Advertisement

Enaknya Gelato Matteo Kota Lama Semarang

Dear Pejalan Santai,

Beberapa waktu lalu, aku menemani Abah dan Mama menjelajahi Kota Lama Semarang. Ya, keduanya berkunjung ke Ungaran untuk bertemu ampo alias cucu, hehe. Kota Lama Semarang memang memikat ya. Bangunan-bangunan tua peninggalan Kolonial Belanda kini banyak yang diremajakan. Membuat penampilan gedungnya semakin menawan dan tak lagi berkesan seram.

Enaknya Gelato Matteo Kota Lama Semarang
Enaknya Gelato Matteo Kota Lama Semarang

Kami nongkrong di Taman Srigunting yang teduh, lokasinya bersebelahan dengan Gereja Blenduk yang tersohor itu. Kota Lama sudah mulai ramai dikunjungi wisatawan yang membuat suasana sore itu makin meriah. Sayangnya, Semarang Contemporary Art Gallery sudah tutup jadi aku tidak bisa mengajak Abah ke sana.

Saking lamanya nggak turun gunung,  aku baru tahu ada beberapa kafe dan kedai kopi baru di kawasan itu. Masing-masing menyajikan keunikan tersendiri. Aih, jadi ingin ngopi deh.

Sore itu, kedai Gelato Matteo yang menjadi incaran anak-anak. Ya, gelato memang favorit mereka. Kami sudah pernah ke Kedai Gelato Matteo di Wonodri dan juga di Ungaran. Jadi, bahagia banget mereka ketika tahu ada gelato favorit mereka di Kota Lama Semarang. Kedai gelato ini buka sejak 2018 dan ramai dikunjungi pelanggan. Letaknya tepat di sebelah Tekodeko.

Enaknya Gelato Matteo Kota Lama Semarang
Gelato Matteo Kota Lama (Foto: Dot Semarang)

Wah, Pas banget sih Semarang saat itu panasnya ngentang-ngentang alias hot hot potato! Jadi, pas untuk numpang ngadem sambi nge-gelato di kedai Matteo. Hehe. Dengan berbinar mereka menyusuri trotoar menuju kedai gelato yang ternama itu. Saat memasuki kedai, rasanya adem banget karena pendingin udaranya yang berfungsi baik. Interior dalam kafe pun adem didominasi warna biru yang membuat adem hati. Belum lagi etalase gelato yang memanggil-manggil untuk segera memesan. Slurppp!

Enaknya Gelato Matteo Kota Lama Semarang

Enaknya Gelato Matteo Kota Lama Semarang

Kedai Gelato Matteo ini diambil dari nama pemilik kedai yaitu Matteo Bulgarini d’Elci yang berkebangsaan Italia. Awalnya, Pak Matteo dan istrinya berkecimpung dalam bisnis di bidang ekspor mebel kayu jati. Ketika ingin membuka bisnis baru, keduanya mendapat ide untuk membuat makanan yang disukai sejuta umat yaitu es krim. Tapi, bukan sembarang es krim tapi yang ingin dibuatnya adalah gelato, es krim khas Italia.

Bedanya apa?

Gelato dan es krim sama-sama enak. Tapi, beberapa bahan dan cara bikinnya berbeda. Es krim terbuat dari krim, kepala susu dan kuning telur yang diaduk cepat menggunakan mesin hingga mengembang menghasilkan tekstur es krim lembut dan lebih awet. 

Sedangkan gelato terbuat dari susu, gula dan telur. Cara membuatnya diaduk pelan sehingga tekstur terasa lebih padat, mudah cair dan mudah rusak. Oh iya, kandungan lemak gelato ini lebih rendah lho daripada es krim biasa jadi lebih sehat dan cocok untuk kalian yang sedang diet. Hore!

Tak heran, kalau harga gelato rata-rata lebih mahal dibandingkan es krim biasa. Varian rasanya pun lebih banyak lho dibandingkan es krim. Seperti kedai Gelato Matteo ini punya belasan rasa yang unik mulai dari manis, agak pahit hingga rasa asam dari buah. Berbagai rasa gelatonya diantaranya ada beragam cokelat, vanila, tiramisu, arabica coffee, matcha hingga rasa istimewa seperti mascarpone/keju manis, pistachio, nougat dan melon serta mango sorbet. Bahkan ada rasa Whisky lho yang tidak boleh kaum muslim cicipi.  

Enaknya Gelato Matteo Kota Lama Semarang

Oh iya, Gelalto Matteo menyediakan beberapa pilihan ukuran untuk gelatomu. Ada cup dengan tiga pilihan ukuran yaitu small berisi dua scoop gelato seharga Rp30.000. Ukuran medium isinya tiga scoop seharga Rp43.000. Hm, sudah termasuk pajak ya harganya. 

Selain itu, ada pilhan pakai cone dan wafel yang renyah. Pilihan kami sore itu beragam biar bisa saling cicip, hehe. Serunya lagi, kita bisa membubuhkan topping sesuka kita biar gelatonya makin nikmat. Banyak pilihan seperti taburan kacang, meises, sirup, gratis nggak usah tambah biaya lagi. Buat kamu yang tidak suka gelato, ada pilihan minuman lain seperti teh, kopi dan lainnya.

Enaknya Gelato Matteo Kota Lama Semarang

Suasana kedai gelato Matteo di Kota Lama ini juga nyaman untuk nongkrong bersama sahabat atau keluarga. Kamu bisa duduk di teras atau di bagian dalam kedai. Kalau siang sih, lebih baik di dalam ya karena panasnya terik banget, hehe. Meleleh deh mekap kita saking panasnya Semarang! So, kalau main ke Kota Lama Semarang, jangan lupa mampir ke Kedai Gelato Matteo ya! 

Kedai Gelato Matteo Kota Lama

Jl. Letjen Suprapto No.46, Tj. Mas, Kec. Semarang Utara, Semarang Jam 

Buka Setiap Hari 

Senin-Jumat Pukul 11.00-22.00 WIB

Minggu 11.00-23.00 WIB


 

Post a Comment

23 Comments

  1. Memang gelato harganya lebih mahal dari eskrim biasa, tapi emang terasa lebih seger yah mbaaak. Penasaran nanti kalo ke Semarang harus deh nyobain nyicip Gelato Matteo dengan berbagai topping hehe

    ReplyDelete
  2. Bintangin ah. Besok kalau main ke Semarang bakal mampir sana. Udah lama nih nggak liat Kota Lama semarang..

    ReplyDelete
  3. Gelato Matteo sepertinya gerai eskrim yang dilisensikan ya Mbak Dew, banyak cabang soalnya. Atau semua milik pribadi keluarga Matteo?

    Emang paling pas ya kalau gelato berbau Italia, dari nama sampai pemiliknya. Gelato yang berasal dari negara itu kuat banget brand-nya

    Sehat selalu untuk Abah dan Emak, Mbak Dew. Amin

    ReplyDelete
  4. Wah gelato
    enak ya mbak pastinya
    tempatnya juga asyik
    emang jadi destinasi wajib saat jalan jalan ke Semarang ya

    ReplyDelete
  5. Semarang kalo ga kliru puanasss koyok Surabaya ya mba
    uenaakk banget kalo maem gelato ini.
    sedaapp, bikin lidah menari2

    ReplyDelete
  6. Aih klo Gelato mah selalu dan selalu pingin nyoba semuanya nih. rasa istimewanya seperti mascarpone/keju manis, pistachio, nougat, bikin penasaran hehehe

    ReplyDelete
  7. Belum pernah mampir ke Gelato euy..Boleh nih kalo pas ke Semarang mau kesini aku...hehe tempatnya juga sik ya..

    ReplyDelete
  8. waah tempatnya bagus dan rasa gelatonya banyak tuh yaa.. aku inget2 deh siapa tahu bisa mampir sama anak2 pas ke Semarang :)

    ReplyDelete
  9. Yakin deh saya kalau rasanya enak meskipun belum pernah cobain. Karena di Jakarta juga ada resto yang jual gelato. Matteo juga yang punya andil.

    ReplyDelete
  10. waaah, auto ngiler ini liat review gelato, udah ngebayangin dengan toping ini itu haha xD semarang juga banyak kuliner yaa ^^

    ReplyDelete
  11. Wah menggoda sekali mbak itu Gelatonya. Kalau di tempatku seingatku ada juga sih yang jual gelato kayak begini beberapa tahun yang lalu cuma nggak tahu sekarang masih ada apa nggak.

    ReplyDelete
  12. Gelato ini emang enak. Sayang yang di Bengkulu hanya beroperasi sebentar sebab mesinnya rusak dan ternyata kalo dibenarkan kata owner biayanya mahal banget, sayang banget lah. Padahal tempatnya juga cozy banget

    ReplyDelete
  13. Wah, gelatoo.

    Aku blm pernah makan. Ya ampun kudet. Haha
    Baca ini jd pengen ke Semarang jg buat mampir beli gelato. Pasti enak bangett

    ReplyDelete
  14. Gelato ini cocok ama Semarang yang panas..heheh... Kalau ke Semarang mau ah mampir, oh ya Mbak Kedai Gelato Matteo kalau yang di Ungaran sebelah mana sih?

    ReplyDelete
  15. Senengnya bisa makan gelato bersama orang tua. Gelato kyknya emang cocok dinikmati pas abis jalan2 kecapekan, panas ngetang2, lalu rehat sejenak, pasti maknyeess banget ya menikmati gelato.
    Wah yang punya asli org Italia ya, pasti manteb tu, harganya jg gk terlalu mahal yaa

    ReplyDelete
  16. Anak-anak ku suka banget gelato ini. Tapi sejak pandemi ga pernah mampir lagi. Semoga besok2 bisa main ke gerai gelato ini

    ReplyDelete
  17. Jadi kepengen deh makan gelato matteo. InsyaAllah kalau ke semarang, mampir ah ke gelato matteo. Anak-anak nih yang suka nagis pengen makan Gelato

    ReplyDelete
  18. Wohooo, kalo ke Semarang boleh juga nih nyobain Gelato sambil nongki2 cantik ya. Dah lama banget ga pernah ke Semarang, dah lupa sama kotanya 😂

    ReplyDelete
  19. Waahh, anak2 suka, remaja, orang tua sukaa juga atulaah, Apalagi kalo dinikmati bareng keluarga di tempat nyaman gituu, ternikmaat. Siap, nanti ku mampir, temenin yaak!!

    ReplyDelete
  20. Ya Allah...Hot Hot Potatoe yaa..
    Hehhe...kudu beli Gelato Matteo nih...selain biar seger, sehat dari bahannya juga bisa bikin ngobrol bahasa Inggrisnya lebih santuy~

    ReplyDelete
  21. Gelato ini memang enak. Lebih lembut dan lumer di mulut menurutku. Aku baru tahu ada Gelato di kota lama Semarang. Kudu mampir kalau pas ke sana

    ReplyDelete
  22. Gelatto karena terbuat dari susu, jadi mudah meleleh ya jadinya. Surganya anak-anak ini.. Aneka gelato siap memanjakan lidah...

    ReplyDelete
  23. Aissss krimmm
    Duh rasanya pengen banget buka kayak gini gelato apalgi lebih yummy rasanya panas2 makan beginian nikmaaat

    ReplyDelete