Advertisement

Bakso Ikan Sabar Yang Legendaris di Palabuhan Ratu

Halo Pejalan Santai,

Bakso Ikan Sabar Yang Legendaris di Palabuhan Ratu-Beberapa waktu lalu aku dan keluarga main ke Palabuhan Ratu, Sukabumi. Tujuan utama sih mencari boga bahari di Pasar Ikan Palabuhan Ratu untuk acara halal bil halal keluarga besar sesudah Lebaran. Perjalanan ini diadakan saat bulan ramadan jadi hausnya lebih berasa, hehe. Perjalanan dari Bogor ke Palabuhan Ratu ditempuh sekitar tiga jam melewati jalan alternatif untuk menghindari kemacetan. 

Bakso Ikan Sabar Yang Legendaris di Palabuhan Ratu
Bakso Ikan Sabar yang Enak dan Gurih

Setelah mengunjungi Pasar Ikan Palabuhan Ratu dan mendapatkan berbagai boga bahari incaran, kami mampir ke Bakso Sabar. Mama ingin membeli bakso ikan untuk oleh-oleh. Tadinya kami ingin beli di toko dekat pasar ikan tapi Om Aris merekomendasikan Bakso Sabar yang katanya terenak.  Mama jadi tertarik.

Popularitas bakso ikan memang masih kalah dari bakso sapi. Warung yang menjual bakso ikan pun lebih sedikit dibandingkan bakso sapi. Padahal, daging bakso ikan kandungan gizinya juga tinggi yang bagus untuk kesehatan. Daging ikan tuna mengandung vitamin B12, vitamin B6, vitamin D, asam lemak omega-3, kalium, dan banyak lagi. 

Baca Juga: Tauco Cap Meong Cianjur

Beralamat di Pasar Palabuhan Ratu yang sudah ramai pengunjung jelang lebaran. Saat itu, warungnya baru buka jadi kami menunggu sejenak di mobil. Kiosnya letaknya paling depan jadi mudah ditemukan pembeli.

Bakso Ikan Sabar Palabuhan Ratu Sukabumi

Menurut Om Aris, adik bapakku bakso ikan Sabar ini legendaris dan enak di Palabuhan Ratu. Pabrik baksonya terletak di Kampung Gumilar, Palabuhan Ratu jadi bakso produksinya selalu segar. Kampung ini menjadi sentra produksi bakso ikan. Ternyata, Bakso Ikan Sabar sudah diproduksi puluhan tahun oleh HM. Gianto pengusaha kuliner dari Solo. Jumlah ikan yang melimpah di Palabuhan Ratu membuat beliau memutar otak bagaimana memanfaatkannya dan dibuatlah bakso ikan yang kini tersohor.

Warungnya menempati salah satu kios di Pasar Palabuhan Ratu. Konon, walaupun warungnya kecil tapi pengunjungnya ramai banget. Banyak wisatawan yang mampir ke warung bakso ini jika berkunjung ke Palabuhan Ratu. Selain makan di warung, mereka juga membeli bakso dalam kemasan plastik untuk oleh-oleh.

Wah, jadi ngiler. Ingat, masih puasa! Mama dan Om Aris menuju warung bakso itu dan membeli beberapa bungkus bakso ikan. Baksonya terbuat dari daging ikan tuna dicampur ikan merlin. Ada dua pilihan bakso ikan yaitu bakso ikan biasa dan bakso ikan super. Tentu saja bakso ikan super rasanya lebih gurih karena campuran ikannya lebih banyak. Kita bisa membeli kemasan bakso berisi 25 hingga 100 butir bakso. Harganya pun terjangkau. 

Baca Juga: Berburu Boga Bahari

Bakso Ikan Sabar Palabuhan Ratu Sukabumi

Ternyata Om Aris nggak asal bicara. Pas kami coba di rumah, ukuran baksonya besar-besar dan pas dicicipi rasanya memang enak dan gurih. Nggak kalah dari bakso daging sapi. Setelah membeli bakso ikan di Warung Sabar, kami menuju pantai yang terdekat dari pusat kota Palabuhan Ratu. Namanya Pantai Citepus. Nggak sabar main air di pantai dan menikmati vitamin sea!

Bakso Ikan Sabar

Ruko Pasar Baru Blok A, Jalan Pasar Palabuhan Ratu

Pelabuhan RatuSukabumi

HP 0858-4680-4135

 

Post a Comment

3 Comments

  1. Wuih bakso ikannya menggoda mba dedew.. Ini bisa kirim luar kota ga ya? Jadi mau nyobain deh

    ReplyDelete
  2. senangnyaaa......halal bihalal di Palabuhan Ratu
    yang benar Palabuhan Ratu ya? Bukan Pelabuhan Ratu
    Udah puluhan tahun gak kesini nih
    Bulan depan ah ke Sukabumi sekalian nyekar

    ReplyDelete
  3. Ternyata selain makan bakso di sana juga bisa beli baksonya yang kemasan ya mbak? Noted nih kalau ke area Pelabuhan Ratu bisa nih makan bakso di sana. AKu juga penggemar bakso ikan, anak2ku juga :D

    ReplyDelete