Advertisement

Menikmati Kuliner Malam Hari, Nasi Liwet Bu Wongso Lemu di Solo

Halo Pejalan Santai,

Beberapa waktu lalu aku main ke Solo bersama keluarga besar. Kami menghadiri pernikahan anak saudara sepupu suamiku. Begitu tiba di Solo malam hari, kami diajak merapat ke Nasi Liwet BuWongso Lemu di daerah Keprabon Kulon, tepatnya di Jalan Teuku Umar, Solo. Nasi liwet adalah kuliner khas Solo. Eh, bukannya nasi liwet itu makanan khas Sunda? 

Hm, nasi liwet Solo dan Jawa Barat ada perbedaannya. Jika nasi liwet khas Sunda biasanya ada ikan teri kecil di nasinya. Sedangkan nasi liwet Solo tidak ada. Nasi liwet Bu Wongso Lemu ini sudah ada sejak tahun 1950, lho. Jadi bisnis kuliner ini sudah berusia 72 tahun dan dikelola turun-temurun oleh anak serta cucu Bu Wongso. 

Nasi Liwet Bu Wongso Lemu Solo

Saat ini, pengelola warung nasi liwet sudah memasuki generasi keempat. Hebat banget ya bisnis kulinernya bisa bertahan puluhan tahun dengan hidangan yang sama. Tak ada diferensiasi produk. Tak banyak perbedaan jualan makanan Bu Wongso di tahun 50 hingga kini tahun 2022 setelah 70an tahun berlalu. Mungkin kekhasan inilah yang membuat warungnya bertahan. Hanya saja, warung nasi liwet yang tadinya empat cabang kini berkurang jadi dua karena pandemi covid melanda Indonesia. Mengurus empat cabang bagaimana distribusi bahan bakunya ya? Satu warung saja menghabiskan puluhan kg ayam dan beras. 

Tahu tidak, Mantan Presiden Soeharto hingga Pak Jokowi sangat menggemari nasi liwet ini.Ini kali pertama aku mencoba kulineran di Jalan Teuku Umar. Ternyata, sepanjang jalan ini berjejer rumah makan dan warung, hingga kafe dan kedai es krim. Lengkap banget ya. Sempat bingung kok  warung Nasi Liwet Bu Wongso Lemu ini ada dua di satu jalan? Nah, jangan bingung. Tidak ada warung asli atau palsu. Keduanya asli karena semuanya warung milik keturunan Bu Wongso Lemu. 

Baca Juga: Toko Oleh-Oleh Orion Solo

Kami memasuki salah satu warung nasi liwet dan ternyata penuh pengunjung. Kakak sepupu suami menjamu para tamu keluarga dari berbagai kota malam itu jadi suasananya meriah penuh canda dan tawa. Tak apa berdesakan asal bisa temu kangen, ya. Hehe.

Nasi Liwet Bu Wongso Lemu Solo

Nasi liwet bu wongso lemu solo

Kami semua duduk lesehan bersebelah-sebelahan. Lalu segera memesan makanan dan minuman perut sudah terasa lapar. Kami memesan nasi liwet dan berbagai jenis minuman. Yang istimewa di warung ini ada aneka wedang diantaranya wedang ronde, wedang jahe, wedang susu hingga wedang uwuh. Hmm, kayaknya sedap dinikmati malam-malam. 

Baca Juga: The Sunan Hotel Solo

Sambil menunggu kami mengobrol disertai hiburan alunan tembang Jawa yang dibawakan dua orang sinden berkebaya dan bersanggul rapi. Merdu juga, lho nyanyiannya. Kalian bisa memberikan uang untuk mereka.

Nasi Liwet Bu Wongso Lemu Solo

Tak lama, pesanan kami pun datang. Nasi liwet dihidangkan di piring rotan beralaskan kertas minyak dan daun pisang pun diedarkan ke masing-masing pemesan di meja pendek di pojok. Nasi liwet merupakan nasi putih yang dimasak bersama santan. Saat nasi bersantan ini disajikan lauknya sungguh menggoda selera. Diantaranya sayur labu siam, suwiran ayam kampung, telur pindang dan irisan tahu. Bumbu khusus nasi liwet ini adalah areh, bubur santan dan telur direbus dengan bumbu kaya rempah. Ayamnya pun hasil ternak sendiri, jadi ayam kampung asli. Sungguh sedap penampakannya.

Nasi Liwet Bu Wongso Lemu Solo

Kami segera menyantap makanan yang terhidang. Ditambah kerupuk putih kalengan menambah sedap. Rasanya memang nikmat ya apalagi dimakan bersama-sama keluarga. Suasana terasa guyub. Nasinya cepat sekali tandas. Hehe. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 16.00-02 dini hari. Bisa lebih awal tutupnya kalau nasi liwetnya sudah tandas. 

Setiap porsi nasi liwet ini dihargai Rp19.000,00. Kita bisa menambah lauk lainnya seperti tempe dan tahu bacem, ceker ayam, ati ampela dan telur ayam. Oh iya, anakku Nailah happy banget pas tahu ternyata para member JKT48 mampir ke warung makan ini ketika konser di Solo. Heboh sendiri dia. Kata Nai, mestinya di banner Bu Wongso tertulis JKT48 pernah makan di sini. Wkwkw. 

 

 

Post a Comment

0 Comments