Advertisement

Wisata Alam Murmer di Pantai Mliwis, Ambal, Kebumen

Halo Pejalan Santai,

Beberapa waktu lalu, aku berkunjung ke Kebumen, Solo dan Yogya Bersama keluarga besar. Agenda pertama adalah nyekar ke makam Mbah di Ambal di Kebumen. Kebumen terkenal dengan pantai-pantainya yang indah walaupun pasirnya hitam. Diantaranya adalah Pantai Menganti dan Pantai Watu Bale.

Wisata Alam Murmer di Pantai Mliwis, Ambal, Kebumen

Nah, setelah nyekar dan bebersih di makam Mbah, Kami lalu makan siang di warung sate Ambal yang sedap. Duh, rasanya tetap lezat dan bikin nagih. Sate Ambal ini memang unik dan beda dari sate ayam biasa.

Baca Juga: Sate Ambal yang lezat

Setelah itu, kami lalu mampir ke Pantai Mliwis di Ambal. Jarak pantai ini dari Kota Kebumen sekitar 20 km dan berlokasi di Desa Kenojayan Kecamatan Ambal. Kalau pantai yang lain jaraknya lebih jauh dari kota.

Syukurlah, cuacanya cerah walaupun sedikit berangin. Langka nih merasakan langit biru karena beberapa hari hujan terus. Ada penarikan tiket parkir di jalan masuk menuju pantai tapi lupa berapa ya tarifnya.


Wisata Alam Murmer di Pantai Mliwis, Ambal, Kebumen

Wisata Alam Murmer di Pantai Mliwis, Ambal, Kebumen

Jalan masuk ke pantai tak terlalu jauh. Ada banyak pohon cemara yang menaungi kita. Anak-anak excited karena sudah lama tidak main ke pantai.

Tak disangka, pantainya cukup ramai dikunjungi orang. Pantainya juga luas. Parkirannya juga luas. Saat berjalan kaki menuju pantai, ada banyak kios dan pedagang kaki lima. Ada area kolam renang plastik untuk anak-anak. Terus, ada fasilitas toilet yang bersih serta musala yang cukup nyaman untuk salat.

Wisata Alam Murmer di Pantai Mliwis, Ambal, Kebumen

Ada tulisan Pantai Mliwis yang bisa kalian jadikan spot foto saat datang ke sana. Anak-anak langsung menyerbu pantai. 

Ombaknya cukup besar tapi pengunjung berani main di tepi pantai. Aku sih keder haha. Menyuruh anak-anak melihat dari kejauhan saja. Walaupun akhirnya kami main air sedikit ketika ombak menggulung dan menjilati kaki kami. Berlari-larian di pantai ala video musik. Hehe.

Wisata Alam Murmer di Pantai Mliwis, Ambal, Kebumen

Baca Juga: Sate Ayam Blora Berbeda

Tapi, deg-degan deh lihat para orang tua membawa anak balitanya main di tepi pantai yang ombaknya tinggi itu. Belum lagi beberapa anak muda berenang. Lihatnya mules mana tidak ada penjaga pantai ya. Tak ada larangan berenang juga sih. Ada beberapa ekor kuda yang sepertinya bisa kita sewa untuk berjalan-jalan menyusuri pantai.

Wisata Alam Murmer di Pantai Mliwis, Ambal, Kebumen


Kami pun berfoto-foto. Aldebaran penasaran ingin main air akhirnya bisa sedikit merasakan terjangan ombak. Hingga sepatu dan celana panjangku basah kuyup terkena cipratan ombak. Huhu. Setelah puas bermain di pantai, kami pun menuju musala untuk salat. Toiletnya bersih dan tempat wudunya juga. Rasanya ingin bermain lebih lama lagi tapi kami masih harus ke Yogya. 

Lain kali kalau ke Kebumen pengen ke pantai yang lainnya seperti Pantai Suwuk. Wisata murah-meriah dan bikin hati senang ya main ke Pantai Mliwis di Ambal, Kebumen ini. Jangan dilewatkan ya Pejalan Santai kalau lagi main ke Kebumen.

Post a Comment

27 Comments

  1. Dibandingin pantai, aku salfok Ama sate ambal mba. Beberapa kali diceritain Ama temen ttg sate ini, dan udah tertariiiik banget pengen coba. Soalnya aku juga penyuka sate bangettt. Dan sate ini juga unika kan. Sayang agak jauh Yaa.

    Btw, pantainya kliatan bersih, walopun aku juga biasanya ngelarang anak2 main air kalo dipantau, apalagi jika ombak tinggi. Duuh sereeem. Krn tterbiasa tinggal di kota pantai pas di Aceh, jadi udah sering banget terima berita ada temen atau anak yg terseret ombak dan ga bisa selamat.:(

    ReplyDelete
  2. Kangen ke pantai. Udah lama banget enggak liburan. Sejak Corona belum bisa ke mana-mana. Sekarang jadi pengen ke mana-mana

    ReplyDelete
  3. Walaupun saya tidak terlalu suka ke pantai, tapi biasa juga ke pantai sesekali. Biasanya datang karena undangan satu komunitas, tapi tidak pernah berani dekat-dekat karena sadar diri tidak bisa berenang.

    ReplyDelete
  4. Baru tahu soal pantai-pantai di kebumen. Cantik banget, ya. langitnya juga pas cerah

    ReplyDelete
  5. Kebumen...dulu aku dan temen2 sering becanda dg menyebutnya kebo mens...hihi jorok ya (maaafkan kami wahai ya warga kebumen). Meski ga terlalu jauh dr temanggung, tapi seingatku dulu aku ga oernah main ke kebumen. Haha, zaman dulu kan main2 atau skrg suka disebut hiling2 belum jd tren ya..thanks sharingbya mbak dew.

    ReplyDelete
  6. Berwisata ke pantai itu menyenangkan banget. Apalagi aku paling demen main air wkwkwkw :D Cuma agak takut juga kalau ada ombak tau2 menghampiri. Mestinya ada papan larangan berenang atau mendekati pantai bagi bocil ya hihihi. Cukup memandang dari kejauhan atau sekadar main air kena kaki aja udah cukup. Asyik juga kalau sewa kuda, lalu foto2an deh. Aku belum pernah mampir ke Kebumen nih.

    ReplyDelete
  7. uoh jadi kangen melihat pantai... Udah lama banget gak pernah wisata ke area pantai. Pantainya bersiiihh ya... Bener2 liburan yang menyenangkan untuk semuanya

    ReplyDelete
  8. Bebas boleh renang ya mba inii, aku kalau ke pantai apalagi anak2 aku masi unyil, udah maunya nyeburrr. Asyik ya di sana pilihan pantainya banyak 😁 bersih pantainya mbaa

    ReplyDelete
  9. Kalau saya pernah ke Pantai Suwuk. Ombaknya juga gede-gede. Pengennya sih duduk santai aja lihatin ombak karena keder lihatnya. Tapi, waktu itu banyak bawa anak kecil. Jadi terpaksa harus ikutan main air dan sesekali teriak supaya anak-anak jangan terlalu jauh mainnya. Khawatir kegulung ombak hehehe

    ReplyDelete
  10. Beberapa kali ke Kebumen malah belum sempet main ke pantainya. InsyaAllah tahun ini mau coba ke sana deh Mak sekalian ngajak saudara-saudara di Kebumen :))

    ReplyDelete
  11. iya yaa kalau lihat ombak gede gitu melipir aja deh main pasir. Ga berani sampai nyemplung apalagi pantai di Indonesia itu bukan macem film Baywatch. LOL.
    Ngeri aja kegulung ombak.

    ReplyDelete
  12. Aku tuh lebih senang kalau liburan ke pantai mbak, karena kayak lebih rileks gitu mendengarkan suara deburan ombak dan melihat luasnya lautan.

    ReplyDelete
  13. Aku belum pernah ke Kebumen, paling lewat aja sih. Catetlah pantainya siapa tahu bisa ke sana. Btw, wisata pantai tuh selalu menyenangkan di daerah mana pun ya

    ReplyDelete
  14. Yang selalu dirindukan, wisata alam seperti ini. Akhir tahun aku juga main ke pantai mbah, lumayan mengobati rindu. Bagus sekali pantai wilis

    ReplyDelete
  15. Kadangkala wisata murmer dan kita hanya sebentar singgah, namun memberikan keasyikan tersendiri dan akhirnya menjadi kenangan indah ya, Mbak. Main-main di pantai di saat cuaca cerah pasti lebih menyenangkan daripada pas hujan. Hehehe.

    ReplyDelete
  16. Wah anaknya mba dedew udah pada besar besar ya. Pantainya indah banget nih cocok buat wisata keluarga, healing disini, ga terlalu rame juga

    ReplyDelete
  17. Suka banget deh kalau jalan-jalan ke pantai, aku pun suka banget bermain ke pantai apalagi baca ini Pantai Milwis, aiiih jadi kangen liburan ke pantai lagi

    ReplyDelete
  18. Pokoknya tidak afdol kalau tidak basah basahan ke pantai makanya sedia baju ganti.

    ReplyDelete
  19. Pantainya tenang ya
    Deru ombaknya pasti bikin ingin kembali menikmati pantai
    Udah lama enggak mantai kok jadi pengen

    ReplyDelete
  20. Wah asik sekali jalan jalan ke pantai
    Apalagi pantainya cantik gini
    Aku jadi kangen pantai, da lama nggak mantai

    ReplyDelete
  21. Kalau pantai di area Selatan memang lebih kencang daripada Pantura Mbak, jadi wajar kalau agak garis lihat warga kok enak aja ngajak anak main. Saya juga merasa gitu. Biasa di pantai yang sangat tenang....

    ReplyDelete
  22. Bener ya..suka deg-degan sama orang-orang yang berani menantang ombak begini..
    Aku pernah ada trauma pas di Bali, temenku hampiiiirr keseret ombak di Ubud, kak Dew.. Selamatnya karena ada lubang.. Jadi dia nyemplung di lubang itu..

    Kalo engga, wallahu 'alam..

    Makanya suka merinding liat ombak..


    Tapi ini seru ya..bisa healing di Pantai Mliwis bareng anak-anak.

    ReplyDelete
  23. Aku malah pengen nyobain sate ambal-nya Mbak, belum pernah nyobain.
    Btw, udah lama enggak ke pantai jadi kengen mantai...hehehe

    ReplyDelete
  24. Sudah lama sekali gak ke pantai. Lihat postingan ini jadi kangen pantai lagi deh mba. Sayangnya jauh sih dari tempat tinggal, huhu.

    ReplyDelete
  25. Wisata alam ke pantai memang udah paling indah ya Dew, pasti kalo bawa baju ganti bawaannya pengen lari lari ke pantai ala Baywatch (alamaaaak tahun berapa itu ya mak neng?) terus .... nyebur

    ReplyDelete
  26. Kebumen dekat dengan Magelang. Tapi aku belum pernah main ke Kebumen Mbak Dew. Apalagi ke partainya. Malah baru tau ads beberapa pantai di Kebumen

    ReplyDelete
  27. aku juga ngeri-ngeri sedap sih kalau ada anak-anak kecil trus dibawa ke pantai yang ombaknya cukup sering dan tinggi, huuu ngeri banget

    ReplyDelete