Advertisement

Surga Wisata Jawa Barat Paling Indah yang Sayang untuk Dilewatkan

Halo Pejalan Santai, 

Wilayah Jawa Barat memang terkenal dengan keindahan alamnya yang jarang dimiliki wilayah lain di Indonesia. Banyak tempat wisata di Jawa Barat menjadi incaran wisatawan karena viral di dunia maya akan keeksotisannya.

Surga Wisata Jawa Barat Paling Indah
Pantai Palabuhan Ratu (Foto: PegiPegi.com)

Jawa Barat juga memiliki udara yang sejuk karena banyak dikelilingi oleh pegunungan, membuat kawasan ini memiliki tempat wisata indah yang elok dan menawan. Di wilayah ini tidak hanya terdapat wisata alam, namun juga terdapat daya tarik wisata budaya, kuliner, pantai serta tempat hiburan maupun tempat makan berkonsep unik. 

Ingin tahu apa saja wisata Jawa Barat paling indah yang wajib dikunjungi saat kamu sedang berlibur kesana? Yuk, baca di bawah ini.

Daftar Tempat Wisata Jawa Barat paling Indah

1.    Pantai Pasir Putih

Pilihan tujuan wisata di Jawa Barat selain Bandung adalah Pantai Pasir Putih. Hembusan angin, air bening, dan kibasan pohon kelapa membuat Pantai Pasir Putih menjadi salah satu pilihan tujuan wisata di Jawa Barat selain Bandung yang tak kalah menawan.

Daya tarik lainnya dari objek wisata di Jawa Barat satu ini adalah keberadaan kera-kera liar yang hidup di sekitar pantai. Tak perlu khawatir, karena kera-kera ini terbilang cukup jinak dan tak mengganggu.

2.    Kawah Putih di Kabupaten Bandung

Sesuai dengan namanya, Kawah Putih adalah sebuah danau Kawah yang terbentuk secara alami akibat letusan dahsyat gunung Patuha. Kawasan ini dulu dianggap angker, karena setiap burung yang terbang melewati kawasan ini akan mati. Hingga pada tahun 1837, seorang ilmuwan bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn mendatangi kawasan ini dan menemukan sebuah danau dengan bau belerang yang sangat menyengat, dan mitos pun terpatahkan. 

Baca Juga: Museum Geologi Bandung

Surga Wisata Jawa Barat Paling Indah
Kawah Putih Bandung (Foto: Tiket.com)

Kawasan Kawah Putih mulai dikembangkan menjadi kawasan wisata alam pada tahun 1987. Konon, sebelum menjadi kawasan wisata Jawa Barat, Kawah Putih ini juga pernah dijadikan sebagai pabrik belerang karena kandungan belerang yang terkandung dalam air danau ini cukup pekat.

Area wisata alam ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat berfoto. Baik foto untuk dokumentasi pribadi, maupun untuk keperluan lain seperti prewedding, atau lainnya.

3.    Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu adalah alternatif wisata Jawa Barat lainnya yang bisa jadi pilihanmu untuk temukan panorama pantai yang menyejukkan di Jawa Barat. Pantai yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia ini memang terkenal dengan mitos dan cerita mistisnya. Namun, hal itu yang membuat tempat ini didatangi oleh banyak orang. Pelabuhan Ratu punya pemandangan eksotis pantai dan bebatuan besar yang indah.

4.    Green Canyon, Pangandaran

Jika kamu memiliki jiwa petualang dan ingin menjelajahi lebih dalam destinasi wisata alam di Jawa Barat, cobalah mampir ke Pangandaran, tepatnya di Desa Kerayasa. Di sini, kamu bisa menjelajahi Cukang Taneuh, objek wisata di Jawa Barat yang lebih populer dengan nama "Green Canyon".

Berkunjung ke objek wisata Jawa Barat satu ini, kamu bisa menyusuri indahnya kawasan ngarai nan asri dengan mengikuti aliran arus sungai yang sangat jernih. Lebih seru lagi, kamu bisa menyusuri "Green Canyon" ini dengan melakukan body rafting. Menantang sekali, bukan? 

Baca Juga: Warung Kopi Purnama Bandung

5.    Bandung Zoological Garden

Bandung Zoological Garden atau Kebun Binatang Bandung ini adalah tempat wisata yang memiliki beragam koleksi flora dan fauna. Total satwa di Kebun Binatang Bandung ini mencapai 800 organisme dari kelas aves, reptil, mamalia, dan juga ikan. Selain menjadi tempat wisata dan penangkaran hewan yang dilindungi, Kebun Binatang Bandung juga sering menjadi sarana pendidikan dan penelitian.

Luas area Kebun Binatang Bandung hampir mencapai 14 hektar dengan lingkungan asri dan nyaman. Pepohonan yang ada di sana tidak hanya untuk melindungi satwa dari terpaan angin dan hujan saja. Namun juga berguna untuk melindungi tanah dari air hujan serta sebagai paru-paru Kota Bandung. Berkunjung ke Kebun Binatang Bandung, kita bisa berinteraksi dengan koleksi satwa pada area yang telah ditentukan. Selain itu, kita juga bisa merasakan sensasi menunggang satwa seperti unta, gajah, dan kuda.

6.    Pulau Biawak di Indramayu

Jika di Nusa Tenggara kamu bisa menemukan Pulau Komodo, di Jawa Barat kamu bisa menemukan Pulau Biawak. Pulau yang dahulu ditutup karena dijadikan sebagai tempat penelitian pemerintah ini kini telah menjelma menjadi salah satu destinasi wisata di Jawa Barat yang menarik untuk kamu kunjungi.

Selain bisa menemukan Biawak-Biawak yang menghuni pulau ini, kamu juga bisa melihat bangunan mercusuar setinggi 65 meter yang merupakan peninggalan sejak era kolonialisasi Belanda.

Destinasi tempat wisata di Jawa Barat selain Bandung satu ini juga bisa jadi pilihan tepat untuk kamu yang menyukai aktivitas snorkeling, karena panorama alam bawah laut yang ditawarkan di perairan sekitar pulau ini juga sangat menawan.

7.    Gunung Papandayan di Garut

Bagi pecinta kegiatan pendakian gunung, jelas Gunung Papandayan yang berada di Garut menjadi salah satu destinasi wisata di Jawa Barat yang wajib untuk dikunjungi. Memiliki medan pendakian yang tak terlalu sulit, Gunung Papandayan merupakan salah satu gunung yang cocok untuk didaki oleh pemula.

Namun, meskipun begitu bukan berarti keindahan panorama alam yang disajikan kalah menarik dari gunung-gunung lain di pulau Jawa. Salah satu titik favorit traveler yang mendaki Gunung Papandayan adalah padang bunga edelweiss yang juga dikenal sebagai spot favorit untuk menyaksikan momen matahari terbit. Tertarik?

8.    Stone Garden – Padalarang

Stone Garden yang berlokasi di Gunung Masigit, Cipatat sangatlah eksotis dan cocok sebagai tempat mengambil foto pre-wedding sehingga mulai viral saat masuk ke media sosial Facebook. Sebelumya tidak banyak orang tahu keindahan yang tersembunyi dari atas bukit Stone Garden. Padang bertabur bebatuan ini begitu menakjubkan terutama di kala pagi hari atau di senja hari saat matahari tenggelam.

Setelah sedikit menjelajah bebatuan alamiah bekas danau zaman purba ini, kamu bisa menikmati pemandangan fenomenal dari atas bukit. Selain hamparan pemandangan luas yang tersaji, sebuah taman batu di dataran tinggi di atas bukit ini akan membuat kamu bak sedang berwisata ke luar negeri.

Kamu bisa menyaksikan bebatuan yang tegak dengan formasi yang artistik dari atas padang rumput di bukit yang kamu daki. Banyak pengunjung mengabadikan momen ini dengan latar pemandangan langit lepas dan hijaunya tanah pertanian serta bukit-bukit menjulang yang terhampar di depan mata.

Menikmati Keindahan Wisata Jawa Barat melalui Event Festival

1.    Asia Africa Festival, 14 Mei 2022

Asia Africa Festival merupakan rangkaian peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) di Bandung pada 1955 silam. Di tahun 2022 ini Asia Africa Festival akan diselenggarakan dengan tema “Harmonization of Asia Africa” dan konsep Event Virtual Hybrid Seni Budaya dan Karnaval dengan menyesuaikan kondisi era pandemi Covid-19. Salah satu tujuan utama dari Asia Africa Festival adalah sebagai sarana promosi Bandung ke dunia serta sebagai sarana membangun kebanggaan masyarakat Bandung terhadap kotanya dengan segala keindahan, kenyamanan, dan terutama dalam ragam Seni Budaya.


Surga Wisata Jawa Barat Paling Indah
Museum Asia Afrika Bandung

2.    Festival 7 Sungai, 7-10 Juli 2022

Festival 7 Sungai merupakan sebuah atraksi wisata yang menarik diambil dari budaya masyarakat setempat dalam mencari nafkah, semisal bertani dan mencari ikan. Pada tahun 2022 ini festival Sungai akan diselenggarakan kembali dengan tema “Sungaiku Sungaimu”. Adapun rangkaian kegiatan yang akan berlangsung diantaranya adalah Sosialisasi: Musyawarah dan Pembentukan Agen Penggiat Sungai, Workshop: Fotografi dan Videografi Sungai, Produksi: Fotografi dan Videografi, Media Placement dan Festival: Exhibition, Performing and Awarding.

3.    Seren Taun Kasepuhan Ciptagelar, Agustus-September 2022

Seren Taun Kasepuhan Ciptagelar adalah event upacara adat tradisi masyarakat Kasepuhan Adat Ciptagelar Kabupaten Sukabumi. Acara ini diselenggarakan pada setiap bulan Muharram (sekitar Agustus-September) sebagai ritual / prosesi ucapan rasa syukur masyarakat kasepuhan atas rezeki berupa hasil panen padi. Tahun 2022 merupakan tahun ke 654 event ini dilaksanakan. Event Seren Taun dengan segala keunikan dan keaslian budayanya menjadikan daya tarik tersendiri bagi pecinta budaya sehingga event ini dapat menarik wisatawan untuk berkunjung serta menikmati rangkaian hiburan dan kesenian yang sangat lokal dan asli.


Surga Wisata Jawa Barat Paling Indah
Seren Taun Ciptagelar (Foto: Genpi Jabar)

4.    Keukeun, Bandung Food and Beverage Festival, 7 Agustus 2022

Event dengan tema food and beverage ini sudah berlangsung sejak tahun 2011. Sempat diselenggarakan di beberapa lokasi di Kota Bandung, di tahun 2022 ini, Keuken kembali hadir dengan konsep dan tema yang berbeda dari sebelumnya yaitu “Reclaim The Street, Eat!”. Event ini mengusung konsep 6 event dengan 6 lokasi yang berbeda-beda, mulai dari Keuken Surprise Stove, Keuken Round Table, Keuken Coffee Week, Keuken Delightful Discoveries, dan Keuken The Festival.

Keuken bertujuan menyatukan antara spatial intervention, food stories dan community gathering dalam satu wadah rangkaian acara yang dikemas apik serta unik, dengan beberapa program-program menarik.

Berpetualang di berbagai tempat wisata Jawa Barat dan mengunjungi berbagai event menariknya, pastinya akan lebih aman dan nyaman jika kamu mematuhi protokol kesehatan dan sudah melakukan vaksin sesuai anjuran pemerintah.

Jika kamu membutuhkan informasi terkini seputar pelaksanaan jadwal event wisata di seluruh Indonesia, kamu bisa mengunjungi website Indonesia Travel Event 2022 sekarang juga!

  


Post a Comment

22 Comments

  1. dari semua list surga wisata jawa barat yang ada di dalam artikel ini, aku baru datang ke kawah putih

    ReplyDelete
  2. Jawa Barat emang gak ada matinya kalau soal destinasi wisata. Tak hanya alam yang terkenal cantik tapi juga budaya yang bisa kita saksikan lewat aneka festival. Nah saya beruntung tinggal dekat Jawa Barat, kapan pun situasi mengijinkan bisa langsung berangkat. Masih mimpi bisa naik gunung Papandayan. Kata orang ini adalah gunung yang cocok bagi para pendaki manula seperti saya hahaha...

    ReplyDelete
  3. Ulalaaa, sungguh ku mupeng sangaaatt utk plesir ke Jawa Baratt
    destinasi super ciamiikkk dgn aneka kuliner yg menggugah selera
    pengin bangeett liburan ke sanaaa

    ReplyDelete
  4. Lengkap benar infonya. Bikin tergoda untuk mendatangi event festival lalu sekalian mendatangi surga wisata Jawa Barat di list ini. Set tanggalnya biar enggak melewatkan kesempatan berpetualang di berbagai tempat wisata Jawa Barat dan mengunjungi berbagai event menariknya.

    ReplyDelete
  5. Wah, ternyata banyak juga yah tempat wisata di Jawa Barat. Belum sempet dikunjungin semua tuh, kalo ada rezekinya pengen main ke Pantai Pasir Putih sih

    ReplyDelete
  6. Kayaknya aku cuma pernah nyobain ke Kwah Putih deh, itu aja pas masih SD kalau ngga lupa. Ahhh wajib nyobain semua deh. Penasaran ama Grand Canyon Pangandaran deh.

    ReplyDelete
  7. Banyak juga ya tempat wisata yang menarik. Kayanya aku paling pengen ke Kawah Putih di Kabupaten Bandung deh. Mau lihat kaya apa suasananya. Yang lain masukin liat juga yaaa. Kumpulin area terdekat yang bisa dikunjungi dari Kawan Putih

    ReplyDelete
  8. Mbak Dew, Pantai Pasir Putih itu lokasi tepatnya di mananya di Jawa Barat? Mungkin ada nama wilayah yang lebih spesifik?

    Snorkeling di Pulau Biawak aman kah, ga ada biawaknya?

    ReplyDelete
  9. Terakhir main ke Jawa Barat bareng keluarga tuh ke Ciwidey :) Berkunjung ke Kawah Putih setelah bertahun2 ga ke sana ternyata udah banyak perubahan hehehe :) Rasanya ga sedingiiin dulu deh. Kalau Gedung Asia Afrika aku cuma foto2 aja di depannya. Banyak orang2 berkostum serem2 waktu itu hihihi :D

    ReplyDelete
  10. Dennise SihombingJune 8, 2022 at 4:16 AM

    Wisata di Jawa Barat memang selalu menyenangkan ya. Pas banget dikatakan surga wisata. penasaran nih mau ke Pulau Biawak di Indramayu

    ReplyDelete
  11. Jawa Barat emanv lengkap banget deh. Pantai cantik2 pegunungan juga bagus2 ga bosen deh liburqn di jawa barat. Aku tu pengen banget ke green canyon mbak tp blm keturutan

    ReplyDelete
  12. Pengeen ke pulau biawak baru tauu lho, makasih maak ternyata di jawa barat aku msh banyak PR yang belum di jelajah.

    Green canyon, pulau biawak, kawah putih hampir semua yg disebut diatas belum.

    ReplyDelete
  13. Aku belum khatam nih mbak mengunjungi surga wisata Jawa Barat, padahal orang Jawa Barat :) Kapan-kapan harus berkunjung juga ah

    ReplyDelete
  14. Ada event wisata Indonesia juga ya. Rasanya pengen datang ke semua tempat ya. Eksplor keindahan Indonesia sampai habis. Eh kayaknya gak bakalan habis karena wisata Indonesia banyak banget

    ReplyDelete
  15. Melihat listnya dan aku menangis karena belum pernah aku kunjungi semua wkwkw. CUma beberapa aku tau kyk yang heits Kawah Putih itu pengen banget dari dulu ke sana, juga ke Bandung Zoological Garden, tampaknya bagus buat sarana edukasi anak2 juga yaa

    ReplyDelete
  16. Wah, ada banyak wisata di Jawa Barat yang belum aku rasakan sensasinya.
    Dari dulu uda pengen banget ke Kawah Putih, belum jadi-jadi.
    Hiiks~ ((numpang nangis dulu))

    Dan kemarin ke Pangandaran juga belum ke Green Canyon.
    memang kalau travelling tuh kudu bikin itinerary yang jelas agar terpenuhi semua bucket list liburan.

    ReplyDelete
  17. Aku ke Jawa Barat kok baru sekali kak. semoga kapan-kapan ada rejeki bisa berkeliling di sana. Pemandangan alam dan budayanya bikin love banget

    ReplyDelete
  18. Jawa Barat surganya wisata ya mbak
    Banyak wisata alam di sini
    Aku baru pernah ke kawah putih aja nih

    ReplyDelete
  19. Pengen banget ngajak anak-anak wisata menikmati alam Indonesia. Semoga bisa segera terwujud suatu hari nanti. Pasti seneng deh.

    ReplyDelete
  20. Baca postingan ini jadi kangen susur Green Canyon. Aku dulu sampai 3 jam main2 di Green Canyon, Mbaakk. Xixixii

    ReplyDelete
  21. Belum semua wisata di Jawa Barat itu saya kunjungi. Dari dulu pengen naik gunung ke Papandayan gagal mulu. Sebentar lagi banyak event festival nih ya di sekitaran Jawa Barat. Mau tahu tentang Seren Taun di Sukabumi.

    ReplyDelete
  22. keren-keren tempatnya indah semua..belum pernah satu pun..wkwkwk, semoga kapan2 bisa mengunjungi salah satunya atau paling nggak 3 deh..heheh

    ReplyDelete