Advertisement

Belanja Oleh-Oleh Semarang di Bandeng Elrina Pamularsih

Halo Pejalan Santai,

Siapa yang suka cari oleh-oleh khas Semarang di Bandeng Juwana Elrina di Pandanaran? Toko oleh-oleh ini memang hits banget ya dan selalu ramai dikunjungi pelanggan. Produk yang dijual memang beragam dan lengkap. Tak hanya menjual produk khas Semarang tapi daerah lain di Jawa Tengah juga tersedia di sana. Sayangnya, tempat parkir di pusat oleh-oleh ini tak kondusif karena sempit sekali. Jika parkir pun harus di tepi jalan atau di tempat yang jauh dari Elrina dan toko oleh-oleh lainnya. Walaupun kurang nyaman tapi tetap saja dikunjungi karena produknya yang lengkap hehe. 

Baca Juga: Wisata Keliling Semarang

Bandeng Elrina Pamularsih Semarang

Padahal, Bandeng Juwana Elrina ini punya cabang toko lain lho di Semarang. Lokasinya di Jalan Pamularsih Raya No. 70, Bongsari di Semarang. Waktu orangtuaku main ke Semarang, aku memutuskan untuk beli oleh-oleh di Elrina Pamularsih saja daripada pusing memarkir mobil di mana kalau kami ke Jalan Pandanaran.

Toko oleh-oleh khas Semarang yang lokasinya tak jauh dari Kelenteng Sam Po Kong ini memang lebih nyaman untuk berbelanja. Halaman parkirnya cukup luas dan ada basement untuk parkir. Tokonya terdiri dari dua lantai. Lantai satu untuk toko oleh-oleh dan lantai atas untuk restoran spesialis bandeng seperti yang ada di Elrina Pandanaran.

Bandeng Elrina Pamularsih Semarang

Saat ke sana rasanya lega dan nyaman vibenya karena tokonya luas dan tidak berdesakan. Berbelanja pun lebih tenang dan nyaman ya. Apalagi di masa pandemi agak seram lihat kerumunan, hehe. Tahu tidak, kalau Toko Bandeng Juwana Elrina sudah berdiri sejak tahun 1981. Sudah berumur 40 tahun! Walaupun banyak toko oleh-oleh lain di Semarang, Elrina tetap eksis.

Sebelum masuk toko, ada semacam ruang tunggu untuk pembeli mengaso setelah capek berbelanja. Ada pajangan diorama ikan bandeng yang ditemukan tahun 1986 saat berumur tiga tahun. Panjangnya mencapai 81 cm dan beratnya 7 kg, besar ya!

Bandeng Elrina Pamularsih Semarang

Bandeng Elrina Pamularsih Semarang

Sama seperti Elrina Pandanaran, jenis makanan dan minuman yang dijual di sana juga beragam. Walaupun tidak selengkap Elrina Pandanaran. Atau mungkin karena bangunan toko ini besar ya jadi terasa lebih sedikit produknya? 

Baca Juga: Batik Semarang 16

Selain menjual berbagai macam bandeng andalan mereka seperti bandeng asap, bandeng vacuum dan lainnya. Tersedia juga berbagai penganan khas Jawa Tengah lainnya seperti wingko babat beraneka rasa, bakpia beragam isi, brownies, lapis legit, kacang-kacangan, serta beragam kerupuk, keripik, sambal, hingga manisan Carica dari Dieng Sebut saja deh nama makanan oleh-oleh dari Jawa Tengah sepertinya lengkap di sana. 


Bandeng Elrina Pamularsih Semarang


Bandeng Elrina Pamularsih Semarang

Nggak heran, mampir ke toko ini kita jadi kalap dan lapar mata. Rasanya semuanya mau dibeli hehe. Bahaya banget ya! Jadinya, pas ke sana aku memborong lunpia, wingko babat, tape ketan, hingga keripik kulit. Duh, duh kalap!

Setelah berbelanja, kamu bisa naik lift ke lantai dua. Di sana ada restoran yang menyediakan menu spesial berbahan dasar bandeng. Namanya Warung Bandeng Juwana. Menu bandengnya nggak hanya bandeng duri lunak atau bandeng presto, otak-otak bandeng, bandeng teriyaki, bandeng boneless, bandeng pepes, tahu gimbal bandeng, sate bandeng,  hingga bandeng dalam sangkar. Pencinta ikan terutama bandeng pasti bahagia banget. Yang nggak ada paling jus bandeng hehehe. Harga makanan dan minumannya juga terjangkau.


Belanja Oleh-Oleh Semarang di Bandeng Elrina Pamularsih

Bagusnya lagi, di Toko  Bandeng Juwana Elrina ini tersedia musala dan toilet yang bersih. Jadi, pengunjung nyaman berkunjung di sana. Oh iya, jika kalian ngidam bandeng presto tapi tak sempat ke tokonya, atau kalian tinggal di kota lain, kalian bisa order Bandeng presto Elrina lho di marketplace seperti Tokopedia. Mereka punya toko resmi di sana yang tak hanya menjual aneka bandeng tapi juga oleh-oleh lainnya. Aku sempat memesan sekotak bandeng vakum untuk orangtuaku di Bogor dan 
Alhamdulillah sampai tepat waktu dan enak disantap. 

Sayangnya, di Elrina Pamularsih ini belum ada agen TIKI atau JNE ya untuk mengirim oleh-oleh belanjaan kita. Kalau di Elrina Pandanaran sudah ada agen khususnya. Tapi, memang nyaman dan tenang berbelanja oleh-oleh di sini. Kenapa baru ke sini sekarang ya? Huhu telat deh. 

Bandeng Juwana Elrina Pamularsih 

Jalan Pamularsih Raya No.70 Bongsari, Semarang Barat. 

Buka Setiap Hari Pukul 07.00-21.00 WIB


 

Post a Comment

25 Comments

  1. Waktu main di Semarang saya beberapa kali mampir ke toko elrina. Di samping beli oleh-oleh juga menikmati hidangan restonya yang semua dari bandeng. Betul sekali yang di jalan Pandanaran ini tempat parkirnya susah. Jadi akan sangat menyenangkan jika ada lokasi baru dengan tempat parkir luas dan belanjanya juga tidak desak-desakan, Mbak Dew

    ReplyDelete
  2. Huaaa bandeng senenganku 🤤 btw itu diorama bandeng-nya, dari bandeng asli yg diawetkan atau replika aja, Dew?

    ReplyDelete
  3. duhhhh sedep mantep banget sih bandeng Juwana, untungnya sudah pernah dapet oleh olehnya dan pemasarannya sampe ke kotaku juga kak, jadi aman dong hehehe.
    Langsung pengen cobain

    ReplyDelete
  4. uwaaaa, aku suka banget sama bandeng. wah kalau mampir semarang, bisa nih belanja buat stok yang banyak, hehe

    ReplyDelete
  5. Aku langsung bayangin sekiranya dapat kesempatan belanja oleh-oleh ke situ. Hanya sayang, bukan soal kesempatan yang tak mengizinkanku, melainkan ketidaksukaanku akan bandeng yang barangkali masih jadi aral untuk ke sana. Paling tidak hari-hari ini....hehehe Tapi top narasinya, Mbak.

    ReplyDelete
  6. Ku juga klo bli yg di Pamularsih. Tempat parkirnya lebih luas & mudah. Deket lg sama rumah ibu. Hehehe

    ReplyDelete
  7. Wah lama sekali nggak main ke Semarang. Nanti kalau ke sana jadi tahu tempat yang rekomended untuk beli oleh-oleh utamanya bandeng

    ReplyDelete
  8. Setuju!
    Area parkir lega itu bikin nyaman ya.
    Jadi tak perlu risau kendaraan, bisa tenang saat belanja.

    Kalau ke sini, aku pasti pengen icip bandeng prestonya.
    Mau bandingkan dengan citarasa yang di Balikpapan.

    ReplyDelete
  9. Catet dulu. Selama ini kalo aku ke Semarang, beli oleh2nya di toko lain :D. Ada jual bandeng Juwana juga.

    Tapi aku tipe yg suka eksplor kok, jadi ga harus datang ke 1 toko, sebisa mungkin nyobain banyak toko, jadi bisa tahu kelebihan kekurangannya apa kalo belanja di sana 😄. Favoritku bangetttt nih mba bandeng Juwana. Biasa ga terlalu suka bandeng Krn masalah duri. Tapi kalo udh lunak, pasti suka, Krn jadi ga repot :D.

    ReplyDelete
  10. Wah iya mba. Kalau ke semarang pasti mampirnya ke toko bandeng juwana elrina pandanaran yang ditengah kota itu. habis taunya cuma di situ sih...
    Ternyata ada toko lain toh, nggak tauuu... Kalau aku lihat dari fotonya, lebih lega ya tokonyaaa, bisa jadi lebih nyaman belanjanya...

    ReplyDelete
  11. waaah aku suka nih mba bandeng ini... tetanggaku buka jastip ini ke semarang . aku suka pesan untuk stok lauk di rumah hehehe...

    ReplyDelete
  12. Jadi ingat dulu pernah ada yang kasih bandeng presto dari Semarang ..
    Tokonya bagus ini, luas ki jadi enak kalau mau berbelanja di masa pandemi.

    ReplyDelete
  13. Kalap donk...aku berhenti di Toko Bandeng Juwana Elrina Semarang.
    Biasanya saat kami perjalanan pulkam memang sengaja rutenya lewat Semarang dulu, beli oleh-oleh di Toko Bandeng Juwana Elrina. Juara deh...di sini semuanya enak-enak, sampai aku menuliskannya di sebuah blogpost juga.
    Hihii~ saking puasnya belanja di Toko Bandeng Juwana Elrina.

    ReplyDelete
  14. Betul-betul bisa kena lapar mata ini. Belanja oleh-oleh khas suatu daerah emang kadang bikin lupa waktu,langsung deh terpampang daftar nama keluarga, hahaha.
    Si om dan tante, saya bawain bandeng asap. Ponakan mau belikan aneka kripik buat cemilan. Terus ,... terus ... terus...
    Eh, ini kenapa hayalanku ke sana ya? wkwkwk.

    ReplyDelete
  15. saya juga suka nih mba bandeng ini... kebetulan tetangga saya rutin buka PO oleh2 semarang termasuk bandeng elrina ini. lumayan buat stok lauk . walau jauh di depok atau jakarta bisa tetap menikmati oleh oleh semarang dong kita

    ReplyDelete
  16. Jadi kangen semarang 🥺 bandeng nih oleh-oleh favorit banget yg bisa dibawa pulang kalau habis daru semarang, fave yang balut telur duhh 😋😋😋 masukin list ahh siapa tahu satu hari balik semarang nanti.

    ReplyDelete
  17. Kayaknya aman nih untuk didatangi. Tokonya luas, ada ruang tunggunya pula

    ReplyDelete
  18. Dari zaman aku kuliah kalau mau cari bandeng presto yang paling lezat ya ke Elrina. Meski harga lebih tinggi tetep banyak yang memburu

    ReplyDelete
  19. Baru tau klo bandeng jg bs dikirim via expedisi nih.. temenku jg klo ke semarang pasti mampir kesini

    ReplyDelete
  20. Baru tau kalo bandeng bisa dikirim expedisi jg.. btw iya mmg temenku klo ke semarang jg mampir sini

    ReplyDelete
  21. Kayanya.lrbih enak belanja di sini daripada yg di pandanaran ya mbak. Tokonya lebih luas, perkiran juga lega jd mo belanja lama pun enak

    ReplyDelete
  22. Wow menu bandengnya lengkap banget atuh. Bandeng dala sangkar itu gimana ya mbak? Hehe. Btw, jadi kangen Semarang, Mbak Dew.

    ReplyDelete
  23. Aku kalau ke Semarang pasti mampur ke sini cari oleh-oleh~

    ReplyDelete
  24. aku pernah nemenin temenku belanja oleh-oleh di sini nih Mbaa, tempatnya nyaman. bandengnya enak ini btw!

    ReplyDelete
  25. Yang dijalan pamularsih belum pernah mba, biasanya di pandanaran tp males parkirnya kalau di pandanaran penuh hehehe, perlu dicoba yg di pamularsih nih

    ReplyDelete