Advertisement

Mencicipi Sate Ayam Blora yang Enak dan Unik Penyajiannya

Halo Pejalan Santai,

Beberapa waktu lalu, aku bersama keluarga menghadiri acara keluarga besar di Blora, Jawa Tengah. Perjalanan dari Ungaran-Blora memang melelahkan. Jaraknya sebenarnya hanya 120 KM tapi waktu tempuh kami saat berangkat naik mobil adalah 6 jam! 

Mencicipi Sate Ayam Blora yang Enak dan Unik Penyajiannya
Sate Blora (Foto: Instagram @AidisKitchen)

Waktunya sama kalau kami ke Jakarta. huhu. Soalnya, jalan raya menuju Kota Blora rusak parah apalagi hujan. Jalan berubah seperti kubangan lumpur. Lelah sekali karena jalanan macet dan rusak.

Tapi, lelah itu terbayar setelah kami bisa bertemu keluarga Om dan Tante yang tinggal di Blora. Selama beberapa hari di sana kami disuguhi makanan melimpah. Termasuk makanan khas Blora.

Salah satunya, Kami disuguhi sate Blora yang terbuat dari daging ayam.

Apa sih kekhasan sate Blora dibandingkan sate ayam lain? Biasanya sate Blora dan kuliner lainnya disajikan dengan alas daun jati dan daun pisang jika kita makan langsung di warungnya. Hal ini merupakan kekahasan kuliner Blora dan memberi citarasa tersendiri dibandingkan makanan daerah lain.

Mencicipi Sate Ayam Blora yang Enak dan Unik Penyajiannya

Pas aku disuguhi sate Blora di rumah tante penampilannya tidak jauh berbeda dengan sate ayam lain. Malah, dagingnya lebih kecil dari sate ayam biasa. Dagingnya pun lebih putih dibandingkan sate ayam biasa. 

Baca Juga: Nasi Liwet Bu Wongso Lemu

Menurut sepupuku, Sate Ayam Blora terbuat dari daging ayam kampung yang diris tipis memanjang. Itulah mengapa potongan dagingnya kecil-kecil dibandingkan sate ayam biasa. 

Tak heran pula harganya jauh lebih mahal. Sate ayam biasa harganya seporsi biasanya hanya 15 ribu sedangkan sate ini bisa 25-27 ribu rupiah seporsi di Blora.  

Kekhasan lainnya adalah Sate ayam Blora dibumbui saus kacang kecokelatan, dan juga kuah opor kuning. Jadi, sate ayam blora saus kacangnya dihaluskan hingga lembut lalu dicampur kuah opor. Sate ayam ini disajikan dengan potongan lontong. Jadinya, mengenyangkan sekali ya. Tapi, kalau kamu tidak mau kuah opor juga bisa kok memesan sate dengan saus kacang lembut saja.

Konon, membuat sate ini lebih rumit dibandingkan sate ayam lain karena proses membuatnya butuh tiga tahap. Oh iya, sate Blora diberi bumbu bawang putih, gula, dan ketumbar sebelum ditusuk dan dibakar. Rasa satenya manis, gurih dan enak lho. Bikin kita ketagihan memakannya.

Keunikan lainnya adalah jika kita membeli sate ini di warungnya, penyajiannya unik lho. Kita tidak memesan sate per porsi tapi hanya memesan berapa porsi nasi putih, minuman dan bumbu sate. Nah, kita akan disuguhi sate ayam dalam jumlah besar seperti makanan padang. Kalau sate di meja sudah tidak hangat lagi kita bisa meminta penjual untuk membakarkan satenya. 

Baca Juga: Tekwan Frozen Nyai Herny Bogor

Nanti jika kita selesai makan, maka penjual akan menghitung jumlah tusuk sate yang kosong di meja lalu meminta kita membayar sesuai jumlah tusuk sate yang kosong di meja. Unik ya. Saat makan di rumah Tante aku tidak tahu kalau satenya terbuat dari ayam kampung jadi aku memakannya hanya sedikit. Huhu. Pas tahu baru menyesal karena satenya tuh enak.

 

Post a Comment

6 Comments

  1. Rumah tantenya Mbak Dewi nggak menyajikan sate pakai alas daun jati, mungkin karena daun jatinya masih dalam proses perkembangan :))

    ReplyDelete
  2. Kuahnya rada encer gitu ya dan warnanya kuning cerah. Saya belum pernah makan sate blora ini. Kayaknya enak ya kalau makan di tempat asalnya langsung :D

    ReplyDelete
  3. Jadi bumbunya dicampur kuah opor gitu ya mbak? Penasaran rasanya.
    Kalau di Surabaya biasanya org memadupadankan ma gulai mungkin mirip2 itu kali ya, meski sebenarnya makannya tetep terpisah sih hehe
    Wah kalau dagingnya lenbih kecil, nih tusuk satenya nambah2 gak mnabk? hehe

    ReplyDelete
  4. Uwoooo udah lama banget nggak makan sate Blora. Dulu beberapa kali nyobain pas masih kecil kebetulan main ke sana krn keluarga ibukku dari Bojonegoro. I don't think I even remember the taste. Di sini ada ga ya? Hahaha

    ReplyDelete
  5. jadi membayangkan gimana rasanya sate dengan bumbu kacang dan disiram kuah opor mbak, selama ini kan cuma bumbu kacang saja udah enak. beneran unik deh sajian satenya

    ReplyDelete
  6. belum nyobain langsung sate blora di daerah asalnya, cuma pernah nyoba yang ada di kota saya, cuman rasanya menurutku masih enakan sate madura di tempat langganan

    ReplyDelete