Advertisement

Makan Siang Nostalgia di Rumah Makan Ibu Bunut Sukabumi

Halo Pejalan Santai,

Kali ini aku mau berbagi pengalaman makan di Rumah Makan Ibu Bunut. Rumah makan ini termasuk rumah makan yang legendaris di Kota Sukabumi. Berdiri sejak tahun 1986 dan lokasinya berada di tengah Kota Sukabumi. Tepatnya di Jalan Suryakencana No.72, Sukabumi. 

Makan Siang Nostalgia di Rumah Makan Ibu Bunut Sukabumi

Sejak masih tinggal di Makassar dan Palembang, setiap pulang ke rumah kakek dan nenek di Sukabumi saat liburan Lebaran kami pasti mampir makan di sini. Saat kembali ke Sukabumi, banyak perubahan di kota ini. Terutama, kafe dan rumah makan serta restoran yang makin menjamur. 

Desain bangunan dan interior kafenya juga beragam dan menarik banget untuk diulas. Menu masakan pun makin beragam mulai dari restoran masakan Korea Selatan hingga restoran pizza ada di Sukabumi. Daebak ya, kota kecil nan asri ini. 

Baca Juga: Tauco Cap Meong Cianjur

Tapi, Rumah Makan Ibu Bunut berbeda. Mereka seolah terjebak di ruang waktu, tahun 80-an. Rasanya tak banyak perubahan dari rumah makan ini sejak zaman dahulu kala. Bangunannya yang luas dan bergaya vintage. Juga halaman parkirnya luas. Terus, desain interiornya tetap sama. 

Makan Siang Nostalgia di Rumah Makan Ibu Bunut Sukabumi

Dengan meja dan kursi model kuno dan meja layan yang sama. Mengingatkan kita pada desain rumah dan interior tahun 80-an. Menu masakan Rumah Makan Ibu Bunut ini adalah menu khas Sunda. 

Walaupun banyak warung makan dan restoran khas Sunda di Sukabumi, juga berbagai rumah makan dengan berbagai menu kekinian dan barat, masakan di rumah makan ini tetap juara dan dicari banyak orang.

Apa saja menunya? Ya, menunya tentu saja khas makanan Sunda mulai dari berbagai jenis gorengan seperti perkedel, bakwan jagung, sate udang yang besar-besar, ikan mas goreng, gurame, empal, rendang, sate ikan balita, ayam goreng kremes, tahu dan tempe goreng, telur balado, paru goreng, lidah goreng, telur asin, hingga aneka pepes yang endeus. 

Sebut saja, pepes oncom, pepes ikan teri, pepes tahu hingga pepes jamur. Aku suka banget pepes jamurnya yang enak dan pedas. Wow, banyak banget kan pilihan lauknya sampai bingung mau makan yang mana!

Makan Siang Nostalgia di Rumah Makan Ibu Bunut Sukabumi

Beberapa jenis sayur ditawarkan seperti capcay dan sayur kangkung tapi yang juara tentu saja lalapannya yang beraneka ragam. Banyak jenis lalap yang aku tidak tahu namanya tapi asal sikat saja yang penting enak, hahaha soalnya terlihat segar dan menggoda banget diletakkan di tampah besar. 

Nggak lengkap sajian lalapan tanpa sambalnya yang nendang dan bikin keringetan. Banyak pilihan sambal di sini. Mulai dari sambal tomat, sambal kecap, sambal terasi ulek pedas sekali, hingga sambal oncom dan sambal jeletot. Yummi..

Makan Siang Nostalgia di Rumah Makan Ibu Bunut Sukabumi

Makan Siang Nostalgia di Rumah Makan Ibu Bunut Sukabumi

Memesan makanan caranya mudah tinggal tunjuk lauk dan sayur yang kita inginkan ke teteh-teteh penjaga rumah makan. Kita bisa mengambil piring untuk wadah lauk pesanan kita. Makanan pesanan kita bisa minta dihangatkan alias digoreng lagi biar lauknya panas dan acara makannya tambah nikmat. Bahaya banget ya lauk pauk di sini itu enak-enak semuanya dan bikin kita tambah nasi hangat, lagi dan lagi. Apalagi, minumnya pakai teh hangat tawar. Juara banget, deh.

Makan Siang Nostalgia di Rumah Makan Ibu Bunut Sukabumi
Menu khas Sunda yang enak (Foto: Hadi, Trip Advisor) 


Saat kami berkunjung ke sana memang belum waktunya makan siang jadi lengang banget. Mamaku hanya membeli lauk untuk dibawa dan dimakan di perjalanan kami kembali ke Bogor. Nasinya dialas selembar daun pisang lalu dibungkus kertas cokelat. Terus, beserta lauk-pauknya dimasukkan ke kotak styrofoam. 

Kami meminta tidak usah pakai sendok plastik karena lebih nikmat makan pakai tangan ya walaupun habis makan tangannya pasti panas dan pedas rasanya, hehe. Si teteh juga tak lupa menuliskan isi kotak dengan pulpen jadi nggak bakal ketukar deh pesananku dengan pesanan Aldebaran, misalnya. 

Baca Juga: Masakan Korsel Fat Oppa di Bandung

Makan Siang Nostalgia di Rumah Makan Ibu Bunut Sukabumi

Sayangnya, kami tidak makan di rumah makannya pasti menyenangkan ya bernostalgia lagi. Rasanya kangen sekali makan bareng di rumah makan ini. Jadi teringat masa sekolah makan di sini bersama kakek dan nenekku yang suka banget masakannya rumah makan ini. Kangen menyantap masakan sambil mengobrol dan bercanda. Kangen banget ya Allah, Al Fatihah. 

Oh iya, kalau mau beli camilan khas Sukabumi dan jawa Barat seperti aneka keripik dan moci, kalian bisa beli di gerai oleh-oleh di rumah makan ini. Jadi sekalian kan nggak usah mampir ke tempat lain lagi. Jadi, kalau kalian sedang main ke Sukabumi jangan lupa makan siang di Rumah Makan Ibu Bunut yang rasa masakannya ngangenin pisan.

Rumah Makan Ibu Bunut

Jalan Suryakencana No.72, Cikole, Sukabumi 

Buka Setiap Hari Pukul 08.00-21.00 WIB

Post a Comment

30 Comments

  1. Makan masakan khas Sunda dengan rasa nostalgia pastinya Makin nikmat ya. Soalnya ada rasa yang tidak akan hilang dari moment saat makan bersama. Nanti jadi pengen nyobain deh

    ReplyDelete
  2. Yummy masakannya khas masakan tradisional ya, saya sukaak sambelnya biasanya enakk maknyuss seger dimakan sama nasi panas plus lalapan

    ReplyDelete
  3. kangen banget makan di tempat yang sama kayak di rm ibu bunut yg di sukabumi ini. tapi karena gak kemana2 ya cuma bisa ngiler aja liat menunya yg super komplit. udah gt kalau dilihat tempatnya bersih ya mbak, jd makan juga tenang gitu rasanya

    ReplyDelete
  4. wah menunya bener-bener khas Sukabumi pisan ini mah, menggugah selera makan siapa pun, beneran Sunda pisan

    ReplyDelete
  5. Wah makanannya enak enak kayaknya ya
    Besuk deh kalau ke Sukabumi bakal coba makan disana hihi

    ReplyDelete
  6. Wuih lalapannya lengkap banget sampe baby kailan juga ada gitu? Mantaappp

    ReplyDelete
  7. Belum pernah ngerasain pepes oncom dan pepes jamur, Mbak Dew ... penasaran.

    ReplyDelete
  8. Kelihatan enak-enak ya kak. Sambalnya juga macam-macam, jadi ngiler. kayaknya kesalahan nih aku baca artikel pas malam. Jadinya laper dan pengen makan, tapi di rumah udah pada abis makanannya, hiks.

    ReplyDelete
  9. Aiisshhhhh mbaa aku sampe neguk liur bacanyaaaa 🀣. Makanan Sunda itu fav ku bangettttt, trutama ya lalapan dan sambelnya. Ga ada yg bisa ngalahin sambel orang Sunda lah ❤️πŸ‘πŸΏπŸ‘πŸΏ.

    Dah lama ga ke Sukabumi . Kalo main kesana aku pastiin bakal coba kuliner ini mba

    ReplyDelete
  10. Kelezatan makanan Sunda itu memang dimakan di atas daun dan hanya menggunakan tangan. Ini udah paling yahuudd~
    Rumah Makan Ibu Bunut juara yaa.. lauk pauknya banyak ragamnya dan lengkap. Paling mantap sama sambelnya.

    ReplyDelete
  11. Aduduuu...menunya bikin ngiler nih, apalagi itu tuuuh ada pepes oncom yg jarang ditemui dlm menu di rmh. (kurang afdhol bikin pepes oncom sendiri, lbh yummy kl nyantapnya di resto ini, hehehe.. Biasanya tiap 3 bulan at leadt bunda n mentemens pensiunan menjelajahi tempat2 kuliner lho, tp udah 2 tahun terhalang karena Pandemi. Yups! kebersamaan di usia pensiun memang bikin gairah dan semangat!.

    ReplyDelete
  12. Udah lamaaaaa banget aku ga main ke Sukabumi :) Kapan2 kudu mampir nih di rumah makan Ibu BUnut. Itu sambal2nya uwooooow, jadi bingung pilih yang mana hahaha :) Lalapannya juga melimpah. Masakan sunda memang menggiurkan, enak, pastinya nambah :D

    ReplyDelete
  13. Ya ampun lalapan dan sambel terasi beserta nasi hangat itu nikmat banget 🀀 apa lagi dengan lauk pauk yang beragam. Berbagai macam pepes pula ih jadi laper hahaha

    ReplyDelete
  14. Model resto begini suka bikin saya kalap. Biasanya pengen semua dicicipin hehehe. Udah gitu selalu menggugah selera. Meskipun perut lagi kenyang, kalau diajak makan begini biasanya bakal mau :D

    ReplyDelete
  15. Ya ampun itu plihan sambalnya enak enak banget dan bervariasi sekali. kalau ke Sukabumi kayaknya aku harus cobain ini deh mba. Makasih rekomendasinya ya mba

    ReplyDelete
  16. Pas beli oleh-oleh ketukernya gak sama punya Winwin ssi?
    Hahha...ini asik banget yaa.. Aku pas ke Sukabumi cuma pengen makan seafood yang langsung dimasak. Beneran rasanya maknyuuss~

    ReplyDelete
  17. Rumah makannya legendaris dan harga nyaman di kantong. Itu sambalnya macam-macam lagi. Asli bikin ngiler deh. Emang paling bener makannya pakai tangan langsung

    ReplyDelete
  18. jadi ingat dulu pernah tinggal di jawa barat selama kurang lebih 1 tahun. tapi jujur nih saya tahunya menu sunda itu lalapan sama batagor aja, mbak. hihi. jadi penasaran sama menu ikannya

    ReplyDelete
  19. kalau desain interiornya masih seperti dahulu kaladan terawat begitu emang bikin kita bernostalgia ya, Mba. Emang masakan sunda tuh makan paling enak pakai tangan ya, Mbaa... nikmatnya beda

    ReplyDelete
  20. Wah makanan Sunda memang the best. Apalagi kalo ketemu lalapan dan sambalnya plus ikan bakar atau ikan goreng. Langsung lupa diet ya mb Dew.

    ReplyDelete
  21. wah ini lengkap ya mbak, pecinta masakan sunda pasti hepi klo makan disini
    Rumah Makan Ibu Bunut wajib jadi destinasi saat jalan ke Sukabumi ya

    ReplyDelete
  22. Nah ini menunya enaaaak banget!
    Aku suka-suka !
    Pilihan sayur, sambal dan lauknya banyak!

    Tapi hei, bisa jadi bahaya juga ne.
    Bisa tambah-tambah jadinya :)

    ReplyDelete
  23. Duh, Bunut mah emang rumah makan yang legendaris banget yaa. btw itu lalapannya bener bener menggoda banget ya, apalagi sambelnya heuheu

    ReplyDelete
  24. Orang Sunda suka banget lalapan, tapi sebagai org Jawa aku jd bisa mengikuti selera itu dan emang rasanya nikmat apalagi kalau ada sambel pedesnya mbak ;D

    ReplyDelete
  25. Jadi kangen menu Sunda..Aneka lalapan dan sambalnya top banget..Pilihan lauknya juga khas banget ya

    ReplyDelete
  26. Aku pertama kali jatuh hati sama masakan sunda itu pas di Bandung. Keren banget ini rumah makan Ibu Bunut, kursi dan semuanya benar benar jadul ya mbak.. Menunya enak enak banget, itu sambel dan lalapan ya nggak nguati

    ReplyDelete
  27. Aku belum pernah loh ke Sukabumi. Boleh juga nih jadi referensi ya jika ingin menikmati makanan Sunda yang banyak banget pilihan lauknya.

    ReplyDelete
  28. Aku kalau masuk ke sini bakal kalap kayaknya. Lauknya banyak banget. Bingung mau pilih yang mana. Aku galfok sama aneka lalapan yang di tampah tuh. Seger banget emang ya. Apalagi sambelnya. Wuuih menggoda iman banget.

    ReplyDelete
  29. huaaaa pilihannya banyaaakk dan bikin bingung semuanyaaaaaa.... kujadi mau ini itu banyak sekali.. tau taunya kenyang karena kebanyakan milihnyaa hahahahha

    ReplyDelete
  30. Wah baruy denger nih tentang RM Ibu Bunut, pilihan lauknya banyak seklai mak, plus sambel dan lalapannya menggoda banget ituuu.. wajib mampir nih kayanya kalo ke sukabumiii

    ReplyDelete