lu Jia. 


Staycation Menyenangkan di Grand Candi Hotel Semarang

Yang paling unik adalah Beetle Sphere, karya seni berupa mobil VW tahun 1953 yang berbentuk bola dan direkonstruksi oleh seniman Indonesia Ichwan Noor. Iya, mobilnya bak digenggam raksasa hingga lumat dan berbentuk bola tapi tetap mulus nggak remuk kok. Amazing! Saat itu, hotel cukup ramai lho padahal bukan akhir pekan. Ada juga wisuda salah satu universitas di ballroom hotel. Pantas, banyak gadis cantik berpakaian kebaya.

Setelah melakukan cek in, kami naik lift ke lantai 3. Di dekat pintu lift ada alat otomatis berisi hand sanitizer, canggih juga ya nggak usah ditekan. Untuk naik ke lantai atas harus ada kunci kamar yang diselipkan ke lubang baru menekan tombol. Di dalam lift juga ada simbol kaki di lantai yang menandakan kita harus menjaga jarak aman. Di dalam lift juga ada mesin untuk hand sanitizer.

Staycation Menyenangkan di Grand Candi Hotel Semarang

Akhirnya, kami tiba di lantai 3 dan menuju kamar 306. Kamarnya disegel dong, menandakan kamar ini sudah didisinfektan sebelum kami masuk kamar jadi Insya Allah lebih aman ya. Segelnya kami lepas dan membuka pintu kamar dengan kunci berupa kartu tadi.  

Baca Juga: Vila De Rosa Lembang

Kamarnya cukup luas dan bersih. Sayangnya, viewnya adalah gedung sebelah yang sedang dibangun dan banyak tukangnya, hehe. Pendingin ruangannya juga pas. Kami memesan tempat tidur ukuran Queen. Kamar ini dilengkapi kursi empuk untuk membaca, meja rias sekaligus meja tulis, televisi dan kulkas kecil. Selain itu, ada perlengkapan minum yaitu teko pemanas, dua botol air mineral beserta cangkir lengkap dengan beberapa bungkus teh celup, kopi instan serta gula, krim dan gula rendah kalori. Langsung deh, camilan dan jus  buah yang kami bawa dari rumah dimasukkan ke kulkas. Oh iya, ada botol kecil hand sanitizer juga diletakkan untuk penghuni kamar. Wifi juga kencang jadi anak-anak bahagia banget hihi.

Staycation Menyenangkan di Grand Candi Hotel Semarang

Aku menginspeksi toiletnya yang bersih. Toilet dilengkapi wastafel, shower dan juga kloset duduk yang bersih. Sayangnya, keran air di wastafel nggak bisa dipakai. Akhirnya, pakai air dari keran di shower untuk mencuci tangan dan wudhu. Peralatan mandinya juga lengkap dengan kotak kemasan berwarna oranye yang segar. Malamnya tidur nyenyak banget deh di kasur yang nyaman.

Staycation Menyenangkan di Grand Candi Hotel Semarang

Grand Candi Hotel Semarang

Keesokan harinya, kami pun sarapan di Kafe Flamboyan yang luas. Jatah sarapan untuk berdua, jadi aku membayar tambahan Rp62.000 untuk satu anak. Kalau tambahannya orang dewasa, kita harus membayar Rp120.000. Saat itu, tidak banyak tamu yang sarapan jadi lebih aman rasanya karena jarak antar meja dan tamu cukup jauh. Makanannya masih disusun prasmanan alias para tamu mengambil makanan sendiri. Jadi, setiap selesai mengambil makanan, aku mewanti anak-anak untuk mencuci tangan dengan hand sanitizer karena sendok di prasmanannya dipakai banyak orang.

Hotel Grand Candi Semarang

Ternyata menu sarapannya beragam banget lho. Mulai dari nasi putih beserta lauk seperti sosis dan omelet, bubur ayam komplet, rebusan, nasi goreng, pizza hingga tahu gimbal! Tak lupa, ada juga aneka roti, sereal hingga sushi. Jarang kan ada pizza dan sushi dalam menu sarapan di hotel. Terus, rasanya juga enak-enak, hehe. Favoritku adalah sushi dan pizzanya yang rotinya tipis ala Italia. Sayangnya, aku tidak mencicipi tahu gimbal karena perut rasanya penuh banget. Untuk minuman ada infused water, beraneka jus buah, kopi dan teh panas yang sedap.

Staycation Menyenangkan di Grand Candi Hotel Semarang

Setelah sarapan yang menyenangkan, anak-anak bersemangat untuk berenang di kolam renang yang letaknya di halaman belakang hotel. Kolam ini bersebelahan dengan ruang fitness dan spa. Juga ada klub olahraga yang cukup banyak pelanggannya. Banyak kawan blogger Semarang yang rutin ikut olahraga Power Swing, olahraga kombinasi yoga, pilates di atas ayunan. Menantang juga, ya.

Staycation Menyenangkan di Grand Candi Hotel Semarang

Ada dua kolam renang di hotel ini. Satu kolam renang dewasa dengan kedalaman 90 cm-190 cm. Kedua, ada kolam renang anak yang bersih. Selain kolam renang, ada lapangan tenis. Anak-anak berenang dengan bahagia walaupun saat itu angin bertiup cukup kencang. 

Sayangnya, setelah mandi kami mencari shower dan menemukan dua pancuran yang tidak berfungsi di sebelah kolam renang. Jadinya, anak-anak mengelap badan di tepi kolam lalu kembali ke kamar untuk mandi. Untung bawa handuk sendiri ya, hehe. Menginap di Grand Candi Hotel itu menyenangkan. Kalau kalian main ke Semarang jangan lupa menginap di sini ya! 

Grand Candi Hotel

Jalan Sisimangaraja No.16 Kaliwiru, 

Kec. Candisari, Semarang 

Comments

  1. rencana buat keliling pulau Jawa sempat tertunda karena pandemi, jadi kalo baca tulisan tentang staycation dan traveling di pulau Jawa semacam terobati rindunya mba

    ReplyDelete
  2. kalau aku staycation itu syarat tambahan selain kamar enak adalah sarapan yang okeee dan juga pool yang juara hehehe

    ReplyDelete
  3. Wah, protokol kesehatannya sudah dijalankan dnegan baik ya di Grand Candi Semarang. Klaau begini staycation jadi tenang dan insya Allah aman.
    Jadi kepikiran tahu gimbal yang belum dicoba....Dan suka dengan aneka karya seni yang ada di lobby, unik dan bisa pepotoan jadinya di sini

    ReplyDelete
  4. Aku jadi pengin berenang mbaaaa
    kangen banget staycation, kruntelan sama anak2, trus renang
    aakkk, mupeng ke SMG nih mbaaa

    ReplyDelete
  5. Grand Candi Hotel Semarang, catat dulu buat rekomendasi hotel kalau ke Semarang. Pasti sarapannya puas ya, Mbak. Bisa nyoba macam-macam menu. Paling suka kalau sarapan di hotel itu banyak pilihan.

    ReplyDelete
  6. Sepertinya aku butuh staycation juga nih..hahah... Staycation di hotel gini aja udah bikin relax ya..gak perlu capek2 jalan kemana-mana gt..Grand Candi salah satu hotel yang pengen kusinggahi kalo ke Semarang

    ReplyDelete
  7. Wah pilihan menu nya banyak banget ya mbak, cocok banget untuk keluarga apalagi yang punya anak kecil. Maklum lah kalau anak kecil suka pengen makan aneh2 ( anakku hahha ), kan jadi nggak khawatir susah makan ketika travelling gitu.

    ReplyDelete
  8. Wah semarang yaa. Lama nggak ksana dan yaampun aku dan kluarga nggak kluar2 smenjak pandemik nih mba. Noted hotelnya mbaaa..

    ReplyDelete
  9. Hotelnya kelihatan bagus ya, Mbak. Kamarnya pun luas dan nyaman. Sayangnya ada beberapa hal yang kelihatannya butuh perbaikan. Mudah-mudahan ini juga jadi perhatian pengelola hotelnya, ya

    ReplyDelete
  10. Aku baru dua kali ke Semarang, ntar kalo ke Semarang lagi cobain ah menginap di Grand Candi ini. Sarapan ada pizza? wah jarang-jarang memang ada pizza, kalo sushi masih sering aku temui. Kalo dulu nih anak-anak masih kecil yang dicari kalo menginap di hotel pasti kolam renang, sekarang mereka sudah gede2, yang dicari ya makanan yg enak dan wifi yang kenceng hahaha.

    ReplyDelete
  11. Unik ya desain interiornya. Nayaman pula kamarnya, ada tanda segel yang telah didisinfektan.

    ReplyDelete
  12. Suasana hotelnya cozy banget ya mba. Cocok staycation disini bareng keluarga. Apalagi kalo wifinya kenceng. Wuzz deh.. :)

    ReplyDelete
  13. di kafe Flamboyan saat sarapan itu nggak disediakan sarung tangan plastik kah mbak? Biasanya kalau menu makannya prasmanan ada sarung tangan plastik buat dipakai tamu hotel.

    ReplyDelete
  14. meski aku tidak cukup artsy dalam hal membikin2, tapi aku senang menikmati karya seni. Pasti seneng banget deh kalau bisa nginep sini. Dan anak-anak pasti juga seneng krn ada karya seni yg bisa dinikmati anak2.

    ReplyDelete
  15. Grand Candi Hotel ini memang tempat yang nyaman untuk staycation bersama keluarga ya mbak
    fasilitasnya lengkap, kamarnya juga terlihat sangat nyaman

    ReplyDelete
  16. wah baru masuk aja udah disambut sejumlah karya seni, pantes sih kalau berasa seperti masuk museum. kayaknya agak berlama-lama nongkrong di bawah juga asyik ya, bisa dapat banyak foto seru, hehe

    ReplyDelete
  17. Waah awal2 duluuu pertama kali aku tugas ke Semarang aku nginepnya di hotel Grand Candi ini nih mbaa...hotel bintang lima yg dah cukup lama juga nih. first impressionnya pas masuk hotel emang suasana ala gallery seni itu sih

    ReplyDelete
  18. Wah ada karya Nyoman Nuarta ya di Grand Candi, aku pernah ketemu beliau juga nih ramah banget & anak-anak juga pernah ke museumnya. Kalau diajak staycation di sini seneng pasti, buat nanti mudik aja kali ya nginep di sini

    ReplyDelete
  19. Itu meja kerja di dalam kamar pasti akan menjadi tempat favoritku kalau staycation
    Anak anak sama ayahnya main di kasur
    Saya akan sibuk mengetik atau membaca di situ

    ReplyDelete
  20. Next mau nanti kalau ke Semarang Staycation di Grand Candi Hotel nyaman bngt y mba, pas lulus kuliah itu ke Semarang dah lama bangett mau explor juga niatnya

    ReplyDelete
  21. Senangnya bosa staycation mba di hotel..aku juga pengen banget deh staycation bareng keluarga hehhse..

    ReplyDelete
  22. Waah ada hasil karya sang legendaris nih Nyoman Nuarta, udah ga diragukan lagi yaa keindahannya .
    Btw serunya staycation, emang liburan aman untuk saat inii

    ReplyDelete
  23. Wah namanya unik Grand candi, baru denger namanya, kyknya baru ada di sana aja ya mbak?
    Hehe kebayang sarapan pizza dan sushi jadi satu dalam piring, keduanya makanan favoritku :D

    ReplyDelete
  24. Serunya nih yang staycation di Grand Candi. Yang paling kusuka di sana adalah rasa masakannya, rata-rata endeus looohh... jadinya ambil sana-sini sampe kekenyangan hahaha... maruk banget.

    ReplyDelete
  25. Liat kolam renang mataku langsung waaaawww...... pengen nyebur, pengen banget stay cation tapi masih belum boleh keman-mana hiks. hiks

    ReplyDelete
  26. Aku terpaku sama menu sarapannya.. enak banget disediain pizza, ada sushi pula.. lah jadi ngiler deh kkk

    ReplyDelete
  27. Kolam renangnya kosong berasa private pool ya mbak. Uniknya grandcandi tu art galery nya tu ya mbak. Koleksinya kece2

    ReplyDelete
  28. wah seru yaaa jadi pengen staycation juga deh 😁 Hotel Grand Candi Semarang juga keren, protokol kesehatannya juga diterapkan. Bisa jadi referensi lepas penat nih hihi

    ReplyDelete
  29. Aku duluuu kala ke Semarang mampir saja sebentar ke sini, makan. Enak-enak makanannya. Next kalau ada kesempatan ke sana lagi mau nginep ah

    ReplyDelete
  30. Udah hampir 8 tahun tidak pernah ke grand candi pastinya tambah bagus dan keren

    ReplyDelete
  31. Di cafe flamboyan enak masakannya, udah hampir 8 tahun ke grandcandi lagi

    ReplyDelete
  32. Sekarang grand candi udah bagus ya mba, udah lama gak main kesana

    ReplyDelete

Post a Comment