Advertisement

Mampir Beli Oleh-Oleh di Toko Roti Orion Solo

Halo Pejalan Santai, 

Minggu lalu, aku pergi ke Solo dalam rangka menghadiri rangkaian acara pernikahan keponakan suami. Alhamdulillah, sekalian piknik tipis-tipis di Solo. Saat di sana, kami mampir ke toko roti Orion yang tersohor di Solo. 

Toko Roti Orion Solo

Sebelum menuju toko, aku mengintip jarak toko roti ini dari hotel tempat kami menginap di Google. Ternyata, jaraknya tidak terlalu jauh. Tapi, saat aku minta antar ke sana ternyata perjalanan memakan waktu cukup lama. Ternyata, jalan raya di Solo kebanyakan satu arah jadi sepertinya kami jalan memutar deh baru tiba di sana. Hehe. 

Toko Roti Orion beralamat di Jalan Jendral Urip Sumoharjo No. 80 Purwodiningratan, Solo. Lokasi toko roti ini berseberangan dengan toko es krim yang juga legendaris di Solo, Toko Tentrem.  Juga tak jauh dari Pasar Gede, Solo.

Toko Roti Orion Solo
Cake Mandarin andalan Orion Solo 

Toko roti Orion terbilang kecil dan berlokasi dalam bangunan yang bermodel klasik khas Belanda. Kanopi kuning dan tembok keramiknya menjadi ciri khas toko ini. Toko roti Orion didirikan tahun 1932 oleh pasangan Tjan Giok Nio dan Njoo Hong Yauw. Ada semacam plakat berisi nama keduanya di dinding toko dekat pintu masuk. 

Toko oleh-oleh ini menjual berbagai jajanan mulai dari keripik, hingga kue dan roti yang cukup lengkap variannya. Pagi-pagi, saya dan anakku Nailah sudah stand by di toko roti yang ternyata sudah ramai pengunjung. 

Toko ini sudah buka pukul 07.30 WIB. Sudah lama tidak merasakan atmosfer toko yang ramai sejak pandemi. Jadi, terasa menyenangkan melihat keramaian pagi itu. Para pegawai toko berseragam batik cokelat muda sigap melayani pelanggan di area masing-masing.

Toko Roti Orion Solo
Jajan pasar di Orion

Kami mulai melihat-lihat isi toko. Berbagai jenis jajanan tersedia, lho. Mulai dari roti dan kue produksi Pabrik Roti Orion yang terkenal yaitu Roti Mandarijn Orion berupa cake dengan dua lapisan cokelat dan kuning yang ditengahnya terdapat selai nanas buatan sendiri. 

Jenis roti ini yang paling banyak dicari pelanggan Orion karena rasanya yang nikmat dan teksturnya lembut. Ada tiga varian Mandarijn yaitu original, kismis dan spesial. Istimewanya, cake ini tahan tujuh hari walaupun tanpa pengawet, lho. Cocok untuk oleh-oleh orang tersayang di rumah, ya. 

Toko Roti Orion Solo
Roti Semir Putih Yang Enak

Selain itu, ada juga roti semir putih yang menjadi pilihan banyak pelanggan yang berburu oleh-oleh. Aku membeli satu bungkus roti ini isi 10 buah roti empuk yang dikemas satu per satu. Rasanya memang enak dan empuk dengan isian krim putih manis. Harganya Rp46.000,00. Tak hanya itu, ada pula berbagai roti kering yang juga diproduksi oleh Orion dijual dalam berbagai kemasan. 

Toko Roti Orion Solo
Deretan roti kering produksi Orion 

Ingin jajanan lain? Pejalan Santai bisa memilih aneka kerupuk dan keripik yang juga dijual di sana. Mereknya bukan Orion tapi dari berbagai UMKM kuliner Kota Solo dan sekitarnya. Misalnya Kerupuk Intip khas Solo yaitu kerak nasi yang dibumbui gula merah. Jajanan jadul ini menjadi favorit para pelanggan toko. Selain itu banyak pilihan keripik dan kerupuk lain seperti keripik balado, keripik paru, keripik bayam, hingga keripik kulit sapi. 

Toko Roti Orion Solo

Terus, ada pula berbagai pilihan kue basah seperti cake Mandarijn yang bisa dibeli per potong. Juga ada jajanan pasar yang ramai dikerubuti pengunjung toko. Aku memilih pia kacang hijau yang ternyata rasanya enak. Sayang hanya beli dua bungkus, deh. 

Mampir Beli Oleh-Oleh di Toko Roti Orion Solo
Roti Semir Putih andalan Orion

Oh iya, di toko ini kamu juga bisa membeli sirop berbagai rasa lho. Termasuk sirop yang rasanya unik dan jarang ditemui di toko lain seperti sirop kawista, sirop frambozen dan sirop lemon produk lokal. Kalau Pejalan Santai sedang berlibur di Kota Solo jangan lupa mampir ke Toko Roti Orion ya! 

Toko Roti Orion 

Jalan Jendral Urip Sumoharjo 

No. 80 Purwodiningratan, Jebres, Solo.

Telpon: 0271-645214

Buka Setiap Hari Pukul 07.30-20.00 WIB.




Post a Comment

0 Comments