Advertisement

Berbelanja di Brawijaya Istana Oleh-Oleh Kota Batu

Halo Pejalan Santai,

Minggu lalu, aku ikut piknik bersama SD Hj. Isriati Moenadi Ungaran ke Batu, Malang. Rute piknik murid-murid kelas 5 dan 6 ini adalah berkunjung ke Kebun Apel Selecta dan main di Jatim Park 3. Bus-bus kami tiba sebelum subuh di Kota Batu yang dingin. Untuk tempat transit rombongan adalah Toko Oleh-Oleh Brawijaya di Batu.

Berbelanja di Brawijaya Istana Oleh-Oleh Kota Batu

Toko oleh-oleh ini merupakan tempat transit favorit bagi wisatawan terutama rombongan piknik berbagai sekolah. Soalnya, tersedia banyak toilet untuk bebersih diri. Ada pula dua musala, serta toko oleh-oleh dan rumah makan yang luas. Sehingga, rombongan piknik nyaman untuk transit di sana.

Sebelum toilet penuh, aku buru-buru masuk toilet dan mandi bebek soalnya airnya dingin. Toiletnya banyak dan bersih jadi nyaman untuk buang air dan mandi. Pilihan tepat untuk mandi dulu, soalnya setelah itu antrean mandi anak-anak panjaang dan ramai. Fiuh.

Tak hanya rombongan sekolah kami yang terdiri dari enam bus besar, tapi juga rombongan dari sekolah lain juga transit di sana. Alhamdulillah, setelah pandemi usai kegiatan wisata sekolah marak kembali. Saat itu, ada rombongan dari Lampung, Sidoarjo, Solo dan banyak lagi.

Setelah salat subuh, kami pun leyeh-leyeh sejenak di bus menunggu waktunya sarapan. Ternyata, sarapannya pun di rumah makan yang letaknya di belakang Istana Oleh-Oleh Brawijaya. Aku baru sempat menjelajahi Istana Oleh-Oleh Brawijaya Batu ini ketika kami mampir lagi sorenya. Ternyata, tokonya cukup luas dan produk oleh-oleh yang tersedia beragam, ya!

Berbelanja di Brawijaya Istana Oleh-Oleh Kota Batu

Saat itu, suasana toko ramai sekali oleh pengunjung yang kebanyakan rombongan studi tur sekolah. Antrean di kasir luar biasa panjang. Senang banget deh lihat suasana hiruk-pikuk orang berbelanja kembali setelah dua tahun kita hanya tinggal di rumah saja.

Aku menelusuri lantai satu. Rak-rak yang memajang aneka produk makanan dan minuman tertata rapi. Apa camilan khas Kota Batu? Tentu saja, aneka keripik buah, ya Pejalan Santai! Di sini, kamu bisa menemukan banyak sekali jenis keripik buah dari berbagai jenama. 

Berbelanja di Brawijaya Istana Oleh-Oleh Kota Batu

Mulai dari keripik apel, keripik buah naga, keripik nanas hingga keripik nangka tersedia di sana. Sampai bingung pilih yang mana karena kemasan dan jenamanya banyak banget, hehe. Harganya pun beragam terngantung kualitas buahnya, ada yang biasa, ada yang buah premium.

Berbelanja di Brawijaya Istana Oleh-Oleh Kota Batu

Berbelanja di Brawijaya Istana Oleh-Oleh Kota Batu

Terus, kamu juga bisa menemukan apel Malang yang dijual kiloan, lho. Juga berbagai varian produk yang terbuat dari apel, buah khas Malang. Misalnya saja jenang dodol yang dibuat dari aneka buah, sirup apel, pai apel dan banyak lagi produk menggunakan apel sebagai bahan utamanya. 

Ada juga keripik tempe, berbagai stik buah seperti ubi ungu dan lainnya. Pilihan banyak pengunjung sih sari apel yang dikemas di gelas plastik dan dijual per kardus. Mudah diangkut. Hayo, bingung kan mau pilih yang mana?

Berbelanja di Brawijaya Istana Oleh-Oleh Kota Batu

Oh iya, di lantai dua produknya  beda lagi. Bukan makanan dan minuman, tapi aneka suvenir khas Batu dan Jawa Timur. Sebut saja kaos bertuliskan I Love Batu, pernak-pernik lucu seperti gantungan kunci, pajangan rumah, baju batik hingga mainan tradisional. Jadi teringat Toko Mirota di Maliboro Jogja ya lengkap sekali jualannya. Sayangnya, aku tidak sempat naik ke lantai atas soalnya tokonya ramai sekali! Susah lewatnya, hehe.

Terus, kalau kamu ingin membeli camilan dengan harga miring, kamu bisa memilih di rak yang terdapat di luar toko. Di sana harganya miring banget. Ada juga pojok khusus untuk membungkus oleh-oleh kamu dengan rapi jadi lebih nyaman dibawa pulang. 

Berbelanja di Brawijaya Istana Oleh-Oleh Kota Batu

Untuk harga, Istana Oleh-Oleh Brawijaya ini memang harganya sedikit lebih mahal ya dibandingkan toko lain tapi memang isinya lengkap jadi kamu tak usah mencari ke mana-mana lagi kalau mau beli oleh-oleh khas Batu. Oh iya, ada ATM BRI juga di toko ini jadi kalau kamu butuh uang tunai atau ingin bertransaksi bisa lewat ATM ya. Selamat berbelanja di Brawijaya Istana Oleh-Oleh Kota Batu, Malang.
 

Brawijaya Istana Oleh-oleh Kota Batu

Toko Oleh-Oleh di Kota Batu, Malang, Jawa Timur

Jl. Diponegoro No.86, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65314

Telepon: (0341) 2990911

 

 

 

Post a Comment

3 Comments

  1. Kakak iparku tinggal di Malang. Kalau kami ketemuan, suka diajak main ke Batu. Belanja aneka keripik buah, sari apel yang banyaak deh. Kalau dodol2 gitu jarang hahah..sukanya tempe kriuk yang digoreng tipis dan renyah.

    ReplyDelete
  2. udah lama juga nggak main ke Batu, Malang jadi kangen ngadem di sana haha
    btw, aku selalu suka main ke toko oleh-oleh gini. dan selalu kalap mau cobain jajanan apa haha biasa sih emang kripik ya yang sering di beli

    ReplyDelete
  3. Pernah coba kripik apel, rasanya enak ada kecut2nya dikit. Tapi kayanya bukan dari Batu langsung, pengen rasain yang dari Batu aslii :D

    ReplyDelete