Advertisement

Mampir Beli Oleh-Oleh di Toko Roti Orion Solo

Halo Pejalan Santai, 

Minggu lalu, aku pergi ke Solo dalam rangka menghadiri rangkaian acara pernikahan keponakan suami. Alhamdulillah, sekalian piknik tipis-tipis di Solo. Saat di sana, kami mampir ke toko roti Orion yang tersohor di Solo. 

Toko Roti Orion Solo

Sebelum menuju toko, aku mengintip jarak toko roti ini dari hotel tempat kami menginap di Google. Ternyata, jaraknya tidak terlalu jauh. Tapi, saat aku minta antar ke sana ternyata perjalanan memakan waktu cukup lama. Ternyata, jalan raya di Solo kebanyakan satu arah jadi sepertinya kami jalan memutar deh baru tiba di sana. Hehe. 

Toko Roti Orion beralamat di Jalan Jendral Urip Sumoharjo No. 80 Purwodiningratan, Solo. Lokasi toko roti ini berseberangan dengan toko es krim yang juga legendaris di Solo, Toko Tentrem.  Juga tak jauh dari Pasar Gede, Solo.

Toko Roti Orion Solo
Cake Mandarin andalan Orion Solo 

Toko roti Orion terbilang kecil dan berlokasi dalam bangunan yang bermodel klasik khas Belanda. Kanopi kuning dan tembok keramiknya menjadi ciri khas toko ini. Toko roti Orion didirikan tahun 1932 oleh pasangan Tjan Giok Nio dan Njoo Hong Yauw. Ada semacam plakat berisi nama keduanya di dinding toko dekat pintu masuk. 

Toko oleh-oleh ini menjual berbagai jajanan mulai dari keripik, hingga kue dan roti yang cukup lengkap variannya. Pagi-pagi, saya dan anakku Nailah sudah stand by di toko roti yang ternyata sudah ramai pengunjung. 

Toko ini sudah buka pukul 07.30 WIB. Sudah lama tidak merasakan atmosfer toko yang ramai sejak pandemi. Jadi, terasa menyenangkan melihat keramaian pagi itu. Para pegawai toko berseragam batik cokelat muda sigap melayani pelanggan di area masing-masing.

Toko Roti Orion Solo
Jajan pasar di Orion

Kami mulai melihat-lihat isi toko. Berbagai jenis jajanan tersedia, lho. Mulai dari roti dan kue produksi Pabrik Roti Orion yang terkenal yaitu Roti Mandarijn Orion berupa cake dengan dua lapisan cokelat dan kuning yang ditengahnya terdapat selai nanas buatan sendiri. 

Jenis roti ini yang paling banyak dicari pelanggan Orion karena rasanya yang nikmat dan teksturnya lembut. Ada tiga varian Mandarijn yaitu original, kismis dan spesial. Istimewanya, cake ini tahan tujuh hari walaupun tanpa pengawet, lho. Cocok untuk oleh-oleh orang tersayang di rumah, ya. 

Toko Roti Orion Solo
Roti Semir Putih Yang Enak

Selain itu, ada juga roti semir putih yang menjadi pilihan banyak pelanggan yang berburu oleh-oleh. Aku membeli satu bungkus roti ini isi 10 buah roti empuk yang dikemas satu per satu. Rasanya memang enak dan empuk dengan isian krim putih manis. Harganya Rp46.000,00. Tak hanya itu, ada pula berbagai roti kering yang juga diproduksi oleh Orion dijual dalam berbagai kemasan. 

Toko Roti Orion Solo
Deretan roti kering produksi Orion 

Ingin jajanan lain? Pejalan Santai bisa memilih aneka kerupuk dan keripik yang juga dijual di sana. Mereknya bukan Orion tapi dari berbagai UMKM kuliner Kota Solo dan sekitarnya. Misalnya Kerupuk Intip khas Solo yaitu kerak nasi yang dibumbui gula merah. Jajanan jadul ini menjadi favorit para pelanggan toko. Selain itu banyak pilihan keripik dan kerupuk lain seperti keripik balado, keripik paru, keripik bayam, hingga keripik kulit sapi. 

Toko Roti Orion Solo

Terus, ada pula berbagai pilihan kue basah seperti cake Mandarijn yang bisa dibeli per potong. Juga ada jajanan pasar yang ramai dikerubuti pengunjung toko. Aku memilih pia kacang hijau yang ternyata rasanya enak. Sayang hanya beli dua bungkus, deh. 

Mampir Beli Oleh-Oleh di Toko Roti Orion Solo
Roti Semir Putih andalan Orion

Oh iya, di toko ini kamu juga bisa membeli sirop berbagai rasa lho. Termasuk sirop yang rasanya unik dan jarang ditemui di toko lain seperti sirop kawista, sirop frambozen dan sirop lemon produk lokal. Kalau Pejalan Santai sedang berlibur di Kota Solo jangan lupa mampir ke Toko Roti Orion ya! 

Toko Roti Orion 

Jalan Jendral Urip Sumoharjo 

No. 80 Purwodiningratan, Jebres, Solo.

Telpon: 0271-645214

Buka Setiap Hari Pukul 07.30-20.00 WIB.




Post a Comment

33 Comments

  1. sebagai pecinta Roti, sepertinya aku mesti icip, etapi ini kudu ke Solo dulu ya mba? Okeh coba ajakin pak suamik buat liburan ke Solo :)

    ReplyDelete
  2. Nah, kapan hari aku kesini masih tutup, soale pas jam 6 udah nongki syantikdi Pasar Gede nganter temen yang pengen masuk pasar hahhaa, trus browsing2 nyari oleh2, nemunya Toko Roti Orion Solo, temenkunya ga sabaran menanti satu jam lagi buka, ada skedul lainnya.
    Lengkap banget cemilannya yaa, haduduhh pia kacang ijo aku doyan banget, kalo ada pakde yang tinggal di Solo suka bawain pas ke Bandung.

    ReplyDelete
  3. Berarti Solo mirip kayak Bandung yah, kebanyakan jalan satu arah dan kalo udah salah jalan muter-muter aja terus makin jauh hahaha.Cake Mandarin dari toko Orion Solo kelihatan endeus dan empuk banget yah

    ReplyDelete
  4. Saya tuh lebih suka dengan roti atau kue klasik begini. Rasanya gak aneh-aneh. Asik juga belanja di sini. Karena ada banyak pilihan untuk belanja oleh-oleh

    ReplyDelete
  5. Aku udah lama nggak makan pia kacang hijau yang gambar penari itu. Pernah sewaktu ngekos temenku bawain asli enak bangeet dan jadi nagih hehe. Banyak pilihan oleh-oleh ya mba di Orion

    ReplyDelete
  6. Kalo ke solo wajib banget kemari. Saya suka penampakan ala roti semir putih (knp namanya demikian?) Pasti enak sekali lembut di lidah.

    ReplyDelete
  7. Wah bisa beli oleh2 nih di Toko roti Orion. Apalagi ada sirop yang jarang dijual di pasaran yah. Boleh deh ntar nyobain hehehe.

    ReplyDelete
  8. Wahh, mbaak, tahu gitu kita bisa kopdaar.
    Aku yang tinggal deket Solo malah jarang ke Orion, haha.
    Tapi emang roti dan oleh-oleh di Orion tu enak-enak banget sih. Roti semir sama lapisnya andalan banget. Dijamin kalap kalau kesini, hehe.
    Gak mampir kulineran ke pasar gede kahh?

    ReplyDelete
  9. Waw toko roti orion ini ramai ya mba. Bukti emang enak sampai yang beli banyak. Aku kalau ada di sana pasti bawaannya pengen ngeborong dan ngerasain semuanya. Lengkap ya makanan yang manis dan gurihnya ada. Cocok buat oleh oleh juga

    ReplyDelete
  10. Kondangan sambil piknik tipis-tipis ya Mbak Dew. Menyenangkan sekali masuk ke toko roti sekaligus oleh-oleh yang sudah ramai. Artinya pariwisata sudah jalan lagi. Inshaa Allah bisnis lainnya mengikuti :)

    ReplyDelete
  11. Belum pernah ke Solo. Wajib mampir nih nanti ke Orion untuk beli oleh-oleh. Jual online juga gak sih kuenya di marketplace? Kok aku pengin pia kacang hijaunya. hihi

    ReplyDelete
  12. jadi kengen makan roti madjrin dulu pernah tinggal di solo soalnya.

    ReplyDelete
  13. Ya ampuunnn, Solo ini salah satu kota yg aku rindukan bangettt

    Mupeng bisa beli oleh2 di Toko ini
    Stok jajannya banyak dan variatif ya mbaaa

    ReplyDelete
  14. Toko oleh oleh orion memang dikenal sejak lamaa...keluarga saya yang tinggal di jakarta request oleh oleh dr orion mandari spesil.

    ReplyDelete
  15. Kebetulan banget aku baca postingan ini sekarang. Minggu depan suamiku mau ke Solo. Aku mau pesen roti Mandarin cake & roti semirnya ah. Makasih rekomendasinya kak

    ReplyDelete
  16. Adik iparku kalau pulang ke Madiun bawain Ibu Mertua Mandarjn khas Orion ini...Istimewa sekali
    Tapi ku penasaran, soalnya di Kediri ada juga roti legendaris Roti Orion yang ada sejak tahun 1940-an . tapi yang khas roti isi menteganya. Apakah mereka bersaudara atau gimana ya hmmm

    ReplyDelete
  17. Wow.. noted nih. Besok-besok kalau berkunjung ke Solo, udah tahu cari oleh-olehnya di mana. Terutama oleh-oleh camilan yak, tinggal ke Roti Orion Solo. Bisa ketemu banyak varian camilan lainnya, bahkan sirup pun ada.

    ReplyDelete
  18. Ya Allah, legend banget yaah.. Toko Roti Orion.
    Kalau ke sini ke anak-anak masa kini, mungkin gak begitu suka dengan variasi rotinya. Tapi ini terbaik banget sih.. karena masih ada jajanan lawas yang bisa membuka nostalgia masa kecil.

    ReplyDelete
  19. aku naksir jajan pasar di sana. Banyaaak yah ragam roti dan kue yang dijual. Kalau kue mandarin itu seperti spikoe yah? awet tahan lama, kayaknya karena telurnya banyak.

    ReplyDelete
  20. wow masih tetap eksis ya mba sejak 1932 berdiri dan kini masih mempertahankan juga jadi penasaran deh sama toko roti ni semoga pas ke SOlo bisa mampir

    ReplyDelete
  21. Wah, pas bulan lalu aku main ke Solo belum sempat nyobain kerak nasi yang dibumbui gula merah nih hihihihi. ASik juga toko roti orin udah buka sejak 07.30 ya. Jadi kalau pagi2 lebih leluasa mborongnya. Banyak banget variasi camilannya. Kalau pia aku sukanya isi keju, yang kacang hijau biasanya suamiku yang doyan hehehe.

    ReplyDelete
  22. Ihh ke Solo kok nggak bilang-bilang. Emang ini toko roti legendaris banget. Kayaknya aku nggak pernah liat tokonya sepi deh. Biasanya aku mampir buat beli roti mandarin buat oleh-oleh pas pulang kampung. Enak banget itu..

    ReplyDelete
  23. terkenal banget nih si Orion. di tempatku tinggal di Depok, Jawa Barat malah ada tetangga yang buka jastip Orion ini loh mba. soalnya memamg itu kue-kuenya ngangenin hehehehe....

    ReplyDelete
  24. Roti orion kegemaranku jama sekolah, kalau ke solo pasti mampir kesitu, meskipun rada mahal tapi tetep laris

    ReplyDelete
  25. Jadi kangen Orion nih Dew. Aku sukanya roti semir putih. Bikin nagih emang nih roti. Kalau udah masuk Orion rasanya kalap. Pengen dibeli semua haha. Jajanan dan aneka kuenya enak semua.

    ReplyDelete
  26. jadi kangen main ke soloooo 😂 nanti kalo ke solo lagi aku pengen mampir cari oleh-oleh di sini, variasi jajanannya kayanya baru semua, aku belum pernah coba

    ReplyDelete
  27. Toko roti di suatu kota biasanya ada yang melegenda ya Mbak, nama-nama rotinya juga masih pakai ejaan lama, seperti Toko Roti Oen di Semarang kalau di Kudus ada Toko Roti Idjo .. Itu yang roti kacang hijau enak sepertinya, kalau di toko Idjo ada yang seperti itu, namanya rote duren. Roti dengan cream duren di dalamnya.

    ReplyDelete
  28. Kayanya rotinya enak ya, pagi-pagi aja udah enak. Ih aku jadi penasaran mba pengen nyicip juga. Pasti soft banget deh rotinya, ah jadi laperrr

    ReplyDelete
  29. Mantep,Mba...saya baru seklai ke Solo dan ga sempat beli oleh-oleh kecuali di stasiun kereta

    ReplyDelete
  30. Suka roti...kapan-kapan kalau ke Solo nanti mampir ke toko ini

    ReplyDelete
  31. Dijual kerupuk intip juga ya, Mbak. Dulu kalau teman kuliah liburan ke Solo, suka bawain. Hehe
    Ternyata ndak cuma tersedia roti, tapi juga keripik, sirop. Kalau pas lewat Solo, semoga ada kesempatan mampir

    ReplyDelete
  32. Duh auto laper lihat tumpukan rotinyaaa ...Wajib mampir nih kalo pas ke Solo ya... pengen icip2 rotinya yang emang hits sejak dulu

    ReplyDelete
  33. Khas mbak Dewi, kalau sudah ngulas makanan bikin emosi: pengin langsung membuktikan...hehe (sory nggak bisa komen yang lain)

    ReplyDelete