Roti GandjelRel Yang Empuk di Toasty Deli Cake & Bakery Semarang

Halo Pejalan Santai,

Sudah beberapa bulan aku tidak menulis di blog ini ya. Ya, karena masih pandemi aku tidak pernah keluar rumah apalagi jalan-jalan, hehe. Otomatis tak ada bahan tulisan dong. Syukurlah kini aku bisa mengisi kembali blog ini.

Kali ini aku ingin mengulas roti bolu yang termashyur dari Semarang. Namanya roti gandjel rel. Kalian sudah pernah mencicipi roti ini belum? Konon, roti gandjel rel ini sama dengan roti gambang dari Betawi. Makanan ini mulanya banyak dibuat dan dijual di Batavia. Namanya roti gambang, terinspirasi dengan bilah-bilah gambang di alat musik gambang kromong. 

Roti GandjelRel Yang Empuk di Toasty Deli Cake & Bakery Semarang

Saat kesenian gambang kromong menyebar hingga Semarang pada tahun 1930, maka roti gambang ini pun ikut dikenal. Hanya saja orang Semarang menyebutnya roti gandjel rel karena mengingatkan kita pada bentuk ganjel atau bantalan rel kereta api, hihi. Unik ya namanya.

Roti gandjel rel ini berbentuk persegi panjang yang padat, berwarna cokelat dan bertabur wijen di atasnya, dan bercitarasa kayu manis. Tekstur roti ini memang padat dan keras sehingga menyulitkan orang untuk menelannya, hehe. Tak salah ya kalau namanya gandjel rel. Keras tapi manis seperti diriku, haha. 

Baca Juga: Staycation di Grand Candi Semarang

Karena itu, orang biasanya menyantap kudapan ini dengan segelas teh panas manis. Bisa dicelupkan juga ke teh biar agak empuk ya. Roti gandjel rel ini banyak dicari saat perayaan dugderan menjelang bulan ramadan di Semarang. Ia menjadi roti khas saat jelang ramadan. Sehingga sulit dicari di bulan lainnya.

Roti GandjelRel Yang Empuk di Toasty Deli Cake & Bakery Semarang

Tapi, saat ini roti gandjel rel banyak dijual di toko oleh-oleh dan toko roti di Semarang. Roti berbahan tepung terigu, gula aren, susu dan telur ini telah menjadi favorit wisatawan yang berkunjung di Semarang. Roti gandjel rel menjadi oleh-oleh favorit banyak wisatawan yang berkunjung ke Semarang.

Nah, ada sebuah toko roti di Semarang, Toasty Deli yang memodifikasi roti legendaris gandjel rel ini menjadi soft gandjel rel. Teksturnya lebih lembut daripada roti gandjel rel original tapi resepnya tak banyak diubah. Menurut mereka, kadar kolesterol dalam setiap irisan gandjelrel adalah 0! Kabar baik untuk para pencinta roti! 

Jadi, tak ada lagi cerita kamu keselek saat makan roti ini. hehe. Toasty Deli adalah sebuah toko roti yang mengedepankan nilai kebersamaan. Menurut pengelolanya, roti yang dibuat dengan penuh perhatian akan bisa memberikan kehangatan paada orang-orang yang mencicipinya. 

Produk yang dibuat oleh Toasty Deli Semarang sudah memperhatikan segala aspek mulai dari kualitas, nutrisi, higienitas hingga harga yang terjangkau oleh masyarakat Semarang. 

Roti GandjelRel Yang Empuk di Toasty Deli Cake & Bakery Semarang



Aku makin penasaran kan pengen mencoba soft Gandjelrel ini. Alhamdulillah, ngidamnya eh keinginanku tercapai nih mencicipi gandjel rel yang empuk. Dari kemasannya saja, sudah menarik banget lho, Pejalan Santai.

Coba lihat, kotaknya terbuat dari kardus berwarna cokelat muda dengan desain batik minimalis di kedua sisinya. Ada tulisan soft gandjelrel khas Semarang di tutupnya. Juga ada tulisan Toasted! Serta tagline Cita Rasa Klasik Tempo Doeloe. Sedangkan di bagian samping ada tulisan yang isinya penjelasan tentang roti gandjel rel.

Gandjelrel adalah kudapan manis rasa tempah kayu manis, yang dinamakan oleh karena bentuknya yang menyerupai ganjel rel kereta api. Toasted! Gandjelrel dibuat lebih empuk untuk menambah kenikmatan santapan kue klasik tempo dulu ini.

Tak hanya itu ada, terjemahan paragraf tadi dalam bahasa Inggris. Di sisi lain kotak ada tulisan komposisi kue lengkap dengan terjemahan bahasa Inggrisnya. Juga ada kode PIRT dan diproduksi oleh Toasty Deli di Semarang. Selain itu, ada petunjuk kalau roti ini lebih tahan lama jika disimpan di kulkas. Tak lupa, ada tulisan best before yang tercantum di kotak jadi kita bisa menikmati roti ini dalam keadaan segar ya. Harganya Rp35.000 per kotak. 

Hm, jadi makin tak sabar ingin mencicipinya ya !Anak-anak langsung berkerumun begitu kotak rotinya dibuka. Aroma kayu manis menguar begitu saja. Hmm, sedap. Nailah bergegas mengambil pisau plastik yang tersedia di dalam kotak dan mulai memotong rotinya hati-hati. Eh, benar lho teksturnya lebih empuk!

Baca Juga: Kafe Tjipta di Bedono Ambarawa 

Roti GandjelRel Yang Empuk di Toasty Deli Cake & Bakery Semarang

Kami pun mencobanya bersama-sama. Masing-masing satu potongan besar. Hmm, teksturnya lebih ringan dan empuk dibandingkan kue aslinya. Sehingga lebih mudah digigit. Butiran wijen yang kaya menambah sensasi saat menggigit rotinya. Aroma kayu manis dan gula aren terasa pecah di lidah. 

Manis dan lebih empuk. Begitu juga saat kita menelan rotinya tak ada yang namanya tersangkut di tenggorokan. Wah, enak nih. Asli, rasanya bikin ketagihan dan nggak sadar kami sudah menyantap beberapa potong roti. Duh, ini enak atau lapar sih sebenarnya? 

Selain roti gandjelrel, aku juga mencicipi roti bagelen dari Toasty Deli Semarang. Harganya Rp25.000 sekotak. Bagelen atau roti kering ini menjadi favorit keluargaku. Kemasannya unyu banget lho berwarna biru muda. Cocok untuk oleh-oleh untuk saudara atau sahabat. Terus, ada gambar roti bagelen di kedua sisinya. 

Selain itu, ada pula tulisan homemade, resep keluarga sejak 1967. Ada saran penyajian juga tertulis nikmati dengan secangkir teh atau kopi. Juga tertulis berat produk dan komposisi bahannya. Juga tertulis diproduksi oleh Toasty Deli, Semarang. Bagaimana? Makin penasaran ingin mencicipinya ya?

Ada tulisan perkenalan tentang bagelen ini di sisi kotaknya: Roti kering renyah dengan aroma mentega dan manisnya gula-perpaduan rasa klasik yang tak lekang oleh waktu. Memang sih, roti ini mengingatkan kita saat masih SD dan dibekali roti tawar berlapis margarin dan gula pasir. Sedap ya? Jadi rindu!

Roti GandjelRel Yang Empuk di Toasty Deli Cake & Bakery Semarang

Yang tak kalah enak, ada pula roti-roti manis dengan berbagai varian rasa dari Toasty Deli ini. Semua rotinya ukurannya cukup besar, teksturnya empuk dan rasanya enak. Aku berhasil mengamankan sebungkus roti daging asap yang bagian toppingnya dipenuhi parutan keju. Enak banget. Varian ini yang jadi favorit anak-anak.

Varian roti yang lain ada rasa cokelat, pisang, roti sisir klasik dan apa lagi ya? Maaf, anak-anak lebih gerat cepat nih kalau soal makanan. Hihi. Oh iya, ada 20 varian rasa lho di tokonya dan harganya mulai Rp 5000 saja! Nggak mahal kan? Roti ini bisa dipesan lho melalui WhatsApp atau Shopee dan bisa diantar ke rumah dengan ojek online atau ekspedisi same day. Tunggu apa lagi? Yuk, berkunjung ke Toasty Deli di Semarang. 

Toasty Deli Cake & Bakery

Jl. Padma Boulevard, Tambakharjo, Kec. Semarang Barat,

Kota Semarang

Telepon: 0878-7111-1044.

Buka Senin-Sabtu Pukul 07.00-19.00 WIB. 


Foto: Aldebaran Nararya

 

 

Comments

  1. Waaaa.. orang Surabaya penasaran 😄 sakti ya orang Semarang, gandjelrel aja dimakan 😆 pengen nyobaaa🤤

    ReplyDelete
  2. Wah.. kadar kolesterolnya 0! Makin pengen coba nih 😋

    Btw.. keras tapi manis seperti mbDew.. hahaha bikin aku ketawa 😆

    ReplyDelete
  3. Haduhhh... jadi pengen ngicipin. Aku nggak terlalu suka gandjelrel yang asli, Mbak, karena keras dan terlalu manis menurutku. Tapi, tetep aja penasaran dengan yang versi soft ini 😁

    ReplyDelete
  4. Weh..enak nih, roti kenangan masa ospek...hahaha...dulu kita disuruh makan roti seret ini.tapi sekarang sepertinya udah lebih enak dg teksturnya yg lebih lembut. Kapan2 klo ke Semarang cari ah...
    Terima kasih infonya..

    ReplyDelete
  5. wah ini roti favoritnya mamah dan bapakku, udah empuk, manisnya pas dan enak banget rasanya, menurut mereka, kalo aku malah belum nyobain mak

    ReplyDelete
  6. aku udah lamaa banget deh mba aku pengen mencoba roti gandjel rel ini... kayaknya enak dan empuuuk memang yaaa

    ReplyDelete
  7. Akutuuu suka banget roti gambang. Nah, anakku mau makan tapi kalau ada yang lain pilih yang lain kwkw. Keras katanya. Nah, kalau ada roti gandjel rel yang kubilang memang nama lain roti gambang yang soft dari Toasty Deli Semarang ini pasti mantap sekali. Anak-anak juga pasti doyan banget.

    ReplyDelete
  8. Saya belum pernah mba nyobain kue gandjel rel.
    Kalau dengar atau melihat fotonya udah pernah. Emang nampak padet gitu. Jadul banget kesannya.
    Untuk, ada versi yang lebih empuk ya, Gandjel Rel dari Toasty Deli Semarang, kalau main ke Semarang kucobain deh.

    ReplyDelete
  9. eyampun kok kebetulan banget ini di rumahku lagi ada roti gambang. pak suami iseng megat mamang roti merk legend tea, buat beli roti gambang. enak enak enak yaa...
    punya toasty deli kelihatan lebih gede dan pasti lebih enak. kemasannya juga cantik banget. mau ahh kalo ke semarang pankapan

    ReplyDelete
  10. Duh aku baru tahu kalau istilah Gandjel rel ini nama roti hahaha, kadang suka bingung apa sih arti gandjel rel yang sering disebut orang, jadi pingin nyobain rotinya nanti pas mampir di Semarang, soalnya kalau pulang kampung ke Surabaya sejak ada tol Trans Jawa, suami suka ngajak mampir di Semarang atau Solo.

    ReplyDelete
  11. oala gandjel rel itu maksudnya pengganjal rel alias ganjalan kereta api, gitu gak sih? sering denger tapi kayak ada sesuatu yang membuatku bingung (seakan mengganjal di hati)
    Dan nama ini sebutan untuk roti gambang untuk orang Batavia dulu.
    Wah, jadi belajar sejarah deh.
    Emang bentuknya klasik ya. Seingat saya, roti-roti zadul emang lebih gak kayak roti bentuknya. Tapi, kapan ya bisa ke Semarang lagi :)

    ReplyDelete
  12. Blm pernah maem aku mba...pengen

    Kenapa aku jarang nemu ganjel rel di toko2 kue di jogja yaa?

    Saat punya tmn anak semarang pun...dia bawa oleh2nya wingko yang gambar kereta itu, klo ga gitu bandeng, atau tahu bakso...ha..ha

    Besok klo ke semarang, pengin nyoba ah. Muga pandemi segera berlalu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang sekarang bahkan di Semarang pun udah jaramg ditemukan mbak. Makanya jd pengen nyobain gandjel rel toasty deli juga nih udah lama ga ketemu kue ini soalnya

      Delete
  13. Asyik bisa beli via shopee food juga ya ternyata. Aku udah nyobain bagelen nya juga mbak. Enak banget apalagi ditemenin teh anget

    ReplyDelete
  14. namanya uniiiik, gandjelrel. itu yang gambarnya setelah dipotong dengan taburan wijen merata di atasnya, bikin mupeng. duh kebayang deng lembutnya. noted deh, kalau ke semarang mesti berburu ini

    ReplyDelete
  15. Aroma kayu manis pada roti ini sungguh yummi sekali..
    Terbayang rasa klasik sebuah roti GandjelRel.
    Sungguh membuat hati nyaman dan perut kenyang.

    ReplyDelete
  16. sepertinya soft banget mbaa, aku jadi mau coba deh hiks... kapan ya ke Semarang. Udah lama nggak kesanaaaa. Kalau pulkam ke mbah aku di Wonogiri suka mampir ke Semarang.
    bagelen juga aku suka. Aku baru tau tentang gandjelrel ini, unik namanya yaa.. Semarang gandjelrelnya kudu dicobaaa deh

    ReplyDelete
  17. Kuliner semarang memang tiada duanya. Kaya sekali. Membayangkan roti gandjel rel yang kebayang kerasnya. Ternyata bisa empuk juga ya? wuah musti segera dicobain nih. Duuuh, pandemi segeralah berlalu, aku tak sabar jalan-jalan lebih leluasa kembali.

    ReplyDelete
  18. Unik banget namanya..gandjelrel agak keras pula.. bisa huat ganjelan..gitu ya maksudnya..hahhaa..

    Tapi setujutuh makannya pasti lebih asyik dicelyoin teh anget...
    Apalaginkalo cuaca lagi dingin..

    ReplyDelete
  19. kalau ke Semarang kayaknya kudu beli nih roti gandjel rel, dan aku baru tahu ada roti gandjel rel, setahuku gandjel rel ini komunitas blogger Mbak,,, hehehe

    ReplyDelete
  20. Next kalau ke Semarang mesti mampir ini mau Cobain Roti GandjelRel Yang Empuk di Toasty Deli Cake & Bakery Semarang

    Ke Semarang terakhir pas lulus kuliah dah lama banget

    ReplyDelete
  21. Baru tahu ganjel rel itu nama makanan lho heuheu (ketahuan kurang piknik). Jadi penasaran sm rasanya , masuk wish list kuliner yang harus dicoba nih

    ReplyDelete
  22. Kebayang deh pasti enak banget kalau ada versi roti gandjel rel yang soft ya

    ReplyDelete
  23. Wow, baru tahu aku di Semarang ada cemilan khasnya. Mana namanya unik pula, gandjel rel. Jadi pengen nyoba rotinya kalau ke Semarang.

    ReplyDelete
  24. Lucu banget namanya, ada filosofi sendiri hahaha.. aduh aku udah pernah coba belum ya?kaya udah pernah tapi lupa

    ReplyDelete
  25. putih-putih di atas roti coklat itu wijen ya mbak? harganya cukup terjangkau juga ya, lumayan nih buat oleh-oleh keluarga

    ReplyDelete
  26. Di rumahku mulai dari anak bayik sampe eyang eyang pada doyan soft GandjelRel nya ini… bagelennya juga…udah habis masih pada nyariin. Udah kebayang kan rasanya gimana itu 😄

    ReplyDelete
  27. Penasaran dengan kue Gandjelrel yang versi lembut dari Toasty Deli ini. Ada Bagelen dan roti-roti manis lainnya juga ya di Toasty Deli.

    ReplyDelete
  28. Aku juga suka nih sama soft gandjelrel dr Toasty Deli. Enak dan empuk. Varian roti lainnya juga nggak kalah enak. Anakku yang bungsu paling doyan sama bagelennya, gurih dan renyah soalnya. Buat teman nglembur juga cocok banget.

    ReplyDelete
  29. Aku juga suka nih sama soft gandjelrel dr Toasty Deli. Enak dan empuk. Varian roti lainnya juga nggak kalah enak. Anakku yang bungsu paling doyan sama bagelennya, gurih dan renyah soalnya. Buat teman nglembur juga cocok banget.

    ReplyDelete
  30. Memang enak banget nih gandjelrel punya toasty deli. Enggak seret. Enak banget klo dicemil sore-sore sembari minum teh or kopi.

    ReplyDelete
  31. Gak apa ya belum bisa nongkrong di kafe, beli jajanan dengan order bisa juga. Kayak di Toasty Deli yang udah siapin layanan order by WA. Bisa pesan gandjelrel dan ngemil asik lagi ditemenin teh atau kopi

    ReplyDelete
  32. Asli enak banget Gandjelrel nya ini buat ganjel perut sore sore sambil ngeteh…hmmm

    ReplyDelete
  33. Wah..ada roti Gandjel Rel yg empuk? Mantaab..wajib dicoba nih.. Sekalian sama Bagelen kesukaankj tuh.. Trmksh infonya mba Dew..

    ReplyDelete
  34. Oleh-oleh khas Semarang nih selain lunpia, asik banget untuk dinikmati bareng keluarga ya Teh. Pengen mampir kapan2 udah 2 tahun ga pernah ke semarang pokoknya sejak corona

    ReplyDelete
  35. Khas Semarang banget nih mbak. .karena mirip ganjel rel kereta api ya jadi dinamai roti ganjelrel hehe baru tahu.

    ReplyDelete
  36. Aku udah ngrasain Gandjel Rel dari Toasty Deli ini, emang beda. Lebih lembut, manisnya pas dan enaaaak.

    ReplyDelete
  37. Gandjel Rel dari Toasty Deli ini emang enak mb Dew, beda dg yg biasanya. Aku jadi suka karena teksturnya empuk (biasanya aku ga terlalu doyan gandjel rel). Kayaknya bapakku juga bakalan suka kalo dibawain ini.

    ReplyDelete
  38. GandjelRel, unik banget namanya. Jadi penasaran pengen coba, menikmati lembutnya tekstur roti sambil menghirup aroma rempah kayu manisnya.

    ReplyDelete
  39. Aku penasaran sama rasanya, mungkin mirip roti karamel tapi teksturnya keras gitu ya mba? Kapan-kapan kalau ke Semarang pengen mampir ah..

    ReplyDelete
  40. Aku penasaran sama rasanya, mungkin mirip roti karamel tapi teksturnya keras gitu ya mba? Kapan-kapan kalau ke Semarang pengen mampir ah..

    ReplyDelete

Post a Comment