Advertisement

Sate Ambal, Sate Unik Berbumbu Tempe dari Kebumen

 

Halo Pejalan Santai,

Minggu lalu aku berkunjung ke Ambal, Kebumen untuk nyekar makam nenek sebelum ramadan tiba. Bahagia bisa nyekar bersama keluarga dari Ungaran. Sempat khawatir karena dapat kabar area di sana banjir dan makamnya terendam. Alhamdulillah, ternyata area pemakaman aman.

Sate Ambal, Sate Unik Berbumbu Tempe dari Kebumen

Sebelum melanjutkan perjalanan ke Yogya, kami sempat makan siang di Sate Ambal Putera Pak Tukijan yang lokasinya tak jauh dari makam keluarga. Untungnya, siang itu warungnya sepi jadi lebih nyaman untuk makan. Maklum, masih pandemi jadi belum berani untuk berkerumun, hehe.

Pertama kali mencicipi sate Ambal ini saat masih kuliah diajak ke rumah nenek oleh si mantan pacar alias ayahnya anak-anak hehe. Ternyata, sejak itu ketagihan jadi sering titip minta dibelikan kalau si dia ke Ambal.

Saat itu, Kami memesan tujuh porsi sate ayam dengan lontong karena anak-anak lapar jadi tak mau berbagi, hehe. Selain sate ayam, ada sop ayam dan sate ayam kampung apa ya. Aku lupa saking laparnya. Mana siang itu panas sekali jadi langsung deh pesan es teh dan es jeruk untuk kami bertujuh. 

Baca Juga: Roti Srikaya di Kedai Kopi Purnama

Sate Ambal, Sate Unik Berbumbu Tempe dari Kebumen

Langsung deh bapak penjualnya berjibaku menyalakan bara api dan mengipas deretan sate ayam dengan kipas. Biasanya, penjual sate bukanya malam hari ya kalau di Ambal, Kebumen berbeda. Warung satenya buka siang hari dan sepanjang jalan kamu bisa menemukan sate Ambal ini. Entah dengan nama Putra Pak Tukijan atau nama lainnya. Jadi mikir, Pak Tukijan punya berapa putra ya? Hehe.

Apa sih kekhasan sate Ambal ini? Sate ayam ini dinamakan sate Ambal karena berasal dari daerah Ambal, Kebumen di Jawa Tengah. Berbeda dengan sate ayam lainnya, bumbu satenya bukan berasal dari kacang tanah yang dihaluskan. Tapi, bumbu sate Ambal ini terbuat dari tempe yang diulek hingga bentuknya menyerupai bumbu kacang. Unik ya?

Sate Ambal, Sate Unik Berbumbu Tempe dari Kebumen

Terus, Sate Ambal ini bisa kamu temukan di manapun di Kebumen lho. Namun yang tersohor adalah Sate Ayam Pak Tukijan yang sudah berjualan sejak tahun 1975. Jadi terjawab deh pertanyaanku, anaknya Pak Tukijan ada lima orang dan semuanya membuka warung sate sendiri. 

Baca Juga: Rumah Makan Timpo Duluk di Belitung

Tak menunggu lama, akhirnya pesanan kami tiba juga. Setiap porsi terdiri dari lontong dan sepuluh tusuk sate ayam. Satenya dibakar tidak sampai menghitam alias gosong jadi senang deh. Bumbunya diletakkan terpisah di sebuah mangkok. Jadi, tinggal kita sendokkan bumbu tempenya sesuai selera ke piring kita. Oh iya, tidak ada sambal atau potongan cabai dan bawang merah di meja karena bumbu sate Ambal ini ternyata sudah pedas.

Sate Ambal, Sate Unik Berbumbu Tempe dari Kebumen

Bagaimana rasanya? Kalau aku sih suka dari dulu. Daging satenya empuk dan enak walaupun belum dituangi bumbu saus tempenya. Kalau sate ayam biasa, biasanya dilumuri kecap sebelum dibakar. Tapi, kalau sate Ambal berbeda. Biasanya, sate ini dilumuri rempah-rempah dulu seperti bawang merah, bawang putih, merica, ketumbar, kemiri, pala, kunyit dan jahe yang dihaluskan.

Pantas saja ya, rasanya sudah enak walaupun belum diberikan saus tempe. Warna sausnya pun lebih terang ya daripada saus kacang tanah. Rasanya pun unik. Makanya aku ketagihan makan sate Ambal ini. Seporsi ternyata mengenyangkan banget lho. Hehe. Harganya? Berhubung aku ditraktir Bapak jadi nggak tanya harganya, wkwkw. Maafkan ya. Jadi, kalau kamu main ke Ambal, Kabupaten Kebumen jangan lupa mampir ya dan mencicipi kelezatan Sate Ambal yang unik ini.

 

Post a Comment

30 Comments

  1. Huaa baca ini di jam rawan ... jelang ashar hihi.
    Mencoba membayangkan tempe yang diulek hingga bentuknya menyerupai bumbu kacang tapi tak terbayangkan soalnya kan biasanya bumbu kacang ya ... penasaran deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Dew, yang dijual di Sate Ambal Putera Pak Tukijan itu cuma sate ambal ya? Atau ada yang lain juga?

      Delete
  2. wahhh jadi mau yraveling ke kebumen deh ... kayaknya bisa auto wisata kuliner yakk hehehhe

    ReplyDelete
  3. Ashiappp aku deket ama Kebumen tapi ko malah belum pernah cobain ya hehe katro bener dah ah, tempe ya dari kacang kedelai juga pasti enak buat bumbu sate ah jadi laper nih kak berapa jam lagi bukanya btw hehehe

    ReplyDelete
  4. Baru kali ini nemu sate yang bumbunya tempe. Biasa kacang sih. Tapi mungkin tiap daerah beda ya. Sate Kebumen bumbunya tempe. Sate Madura bumbu kacang. Sate Padang lain lagi. Keanekaragaman bener dah Indonesia

    ReplyDelete
  5. Tempe bahannya dari kacang2an juga kan ye mak, mungkin dianggap satu marga per-kacang-an *halaaghhh
    jadinya cocok juga buat sauce sate
    aduhh, aku pengin cobaaaa

    ReplyDelete
  6. Haduduu jadi mau sate Ambal donk. Iya aku familiar sama sate asal kebumen ini, kalo mudik jelajah tanah jawa semua dimampirin sodara2 ditiap kota plus sekalian kulineran.
    Ternyata emang ya dagingnya udah dibumbuin sebelumnya, jadi udah berasa meski tanpa saus tempe.

    ReplyDelete
  7. Aku penyuka sate ayam kak. Tetapi belum pernah cobain nih yang bumbunya dari tempe.Hmmm...rasanya seperti apa ya? enak banget atau enak aja. Hiks,buat penasaran nih

    ReplyDelete
  8. Sate dengan menu cocok buat yang lagi diet. Tanpa di goreng kacang lagi. Sate ambal pilihan buat keluarga yang lapar sehabis nyekar

    ReplyDelete
  9. Unik banget bumbunya dari tempe yg dihaluskan.. jd pingin ngerasain. Di Jakarta ada yg jual gak ya?

    ReplyDelete
  10. Ya Allah, nikmatnya sate ambal.
    Yang jual sungguhan masih pakai kipas tangan? Dijamin, enak inih...
    Aku penggemar sate...yang dimakan sama lontong tuh, endeuuss banget.

    ReplyDelete
  11. Wah, bacanya pas bulan puasa pulak nih nanti pas buka otw pesen sate deh hehe
    Unik banget yah, aku belum pernah makan sate yang pake saos tempe sih seringnya saus kacang biasa aja, jadi penasaran pengen cobain juga nih

    ReplyDelete
  12. namanya unik ya. penasaran pengen nyobain juga sate ambal pakai bumbu tempe. biasanya kan pake bumbu kacang. kalo udah nyobain langsung, baru deh bisa ekskusi bikin sendiri di rumah :)

    ReplyDelete
  13. Ini unik banget satenya ya, karena aku baru tau loh mak. Karena selama ini aku hanya tau bumbu kacang dan kecap saja kalau untuk sate, kuliner Indonesia tuh memang juara banget deh.

    ReplyDelete
  14. Wah kayaknya enak banget tuh baru tau aku ada sate tapi nggak pakek bumbu kacang melainkan bumbu tempe. Saya belum pernah cobain nih nih jadi kepo deh sama rasanya

    ReplyDelete
  15. Ini unik banget ya, beda..belum pernah makan saya. Bumbu sate Ambal ini terbuat dari tempe yang diulek hingga bentuknya menyerupai bumbu kacang pasti istimewa rasanya. Bisa nih dicoba kalau ke Kebumen.

    ReplyDelete
  16. waini aku blum pernah cobain ..sate bumbu tempe.. kebayang rasanya yang unik..Semoga ada kesempatan buat icip2 sate ambl ini ..

    ReplyDelete
  17. Jadi sate ambal ini boleh dikatakan kaya bumbu ya mba. Menarik juga untuk mencicipi menu enak seperti ini mba. Makasih sudah rekomendasiin ya

    ReplyDelete
  18. Wah sate bumbu tempe? Unik juga ya
    Belum pernah coba sih, mungkin karena belum pernah juga jalan jalan ke kebumen
    Pasti enak ya mbak rasni

    ReplyDelete
  19. Wah sate bumbu tempe? Unik juga ya
    Belum pernah coba sih, mungkin karena belum pernah juga jalan jalan ke kebumen
    Pasti enak ya mbak Rasanya

    ReplyDelete
  20. Unik ya, kuliner legendaris Kebumen ini. Sate Ambal dengan saus tempe. Indahnya Indonesiaku yang beragam kuliner dari Sabang hingga Merauke

    ReplyDelete
  21. Kepoo membaca sate ambal bedanya apa oalah ternyata bumbunya dari tempe diulek duhhh jadi ngilerr pengenn cobain. Semoga mudik bisa mampir cobain.

    ReplyDelete
  22. Kaget banget waktu disebut "nenek mantan pacar".
    Aku pikir masih berhubungan baik sama mantan, wah...keren amat.
    Ternyata oh ternyata..
    Hehhee~

    Unik banget yah, bumbu satenya dari tempe yang diulek. Ini yang menambah kekayaan kuliner Indonesia.

    ReplyDelete
  23. Aku belum pernah coba mbak sate ambak khas dari Kebumen ya. Unik juga bumbunya tempe. Kalau mbak Dedew aja ketagihan gimana aku nih nanti

    ReplyDelete
  24. menarik sekali sate ambal ini mbak, sausnya unik yaa. Terdiri dari tempe yang diulek mneyerupai kacang. jadi pengen nyicipin juga deh.

    ReplyDelete
  25. Penasaran seperti apa rasanya sate unik ini, belum pernah nyobain nih. Enak kali yah, enak dan unik.

    ReplyDelete
  26. Wah ini unik nih bumbu satenya dari tempe. Khas banget pasti rasanya ya mb Dedew. Apalagi makannya pas panas-panas huhuhu ngiler deh liat artikel ini

    ReplyDelete
  27. satenya ginuk2 ya mbak di sini sedih rata-rata sate lalat :"( kalaupun yang besar biasanya pakai gule gitu mbak. ngilerrr liat satenyaa

    ReplyDelete
  28. Sate berbumbu tempe? Duh dari namanya saja sudah penasaran gimana rasanya. Biasanya ya menyantap sate bumbu kacang, kecap, atau yang tanpa bumbu gitu tapi full marinasi macam Sate Rembiga yang khas di Lombok sini.

    ReplyDelete
  29. Jaman kuliah dulu tiap temen Kebumen pulkam selalu dapat oleh-oleh sate ambal yang menurutnya terenak di Kebumen. Bisa jadi sate ambalnya yang ini nih. Atau enggak yg masih satu lini bisnis dengan Sate Ambal Pak Tukijan.

    ReplyDelete