Advertisement

Staycation Menyenangkan di The 101 Hotel Suryakencana Bogor

Dear Pejalan Santai,

Kali ini aku ingin berbagi cerita staycation di The 101 Bogor Suryakencana. Awalnya, kurang tertarik untuk menginap di hotel itu karena lokasinya di daerah Suryakencana yang terkenal macet, dekat Pasar Bogor, hehe. Nah, suatu hari kami mau mengadakan syukuran sunatan Aldebaran. Kakak sepupuku mengusulkan di restoran hotel The 101 Bogor Suryakencana, Djoeragan Resto & Lounge. Ia sudah sering ke sana bareng teman-temannya untuk acara arisan dan lainnya. 

Staycation Menyenangkan di The 101 Hotel Suryakencana Bogor

Tak disangka, makanannya memang enak-enak lho. Nanti aku ceritakan di artikel tersendiri ya. Karena promosi kakakku, akhirnya aku memesan dua kamar nih di hotel ini. Kami memilih pesan kamar hari Minggu agar harganya lebih miring dibandingkan saat akhir pekan, hehe. Aku memesan dua kamar tipe Deluxe City View via Traveloka, dua kamar dengan sarapan pagi.

Hotel yang berlokasi di Suryakencana 178-181 Bogor ini letaknya strategis. Tak jauh dari Stasiun Bogor, Pasar dan Mal serta tempat wisata seperti Kebun Raya Bogor, Istana Bogor dan D’Voyage. Kalau kalian ingin berburu kuliner Bogor pun mudah ditemukan di sepanjang Jalan Suryakencana yang terkenal sebagai Pecinan di Bogor. 

Tinggal berjalan kaki, bisa merasakan suasana Kota Bogor tempo doeloe dengan rumah-rumah peninggalan zaman Belanda. Buat kamu yang ingin mencari makanan atau minuman ringan, ada minimarket di sebelah hotel.

Staycation Menyenangkan di The 101 Hotel Suryakencana Bogor

Saat memasuki lobi hotel, kami dicek suhu oleh satpam dan juga harus scan aplikasi PeduliLindungi. Aku langsung jatuh cinta dengan kolam ikan yang asri banget dan cantik untuk berfoto. Belum lagi kolam renang yang bentuknya cantik menambah indah hotel ini.

Saat itu, suasana hotel ramai karena hari Minggu ya. Ada acara pernikahan di Djoeragan Resto sehingga lobi ramai. Aku pun cek in di resepsionis dan diwajibkan untuk deposit Rp200.000. Senangnya, aku ditawari oleh Mbak resepsionis untuk upgrade kamar connecting secara gratis, jadi dua kamar yang kupesan bisa tersambung. Ada pintu penghubungnya. Alhamdulillah. Setelah itu, kami diberikan kunci kamar dan barang-barang kami yang agak banyak dibawa oleh petugas hotel. 

The 101 Hotel Suryakencana Bogor

Oh iya, kamar kami berada di lantai tiga jadi butuh kunci kamar untuk naik lift. Lift hotel juga menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak diantara tamu. Tak lama, kami masuk kamar dan ternyata kamarnya juga cantik. Tak salah, temanku di Semarang ada yang selalu menginap di hotel ini jika berkunjung ke Bogor. Ternyata, hotelnya cakep begini ya.

Staycation Menyenangkan di The 101 Hotel Suryakencana Bogor

Staycation Menyenangkan di The 101 Hotel Suryakencana Bogor

Ada dua jenis kamar yang bisa kita pilih, menghadap kolam renang, ada yang menghadap pemandangan kota. Nah, kalau kamarnya menghadap kota itu pemandangannya mengarah ke Gunung Pangrango. Kalau pas cuacanya cerah dan langitnya bersih, wow indah sekali!

Kamar yang kami pesan ada yang twin, ada yang tempat tidurnya queen size. Kamarnya cukup luas dengan toilet yang nyaman. Kamar dilengkapi meja tulis, televisi kabel dengan puluhan chanel, serta brankas untuk menyimpan barang berharga. Di kamar juga tersedia telepon, serta kulkas mini. Oh iya, tersedia juga peralatan untuk membuat minuman. 

Sudah tersedia teko pemanas, dua cangkir, dua botol air mineral dan berbagai jenis minuman sachet. Lengkap juga, ya. Terus, di toiletnya ada handuk, peralatan mandi dan pengering rambut yang menempel di dinding. Bahagia banget deh anak-anakku pas staycation.

The 101 Hotel Suryakencana Bogor

The 101 Hotel Suryakencana Bogor

Sorenya, kami berjalan menuju kolam renang. Di sebelah kolam renang ada Kafe Geulis kalau kalian haus atau lapar setelah berenang. Ada juga meja permainan pinball yang seru. Saat anak-anak berenang, memang suasana agak ramai tapi tertib kok kita bisa menjaga jarak. Para cowok tidak diperkenankan berenang memakai kaus atau singlet harus lepas baju. Ada dua kolam renang, satu untuk dewasa dan satu lagi untuk anak. 

Senangnya lagi, kolam renang dewasanya tidak dalam, saudara-saudara, kedalamannya hanya 135 cm saja. Jadi aku lebih tenang membiarkan anak-anak berenang tanpa diawasi ketat. Di tepi kolam renang ada beberapa meja dan kursi berpayung, ada pula kursi untuk berbaring. Ah, senangnya! Anak-anak sampai betah berjam-jam berenang!

The 101 Hotel Suryakencana Bogor

The 101 Hotel Suryakencana Bogor

Bagaimana dengan sarapannya? Nah, kami sarapan di Djoeragan Resto. Sarapan tersedia mulai pukul 6 pagi. Karena kami berlima, Aldebaran harus bayar sarapan ya dan dihitung untuk dewasa. Lupa ya waktu itu, berapa ya, nambahnya, ya? Dipotong dari depositku sebelumnya. 

Sebelumnya, kami sudah pernah makan di sana saat acara syukuran sunatan Aldebaran dan memang makanannya enak-enak. Kali ini menunya berbeda dengan yang kami santap di acara sunatan sehari sebelumnya. Sebelum masuk restoran, kami diberikan sarung tangan plastik untuk mengambil makanan jadi lebih aman. 

Staycation Menyenangkan di The 101 Hotel Suryakencana Bogor

Staycation Menyenangkan di The 101 Hotel Suryakencana Bogor

Staycation Menyenangkan di The 101 Hotel Suryakencana Bogor

Saat itu, tersedia bubur ayam yang lezat, terus lontong opor yang endeus banget. Hm, apalagi ya? Kita bisa memesan telur, gorengan dan sosis pada mbak petugasnya. Terus, ada salad, buah-buahan segar, yang paling kusukai itu yoghurt homemade-nya yang enak banget! Akk, mau lagi. Selain itu, ada nasi dan lauk-pauk, beraneka jenis kue dan roti. Dan banyak lagi. 

Rasanya ingin tambah dan tambah lagi kalau nggak ingat perut bakal kekenyangan dan susah berjalan, hehe. Setelah sarapan, akhirnya balik lagi ke kolam renang. Hihi. Alhamdulillah, staycation di The 101 Hotel Suryakencana Bogor sangat menyenangkan. 

Foto: Traveloka dan Ayu Puji

 

 

 

Post a Comment

19 Comments

  1. Tempatnya nyaman, apalagi makanannya juga enak, jadi bisa liburan seharian di dalam hotel aja ya

    ReplyDelete
  2. Wah, kalau saya pernahnya cobain 101 yang di Jogja. Kalau dilihat sih memang bentuk bangunannya mirip antara yang di Bogor dan Jogja. Mungkin memang sudah konsepnya seperti itu kali ya.

    Saya tuh langsung terpesona sama gambar dengan view Gunung Pangrango-nya. Kalau pas beruntung dan dapat hotel itu, bakalan seru banget kali ya :)

    ReplyDelete
  3. Wah, view menghadap gunung itu yang selalu aku cari-cari kalau mau pesan kamar hotel. Seneng banget Bogor ternyata belum polusi-polusi amat sampai-sampai masih bisa lihat gunung dari jendela kamar. :)

    ReplyDelete
  4. Belum ke Bogor lagi sejak 2014 😁 semoga segera kesampaian ke sana dan nyobain keseruan bermalam di The 101 Hotel Suryakencana

    Selamat ya Alde, setelah khitan semoga tambah shalih, sehat selalu

    ReplyDelete
  5. Aku tertarik dengan restonya yang tampak banyak makanan beragam ahhahahah

    ReplyDelete
  6. Menyenangkan banget staycation di hotel cantik seperti di Hotel I0I ini ya Mbak Dew. Kalau lewat depan Surya Kencana atau hunting kuliner di sana pasti lewat depan hotel ini. Ternyata dalamnya cantik banget ya. Duh jadi pengen

    ReplyDelete
  7. Wah, jadi bingung kalau disuruh pilih kamar menghadap kolam renang atau pemandangan kota hehehe :D Ternyata keren banget ya hotel 101 Suryakencana Bogor ini meskipun berada di lokasi kemacetan :) Fasilitas oke, makanan banyak variasinya. Boljug kapan2 dimampirin bobo syantik pas weekend.

    ReplyDelete
  8. tempatnya look cozy dan santai banget ya mba, dan 101 memang sangat nyaman, saya belum cobain kalau yang di Suryakencana

    ReplyDelete
  9. Mkasih mbak dew info hotelnya, setidaknya aku ngga terlalu penasaran.😁 Aku udah lama penasaran pengen kesitu karena kya org2 bagus, tapi aku mikir lagi untuk nyoba staycation karena jaraknya yg hanya beberapa kilometer dari rumah 😄

    ReplyDelete
  10. Lihat view kamarnya kayaknya cantik banget. Begitu gorden dibuka terlihat pemandangan gunung. Saya juga selalu suka menginap di hotel yang menu sarapannya enak-enak. Berasa puas aja meskipun gak semuanya diambil.

    ReplyDelete
  11. Kalau saat traveling, aku justru suka hotel di tengah keramaian seperti ini mbak. Karena tujuannya buat eksplor, jadi memudahkan aja kalau mau ke mana-mana atau cari sesuatu. Cukup berjalan kaki.

    Apalagi kalau hotelnya nyaman dan pemandangannya bagus seperti 1o1 Suryakencana Bogor ini. Masuk kamar udah langsung lupa suasana di luar sana kayaknya.

    ReplyDelete
  12. Selama ini hanya numpang lewat dan sempet pepotoan di halamannya yang emang cozy. BTW aku salfok lihat penampakan Alde. Udah besaaar!!!

    ReplyDelete
  13. wah kebayang kamar yang menghadap kota dengan latar belakang gunung itu, kayaknya keren banget. view-nya cocok nih buat konten, heehehe

    ReplyDelete
  14. Seru banget bisa jalan-jalan ke Bogor. Oya Mbak, kenapa itu kalo cowo berenang ga boleh pke baju? Kan kalo malu, gmn ya ... Bisa-bisa gk jd berenang 😁

    ReplyDelete
  15. Menyenangkan sekali kalau menginap di 101 Surya Kencana Hotel ini ya mbak. Selain kenyamanan tidur, menu-menu yang tersaji juga tak luput dari perhatian ya kan. Kalau enak, bakal bisa berulang ke sini.

    ReplyDelete
  16. Beberapa kali baca review tentang hotel Surya Kencana 101 ini, jadi pengen nyobain staycation juga di sana bareng anak-anak. Apalagi kolam renangnya bikin mupeng tuk dicemplungin hehehe.

    ReplyDelete
  17. Bagus banget mbak hotelnya, mana makanannya juga enak2, jadi betah gak pengen kmn2 pastinya, cukup di hotel aja

    ReplyDelete
  18. Hotelnya cantik banget, adem dan vibesnya emang buat keluarga banget. Staycation di sini kayanya betah deh, nyaman gini tempatnya ya

    ReplyDelete
  19. Waahhh aku sama suami udah lama banget nih ngerencanain pengen staycation dsana... Belum sempet2 huhuhu... Mupeng bgt kayaknya seru abis staycation dsana...

    ReplyDelete